Kumpulan Aplikasi dan situs belajar bahasa jepang terbaik

by

helmy

BlogOrangIT – Mempelajari bahasa asing memberikan banyak sekali manfaat, selain memudahkan dalam mempelajari hal baru, juga meningkatkan memori serta daya ingat, begitu pula Ketika anda telah menguasai bahasa Jepang. Bahasa Jepang sendiri memiliki 2 jenis kanji, yaitu Katakana dan Hiragana, Masing-masing memiliki bentuk, kompleksitas dan penggunaan yang Berbeda-beda sesuai konteks ya. 

Untuk mempelajari bahasa Jepang, hal penting pertamakali yang perlu dipahami adalah Kanji. Untuk itu di artikel kali ini akan dibahas mengenai daftar aplikasi dan situs untuk belajar bahasa Jepang, baik dari Bahasa kanji maupun hiragana. Semoga bermanfaat.

1.Saku Japan

Saku Japan

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tigis.sakujapan

Aplikasi belajar bahasa Jepang pertama adalah Saku Japan. Aplikasi ini menyediakan materi tekstual yang menarik untuk dipelajari. Untuk materi kanji, disediakan pelajaran tentang huruf hiragana dan katakana. Tak lupa materi dasar seperti ucapan sehari-hari dan penyebutan nomor juga disediakan disini. 

Tersedia pula game latihan huruf kanji, pengucapan, hingga arti kata untuk mengukur sudah sejauh mana pemahaman bahasa Jepang Anda, sekaligus agar proses belajar bahasa Jepang menjadi menarik dan tidak membosankan. Tersedia pula panduan berupa video (dalam bahasa Inggris) yang terbilang cukup banyak, guna memberikan penjelasan yang lebih kompherensif karena langsung diterangkan oleh ahlinya. Ukuran instalasi aplikasi ini terbilang kecil, disamping itu juga ringan serta mudah digunakan.

2. Obenkyo

Obenkyo

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Obenkyo

Aplikasi belajar bahasa Jepang berikutnya adalah Obenkyo. Aplikasi ini menyediakan tabel beragam jenis kata kanji, vocabulary, partikel, hingga grammar, untuk beberapa menu tersedia dari jenis JLPT Level 1 – JLPT Level 5. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang sedang mempelajari kanji,  partikel dan grammar dalam tata bahasa Jepang. Anda akan menemui berbagai bentuk kanji dan partikel di aplikasi ini. Selain itu tersedia quiz untuk meningkatkan pemahanan Anda terkait kanji yang dipelajari.

Di tampilan kanjinya sendiri tersedia fitur “Draw”, untuk latihan menggambar bentuk kanji, yang disertakan dengan panduan stroke path untuk memandu Anda dalam menggambar bagian Garis-garisnya.

3. Hiragana Memory Hint [Indonesian]

Hiragana Memory Hint

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=jp.jfkc.HiraganaMemoryHintApp.Id

Hiragana Memory Hint [Indonesian] merupakan aplikasi belajar bahasa Jepang secara khusus mempelajari kanji Hiragana. Menariknya, aplikasi ini menggunakan ilustrasi sebagai metode belajar agar lebih menyenangkan, terutama bagi mereka yang menyukai metode belajar secara visual. 

Pada saat aplikasi dibuka, Anda diberi pilihan untuk menggunakan layout Satu per satu, Per baris atau seluruh Hiragana. Setiap layout memiliki tampilan Masing-masing. Selain itu disediakan pula tabel hiragana dan cara penggunaannya yang disediakan melalui menu yang ada di home screen.

Aplikasi ini juga menyediakan quiz untuk menguji tingkat pemahaman Anda terhadap kanji Hiragana. Disamping itu, penjelasan yang diberikan tergolong mudah dipahami yang berarti sangat cocok digunakan oleh pemula dalam belajar kanji Jepang. Di tampilan kanji Hiragana, selain disediakan ilustrasi dan bentuk kanjinya, disediakan pula audio pengucapan kanji. Sehingga sangat membantu Anda dalam mengetahui pelafalan yang baik seperti apa.

4. Kanji Senpai

Kanji Senpai

Link Aplikasi : https://play.google.com/store/apps/details?id=jp.rodriguez.kanjisenpai.android

Aplikasi belajar bahasa Jepang terakhir adalah Kanji Senpai, dari namanya saja Anda sudah bisa mengetahui bahwa aplikasi ini Benar-benar diperuntukkan untuk belajar bahasa Jepang. Di aplikasi ini, disediakan materi terkait kanji jepang. Aspek belajar yang disediakan termasuk menulis, membaca dan menyusun partikel kanji Jepang.

Salah satu materi menarik dari aplikasi ini adalah tersedianya kumpulan kosakata Jepang Sehari-hari, yang membantu Anda dalam menambah wawasan terkait kosakata yang biasa digunakan untuk percakapan setiap hari.

5. NKH World-Japan

Situs : https://www.nhk.or.jp/lesson/indonesian/

Situs pertama untuk belajar bahasa Jepang adalah NHK World-Japan. NHK sendiri  merupakan website broadcasting nasional milik Jepang yang memberikan berbagai Informasi terkini terkait negara Jepang sendiri. NHK World-Japan memberikan Anda panduan yang sistematis, kompherensif, mudah dipahami, sekaligus, menyenangkan. Materi pembelajaran disertai dengan visual yang menarik, ditambah tampilan situs yang nyaman dipandang.

Materi belajar mencakup daftar pelajaran suku kata (Hiragana, Katakana), kosakata dan masih banyak lagi. Dibagian pelajaran tambahan akan banyak ditemui daftar pelajaran yang bisa dipelajari, dari angka, jam, hari dalam sepekan hingga kumpulan kata kerja.

6. Marugoto Online

Situs : www.marugoto-online.jp

Marugoto Online merupakan situs belajar online berbasis course, yang dikelola oleh lembaga Japan Foundation. Kelebihan situs ini, Kita diberikan pilihan untuk belajar secara mandiri maupun dengan bantuan pengajar dari situs Marugoto Online. Klasifikasi course yang disediakan diatur berdasarkan level kesulitan, dari tingkat dasar, menengah, hingga mahir. 

Disediakan pula test untuk menentukan course mana yang cocok dengan Anda. Pada level A1, Kita diberikan pilihan untuk mengikuti khursus “Katsudoo” atau kursus” Katsudoo & Rikai”, kursus “Katsudoo” dikhususkan untuk belajar dengan metode belajar yang casual (cocok untuk pekerja / yang memiliki mobilitas tinggi). Sedangkan khursus” Katsudoo & Rikai” dikhususkan bagi yang ingin mempelajari bahasa Jepang secara utuh dan menyeluruh, aspek yang dipelajari mencakup membaca, mendengar dan menulis.

Baca juga: Daftar artis jepang paling cantik

7. Sci.lang.japan

Situs : www.sljfaq.org

Sci.lang.japan merupakan situs belajar bahasa Jepang yang memberi materi pelajaran bahasa dengan menambahkan foto komplementer terkait materi, untuk pembelajaran yang lebih menarik. Bagi yang ingin mempelajari atau sekedar mengetahui bahasa Jepang, situs ini sangat cocok. Situs ini pada dasarnya berisikan materi FAQ tekstual terkait bahasa Jepang yang sistematis, mudah dipahami, dan penjelasan yang baik. Meski begitu, seluruh materi diatur secara sistematis, agar orang yang baru belajar bahasa Jepang dapat mengikuti materi dengan baik.

Materi yang disediakan mencakup writing, grammar, nama, angka, tanggal, dan masih banyak lagi. Struktur materi dimulai dari “writing” yang membahas tentang kanji dan bagaimana penulisannya, dilanjutkan grammar yang membahas tentang penyusunan bentuk kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa Jepang, beberapa meaning kata, pronoun, hingga pembahasan Japanese-English.

8. l-Lingo

Situs : l-lingo.com

Situs web belajar bahasa Jepang terakhir adalah I-Lingo. L-Lingo memiliki konsep untuk menyediakan portal bagi pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Jepang, yang menyenangkan, menarik dan kompherensif. Situs ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai pembelajaran dengan metode listening audio dan visual. Materi yang disediakan disini menggunakan konsep flash card, disertai audio pengucapan dalam bahasa Jepang. Di situs ini juga disediakan fitur quiz yang bisa diakses melalui popup yang ada saat proses pembalajaran.

Setidaknya disediakan 5 kelas gratis untuk plan free. Materi yang disediakan cukup lengkap, mulai dari pengenalan & ucapan salam, makanan, warna, angka, profesi, dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan menenai daftar aplikasi dan situs belajar bahasa Jepang terbaik. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan belajar Anda di aplikasi dan/atau situs diatas. Setiap aplikasi/situs mempunyai ragam variasi dan cara atau metode belajar yang unik dan menarik, guna meningkatkan minat belajar dan memberikan asumsi bahwa belajar bahasa Jepang tidaklah sesulit yang dibayangkan.

www,helmykediricom

Related Post