15 Situs untuk mempromosikan Jasa Tulis Artikel Blog

by

helmy

Blogger Kediri Blog Orang IT – Konten berkualitas menjadi salah satu komoditas yang sangat diperlukan di tengah laju pertumbuhan website pada era digital seperti sekarang. Tinggi rendahnya trafik ke halaman website atau blog tak lepas dari faktor ketersediaan konten.

Konten-konten pada website maupun blog terkadang fokus pada topik tertentu atau biasa disebut niche. Mulai dari pengetahuan umum, teknologi, gaya hidup, travel, game, kesehatan, hobi, olahraga, cerita pendek, novel dan lain-lain. 

Hampir semua konten yang dimuat merupakan hasil dari keterampilan menulis. Maka pada gilirannya, kondisi tersebut memposisikan penulis konten sebagai bagian yang memegang peranan penting.

Jangan heran ketika kemudian banyak jasa penulisan konten bermunculan di jagat maya. Meski tidak sedikit pula penulis yang kesulitan mempromosikan keterampilannya untuk bersaing memenuhi kebutuhan akan konten website atau blog orang lain.

Situs untuk mempromosikan Jasa Tulis

Daftar situs berikut ini mungkin bisa menjadi ruang yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan jasa penulisan, terutama menulis konten website dan blog.

Bagi para pengelola website atau blog bisa memanfaatkan daftar situs berikut untuk merekrut penulis kontennya.

1. Sribulancer.com

Sribulancer memfasilitasi para penulis konten profesional untuk menawarkan atau mempromosikan jasanya. Lantaran banyaknya, harga jasa penulisan yang ditawarkan melalui website ini sangat kompetitif.

Sribulancer memberikan kemudahan bagi pengguna jasa dalam memilih penulis untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan ketersediaan biaya.

Situs ini juga menggaransi uang kembali kepada pengguna jasa apabila hasil yang diterimanya tidak sesuai dengan pesanan.

2. Freelancer.com

Freelancer merupakan website yang mempertemukan penulis dengan pengguna jasa. Jasa penulisan yang tersedia di website ini biasanya berupa artikel konten, copywriter, penterjemah dan lain sebagainya.

Sebagai situs dengan jangkauan pasar global, freelance sangat ideal bagi penulis lepas. Melihat daya jangkau situs, penulis lepas berpeluang mendapat imbal jasa berupa dollar.

3. Projects.co.id

Website yang satu ini kurang lebih sama dengan freelancer.com. Bedanya jangkauan project.co.id bersifat lokal atau hanya di Indonesia. (tidak bisa diakses dengan VPN)

Agar dapat mempromosikan jasa dan kemampuannya, penulis lepas perlu mendaftarkan diri dan melengkapi profile. Penulis juga akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan melalui email atau whatsapp ketika mendapat order proyek penulisan yang sesuai dengan latarbelakang profilenya.

Tips memilih jasa penulis artikel untuk blog diprojects.co.id berdasarkan pengalaman pribadi;

a. Pilih penawaran yang sesuai niche

Misal anda membutuhkan artikel dengan niche seputar teknologi, kemudian ada penulis yang mengatakan dirinya terbiasa menulis artikel tentang wisata, makanan dan gaya hidup tetapi berdalih sanggup mengerjakan project artikel anda sebaiknya diopsionalkan dulu karena pengalaman saya mereka mungkin kurang menguasai topik tersebut, mungkin membedakan antara aplikasi dengan software saja sudah kebingungan

b. Hindari penulis dengan profile tanpa foto 

Biasanya ini adalah pengguna akun baru, mereka sering melakukan kesalahan seperti deadline, tidak mengerti rule, jarang aktif, slow respond dan sebagainya.  (hasil pekerjaannya juga mungkin tidak sesuai ekspektasi)

c. Hindari penulis yang mengklaim bisa menulis semua niche

Penulis semacam ini tidak kita ketahui spesifik keahliannya, mungkin mereka hanya bisa menulis artikel dengan gaya bahasa yang baik namun sering terjadi kesalahan informasi. Daripada gak jelas sebaiknya diskip saja

d. Pilih penulis dengan bid harga pertengahan

Ketika anda memposting project menulis artikel dengan rentang harga Rp.200.000 – 300.000 sebaiknya pilih harga pertengahan, karena kualitas artikel diharga Rp.250.000 dengan Rp.300.000 tidak banyak berbeda

e. Hindari penulis yang bid harga terendah

Projects.id mengenakan fee untuk setiap transaksi worker sebesar 12%, nah yang membayar fee ini bukan pemberi kerja melainkan pencari kerja dalam hal ini adalah worker. Kalau ada penulis yang memilih harga minimal berarti ada beberapa kemungkinan

Entah karena mereka membutuhkan uang, belum tau mengenai sistem potongan/fee atau ingin meraup untung dengan cepat. Hasil pekerjaan worker yang menawarkan bid harga terendah biasanya kurang bagus atau ala kadarnya (harga membawa kualitas)

Baca juga: Cara agar tidak tertipu jasa penulis artikel

4. Upworks.com

Sama halnya dengan situs-situs penulis lepas (freelancer) lainnya, upworks juga memfasilitasi penulis untuk mempromosikan jasanya.

Melalui situs ini, penulis bisa menentukan sendiri sistem pembayaran yang diinginkan. Ada yang mematok harga per jam untuk setiap durasi pengerjaan atau per proyek.

Ada sekitar puluhan ribu penulis lepas dari berbagai Negara yang menawarkan keterampilan dan jasanya di upworks.

5. Fastworks.id

Situs ini mempertemukan penulis dengan pengguna jasa. Penulis dapat membuat portofolio di halaman yang disediakan agar klien (pengguna jasa) tertarik menggunakan jasanya.

Tak kurang dari ratusan penulis lepas mempromosikan keterampilannya melalui situs ini.

Jika dianalogikan, situs ini mirip dengan online shop. Namun dalam hal ini yang dijual-belikan adalah jasa penulisan artikel mulai dari artikel SEO, konten blog dan website, artikel terjemahan, copywrite  dan lain sebagainya,

6. Fiverr

Fiverr merupakan situs freelancer termasuk bagi penulis lepas yang menyediakan fasilitas untuk mempromosikan kemampuan dan jasa menulis artikel.

fiverr juga menyediakan pelatihan gratis bagi penulis lepas untuk mengembangkan kemampuan. Selain itu, penulis juga akan mendapat tips dan trik bagaimana cara mendapatkan klien.

7. p-store.net

Situs ini memberikan fasilitas kepada penulis untuk mempromosikan jasanya. Harga jasa menulis yang ditawarkan pada situs ini sangat bervariatif, tergantung kuantitas dan kualitas yang dibutuhkan oleh pengguna jasa.

Di situs p-store Rata-rata mematok harga 2 dolar untuk satu artikel. Situs ini juga memfasilitasi jual-beli akun Google, game hingga adsense. 

Situs-situs seperti yang telah diuraikan di atas, terutama yang bersifat lokal masih terbilang sangat terbatas jumlahnya.

Adapun beberapa situs lain yang tetap bisa menghasilkan uang dari keterampilan menulis. Dari sistem yang berlaku (mengirim artikel > approve > dibayar), situs-situs berikut ini jauh berbeda dengan situs penawaran jasa penulis lepas (freelancer) sebelumnya.

Untuk mengetahui lebih jelas, simak saja langsung uraiannya berikut ini.

8. IDN Times

Portal berita mainstream Indonesia ini meluncurkan portal IDN Times Community untuk mewadahi penulis lepas yang ingin menjadi kontributor.

Portal ini lebih memilih Artikel dengan gaya bahasa yang menyesuaikan target pembaca milenial.

Adapun topik-topik tulisan yang menjadi niche IDN Times yakni kuliner, teknologi, travel Kpop dan sains.

Penulis akan mendapat reward 1 poin untuk setiap 1000 views dari artikel yang telah dimuat. Selain itu IDN times juga sering memberi event bonus poin setiap bulannya. 

Sementara penulis atau kontributor baru, bisa mencairkan hasil dari tulisannya jika mampu mengumpulkan minimal 2.500 poin. Atau jika dikonversi setara Rp250.000.

9. UC news

Aplikasi agregator berita ini membuka kesempatan bagi penulis lepas untuk berkontribusi melalui tulisannya. 

Sebelum berkontribusi, penulis dapat lebih dahulu mendaftar di aplikasi. Setelah disetujui, penulis bisa memulai menulis berbagai konten antara lain hiburan, gaya hidup, Bollywood serta politik.

Sebenarnya ada dua cara agar dapat menulis artikel di situs ini. 

Pertama, menjadi kontributor dengan memberi kontribusi minimum 20 artikel per bulan. Dengan begitu penulis akan mendapat bagi hasil dari iklan di tiap artikel yang dimuat

Kedua, sebagai kontributor aktif.. penulis dengan kriteria ini akan dituntut berkontribusi satu artikel perhari.  Kontributor pemula baru dapat memonetisasi bagi hasil dari iklan yang dimuat, ketika artikelnya telah dibaca sebanyak 1.000 viewers.

Baca juga: Kriteria jasa penulis artikel terpercaya

10. Geotimes

Geotimes lebih berfokus pada artikel dan opini panjang. Situs ini membuka kesempatan bagi penulis untuk menulis artikel aktual mengenai tokoh atau kebijakan publik.

Biasanya artikel yang dibutuhkan berisi antara 750 sampai 1.000+ kata. Redaksi geotimes melakukan screening terhadap artikel yang dikirim penulis sebelum dinyatakan layak muat.

Honor yang bisa diterima oleh penulis dari setiap artikel yang berhasil dimuat mencapai Rp.350.000.

11. Voxpop.id

Situs penulis lepas ini menerima artikel dengan topik sosial, ekonomi, politik, olahraga dan gaya hidup. Konten-konten artikel di voxpop kebanyakan bergaya bahasa santai.

Untuk menjadi contributor, penulis hanya perlu mengirimkan artikel ke email voxpop. Kemudian honor yang bisa diperoleh oleh penulis dari tiap artikelnya sebesar Rp.250.000.

12. vebma.com

Situs yang satu ini hampir sama dengan situs-situs di daftar sebelumnya. perbedaannya hanya pada honor yang diberikan kepada kontributor.

Vebma memberi reward Rp10.000 untuk satu artikel yang berhasil dimuat. Kontributor atau penulis juga akan mendapat bonus Rp.1.200 jika artikelnya telah dibaca 1.000 viewers.

Saya agak benci dengan vebma karena beberapa penggunanya menyalin artikel saya untuk diterbitkan ulang disana bahkan di approve, padahal sudah jelas kalau dicari 1 paragraf saja digoogle artikel dari blog saya pasti muncul dihasil pencarian teratas karena durasi indeks postingan saya hanyalah 10-20 menit setelah dipublikasikan. 

13. Basabasi

Situs basabasi berfokus pada konten sastra atau artikel fiksi. Situs ini menerima cerpen, puisi, esai, resensi buku dan hibernasi atau artikel ringan dari siapapun yang ingin berkontribusi. 

Untuk tulisan ringan, basabasi memberi honor Rp.100.000 per artikel. Sedangkan cerpen dan esai akan mendapat Rp.300.000 per artikel. 

Tiap puisi yang berhasil dimuat, dihargai Rp.250.000 dan resensi buku Rp.200.000. 

Tulisan yang dikirim akan terlebih dahulu dikurasi oleh redaksi. Basabasi tidak membatasi berapapun jumlah tulisan yang dapat dikirimkan oleh penulis.

Hal ini berarti, semakin banyak tulisan yang dikirim, maka penulis semakin berpeluang mendapat penghasilan besar.

Basabasi turut memberi merchandise berupa kaos kepada penulis pemula yang tulisan pertamanya berhasil dimuat. 

14. Nulis.co.id

Para penulis lepas bisa memanfaatkan ide dan bakatnya dalam membuat tulisan mengenai pengalaman, kisah, dan cerita pada situs ini. Nulis.co.id tak hanya mewadahi para penulis dan blogger, tetapi juga memberi honor kepada penulis yang berkontribusi membuat konten tulisan menarik.

Skema pembagian pendapatan di nulis.co.id yakni, Rp.15.000 untuk setiap artikel. Tulisan yang telah dipublikasi, akan mendapat reward tambahan melalui jumlah, view artikel serta syarat lainnya.

Setiap tulisan yang dianggap layak, akan dimuat di aplikasi Baca. Aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 1,2 juta pengguna. 

15. Blog Orang IT

Setiap tanggal gajian saya selalu menyewa jasa penulis artikel diprojects.co.id maupun ditempat lain, saya juga mudah tertarik dengan penyedia jasa yang menawarkan promo, setiap guest posting berbayar di blog helmykediri.com juga dikerjakan oleh penulis bayaran

Anda bisa menghubungi saya apabila memiliki banyak waktu untuk menulis artikel, mungkin saya akan memakai jasa anda bila sewaktu-waktu memang diperlukan

Itulah tadi sederet situs yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari keterampilan dan kemampuan menulis.

Seperti diketahui bahwa konten merupakan hal yang berharga bagi sebuah website atau blog. Sebagus apapun tampilan website atau blog, tidak akan berarti tanpa adanya konten berkualitas.

Maka sudah sepatutnya penulis konten mendapat apresiasi tinggi..

www..helmykediri.com

Related Post