Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Latent Semantic Indexing (LSI) dan Deep SILO

Mengenal Apa Itu SEO

Blog Orang IT. SEO adalah singkatan dari Search engine optimization. Yaitu mengoptimalkan sebuah kata kunci di mesin Penelusuran seperti google, Bing, yandex dan search engine Yang ada di seluruh dunia.

Optimasi konten ini bisa dilakukan dengan beberapa metodologi, saya hanya menyarankan  menggunakan teknik white hat SEO. Metodologi SEO meliputi teknik White Hat SEO, dan Grey Hat SEO, adapun dengan cara menggunakan teknik Black Hat SEO. Namun untuk metodologi black hat saya tidak menganjurkan untuk di pelajari secara mendalam.

Beberapa Teknik SEO dengan Menggunakan Metodologi White Hat Antara lain:

  • LSI
  • Deep Silo
  • Internal Link
  • Outbound link
  • Penggunaan Tag h1,h2,h3,h4,h5 sampai h6.
  • Singkronisasi Google Analitycs.
  • Singkronisasi Webmaster.
  • Penanaman Script Pemanggil Meta, seperti meta keyword, dan meta deskripsi Secara otomatis.
  • Pembuatan TOC (Opsional)
  • Penambahan Plugin (Opsional).
  • Penambahan Alt pada gambar
  • Penambahan anchor title
  • Pemilihan tema pada website
  • Dan yang terakhir adalah penggunaan domain yang akan menjadi authority dan juga brand situs untuk jangka panjang.

Sedangkan untuk metodologi grey hat antara lain:

  • Penanaman Backlink
  • Pembentukan PBN
  • Pembuatan guest post (opsional)
  • Share ke berbagai media sosial
  • Optimasi menggunakan layanan dan jaringan iklan
  • Pembuatan blogroll

Mengenal Latent Semantic Indexing ( LSI ) White Hat SEO 

LSI merupakan singkatan dari latent Semantic Indexing, ialah teknologi yang di rancang menggunakan operasi matematis. Operasi ini dapat menampung data, dan mengubahnya dalam bentuk query yang saling berhubungan satu sama lain secara relevan. 

Seorang spesialis SEO biasanya menggunakan teknik LSI dalam setiap optimasi konten agar dapat menargetkan keyword ke halaman pertama ketika sudah terindex oleh mesin pencari. Kita tidak akan membahas secara detail tentang teknologi LSI disini. Yang akan kita bahas ialah menerapkan metode LSI agar dapat menargetkan sebuah keyword untuk mengoptimalkan dan berada di halaman pertama.

Google sendiri tidak menggunakan Teknologi ini secara langsung dalam mesin pencarinya, namun LSI sudah tercipta pada era tahun 1980. Mesin pencari seperti google menampung semua data baik itu link, keyword, dan lain sebagainya untuk menghasilkan query secara relevan.  

Bagaimana kita mengoptimalkan Metode LSI dalam artikel?.

Saya beritahu dahulu sedikit, metode LSI ialah menargetkan keyword secara acak dengan kosa kata yang berbeda, dan saling berhubungan satu sama lain. Penempatannya ialah pada judul postingan, link atau url, kategori atau tag, pada title gambar dan alt, dan setiap paragraf untuk kita sisipkan keyword target.

Kita akan mengulas soal artikel terbaru dengan keyword "Promo Jasa SEO", untuk bisa Anda cek dan pelajari bersama tentang metode LSI ini. Sebenarnya target utama keywordnya ialah Promo Jasa SEO Murah.

Baik kita akan bahas cara menggunakan atau menerapkan metode LSI.

1. Ialah Penanaman Judul Dan Deskripsi.

Perhatikan pada gambar di search engine, dan fokus pada keyword judul dan deskripsi yang telah diberi tanda. Terdapat target keyword yang tertanam.

optimasi judul

2. Bagian url atau link.

Perhatikan juga pada bagian url dan link yang terdapat keyword target yang telah saya beri tanda.

url sudah seo

3. Tag/kategori

Silahkan Anda lihat ada 2 keyword pada bagian tag saya menggunakan promo dan SEO.

penggunaan tag seo

4. Paragraf

Silahkan anda cek terdapat keyword acak namun di buat secara relevan sesuai dengan tema dan keyword target saya bidik di bagian paragraf awal dan akhir. Akan tetapi setiap paragraf memiliki keyword yang berbeda dengan kosakata yang hampir mirip atau serupa tetapi bila dibaca akan menghasilkan relevansi dalam setiap kalimat nya.

acak keyword

Apakah sudah mengerti bagaimana penanaman keyword LSI?, Saya sedikit kasih penjelasan tentang LSI ini.

Secara garis besar metode LSI dapat dilakukan oleh siapapun, terdapat banyak keyword yang bisa Anda explore lebih dalam dan menjadikan target dalam setiap optimasi yang dilakukan. Namun saya sarankan agar tidak menciptakan jenis keyword stuffing, dalam arti penanaman keyword secara berlebihan yang mengakibatkan isi pada tema postingan jadi tidak relevan.

Dalam metode LSI ini cukup simple sebenarnya, kita dapat menulis dan menargetkan sebuah keyword secara relevan. Ketika ada pengunjung membacanya tidak terkesan aneh dan berbelit-belit. Inti dari pointnya ialah menggunakan atau menanam keyword target akan tetapi isi konten tetap pada topik pembahasan.

Saran lainnya ialah agar Anda juga menguasai berbagai rangkaian kosakata, atau kalimat bantuan lain yang saling berhubungan sesuai topik yang akan di publish. Cara ini agar mesin index dapat merayapi setiap query yang terdapat pada website Anda. Dan menghasilkan keyword turunan, sehingga konten semakin optimal.

Baca juga: Optimalisasi Konten blog secara SEO

Deep Silo Pembelajaran White Hat SEO

Deep Silo merupakan sebuah metode saling menghubungkan antara konten yang satu dengan konten yang lainnya. Dengan target 1 kata kunci yang akan di optimasi berada di halaman pertama google.

Deep Silo sendiri termasuk kedalam aliran White Hat SEO, sehingga sangat baik untuk meningkatkan performa website Anda.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Deep silo?

1. Tentukan target kata kunci yang akan di optimasi.

2. Buat postingan pertama dengan keyword tersebut.

3. Setelah publish, Anda hanya perlu membuat postingan lainnya dengan target keyword tersebut, namun topik atau pembahasan harus berbeda.

4. Sematkan internal link pada setiap postingan agar pages keduanya naik secara bersamaan seperti pada contoh gambar yang tersedia.

contoh deepsilo

Teknik Deep silo ini sudah cukup lama, dan banyak di pakai oleh situs web besar, point atau rahasia pada Deep silo terletak pada konten itu sendiri, walaupun target kata kunci hanya 1. Semakin banyak konten yang di update, dengan target keyword yang diinginkan maka struktur Deep silo akan semakin baik.

Sebagai contoh 1 keyword bisa menghasilkan struktur silo hingga ratusan bahkan ribuan konten, dengan konten yang tidak sama namun saling berhubungan antara satu tema dengan tema yang lainnya itulah yang di sebut metode Deep silo.

Apa Itu Internal Link Bagaimana Cara Memasangnya White Hat SEO

Internal link merupakan tautan arah balik yang meliputi pages berbeda. Hal ini akan meningkatkan minat pembaca untuk berlama-lama di website Anda.

Penanaman internal link cukup simple, namun perlu di perhatikan agar tidak memiliki unsur spam pada link yang di sematkan.

Internal link ini juga termasuk related post pada halaman website Anda. Ada baiknya setiap postingan kita menyematkan internal link agar mendobrak trafik pada web, dan tentunya hal ini sangat berguna bagi perkembangan website itu sendiri. Baiklah kita langsung praktek.

Cara memasang internal link:

Sisipkan link artikel pada setiap postingan yang saling berhubungan antara tema satu dengan lainnya, seperti pada praktek Deep silo yang sudah di bahas.

Pergunakan anchor title, contoh : 
<a href="https://www.helmykediri.com&quot; rel="_blank" title="Blog Orang IT">Promo Jasa SEO Murah</a>
cara menyisipkan internal link

Setiap link dalam posting yang di sematkan jangan ada url yang sama termasuk homepage yang mengakibatkan link tersebut bersifat spamming. 

www..helmykediricomn
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Mengenal Latent Semantic Indexing (LSI) dan Deep SILO"