Skip to main content

Usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan

Selamat Datang di Blognya Orang IT. Terlepas dari tanggungjawabnya dalam mengurus rumah tangga, seorang ibu tentunya juga membutuhkan usaha atau bisnis untuk mencari tambahan pendapatan untuk keperluan kehidupan sehari-hari. 

Nah pada artikel kali ini kami akan berbagi informasi menarik khususnya bagi anda yang statusnya sudah menjadi ibu rumah tangga yaitu tentang usaha smapingan ibu-ibu rumah tangga yang menjanjikan dan menguntungkan. 

Meskipun secara umum sudah banyak informasi ini di internet, tetapi kami akan berikan beberapa contoh bisnis yang memang bisa dikerjakan di rumah dan tidak banyak membutuhkan modal yang terlalu besar, pada intinya bisnis ini bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan kewajiban anda sebagai ibu rumah tangga. 

Penasaran seperti apa contoh bisnis atau usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan dan menjanjikan ? Silahkan simak informasinya dibawah ini. 

Membuka Usaha dan Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa di kelola oleh seorang ibu rumah tangga, hanya saja suatu usaha atau bisnis yang dijalankan tanpa niat dan tekat yang bulat bisa berhenti begitu saja, maka dari itu bagi ada yang ingin membuka bisnis setidaknya pikirkan secara matang mulai dari lokasi, jenis bisnis, modal dan sebagainya agar bisa berkembang kedepannya. 

Berikut ini adalah contoh bisnis atau usaha sampingan yang bisa anda kerjakan di rumah dengan modal kecil sekalipun. 

1. Buka angkringan kecil-kecilan

1. Buka angkringan kecil-kecilan

Salah satu usaha yang bisa anda coba sebagai ibu rumah tangga adalah dengan membuka angkringan kecil-kecilan, angkringan ini nantinya menjual berbagai jenis snack seperti gorengan, minuman, makanan berupa nasi bungkus kecil dan lain-lain. 

Cocok sekali kalau anda membuka angkringan di pagi atau malam hari, tinggal sesuaikan dengan kesibukan anda setiap harinya. Nah kalau berbicara hitung-hitungan modal mungkin sedikit berbeda kalau sudah memiliki tempat semacam ruko kecil atau gerobak dorong, jadi anda hanya perlu menyiapkan alat dan bahan lainnya. Mari kita perhitungkan biaya atau modal untuk membuka bisnis angkringan sederhana ini. 

- Gerobak doronga ukuran sedang : IDR 1.300.000 / Lengkap Peralatan
- Terpal Penutup IDR 100.000
- Bahan makanan IDR 150.000
- Kursi dan Lain-lain IDR 200.000
- Total : IDR 1.750.000

Nah dengan modal 1.750.000 maka anda sudah bisa memulai usaha angkringan sederhana yang setiap harinya bisa memberikan pemasukan untuk keperluan sehari-hari. Semisal sudah ada gerobak, maka anda hanya membutuhkan modal sebesar 450.000-an saja. Bagaimana tertarik untuk mencoba bisnis seperti ini ? Jangan takut untuk gagal, mulai saja dulu. 

2. Jualan snack hari raya

2. Jualan snack hari raya

Selanjutnya usaha lain yang bisa dikembangkan oleh ibu rumah tangga adalah berjualan snack hari raya, snack hari raya itu bermacam-macam jenisnya terlebih di idul fitri nanti. Nah agar snack yang anda jual ini laris, cobalah cari tahu jenis snack yang paling populer di tempat anda mulai dari roti, kering-keringan dan lainnya. 

Harga dari setiap snack ini jelas berbeda-beda tergantung dari bahan, kesulitan, dan cepat lambatnya proses pembuatan. Contoh saja untuk jenis makanan seperti semprong yang membutuhkan waktu hingga setengah hari dengan bahan sekitar 1 kg saja. Nah anda bisa perhitungkan sendiri mulai dari tenaga dan waktunya. 

3. Buka catering makanan 

3. Buka catering makanan

Kemudian usaha lain yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan modal kecil adalah membuka jasa catering makanan, jasa catering makanan ini juga banyak jenisnya mulai dari katering untuk seminar, katering hari ulang tahun, nikahan, khitanan, dan acara lain-lain. 

Sedangkan untuk jenis makannnya sendiri juga terkadang harus disesuaikan dengan harga bahan, contoh untuk 1 bungkus nasi + ayam goreng + sayur + buah pencuci mulut kalau di kota besar sekitar Rp. 20.000, anda sesuaikan dengan harga bahannya dan tenaga. 

Usaha catering akan sangat laris kalau dari makanannya memiliki rasa yang enak atau pas sesuai lidah dan bungkusnya menarik, jadi akan ada banyak orang yang memesan dalam jumlah besar. 

Usaha seperti ini tidak banyak membutuhkan modal ketika sudah berjalan, mungkin pada awal membuka usaha memang harus butuh modal mulai dari memasarkan ke acara-acara tertentu dengan brosur dan promosi di sosial media. 

4. Buka jasa jahitan

4. Buka jasa jahitan

Usaha lain yang bukan makanan adalah membuka jasa jahitan yang biasanya ibu rumah tangga suka atau hoby dengan namanya jahit menjahit, nah menariknya hoby menjahit ini bakal menghasilkan uang sampingan asal hasil jahitan bisa rapi dan sesuai dengan harapan konsumen. 

Contoh saja seorang ibu rumah tangga di desa kami mampu mendapatkan omzet sekitar 10 juta per bulan dengan bisnis jahitan ini, menariknya bisnis seperti ini tidak akan ada matinya karena setiap tahun selalu ada hari raya dan tahun ajaran sekolah yang tentu membutuhkan seragam dan baju baru. 

Hal penting yang perlu di ingat ketika membuka jasa jahitan adalah benar-benar harus sesuai dengan permintaan konsumen, karena pakaian sendiri adalah termasuk kebutuhan pokok, maka setiap orang yang memakainya jelas ingin terlihat lebih modis, keren, dan menawan. 

Untuk membuka bisnis jahitan ini ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan mulai dari mesin jahit, bahan pakaian, benang, alat obras, peralatan pendukung dan lemari kaca pakaian. Meskipun membutuhkan modal yang sedikit besar, tetapi kalau anda tekuni bisa menjadi penghasilan sampingan yang menguntungkan. 

5. Jualan ES buah

5. Jualan ES buah

Terakhir usaha atau bisnis yang bagus untuk ibu rumah tangga sebagai bisnis sampingan adalah jualan es buah dengan varian rasa yang bermacam-macam. Es buah dengan ciri khas sendiri juga semakin unik dan menarik pastinya, hanya saja agar sukses berjualan es buah dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, anda harus benar-benar bisa membuat resep es buah yang enak dan banyak disukai konsumen. 

Perhatikan beberapa hal penting juga seperti lokasi jualan, bahan baku pembuatan es, tempat atau wadah es, pengemasan dan kebersihkan. Kalau semua komponen tersebut terpenuhi, kami yakin es jualan anda akan laris manis, terlebih jualan di dekat sekolah atau fasilitas umum lainnya. 

Nah sampai disini dulu informasi mengenai bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga yang unik, menarik dan pastinya menguntungkan. Meskipun ada beberapa bisnis yang membutuhkan modal besar, tetapi kami yakin kalau anda mampu menjalankan dengan konsisten, sabar dan tekun, kedepannya bisa berkembang sesuai dengan harapan anda. 

Masih banyak sebenarnya bisnis – bisnis sampingan yang bisa anda coba, silahkan kreasikan sendiri sesuai dengan kemampuan dan pengalaman anda sebagai ibu rumah tangga. Terkadang ibu-ibu rumah tangga banyak memiliki ide kreatif dalam membuka bisnis sampingan yang menguntungkan, jadi tidak ada salahnya kalau anda juga membantu suami mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sekian dan terimakasih. 

Baca juga : ide bisnis untuk mahasiswa pemula
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar