Tips Membeli Printer Bekas Agar Tidak Tertipu

by

helmy

Blog Orang IT – Membeli printer bekas memang menjadi salah satu pilihan alternatif untuk menghemat budget agar mendapatkan printer dengan harga miring sekedar untuk kebutuhan printing biasa. Simak penjelasan berikut ini mengenai tips membeli printer bekas namun masih layak pakai, sehingga tidak mengecewakan saat digunakan.

Tips Membeli Printer Bekas

Alasan Membeli Printer Bekas

Alasan membeli printer bekas pastinya adalah untuk mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk baru atau mungkin anda mahasiswa semester akhir yang ingin mencetak tugas skripsi. Membeli printer bekas merupakan pilihan tepat jika dana Anda terbatas tetapi sangat membutuhkan peralatan tersebut.

Selain itu, tips membeli printer bekas juga akan membantu anda terhindar dari bujuk rayu penjual printer bekas yang mengatakan kondisi barang bagus meskipun ada beberapa kendala. Printer bekas sebenarnya masih memiliki kualitas mumpuni asalkan Anda memilihnya dengan kriteria yang tepat.

Printer bekas dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumahan, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke jasa percetakan. Selain itu, Anda juga bisa mencetak tugas dengan cepat tanpa harus mengantri terlebih dahulu di jasa percetakan.

Rekomendasi Merek printer Bekas

Ada beberapa merek printer yang reputasinya cukup baik dipasaran, meskipun sudah pernah dipakai. Epson merupakan rekomendasi merek printer terpopuler pertama yang biasa dipertimbangkan karena mempunyai cartridge dengan mode isi ulang serta lebih hemat tinta.

Printer epson bahkan hanya membutuhkan 1 botol tinta warna hitam saja untuk mencetak 4.000 lembar. Sedangkan, apabila dikombinasikan dengan warna lainnya, printer bekas merek epson dapat mencetak hingga 6.500 lembar.

Rekomendasi printer bekas selanjutnya adalah HP yang sudah memiliki teknologi canggih di dalamnya karena hanya membutuhkan waktu 9 milidetik saja untuk mencetak dokumen A4. Selain itu, printer HP juga dilengkapi teknologi pemutus daya otomatis mati dan menyala sendiri, sehingga bisa menghemat listrik.

Tips Membeli Printer Bekas

Sebelum membeli printer, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar Anda tidak salah dalam menjatuhkan pilihan. Simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa tips membeli printer bekas yang bisa diterapkan ;

Menentukan Jenis Printer Sesuai kebutuhan

Tips pertama, Anda bisa menentukan jenis printer sesuai dengan kebutuhan terlebih dahulu. Tentukan apakah printer yang dibutuhkan berjenis inkjet atau laserjet karena keduanya memiliki perbedaan cara kerja.

Printer inkjet menggunakan titan berupa cairan yang terdiri dari empat warna dasar, yaitu cyan, magenta, hitam, dan blue. Sementara printer laserjet menggunakan tinta berbentuk bubuk yang disebut sebagai toner.

Keduanya juga memiliki perbedaan kecepatan dimana printer laserjet mampu mencetak hingga 20 halaman hanya dalam satu menit. Anda perlu mempertimbangkan printer yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan mencetak dokumen sehari-hari, apakah untuk tujuan sekolah atau pekerjaan.

Mencari Tahu Harga Pasaran Printer

Berikutnya, calon pembeli harus mencari tahu kisaran harga pasar printer terlebih dahulu agar nantinya memudahkan saat penawaran. Salah satu alasan membeli printer bekas tentunya agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Setiap merek dan tipe printer memiliki harga pasar yang berbeda-beda, sehingga calon pembeli perlu melakukan riset sederhana terlebih dahulu. Jangan sampai Anda mendapatkan penawaran printer bekas setara harga pasar yang tidak relevan dengan kondisi barang.

Mencari tahu harga pasar printer bekas ini juga berguna untuk mempersiapkan dana saat membelinya. Anda bisa mengecek harga pasaran printer ini melalui internet atau platform marketplace sekaligus membandingkan harga dari beberapa merek produk.

Membeli Printer dengan Fitur Tambahan di Dalamnya

Mempertimbangkan adanya fitur tambahan merupakan tips berikutnya yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli printer bekas. Hal ini karena printer yang mempunyai fitur tambahan akan memiliki fungsi lebih dan tidak hanya sekedar untuk mencetak dokumen saja.

Misalnya, Anda bisa mencari printer bekas yang memiliki fitur scan dokumen, baik berupa gambar, tugas, materi, atau foto. Printer bekas yang sudah dilengkapi dengan scanner umumnya lebih banyak kegunaan

Adanya fitur tambahan tersebut memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah karena memiliki printer sendiri. Adanya fitur scanner pada printer membuat Anda tidak perlu keluar rumah ketika ingin memindai dokumen dan bisa langsung mencetaknya.

Memeriksa Kelengkapan Printer

Apabila Anda ingin mendapatkan printer bekas yang kualitasnya masih bisa diandalkan, maka memeriksa kelengkapan alat ini merupakan hal penting. Pastikan printer yang akan dibeli masih memiliki buku manual, USB, DVD Driver dan kabel power.

Setelah memastikan semua kelengkapan tersebut masih ada, pastikan juga bahwa USB dan kabel power printer masih bisa berfungsi dengan baik (tidak longgar). Selain itu, jika printer menggunakan sistem infus, calon pembeli harus melakukan pengecekan terhadap tabungnya.

Teliti kembali tabung infus guna memastikan tidak ada kebocoran yang akan membuat tinta printer terbuang sia-sia. Tak hanya itu, pastikan selang infus masih bisa mengalirkan tinta dengan baik, sehingga hasil dokumen yang dicetak terlihat berkualitas.

Baca juga: Tips membeli printer baru agar tidak tertipu

Memperhatikan Pemakain Tangan Pertama

Bagi Anda yang mendapatkan rekomendasi merek printer bekas dari orang sekitar, sangat dianjurkan untuk memperhatikan pemakaian tangan pertama. Perhatikan siapa orang yang memakai printer tersebut sebelum di jual, apakah untuk kebutuhan rumahan, kantor, atau membuka usaha.

Selain memperhatikan siapa pemakainya, calon pembeli juga perlu menanyakan berapa lama printer tersebut sudah digunakan. Apabila usia printer masih pendek, maka kualitas barang bekas tersebut tentunya tidak berkurang banyak

Apalagi jika ternyata printer tersebut memang digunakan untuk kebutuhan rumahan yang tidak terlalu sering mencetak dokumen. Tak hanya itu, orang pertama dengan pemakaian untuk kebutuhan rumahan umumnya juga lebih berhati-hati dan menjaga kebersihan dalam menggunakan printer.

Melakukan Tes Cetak Hasil Akhir

Beikutnya, lakukan tes hasil akhir cetakan dokumen yang bisa dihasilkan oleh printer tersebut guna memastikan bagaimana kinerjanya. Pada saat pengecekan kondisi printer, cobalah mencetak satu lembar dokumen yang berwarna-warni untuk mengecek kinerja printer lebih jauh

Pengecekan hasil akhir ini berguna untuk mengetahui ketepatan printer bekas tersebut dalam mencetak susunan warna. Manfaat berikutnya, Anda bisa mengetahui kualitas hasil cetakan dari printer tersebut setelah tahap uji coba.

Calon pembeli juga bisa mengetahui bagaimana kondisi printer bekas tersebut saat proses mencetak dokumen. Hal ini penting untuk dipertimbangkan agar Anda mendapatkan produk berkualitas sesuai dengan kebutuhan, meskipun hanya membeli printer bekas.

Mengecek Kondisi Fisik dan Nonfisik Printer

Tips membeli produk printer bekas yang terakhir adalah mengecek kondisi fisik dan non fisik dari alat tersebut. Pengecekan kondisi fisik ini meliputi kebersihan printer bekas, segel, dan bodynya. Calon pembeli disarankan untuk memilih printer yang bodynya masih mulus dan belum banyak tergores.

Selain itu, body printer bekas yang masih mulus ini menandakan bahwa alat tersebut dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya, sehingga meningkatkan minat Anda sebagai pembeli. Pastikan juga bahwa segel bautnya masih terpasang dengan sempurna guna memastikan printer ini belum pernah dibongkar atau ganti sparepart.

Pengecekan kondisi non fisik merupakan tips membeli printer bekas yang terakhir karena ini mempengaruhi kinerja software dan driver pendukungnya. Pastikan kondisi driver printer ini masih normal guna memastikan alat tersebut bisa berfungsi dengan baik.

www,helmykediricom

Related Post