Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara mendapatkan uang dengan menonton video, dibayar meski ilegal

Blogger Kediri Blog Orang IT - Mungkin tidak pernah terbesit sama sekali dalam pikiran Anda, bahwa hanya dengan rutinitas menonton video secara online bisa mendatangkan penghasilan. Vtube, Vito, tiktokcash, serta snack video adalah segelintir aplikasi berbasis streaming video yang menjanjikan profit kepada penggunanya dengan cara tersebut.

Tapi, baru-baru ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengindikasi aplikasi-aplikasi tersebut melakukan praktik ilegal. OJK mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk memblokir Vtube dan  snack video karena diindikasi melakukan praktik money game.

Sedangkan tiktokcash dicurigai menawarkan investasi bodong hanya dengan cara mem-follow akun dan menonton video.

Lantas praktik ilegal seperti apakah yang dimaksud oleh OJK, sehingga aplikasi-aplikasi tadi dianggap layak untuk diblokir?. Untuk menjawab pertanyaan ini, sepatutnya simak terlebih dulu ulasan berikut.

mendapatkan uang dengan menonton video
Ilustrasi upload for blog helmykediri.com

1. Aplikasi Vtube

Vtube merupakan aplikasi streaming video yang tergabung dalam PT. Future View Tech. aplikasi ini menawarkan profit sharing (bagi hasil) kepada pengguna dengan cara menonton video sebagai iklan.

Mekanisme sederhananya, setiap pengguna akan mendapat poin (VP) dan dapat dicairkan dalam bentuk uang dengan cara dijual kepada pengguna lain. 

Pengguna atau member juga berpeluang meraih poin tambahan setelah berhasil mengajak pengguna lain bergabung atau melakukan upgrade level keanggotaan dengan membayar sejumlah biaya. Kemudian antar pengguna dapat menjual belikan poin-poin yang dikumpulkan masing-masing. 

Bagi OJK, praktik dengan skema ini nyaris mirip dengan multilevel marketing. Atau dalam pengertian lain diistilahkan sebagai money game (permainan uang). Sehingga bisnis Vtube diindikasi melenceng dari perizinannya.

2. Tiktokcash

Pada aplikasi tiktokcash, pengguna diharuskan membayar sejumlah biaya untuk menjadi member atau anggota agar bisa mendapat imbalan dari menonton video. Biaya keanggotaan yang harus dibayar untuk level ‘pekerja sementara’ sebesar Rp. 89.000 dan Rp. 49.000.000 untuk level ‘general manager’ dengan masa keanggotaan selama setahun.

Tiktokcash juga menawarkan profit dengan cara mem-follow (mengikuti) akun dan memberi like (menyukai) video di aplikasi tersebut. Imbalan hasil tersebut akan ditransferkan langsung ke rekening bank milik member.

3. Snack Video

Aplikasi buatan Tencent Holding Ltd. ini menawarkan penghasilan kepada penggunanya dengan cara menonton video posting-an pengguna lain. Aplikasi ini juga menerapkan sistem referral sehingga tiap pengguna dapat mengajak pengguna lain bergabung di aplikasi agar mendapatkan profit.

Praktik tersebut diindikasi sebagai money game (permainan uang) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selang beberapa waktu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memblokir aplikasi tesebut seperti halnya vtube dan tiktokcash.

Jika memang demikian, maka adakah alternatif yang bisa dilakukan untuk tetap dapat menghasilkan uang dari kegemaran menonton video online?.

Pastinya begitu. Sebenarnya, ada beberapa aplikasi atau situs lain yang turut menawarkan profit dengan skema yang nyaris serupa dengan ketiga aplikasi tersebut. Contohnya swagbucks, successbux, TV-Two dan lain sebagainya, bisa dijadikan alternatif sementara.

Untuk mengetahui lebih detil, simak dahulu ulasan berikut.

4. Rajaviewer.id

Cara pertama yakni melalui situs rajaviewer.id kemudian anda harus membuat akun di situs tersebut. Rajaviewer menawarkan bagi hasil berupa uang kepada pengguna dengan cara menonton video iklan sesuai ketentuan yang ditetapkan.

Situs ini juga sering dimanfaatkan oleh para pembuat konten youtube untuk meningkatkan viewer hingga mencapai standar monetisasi.

Agar mencapai syarat durasi tayangan untuk mendaftarkan channel ke partner monetisasi, youtuber hanya perlu mengeluarkan imbalan jasa sesuai durasi yang diperlukan. Harga imbal jasa berlaku mulai Rp.15 per 5 detik hingga Rp. 125 per 360 detik.

Keluhan terakhir yang saya baca di adsid ada sejumlah member yang tidak dibayar meski telah melakukan request payout, alhasil mereka menggunakan saldo yang terkumpul untuk membeli durasi iklan (menit) kemudian ditawarkan kepada youtuber, sejauh ini tidak recommended 

5. Swagbucks

Swabgbucks menawarkan poin kepada penggunanya dengan cara menonton video dan menyelesaikan survei. Aplikasi ini menggratiskan biaya keanggotaan.

Poin atau biasa disebut ‘Sbs’ yang didapat pengguna bersumber dari amazon, itunes, tesco dan lain sebagainya.

Poin tersebut dapat dikonversi ke akun paypal dan ditransferkan menjadi uang tunai.

Baca juga: Bisnis tanpa modal dengan keuntungan menjanjikan

6. Successbux

Situs paid to click ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan uang hanya dengan menonton iklan. Bukankah ini terlalu mudah untuk dikerjakan, di waktu senggang sekalipun?

Setelah melakukan beberapa tugas di situs ini, selanjutnya pengguna akan mendapat imbalan sebesar US$1 yang ditransfer ke akun paypal. Ini berlaku bagi member standar dan premium.

Selain menonton video, member juga harus menyelesaikan survei dan mengajak teman bergabung ke situs untuk mendapat penghasilan tambahan.

7. TV-TWO

Untuk aplikasi ini, pengguna bisa mengumpulkan token (cryptocurrency) dengan menonton video. Namun, pengguna baru bisa melakukan penarikan apabila token yang telah dikumpulkannya berjumlah 50.000.

Kekurangannya mungkin hanya pada alur pencairan token crypto menjadi uang tunai.

TV-TWO hanya merekomendasi penggunaan Trust Crypto Wallet untuk pembayaran token. Sedangkan kredit cryptocurrency dari ethereum wallet tersebut hanya dapat dikonversi ke poundsterling maupun dollar melalui situs coinbase atau kraken.

8. Paid2Youtube

Adalagi situs yang bisa menghasilkan uang dengan cara menonton video. Paid2youtube akan memberi penghasilan melalui poin-poin yang telah dikumpulkan penggunanya.

Selain itu, pengguna juga berpeluang mendapat tambahan poin dari memberi rating, komentar, atau men-subscribe kanal pengunggah video.

Situs ini mengharuskan pengguna untuk mendaftar sebagai member. Imbal hasil akan ditransfer ke akun paypal yang member daftarkan.

9. Watch2earn

Situs ini nyaris sama dengan paid2Youtube. Hanya saja, watch2earn menawarkan opsi pembayaran yang lebih lengkap.

10. Baymack

Baymack merupakan situs yang menawarkan penghasilan kepada penggunanya dengan cara mengumpulkan poin dari menonton video. Poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan ke dalam bentuk uang tunai.

Pengguna juga berpeluang mendapat tambahan poin dengan membagikan link video dan mengundang teman untuk bergabung melalui sosial media seperti twitter, yahoo, dan Microsoft.

Legal atau tidaknya skema imbal hasil yang diterapkan oleh aplikasi dan situs di atas, mungkin akan mengundang perdebatan saat ini. Jika masih juga meragukan, maka beberapa cara ini bisa dijadikan solusi terakhir untuk dapat menghasilkan uang dengan cara menonton video;

11. Menjadi penulis subtitle

Kegemaran menonton video secara online yang dapat menghasilkan uang tak perlu bergantung pada aplikasi atau situs berbagi video perusahaan lain. Menjadi penulis subtitle untuk video atau film secara online juga bisa menjadi alternatif bisnis yang menjanjikan

Dengan banyaknya konten-konten video atau film di saluran online membuka peluang penghasilan bagi penulis subtitle.

Melihat tingkat kesulitan dan waktu yang diperlukan untuk menterjemahkan skrip, pembuat konten video kemungkinan akan sangat membutuhkan jasa penulis subtitle baik paruh waktu atau penuh.

Fiverr merupakan situs freelancer yang menyediakan jasa menulis subtitle. Banyak freelancer yang telah bergabung di situs tersebut, sehingga harga jasa yang ditawarkan pun cukup kompetitif.

12. Menjadi pengulas film dan serial

Satu lagi peluang penghasilan yang dapat diperoleh dari menonton video online. Yakni mengulas film dan serial bisa dijadikan sebagai solusi terbaik ketimbang berharap mendapat penghasilan tambahan dari menjadi member aplikasi dan situs iklan video.

Menulis ulasan film atau serial yang ditonton secara online mungkin tidak terlalu mudah. Apalagi bidang ini cukup kompetitif di luar sana.

Diperlukan kemauan dan kerja keras untuk memulainya. Setidaknya peluang untuk sukses di bidang tersebut bisa dimulai dari menulis untuk blog dan situs pribadi.

Baca juga: Ide bisnis untuk generasi milineal melek teknologi

13. Mempromosikan video iklan (influencer)

Di era perubahan cara berinteraksi saat ini, tak heran jika hampir semua orang memiliki sosial media. Medium ini bisa saja dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari kegemaran menonton video.

Mempromosikan video iklan yang disukai melalui sosial media pribadi bisa membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan (uang) tambahan. Cara ini biasa dilakukan oleh influencer.

Perusahaan tentu ingin mendapat sarana mempromosikan brand atau mereknya ke khalayak ramai seluas-luasnya. Maka tidak menutup kemungkinan pula jasa influencer sangat dibutuhkan untuk hal ini.

14. Aplikasi VITO

Ini adalah aplikasi yang konsep kerjanya mirip dengan Vtube, berada dibawah naungan PT.Sukses Indo Digital dan menawarkan 2 cara kerja menghasilkan melalui 1 platform

Pengguna bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menonton iklan video dimana untuk setiap iklan dibayar antara Rp.1000-3000/hari, jumlah iklan video yang disediakan maksimal 100 video/hari, iming-iming penghasilan Rp.100.000-300.000/hari atau Rp.3.000.000 - 9.000.000/bulan

Setidaknya ada 8 jenis bonus yang diberikan kepada memberi untuk kategori:

- Sponsor sebesar 12%, bonus didapatkan berdasarkan paket mitra dibawahnya untuk silver Rp.50.000 , Gold Rp.250.000 , Platinum Rp.500.000 dan Titanium Rp.2.500.000

- Pasangan sebesar 10% dengan syarat masing-masing memiliki downline kanan kiri Rp.35.000, bonus pasangan perhari tergantung paket join anda untuk silver Rp.35.000 , gold Rp.1.750.000, platinum Rp.3.500.000 dan titanium Rp.17.500.000

- Flush bonus sebesar 10% bilamana hari tersebut anda plash maka mendapat tambahan 10% sebagai bonus

- Up Bonus sebesar 10% dari bonus upline 10% 2 generasi ke atas misal jika upline anda (upline 1) mendapat 10juta maka anda akan menerima 0,5% tanpa mengurangi bonus upline begitu pula upline ke 2

- Leadership bonus 20% dihitung dari total bonus downline anda dengan catatan gold gen 1 sebesar 10%, platinum gen 2 sebesar 0,5%, titanium gen 3 sebesar 0,5%

- Ranking bonus dari presentasi yang anda raih berdasarkan omset RO. RO 1750 box kiri, 1750 box kanan maka bonus anda Rp.5.000.000/bulan selama 36 bulan, RO 3500 BOX Kiri 3500 BOX Kanan Bonus Anda Rp. 7.500.000 per bulan X 36 Bulan, RO 7500 BOX Kiri 7500 BOX Kanan Bonus Anda Rp.10.000.000 per bulan X 36 Bulan

- Bonus pool tahunan 0,1% dari omset RO internasional kepada downlinenya yang berprestasi: star director, executive directur crown, executive directur

- Program reward dengan perhitungan akumulasi omset belanja ROCatatan RO dengan belanja Rp.1.750.000 dengan perhitungan 1 Box tapi mendapatkan Produk 5 Box + 5 Box =total 10 Box

Status VITO sendiri di Indonesia juga ilegal (belum terdaftar di OJK) dan masuk dalam radar pengawasan SWI dilihat dari potensi kerugian korbannya dan tidak menuntut kemungkinan VITO akan bernasib sama seperti VTUBE mengingat skema ponzi, money game serta MLM yang diusungkan sangat tidak dibenarkan

Apabila pengguna mengharapkan iklan dan tugas yang lebih banyak untuk mendulang penghasilan, mereka bisa mengupgrade akun ke paket box vito dengan rincian harga;

Paket Silver

Harga paket silver sebesar Rp 350.000, di paket ini, pengguna akan mendapatkan 1 box Vito Slim.

Paket Gold

Harga paket gold sebesar Rp 1.750.000, di gold ini pengguna akan mendapatkan 5 box Vito Slim.

Paket Platinum

Harga paket platinium sebesar Rp 3.500.000, pengguna akan mendapatkan 10 box Vito Slim.

Paket Titanium

Nah ini merupakan paket paling super atau paling atas, yang mana harga paket titanium sendiri bisa pengguna dapatkan dengan mengeluarkan budget sebesar Rp 17.500.000. Dengan paket ini pengguna akan mendapatkan lebih banyak Vito Slim yakni sebanyak 50++ box Vito Slim.

VITO tidak tersedia di Playstore maupun Appstore dan hanya bisa anda download aplikasinya melalui situs vito.co.id

15. Aplikasi batu vulkanik

Bisa anda download di playstore, dirga dadali sudah move on dari Vtube ke Aplikasi Batu Vulkanik dengan cara kerja yang sama yaitu menonton video dan memperoleh penghasilan (dibayar koin)

Kalau saya lihat sebagian besar penggunanya memberi rating bintang 1 ke aplikasi batu vulkanik karena syarat pendaftaran wajib memakai foto selfy KTP mengingat bisnis ini statusnya ilegal di Indonesia, pencairan poin tidak dibayar (malah akunnya dihapus sepihak) hingga pekerjaan menonton video yang tidak mendapat reward poin

Pemberi testimoni bintang 5 hanya promosi member dengan menyebar kode invite sementara bintang 1-2-3 adalah testimoni murni dari pengguna Aplikasi Batu Vulkanik

Aplikasi batu vulkanik mengharuskan pengguna menonton video dengan durasi 5 menit selama 30 hari penuh dan setiap berhasil menyelesaikan misi akan mendapat imbalan koin api sebesar 0,17. Pengguna harus menonton 9 video untuk mengumpulkan 1 koin setara Rp.10.000

Kalau dari nama aplikasi awalnya saya pikir ini adalah aplikasi investasi batu akik ternyata menonton video kemudian dibayar dengan koin mirip seperti Vtube. Tugas pengguna hanya menonton video dengan banyak jumlah video yang ditentukan berdasarkan level keanggotaannya;

  • Anggota level 0 biaya gratis dengan potensi pendapatan 5 koin api perbulan atau 0,17 rupiah perhari
  • Anggota level 1 biaya 40 koin dengan potensi pendapatan 50 koin api perbulan atau Rp.16.000 perhari
  • Anggota level 2 biaya 250 koin dengan potensi pendapatan 313 koin api perbulan atau Rp.104.000 perhari
  • Anggota level 3 biaya 1000 koin dengan potensi pendapatan 1250 koin api perbulan atau Rp.416.000 perhari

Jadi koin api yang dikumpulkan bisa dipakai untuk upgrade akun atau dijual kepada member lain dengan nilai 1 koin api = Rp.10.000 mirip dengan Vtube

Tampilan aplikasi juga masih amburadul, sering force close dan tentunya akan scam dengan cepat, tidak mungkin model bisnis seperti ini akan mendapat ijin dari OJK. Karena jumlah penggunanya masih sedikit maka wajar kalau mereka rajin tebar omong kosong “nonton video dibayar ratusan ribu perhari” semoga lekas menyusul Vtube diblokir dari Indonesia

Tekun dan konsisten dalam membuat konten video pada sosial media pribadi ditambah dengan peningkatan kemampuan marketing merupakan kunci utama meraih penghasilan dari cara ini.

Itulah tadi sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari kegemaran menonton video. Jika melalui aplikasi dan situs berbagi video cukup berisiko karena dianggap ilegal dan income yang diperoleh juga kecil, sebaiknya anda bisa mencari cara kreatif lain untuk melakukannya. 

Oleh www,helmykediric.om

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "15 Cara mendapatkan uang dengan menonton video, dibayar meski ilegal"

Berlangganan via Email