Cara membaca data di GoogleAnalytic dengan mudah

by

helmy

Blog Orang IT – Jika nanti kita sudah membuat puluhan konten artikel dan mendapatkan ratusan bahkan ribuan pengunjung organik setiap harinya maka apa yang harus dilakukan dengan Google Analytic? Baca dan pelajari datanya. Di sini saya akan contohkan membaca data Google Analytic dari salah satu blog yang saya miliki yaitu cepetnikah.com. Pertama, masuk dulu ke Google Analytic menggunakan gmail yang didaftarkan. Setelah itu kita akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini 

tampilan analytic


1. Beranda

Gambar di atas adalah beranda dari Google Analytic. Pada beranda tersebut biasanya ditampilkan :

Data pengunjung selama 7 hari terakhir

Di samping kanan ada data pengunjung real time

Kalau di scroll lagi ada data saluran trafik yang artinya blog kita mendapatkan trafik dari mana saja. Apakah hanya mesin pencari atau dari medsos dan lainnya

Pengguna aktif, penggunaan menurut waktu, perangkat yang digunakan

Dan di paling bawah ada artikel apa saja yang paling banyak dibuka beserta estimasi pengunjungnya selama 7 hari

tampilan analytic2


2. Laporan

Kita lanjut ke menu laporan yang terdiri dari :

 Real Time

Ketika kita klik menu Real Time maka muncul sub menu :

Ringkasan : di sini kita bisa melihat ringkasan data seperti jumlah pengguna, tayangan per menit, halaman aktif teratas, dan lokasi.

laporan analytic


Lokasi : di lokasi ini kita bisa melihat secara rinci dari negara atau kota mana saja orang yang membuka blog kita. Caranya tinggal klik negara yang ditampilkan saja.


laporan analytic


Sumber Traffic : trafik bisa datang dari mesin pencari, direct akses blog, dan media sosial. Kita bisa melihatnya pada menu ini.


laporan analytic4


Konten : bagian ini menunjukan konten apa saja yang sedang dikunjungi secara real time dan berapa orang yang mengakses konten tersebut.


laporan analytic5

Audiens Di sub menu selanjutnya yaitu Audiens. Ketika kita klik Ringkasan pada menu tersebut kurang lebih akan ditampilkan data seperti gambar di bawah ini.

laporan analytic6



Di atas kita bisa melihat :
Jumlah pengguna
New visitor dan Returning visitor
Demografi
Bahasa
Perangkat seluler
 
Mari kita bahas beberapa menu pentingnya :


Demografi : pada menu ini akan ditampilkan usia berapakah yang paling sering mengunjungi blog kita dan jenis kelaminnya perempuan atau lak-laki.

laporan analytic7

Minat : di sini kita bisa melihat apa yang paling disukai oleh pembaca atau visitor blog kita. Kurang lebih data dan tampilannya seperti gambar di bawah.

baca menu analytic

Geografis : pada bagian ini kita bisa melihat orang-orang bahasa yang digunakan dan lokasi mereka berada.


baca menu analytic2

Perilaku : di bagian ini kita bisa mengetahui berapa sih persentase jumlah pengunjung baru vs jumlah pengunjung yang kembali membaca atau membuka blog kita. Bahkan kita bisa tahu berapa lama durasinya


baca menu analytic3

Teknologi : di bagian ini kita bisa melihat browser dan OS yang digunakan oleh pengunjung blog. Selain itu ditampilkan juga nama provider jaringan yang mereka gunakan.

baca menu analytic4

Seluler : di sini kita bisa melihat perangkat apa yang digunakan oleh visitor blog. Apakah smartphone, laptop atau tablet. Bahkan nama perangkatnya juga akan ditampilkan.


baca menu analytic5

Di menu ini kita bisa melihat data beberapa saluran trafik. Seperti mana yang paling besar apakah dari mesin pencari atau yang lainnya.


baca menu analytic6

3. Perilaku

Di bagian ini kita bisa melihat data seputar :


Konten situs yang paling banyak dikunjungi

Berapa kecepatan situs saat diakses oleh pengunjung

●dan lainnya

Apa sih fungsi dari membaca data di atas?

Tentu saja banyak fungsinya. Salah satunya kita bisa mengoptimalkan konten dan mengembangkan ide bisnis sesuai dengan data yang ditampilkan pada google analytic.

Contohnya, dari data di atas saya menemukan ternyata visitor cepetnikah.com mengakses artikel dari seluler. Maka, saya harus mengoptimasi blog di bagian seluler.

Lalu kita bisa melihat rentang usia yang mengakses dan ketertarikan mereka. Sehingga kita bisa memonetisasi atau mengembangkan bisnis yang sesuai dengan usia dan minat visitor.

www,,helmykediricomn

👾👾

Related Post