Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Usaha Sampingan untuk ASN terbaik

BLOGORANGIT - Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak melulu harus menjalankan tugas kepegawaian negara. Saat ini banyak ASN yang membuka bisnis sampingan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Menjadi ASN belum tentu bisa membuat seseorang kaya karena penghasilan ASN setiap bulan sudah ditetapkan oleh pemerintah antara 2jt – 5 jt tergantung pangkat, golongan dan masa kerja. ASN di Indonesia saat ini dibagi menjadi dua, yakni PNS dan PPPK (P3K).

PNS merupakan pegawai tetap yang menduduki jabatan tertentu di pemerintahan. Sedangkan P3K merupakan warga negara yang diangkat untuk menjalankan tugas pemerintahan berdasarkan perjanjian kerja dalam jangka waktu tertentu (biasanya setiap 1 tahun). Keduanya sama-sama menjadi pekerja yang menjalankan tugas pemerintahan.

Kelebihan menjadi PNS adalah mereka memiliki fasilitas untuk mendapatkan pinjaman bank (Jaminan SK hingg 250juta). Meski gajinya tidak tergolong besar, mereka memiliki gaji yang stabil dan biasanya mengalami kenaikan gaji setiap tahun. Sedangkan P3K mereka bekerja berdasarkan kontrak tetapi gaji pokok mereka diatas PNS rata-rata. 

Kalau rata-rata PNS gaji pokoknya Rp.2.500.00 maka gaji pokok P3K adalah Rp.4.000.000 (begitulah ditempat saya)

Dengan menjadi PNS, mereka akan mendapat SK PNS yang memudahkan dalam pengajuan pinjaman/kredit ke Bank. Berbekal SK PNS, pengajuan hutang di bank akan diproses lebih cepat karena dipotong langsung dari gaji bulanan. Meski begitu, PNS harus dapat memperhitungkan pembayaran setoran tiap bulan agar kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi.

Jangan “menyekolahkan” SK PNS secara sembarangan untuk memenuhi keinginan yang tidak begitu penting misal pengen beli mobil sekedar untuk gaya2 an. Usahakan agar menggunakan dana pinjaman tersebut sebijak mungkin, jangan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan yang unfaedah. Gunakan dana tersebut untuk membangun bisnis sampingan yang sekiranya dapat menghasilkan uang tambahan  

Banyak lho disekitar kita PNS yang sukses beternak burung puyuh, ayam petelur, membuka beberapa pom mini, menjadi agen tabung gas LPG dan sebagainya bahkan penghasilan dari bisnis sampingan tersebut bisa beberapakali lipat dari gaji PNS

Berikut ini usaha-usaha sampingan yang bisa dijalankan ASN. Ada yang bermodal kecil, ada pula yang membutuhkan modal besar untuk menjalankan usahanya.

1. Online Shop

Menjalankan bisnis online shop bisa menjadi alternatif pilihan bagi ASN untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Modal yang dikeluarkan cukup beragam. Tergantung produk yang hendak dijual.

Pengerjaan olshop lebih fleksibel karena dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Bahkan bisa dilakukan saat istirahat makan siang, sepulang kerja, dan saat hari libur. Sehingga bisnis ini cocok dikerjakan oleh aparatur sipil negara.

Anda bisa berjualan produk hasil rumahan seperti jajanan, roti, nasi kotak, jaket/dompet maupun kerajinan tangan lainnya

Bisa juga menjadi reseller dengan menawarkan ulang produk yang tersedia disitus online shop atau disekitar tempat tinggal anda, misal saya mempunyai tetangga seorang petani tanaman hias maka kita bisa membantu memasarkan produk mereka dengan imbalan yang disepakati keduanya. Anda hanya memerlukan modal laptop, smartphone, dan kuota internet untuk dapat menjual dan mempromosikan barang lewat sosial media maupun marketplace

Menjadi agen atau tengkulak juga bisa, anda memborong suatu barang dengan harga yang murah langsung dari distributor kemudian menjual ulang dengan harga normal dipasaran

ASN juga dapat mempekerjakan admin guna membantu mengelola akun sosmed dan marketplace untuk menangani orderan masuk apabila brand/nama toko online sudah mulai terkenal. Selain itu, ASN juga bisa menawarkan produk-produk yang dijual kepada teman-teman kantor. Keuntungan yang didapat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

2. Les Privat atau Bimbingan Belajar

Bisnis sampingan selanjutnya adalah membuka les privat atau bimbingan belajar. Bisnis ini biasanya dilakukan oleh guru ASN untuk menambah penghasilan. Jika dihitung-hitung, jam kerja ASN mulai dari 8 pagi hingga pukul 3 sore. Guru ASN bisa membuka les atau bimbingan belajar setelah selesai jam kerja hingga malam hari.

Les Privat atau Bimbingan Belajar

Untuk membuka les privat atau bimbingan belajar, modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Les privat bisa dilakukan dirumah sendiri dengan memasang banner, jika sudah mengalami kemajuan, anda bisa membuka bimbingan belajar untuk semua mata pelajaran dengan membuka lowongan tentor belajar.

Dengan melakukan kerja sampingan menjadi tutor, ASN bisa menarik biaya Rp.15.000 sampai Rp.25.000 per anak setiap satu kali pertemuan yang dipatok selama 90 menit, tergantung pada jenjang sekolah. Coba bayangkan apabila anda menerima 4 murid dari tetangga (25x4=100) pemasukan anda bertambah Rp.100.000 setiap 90 menit

Modal yang dikeluarkan tidak banyak. Seorang tutor perlu membeli buku tambahan, bolpoin, spidol, papan tulis kecil atau barang lain tergantung kebutuhan.

Apalagi dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini dimana anak-anak sudah mulai kehilangan minat belajar akibat pembelajaran daring yang terasa memuakkan. Mereka lebih suka bermain game dan bermalas-malasan dirumah. Orang tua yang merasa kebingungan karena anaknya tidak belajar akan mencari solusi alternatif salah satunya dengan mengikutkan anaknya ke kursus/bimbingan belajar

Saya merasa agak miris dengan kelakukan bocah sekolah jaman sekarang, mereka sangat bandel, tidak segan mengeluarkan gurunya dari grub kelas karena dianggap terlalu sering memberi tugas hingga sama sekali tidak mau mengerjakan tugas sekolah dan memblokir guru yang bersangkutan

Kalau masih sekolah (SD-SMP-SMA), guru bertanggungjawab terhadap orang tua wali murid, jadi kalau anak didiknya bermasalah dalam pelajaran sang guru akan mencoba berkomunikasi dengan murid atau orang tuanya. Kalau di perkuliahan sih dosen bodo amat kalau mahasiswa tidak mengumpulkan tugas tinggal dikasih nilai E, terserah mau mengulang tahun depan atau keluar dari kampus hehe

3. Toko Sembako

Toko sembako menjadi alternatif usaha yang bisa dilakukan oleh ASN. Semua orang membutuhkan kebutuhan pokok sembako, seperti minyak goreng, gula, beras, dan masih banyak barang lainnya seperti gas LPG dan kebutuhan dapur pada umumnya. Sembako menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, anda perlu mengeluakan modal untuk membeli berbagai kebutuhan pada toko kelontong untuk sembako, penghasilan yang didapatkan cukup lumayan. Ada yang dalam seminggu berhasil menjual 30+ tabung LPG 3kg lho

Modal yang dikeluarkan untuk membuka toko sembako, membeli barang-barang, dan membayar karyawan cukup besar. Namun, hasil yang didapat bisa digunakan untuk menambah pemasukan dan membayar pinjaman modal. Apalagi jika toko tersebut dibuka dengan memberikan harga yang jauh lebih murah dari pasaran sekaligus berlokasi di tempat yang strategis. Pasti toko akan ramai.

4. Jasa Laundry

Untuk membuka jasa laundry, modal yang dikeluarkan cukup besar. Tetapi balik modalnya juga cepat karena jasa laundry sangat banyak digunakan. Anda perlu menyewa toko, membeli mesin cuci, membayar listrik, dan air, usaha sampingan ini terbilang potensial untuk digeluti. Apalagi jika membuka jasa laundry di dekat kos-kosan mahasiswa dan karyawan, atau perumahan yang padat penduduk dan sibuk.

ASN juga dapat mempekerjakan karyawan. Tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri sendiri, bisnis laundry juga sekaligus membantu menyerap tenaga kerja.

Saya sendiri selama bekerja di Blitar (ngekos) lebih suka memakai jasa laundry dibandingkan harus mencuci sendiri karena setiap hari pulang sore dan kalau menjemur bisa kehujanan. 

5. Bisnis Frozen Food

Frozen food saat ini cukup digandrungi oleh banyak orang karena praktis dan bisa langsung dimasak. Bisnis ini cukup menjanjikan karena beberapa orang menyukai hal-hal yang praktis dan tidak membuang waktu. Hanya dengan modal lemari pendingin dan menyetok berbagai jenis makanan beku seperti sosis, nuget, ayam, bakso, dan masih banyak jenis frozen lainnya.

Rata-rata frozen food memiliki ketahanan yang cukup lama karena disimpan dalam suhu beku. Sehingga penjual tidak perlu khawatir dengan masa expired. Modal yang dikeluarkan beragam tergantung berapa banyak jenis makanan yang akan dijual. Selain itu, frozen food dapat dijual secara online. Omset setiap bulannya cukup besar hingga mencapai jutaan rupiah.

Daripada memakan sayur mayur yang menyehatkan, anak muda jaman sekarang lebih suka memakan sosis/nuget/bakso

Baca juga: Usaha sampingan untuk ibuk rumah tangga

6. Bisnis Konter Pulsa

Bisnis lain yang cukup laris di pasaran adalah pulsa dan kuota internet. Pulsa dan kuota internet menjadi kebutuhan pokok di era digital saat ini. Tanpa keduanya, akses informasi dan akses belajar online akan tersendat. ASN dapat membuka toko konter pulsa yang nantinya akan bersaing dengan konter pulsa lainnya.

Pemilik konter akan mendapat penghasilan yang stabil. Untuk membuka usaha ini, umumnya modal yang diperlukan adalah 10 juta hingga 25 juta rupiah. Modal itu untuk membeli pulsa elektrik dan paket data dari berbagai provider, belum untuk menyewa ruko dan membeli aksesoris lain (headset, charger, kondom dll).

Keuntungan yang didapat dari menjual pulsa dan kuota internet cukup lumayan. Apalagi jika konter anda juga menjual berbagai kebutuhan lain, misal top-up dompet digital, top up game seperti game Mobile Legends, PUBG, Valorant, dan masih banyak lainnya.

Sekalian membuka jasa service hp, isi lagu mp3 islami, jasa download ROM dari berbagai merek smartphone dan sebagainya

7. Fotokopi dan ATK

Usaha sampingan untuk ASN selanjutnya adalah fotokopi dan ATK. Apalagi jika membuka usaha ini di lingkungan sekolah, kampus dan instansi pemerintahan. Banyak orang yang membutuhkan jasa fotokopi untuk menggandakan dokumen atau keperluan lain.

Di samping fotokopi, bisa juga menambahkan ATK atau alat tulis kantor sebagai barang yang dijual. Tidak perlu mengelolanya sendiri, ASN dapat mempekerjakan karyawan untuk membantu mengelola toko

Saya sendiri kalau disuruh foto copy untuk keperluan kantor bisa ratusan lembar, belum termasuk ATK seperti map, bolpoint, penjepit, gunting, sekali belanja bisa ratusan ribu

8. Membuka Usaha Kos-kosan

Bisnis lainnya yang terdengar sederhana tetapi memiliki omset yang luar biasa adalah usaha kos-kosan. Namun, modal yang dikeluarkan sangat besar. ASN perlu berpikir ulang untuk menjalankan bisnis ini. Perlu ada perencanaan yang matang sebelum membangun usaha kos-kosan meski return yang didapat juga sangat tinggi.

Sebagai permulaan, ASN bisa mengambil program pemerintah berupa KPR (Kredit Pemilik Rumah) karena jenis rumah ini sudah disubsidi oleh pemerintah dari harga normal 250jt menjadi 140jt tergantung tipe rumah. Anggap saja sebagai investasi properti. Nanti rumahnya dapat dikontrakkan 6-7jt/tahun kalau mendesak bisa dijual sampai 300juta

Atau anda memiliki tanah kosong? Sekolahkan SK, ajukan kredit 200juta ke bank untuk membangun kos-kosan hehe kalau anda memiliki 10 kamar kos dengan biaya sewa Rp.500.000/bulan maka pemasukan bulanan tambahan bisa mencapai Rp.5.000.000 belum termasuk fasilitas lain seperti makanan minuman, laundry, jasa menjahit dsj

9. Usaha Ternak

Usaha ternak bisa menjadi alternatif pilihan yang cukup menjanjikan untuk para ASN. Meski begitu, modal yang dikeluarkan cukup banyak. Apalagi jika ternak ini merupakan ternak produktif seperti ayam potong dan petelur. Selain itu, ada juga ternak sapi atau kambing yang membutuhkan perawatan ekstra tetapi cukup menguntungkan saat momen tertentu (Idul Adha).

Kalau ASN memilih usaha peternakan sudah pasti mereka harus mempekerjakan orang lain 

Ada didaerah saya seorang ASN yang sukses ternak burung puter, ayam hias dan sebagainya

Baca juga: Usaha sampingan untuk mahasiswa/pelajar

10. Menjadi Blogger

Sebelum menjadi ASN, saya adalah seorang blogger full time yang terbiasa berjibaku dengan dunia digital seperti platform web, artikel, media sosial dan sebagainya

Menjadi Blogger

Saat saya sudah menjadi ASN, blog yang saya miliki tetap berjalan salah satunya blog helmykediri.com ini. Potensi pendapatan bulanan cukup menguntungkan meski saya harus membayar penulis untuk mengisi artikel setiap hari

Blog itu seperti aset digital, 1 artikel yang anda publikasikan hari ini nantinya akan dibaca ratusan – ribuan hingga puluhan ribu kali oleh pengguna online 

Meskipun saya biarkan berbulan-bulan, Alhamdulillah blog ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan saya secara pasif

Itulah beberapa usaha yang bisa dijalankan oleh ASN. PNS dapat menggadaikan SK untuk memulai beberapa usaha yang membutuhkan modal cukup besar tetapi itu Cuma pilihan opsional saja. Meski begitu, untuk membangun bisnis skala kecil atau besar, dibutuhkan perencanaan yang matang. Selain bisnis di atas, ada beberapa bisnis lain yang dapat dijalankan sesuai dengan minat dan ketertarikan

www,helmykediri..com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Rekomendasi Usaha Sampingan untuk ASN terbaik"