Skip to main content

9 tips membeli printer yang bagus dan awet


Mencetak adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat ini.

Hal ini karena perkembangan perangkat teknologi yang membuat kita bisa mencetak segala sesuatu dengan sangat mudah. 

Selain itu juga disebabkan oleh kemajuan teknologi yang semakin cepat, setiap orang memiliki alat printer pribadinya dirumah untuk mencetak suatu objek dengan cepat, contohnya saya dirumah mempunyai 3 printer

Secara umum, printer dapat diartikan sebagai alat (perangkat keras) yang dapat digunakan untuk mencetak satu dokumen atau lainnya di atas kertas. Misalnya, jika Anda ingin mencetak dokumen di atas kertas yang dikerjakan pada Microsoft Excel atau Microsoft Word, Anda hanya perlu printer  

Dengan printer , kita bisa lebih mudah dalam proses pencetakan dokumen dalam media kertas. Selain dapat mencetak dokumen, printer modern sekarang juga dapat digunakan untuk memindai atau menyalin dokumen. 

Jika Anda ingin membeli printer, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut agar printer yang Anda beli baik dan tahan lama.

9 tips membeli printer yang bagus dan awet


9 tips untuk membeli printer berkualitas baik, ekonomis dan tahan lama


# 1. Beli printer baru

Coba ikuti tips pertama ini, jika Anda punya cukup uang maka belilah printer baru. Karena Anda harus tahu bahwa printer adalah bagian dari perangkat elektronik yang sering rusak. Apalagi jika printer tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu sangat disayangkan apabila Anda membeli printer second/bekas

Untuk harganya? tenang saja, karena untuk saat ini banyak merek printer yang dijual dengan harga terjangkau. Selain bisa mendapatkan printer dalam kondisi terbaik, Anda juga akan mendapat manfaat berupa garansi dari produsen atau distributor yang menjual printer.

# 2. Pilih printer bermerek

Ada banyak merek printer di pasaran, dari beberapa merek printer terkenal hingga printer yang jarang kita dengar namanya. Namun, sangat disarankan untuk membeli printer dengan merek terkenal. Karena biasanya printer dengan merek terkenal memiliki kualitas yang tidak terbantahkan. Dan tentu saja, merek tersebut telah diakui kualitasnya oleh banyak orang

Beberapa merek yang saya rekomendasikan seperti Canon, Epson, HP dan beberapa merek printer yang memiliki sejarah panjang di dunia percetakan. Anda dapat memilih salah satu dari merek yang saya sebutkan di atas, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi printer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

# 3. Perhatikan garansi printer

Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan ketika membeli printer adalah Anda harus memperhatikan garansi printer. Jika garansi hanya berlaku dalam waktu singkat, Anda harus mencari printer dengan masa garansi yang lebih lama. Durasi masa garansi menunjukkan bahwa pabrikan atau distributor berani memberikan jaminan kualitas printer jangka panjang

# 4. Pilih printer sesuai dengan kebutuhan Anda

Anda harus memperhatikan kebutuhan Anda, untuk apa Anda membeli printer? Jika Anda menggunakan printer hanya untuk mencetak dokumen dalam bentuk teks atau dalam skala kecil, Anda dapat memilih printer deskjet dengan cartridge.

Karena printer jenis ini mudah dalam perawatan dan lebih tahan lama, terutama jika mereka hanya digunakan untuk mencetak dalam jumlah kecil. Namun, jika Anda membutuhkan printer multifungsi, Anda dapat memilih printer laser warna.

Melihat spesifikasi printer agar sesuai dengan kebutuhan :

a) Kecepatan, resolusi, dan warna

Kecepatan cetak , resolusi (resolusi cetak), dan warna juga merupakan faktor penting dalam memilih printer . Kecepatan cetak yang tinggi biasanya berbanding terbalik dengan warna dan resolusi yang dihasilkan. Tetapi pada saat ini, perlahan dan pasti, ketiga karakteristik ini dapat saling berhadapan tanpa mengesampingkan satu sama lain.

b) Manajemen Kertas

Setiap printer hanya dapat menampung 10-20 kertas yang biasa digunakan sebagai bahan persiapan sebelum dicetak. Tetapi saat ini, banyak printer menawarkan penampungan kertas yang lebih banyak, bahkan hingga 250 lembar kertas. Dengan kapasitas ini, Anda bisa mencetak lebih banyak sekitar dua kali lipat dalam sebulan jika Anda berencana membuka bisnis percetakan

c) Slot kartu memori, PictBridge dan cloud

Jika Anda berencana untuk mencetak lebih dari satu foto di kemudian hari, pertimbangkan untuk membeli printer dengan slot memori terpasang, fungsionalitas Bluetooth (jarang digunakan), dukungan PictBridge, atau penyimpanan cloud. . 

Semua teknologi ini akan memudahkan dalam mencetak foto langsung dari kamera atau smartphone, tanpa harus terlebih dahulu mentransfernya ke komputer dan menjalankannya di komputer itu. Kartu memori dapat dilepas dari kamera dan dimasukkan ke dalam slot printer.
PictBridge memungkinkan perangkat kamera untuk terhubung langsung ke printer dengan menghubungkannya dengan kabel USB. Fitur konektivitas di cloud memungkinkan Anda mengirim ke penyimpanan cloud Anda seperti Dropbox, OneDrive, Google Cloud Print, dan lainnya.

d) Koneksi jaringan

Saat ini, sebagian besar printer menawarkan berbagai opsi konektivitas. USB mungkin merupakan standar untuk printer dan semua komputer abad ke-21. Karena USB biasanya tidak panjang dan menggunakan koneksi langsung, printer harus setidaknya dekat dengan PC atau laptop Anda.

Tetapi sekarang, banyak printer baru bermunculan dengan konektivitas baru melalui jaringan / nirkabel. Ini menjadi sangat nyaman untuk digunakan di rumah, sehingga penggunaan printer tidak harus berada di satu tempat, tetapi anda dapat mencetak di mana saja, asalkan berada di area Wi-Fi. 

Selain itu, dengan fasilitas Wi-Fi juga dapat digunakan untuk mencetak hanya dengan smartphone, tablet, atau mungkin dengan kamera digital dengan memilih printer yang mendukung pencetakan dengan perangkat seluler, seperti protokol. AirPrint Apple.

e) 2-sisi (pencetakan dua sisi atau pemindaian)

Salah satu fitur yang sedang dalam pengembangan adalah duplexing, yang dapat menjadi pertimbangan yang sangat baik untuk pembelian printer. Pencetakan dupleks mampu memindai atau mencetak kedua sisi halaman tanpa mengharuskan Anda membalik secara manual. Di printer, pencetakan dua sisi dilakukan dengan mencetak halaman pertama, lalu menghapusnya secara bersamaan, dan kemudian mencetak halaman berikutnya.

Banyak pemindai ADF all-in-one memiliki kemampuan pencetakan dua sisi, memungkinkan Anda memindai kedua sisi dokumen menggunakan teknologi ADF. dokumen. Perangkat all-in-one tanpa teknologi ADF tidak dapat memindai dalam dupleks.

Pemindaian dupleks lebih nyaman bagi mereka yang memindai langsung 2 halaman dan tampaknya pencetakan dua sisi sekarang menjadi kebutuhan. Ini dapat membantu Anda menghemat kertas saat mencetak dokumen 1 halaman dengan 1 kertas tidak lagi penting atau efektif.

f) Biaya tambahan

Ini adalah salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli printer. Banyak produsen printer menawarkan harga terlalu rendah. Tentu saja, ini berdampak pada pembeli, apakah itu catridge yang cepat rusak, tinta buruk, atau bahkan mengisyaratkan kualitas yang tidak bagus

Kami menyarankan Anda membuat beberapa pengamatan awal tentang biaya tambahan yang mungkin dibutuhkan ketika Anda berencana membeli printer di rumah. Jika Anda sering menggunakannya dan Anda butuh kinerja yang lebih cepat, kami sarankan Anda membeli printer dengan harga yang sedikit lebih tinggi karena Anda tidak perlu mengganti kartrid, karena kartrid printer murah itu lebih cepat kering. 

Selain itu, pertimbangkan kemungkinan memuat ulang kartrid Anda. Sebagian besar vendor printer sekarang meletakkan chip kecil dan menggunakan tinta khusus. Chip dapat mendeteksi penggunaan tinta oleh pemiliknya. Jika tidak cocok dengan tinta yang perlu digunakan, kemungkinan terburuk adalah kartrid rusak. Ini juga membuat Anda kehilangan banyak uang jika harus mengganti kartrid.

g) Printer foto

Jika Anda ingin menggunakan printer Anda untuk mencetak foto daripada mencetak dokumen dan tabel, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli printer khusus foto. Meskipun printer foto memerlukan tempat yang lebih luas dan kurang fleksibel dalam multitasking, kualitas hasil cetak jauh lebih baik daripada printer biasa. 

Harga yang harus dibayar untuk kemudahan ini juga setara dengan kualitas hasil cetakan. Printer foto ini biasanya lebih mahal daripada printer biasa. Jadi, jika Anda mencetak banyak foto, Anda dapat memilih printer khusus foto di rumah.

h) Printer all-in-one?

Printer laser dan inkjet tersedia dengan pemindai yang terletak di atas unit, mengubah printer menjadi perangkat all-in-one (printer, fotokopi, pemindai, dan kemungkinan mesin faks). ). Bahkan jika Anda tidak akan menggunakan semua fitur-fitur ini nantinya, membeli printer all-in-one untuk digunakan di rumah sangat masuk akal, bukan hanya karena printer all-in-one ini lebih mahal daripada membeli printer dan pemindai secara terpisah, tetapi juga memungkinkan Anda menghemat ruang.

Karena printer all-in-one cukup populer dan dapat diperoleh dengan harga yang mahal, sangat disarankan untuk membeli printer all-in-one.

# 5. Periksa status printer

Sangat penting untuk memeriksa printer sebelum membelinya. Bahkan jika Anda membeli printer dengan kondisi baru, Anda harus selalu mengeceknya . Karena meskipun masih baru, mungkin saja printer mengalami cacat produk dan masalah pengoperasian. Karena itu, Anda perlu memeriksa apakah printer dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

# 6. Layanan garansi

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli printer adalah layanan garansi yang diberikan oleh distributor. Anda harus memilih distributor dengan layanan garansi yang baik karena jika printer Anda memiliki masalah atau kerusakan, Anda akan lebih mudah untuk mengklaim garansi melalui surat cetak Anda. Dengan layanan garansi yang baik, Anda akan merasa nyaman dan aman

7. Tetapkan anggaran Anda

Ada banyak pilihan printer yang bagus saat ini, tetapi pada dasarnya mereka memiliki kelas sendiri, disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, jika anggaran Anda terbatas,  kurang dari satu juta, kategori pilihan printer ini termasuk dalam pilihan printer ekonomis dengan kelas level input. 

Anda tidak akan melihat banyak pilihan dengan fitur-fitur canggih, tetapi jika itu sesuai dengan kebutuhan Anda, pilihan itu mungkin jauh lebih ideal dibandingkan dengan printer dengan banyak fitur tidak berguna. 

Tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang jauh lebih baik, termasuk dalam hal kualitas dan fungsionalitas lengkap, memilih harga lebih dari 2 juta dapat memenuhi semua kebutuhan Anda.

8. Pertimbangkan pilihan printer dengan tabung isi ulang yang asli

Saat ini, banyak produsen menawarkan printer pilihan tabung isi ulang tinta. Dengan demikian, pengguna dapat memiliki printer yang tahan lama, jauh lebih efisien dan, tentu saja, aktivitas yang lebih tinggi

Meskipun opsi dengan fitur ini sedikit lebih mahal, Anda dapat menghemat banyak hal. Juga tunjukkan anggaran Anda untuk pembelian kartrid. Bahkan, jika Anda benar-benar tidak menggunakan terlalu banyak pilihan printer setiap hari atau setiap minggu, atau jika Anda hanya menggunakannya sebulan sekali, printer tanpa opsi ini juga cukup baik untuk merespons semua kebutuhan anda.

9. Pertimbangkan beberapa faktor dasar di bawah ini

Resolusi - jumlah titik yang dicetak dalam printer dalam inci persegi (di atas 1440 dpi sangat baik). Pilih model dengan resolusi yang lebih tinggi jika Anda berencana untuk mencetak banyak teks, gambar, dan foto berkualitas.

Biaya pengoperasian - Anda juga harus mempertimbangkan opsi ini, seperti mengganti kartrid tinta dan kertas, karena pengguna printer harus terus membeli lebih banyak kartrid tinta dan toner di akhir masa pakainya atau jika yang lama kering. Ketahuilah bahwa biaya kertas, toner dan tinta bisa lebih mahal daripada printer dalam jangka waktu satu tahun.

Volume yang dapat dicetak (halaman per menit) sangat penting jika Anda berencana mencetak banyak dokumen hitam putih

Ukuran Cetak - Apakah Anda ingin mencetak pada kertas besar atau tidak standar, stok ketebalan, template, transparansi, dll.? pilih printer yang penampung kertasnya tidak lebih akurat dari 90 derajat untuk mencetak berbagai jenis media tanpa macet.

Font Script Posting - Sebagian besar printer inkjet tidak kompatibel dengan PostScript. Jika Anda perlu mencetak grafik atau font PostScript, gunakan printer laser.

Kemudahan Penggunaan - Apakah proses pemasangan printer sederhana? Anda juga harus melihatnya

Kompatibilitas - Printer terbaru umumnya kompatibel dengan USB, yang berarti mereka akan bekerja dengan versi terbaru . Jadi, pastikan juga sistem yang Anda miliki mendukung

Garansi - Tentu saja, pastikan untuk membeli printer dengan garansi pabrik dan / atau toko (setidaknya selama 90 hari).
Jadi, ini adalah artikel yang membahas mengenai 9 tips membeli printer yang bagus dan tahan lama yang perlu Anda ketahui. Dengan beberapa tips yang telah saya sampaikan di atas, kini Anda dapat membeli printer berkualitas baik, murah dan tentu saja awet dengan klaim garansi mudah. Semoga bermanfaat.

....https://helmykediri.com

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar