Skip to main content

Rekomendasi bisnis untuk mahasiswa pemula yang menguntungkan

Selamat Datang di Blognya Orang IT. Sebagai seorang mahasiswa baru maupun yang sudah semester akhir, tentu kebutuhan seperti uang selalu menjadi misteri untuk kehidupan anda, terlebih lagi untuk mahasiswa yang masih ngekos atau ngontrak. 

Memiliki uang dalam jumlah tertentu di setiap awal bulan mungkin adalah sesuatu yang membahagiakan karena bisa digunakan untuk menyambung hidup hingga akhir bulan ini, maka berterimakasihlah kepada orang tua anda yang selalu bekerja keras untuk bisa mengirimi uang saku setiap bulannya. 

Namun sayangnya, tidak semua mahasiswa bisa mengatur keuangan mereka dalam sebulan dengan baik, contohnya saja beberapa mahasiswa yang baru saja dikirim 1 juta belum sampai tanggal 30 sudah habis duluan. Maka dari itu, masalah uang di kehidupan setiap mahasiswa itu selalu menjadi misteri. 

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa Pemula

Pada kesempatan yang indah ini kami sebenarnya ingin berbagi informasi kepada anda semua yang statusnya masih mahasiswa baik mahasiswa baru ataupun sudah semester akhir, informasi yang akan kami bagikan ini berkaitan dengan bisnis yang cocok untuk anda para mahasiswa agar bisa mendapatkan penghasilan sampingan sendiri sehingga dapat meringankan beban orang tua. 

Kemungkinan besar jika anda sudah berpenghasilan sendiri meskipun masih kuliah, betapa bahagiannya kedua orang tua anda karena uang yang seharusnya di kirimkan ke anda bisa dipakai untuk keperluan atau kebutuhan lainnya, intinya sekali-kali buatlah kedua orang tua bangga karena melihat anaknya sudah bisa mandiri. 

Bisnis yang akan kami bagikan ini jelas tidak membutuhkan banyak modal besar, karena kami sudah tahu bahwa tidak semua mahasiswa juga memiliki uang yang cukup sebagai modal untuk membuka usaha atau bisnis sampingan. 

Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan ini sebenarnya sudah banyak di jelaskan di internet mulai dari modal kecil hingga modal besar, tetapi informasi yang akan kami bagikan mungkin lebih fokus ke bisnis yang ukuran modalnya kisaran 200 – 400 ribu saja sehingga tidak terlalu berat untuk seorang mahasiswa seperti anda. 

Mungkin anda berpikir, lebih baik untuk makan kalau hanya untuk membuka bisnis dengan  modal segitu. Sekarang pertanyaanya, apakah anda sudah merasa cukup dengan uang saku setiap bulannya ? 

Jika sudah maka tidak perlu membaca artikel ini bukan ? Nah, artikel ini kami buat untuk anda yang memang pada dasarnya ingin sedikit mandiri membantu keuangan orang tua dengan mencari penghasilan dari bisnis sampingan, terlepas dari itu semua ketika lulus nanti anda sudah tahu seperti apa susahnya mencari uang. 

Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan di Tahun 2020

Silahkan simak informasi mengenai usaha atau bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa tanpa modal besar. 

1. Berjualan snack ringan

1. Berjualan snack ringan

Salah satu bisnis yang bisa diandalkan dan tentunya bakal laris kalau anda jual di kampus adalah makanan atau snack ringan. Sudah banyak mahasiswa mandiri yang menjual jajanan setiap harinya dan laris manis karena memang rasanya yang enak, dahulu ketika saya masih status mahasiswa pernah mengalami hal seperti ini tepatnya di daerah Jogja. 

Waktu itu saya dan kedua teman ingin berjualan snack makanan dengan harga murah namun bingung memilih jenis snack yang cocok untuk mahasiswa di kampus, akhirnya kami memutuskan untuk membuat snack roti bakar dari roti tawar yang ternyata modalnya tidak besar. 

Cukup dengan modal 20 ribu saja sudah menjadi jajanan yang mengeyangkan dan pastinya cukup murah untuk di nikmati konsumen sekelas mahasiswa yang pada dasarnya juga lebih irit kalau berbelanja makanan. 

Nah per lembar roti tawar bakar yang kami jual ini dibandrol dengan harga 3000 rupiah lengkap dengan isian cokleat dan keju, kalau di kalikan dari jumlah modal tentu sudah untung. Perhari waktu itu bisa menjual sekitar 40 roti, tinggal kurangkan saja dengan modalnya. 

Menarik untuk dicoba bagi kalian yang masih berstatus mahasiswa saat ini. Anda bisa menciptakan snack ringan lainnya asal mengenyangkan dan harganya ekonomis. 

2. Jualan Aksesoris

2. Jualan Aksesoris

Kemudian bisnis lainnya yang bisa anda coba adalah dengan jualan aksesoris kerajinan seperti dompet, sarung tangan, gantungan kunci dan lain-lain. Nah aksesoris ini akan lebih menguntungkan kalau anda buat secara pribadi dan bukan membeli di grosiran, mungkin sedikit susah dalam membuat sebuah kerajinan tertentu dengan nilai jual yang ekonomis, dari sini konsistensi anda akan benar-benar di uji agar kedepannya bisa berkembang dan sukses sesuai dengan harapan. 

Contoh aksesoris yang banyak dijual oleh mahasiswa untuk usaha sampingan seperti dompet, sarung hp, gantungan kunci, bandana, jepet, dan lain-lain. 

Tidak banyak membutuhkan modal besar jika anda ingin berjualan sesuatu yang unik dan kreatif seperti ini, hanya butuh skill dan pengetahuan anda yang memang suka dengan suatu kerajinan yang memiliki nilai ekonomi. 

3. Jualan bunga / Bucket Bunga

3. Jualan bunga / Bucket Bunga

Salah satu usaha atau bisnis yang terkadang dijalankan secara berkelompok oleh mahasiswa adalah dengan berjualan bunga, jualan bunga ini biasanya di jadikan suatu kegiatan untuk galang dana acara tertentu. 

Nah mungkin anda bisa memakai cara ini untuk mencari penghasilan sampingan, berjualan bunga di perempatan lampu merah bersama dengan teman-teman ataupun ke kampus dan membuat stand di situ. 

Harga setiap bunga yang dijual kalau bisa jangan terlalu tinggi, misalnya saja 10 – 20 ribu saja sudah cukup besar. Menariknya lagi kalau anda bisa membuatnya secara pribadi maka modalnya lebih kecil dan untungnya lebih besar. 

Manfaatkan moment-moment tertentu untuk berjualan seperti ini, contoh pada acara wisudaan tahunan atau acara seminar. Bakal laris manis kalau jualan bunga di acara seperti ini. 

4. Buka Les Privat

4. Buka Les Privat

Salah satu usaha atau bisnis yang membutuhkan modal bensin untuk keluar sana sini adalah jasa les privat, di kota-kota besar memberikan les privat kepada setiap murid di patok dengan harga yang tinggi. contohnya saja untuk les privat bahasa inggris per 2 jam bisa mendapatkan sekitar 100.000 – 150.000 tergantung dari tingkat pembelajarannya juga. 

Anda bisa mematok harga sesuai dengan keinginan,  tetapi ada satu hal yang perlu di pahami disini adalah ilmu dan pengetahuan anda akan bidang pembelajaran benar-benar harus sudah di luar kepala. Jadi orang tua murid tidak akan kecewa dengan jasa les privat yang anda berikan.

5. Jasa buat RPP atau media pembelajaran

5. Jasa buat RPP atau media pembelajaran

Salah satu bisnis yang cukup menarik dan unik adalah dengan membuka jasa RPP atau kepanjangan dari rencana proses pembelajaran yang memang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa di bidang pendidikan. 

Nah jasa seperti ini memang sudah banyak tetapi harga yang ditawarkan cukup mahal, cobalah anda sendiri sebagai mahasiswa bidang pendidikan bisa membuka jasa ini dengan harga sedikit lebih murah, pastinya bakal laku keras. 

Nah sampai disini dulu informasi mengenai bisnis untuk mahasiswa baru atau mahasiswa tingkat akhir yang menguntungkan dan menjanjikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua. 

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar