Widget HTML #1

Kegunaan Nfc Pada Hp Dan Cara Menambah NFC Di Hp

Blog Orang IT Kediri - Sekarang ini, tak hanya iphone saja yang sudah dibekali dengan teknologi bernama NFC (Near Field Communication), namun sebagian besar smartphone android juga sudah dibekali dengan teknologi tersebut.

Mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan dari NFC, membuatnya menjadi standar baru bagi sebagian besar smartphone yang diluncurkan. Beberapa brand smartphone ternama juga tengah berlomba – lomba menyematkan teknologi NFC pada setiap smartphone seperti halnya Samsung, Realme, Xiaomi, Nokia hingga Infinix.

Kegunaan Nfc Pada Hp

Lantas apa sebenarnya kegunaan dari teknologi NFC itu sendiri?

Kegunaan NFC Pada Smartphone Lengkap

NFC menawarkan beragam manfaat yang bisa Anda nikmati pada smartphone, seperti :

1.Isi Ulang Dana Elektronik

Saat ini sistem pembayaran dengan memanfaatkan keberadaan dana elektronik kian berkembang pesat. Kebiasaan menggunakan uang konvensional sudah mulai berkurang seiring dengan perkembangan teknologi (kalau anda hobi nonton drakor, biasanya ada adegan orang yang menganggap pembayaran uang secara fisik/conventional sebagai aneh/ketinggalan jaman). 

Contohnya saja mulai untuk membayar tol, membayar jasa kendaraan umum, hingga melakukan berbagai transaksi jual beli.

Sampai saat inipun, pihak pemerintah dan Jasa Marga masih menerapkan kebijakan pembayaran tol non tunai untuk mengefisiensi dari segala bidang. Selain itu, dengan adanya sistem pembayaran non tunai, juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi antrian yang seringkali menumpuk di berbagai gerbang tol, khususnya di daerah Jabodetabek atau saat sedang musim mudik hingga musim liburan.

Dengan adanya NFC ini, Anda bisa melakukan top up dana elektronik di smartphone hingga melakukan pengecekan jumlah saldonya.

2.Bisa Dijadikan Sebagai Alat Pembayaran Berbagai Transaksi

Tak hanya bisa digunakan untuk membayar tol atau transportasi umum saja, NFC juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan berbagai transaksi (sebagai alat pembayaran non tunai). Saat hendak melakukan pembayaran, Anda hanya perlu menempelkan bagian belakang smartphone ke mesin scan yang sudah tersedia di area kasir.

Melakukan transaksi pembayaran menggunakan teknologi NFC dianggap lebih aman dan simpel. Selain tak harus repot – repot menyimpan uang kembalian, resiko penularan penyakit pun tidak akan terjadi. Ditambah lagi Anda juga bisa melakukan pengecekan terkait dengan riwayat transaksi. Saat sedang berbelanja di minimarket maupun supermarket, tak perlu lagi bongkar – bongkar tas untuk mencari dompet. Tinggal scan semua pembayaran langsung beres.

3.Bisa Digunakan Untuk Share Foto dan Video

Dengan cara nirkabel, Anda bisa share foto dan video menggunakan teknologi NFC. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan bagian belakang smartphone yang ada logo NFC dengan smartphone lain yang sama – sama sudah memiliki logo NFC untuk saling share. Cara kerjanya layaknya Bluetooth yang harus disambungkan terlebih dahulu.

Fitur yang disediakan oleh NFC ini, sangat membantu dalam memudahkan pengiriman foto dan video dengan ukuran besar. Karena tak butuh waktu lama seperti halnya Anda mengirimkannya menggunakan Bluetooth atau perangkat lainnya.

Perangkat fotografi seperti DSLR hingga mirrorless biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi NFC untuk membantu memudahkan para fotografer dalam proses pemindahan ke perangkat lain untuk kebutuhan editing atau lainnya.

4.Scan Berbagai Informasi dari Smart Poster

Smart poster kini semakin dilirik oleh banyak brand ternama sebagai salah satu jenis media kreatif. Di dalam smart poster sendiri, sudah disematkan chip NFC untuk memudahkan proses transfer data. Konten promosi yang dibuat dengan memanfaatkan smart poster, dianggap lebih dinamis. Dari smart poster tersebut, sasaran target marketing bisa melihat secara langsung halaman web maupun berbagai macam tujuan promosi lainnya.

Smart poster saat ini juga sudah banyak digunakan untuk pembelian tiket konser, membuka donasi amal, hingga promo diskon. Cara kerjanya hanya perlu melakukan scan saja pada smart poster yang ada chipnya. 

Selanjutnya, akan ada panduan lebih lanjut pada perangkat smartphone Anda. Dengan menggunakan cara ini, beragam informasi yang didapatkan jadi lebih cepat dan tentu saja lebih atraktif.

5.Bisa Digunakan Untuk Akses Wifi dari Wifi Porter

Keberadaan NFC pada smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk share wifi. Perangkat yang memiliki koneksi ke wifi, juga bisa melakukan share wifi ke perangkat lain. Caranya cukup mudah, dekatkan bagian belakang smartphone yang terdapat NFC ke perangkat lain. Tanpa harus membagikan password kepada orang yang lain, Anda sudah bisa share koneksi internet, sehingga diharapkan jaringan wifi Anda lebih aman.

Saat ini, wifi porter sudah banyak tersedia di tempat – tempat wisata. Dengan adanya wifi instan ini, para penggunanya juga menjadi semakin nyaman karena bisa menghemat data atau pun menggunakannya saat kondisi darurat.

6.Mengkoneksikan Speaker dengan Cara Nirkabel

Koneksikan speaker dengan cara nirkabel dianggap lebih efisien karena tak perlu kabel penghubung maupun perangkat koneksi tambahan lainnya. Cukup dengan mengandalkan koneksi nirkabel saja sudah bisa memutar music dari smartphone dan langsung terhubung otomatis dengan speaker.

Sebelumnya, Bluetooth menjadi salah satu cara andalan paling simpel untuk menghubungkan smartphone dengan speaker. Hanya saja, Bluetooth mempunyai kelemahan hasil suara yang kurang jernih atau bahkan suara putus – putus karena koneksi yang tak stabil.

Jika Anda ingin membeli speaker, pastikan sudah ada dukungan teknologi NFC agar bisa menggunakan teknologi canggih satu ini. Tinggal letakkan smartphone pada speaker yang ada logo NFC, maka music atau video yang Anda tonton, suaranya otomatis keluar melalui speaker tersebut. 

Dengan menggunakan teknologi ini, kualitas suara dan koneksi tak perlu dikhawatirkan lagi karena terbukti jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan bluetooth.

baca juga: Daftar merek smartphone terbaik

7.Share Kontak dari Berbagai Perangkat

Fitur yang ada pada NFC juga bisa digunakan untuk share data kontak tanpa harus repot menyimpan nama dan data lainnya secara manual atau backup-restore melalui akun google.

8.Share Data Menggunakan Android Beam

Jika Anda menggunakan Android Beam, dengan adanya NFC juga bisa berbagai data apapun dari perangkat satu dengan lainnya hanya dengan mendekatkannya saja.

Cara Menambahkan Teknologi NFC di Smartphone

Menambahkan Teknologi NFC di Smartphone

Bagi Anda yang memilik smartphone tetapi belum ada dukungan teknologi NFC di dalamnya, tak perlu khawatir. Karena Anda bisa menambahkannya dengan cara manual. Bagaimana caranya?

• Sediakan adaptor NFC eksternal. Adaptor eksternal ini dianggap lebih memudahkan karena di pasang di luar smartphone yang mana bisa dilepas dan pasang sesuai kebutuhan saja.

• Anda bisa pasang sticker NFC resmi dari produsen tertentu.

• Gunakan Micro SD NFC. Anda hanya perlu memasukkannya ke slot kartu memori dan mengaktifkan fitur NFC pada smartphone.

• Menambah teknologi NFC dengan membongkar smartphone. Cara ini tidak boleh sembarangan dilakukan dan hanya boleh dilakukan oleh para profesional.

www,,helmykediricom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Kegunaan Nfc Pada Hp Dan Cara Menambah NFC Di Hp"