Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips berbelanja baju menjelang lebaran

Selamat Datang di Blog Orang IT - Kurang dari satu bulan lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Ketika mendengar kata Ramadhan, hal apa yang kamu pikirkan?

Ya, bukan hanya puasa saja yang identik dengan bulan Ramadhan tetapi juga hari raya Idul Fitri atau lebaran. Hari raya ini adalah hari kemenangan yang patut kita rayakan setelah sebulan penuh berpuasa.

Selain silaturahmi, saling memaafkan, mudik, dan kue lebaran, baju lebaran juga tidak pernah ketinggalan dalam mengisi kemeriahan di hari kemenangan ini.

Tips berbelanja baju menjelang lebaran

Apalagi memasuki hari raya, pastinya diskon, bonus dan juga THR menghantui pikiran kamu bukan? Belum lagi kamu dan juga keluargamu masih sering merasa tidak cukup membeli satu baju lebaran saja. Padahal belum tentu baju tersebut terpakai semua saat lebaran.

Waah, berapa banyak anggaran yang harus kamu keluarkan ya. Jangan sampai pengeluaran kamu merosot hanya untuk memenuhi kebutuhan baju lebaran saja.

Yuk, simak tips berbelanja baju lebaran berikut ini!

1. Cek Budget Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek keuangan kamu. Kira-kira budget kamu bisa untuk beli berapa baju dan dengan harga berapa?

Meskipun kamu memiliki banyak THR, jangan sampai uang kamu habis untuk membeli baju lebaran saja. Karena masih ada kebutuhan lain yang lebih penting seperti kue lebaran, daging, dan lain-lain.

Ingat, sekalipun kamu memiliki budget yang lumayan tinggi, jangan boros dalam membeli baju lebaran. Karena belum tentu semua baju-baju tersebut akan terpakai semua. Ini juga untuk menghindari kekurangan kamu untuk membeli keperluan yang lebih penting dan mendadak nantinya.

2. Cek Isi Lemari

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli baju lebaran, coba cek isi lemari mu terlebih dahulu. Bisa jadi, kamu masih memiliki baju yang lumayan bagus dan jarang kamu pakai sebelumnya.

Baju-baju itu nantinya juga masih bisa kamu pakai saat lebaran bukan? Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kamu membeli banyak baju baru. Dan pastinya juga untuk mencegah pengeluaran yang membengkak.

3. Padukan Baju Lama dengan Baju Baru

Setelah kamu mengecek isi lemari mu, kamu akan menemui baju-baju yang mungkin masih bagus. Dan mungkin saja masih ada baju lebaran kemarin yang kamu simpan rapi atau hanya kamu pakai beberapa kali.

Daripada menumpuk di lemari kenapa enggak kamu padukan saja dengan baju yang akan kamu beli? Semisal, kamu memiliki dress polos di lemarimu, kamu bisa membeli cardigan atau rompi untuk memadukan outfit kamu.

Contoh lain jika kamu memiliki celana atau rok yang masih bagus, kamu hanya perlu membeli atasan dan beberapa jilbab.

Kalau kamu pintar memadu padankan outfit mu, dijamin tidak ada yang mengetahui bahwa itu adalah baju lama kamu.

Ataupun jika di lemarimu hanya ada baju yang menurut kamu sudah sering dipakai bahkan kurang bagus, cukup dengan kamu membeli baju baru yang nantinya mudah untuk di padukan. Kamu bisa membeli beberapa baju atasan, rok, sepatu atau sandal, dan beberapa jilbab.

4. Cari Info Diskon

Menjelang beberapa hari sebelum lebaran, biasanya pusat perbelanjaan memberikan diskon besar-besaran. Nah, kesempatan ini jangan sampai kamu lewatkan.

Jika kamu mendengar ada diskon di beberapa mall atau toko, coba kamu datang dan cek siapa tahu ada baju yang cocok menurut kamu. Ingat, jangan sampai tergiur dengan harga diskon di toko baju. Tetap beli seperlunya saja dan sesuai kebutuhan.

5. Berbelanja di Pusat Grosir

Bukan hanya di mall saja yang menjual baju-baju bagus. Dari baju yang paling murah sampai paling mahal pun ada di pusat grosir.

Tetapi jika memang di daerah kamu tidak ada pusat grosir terdekat tidak masalah, kamu cukup datang saja di toko terdekat. Semua pilihan baju itu sesuai selera masing-masing. Hanya saja di pusat grosir harga baju akan lebih murah.

Namun kekurangan berbelanja di pusat grosir adalah ramainya pembeli. Biasanya menjelang hari lebaran pusat grosir ini pasti akan sangat ramai dan mungkin harganya sudah tidak bersahabat lagi.

Jadi, pastikan jika kamu ingin membeli baju di pusat grosir jauh-jauh hari sebelum lebaran saja ya!

6. Pentingkan Kualitas daripada Kuantitas

Tips ini juga penting untuk kamu perhatikan ketika membeli baju lebaran. Pastikan baju yang kamu beli memiliki kualitas yang bagus daripada mencari harga yang murah.

Semisal kamu memberli 5 baju dengan harga murah tetapi kualitas bajunya kurang bagus atau bahkan bahannya yang tidak awet. Bukankah baju itu nanti hanya akan bisa dipakai beberapa kali? Atau kamu yang tidak nyaman memakainya karena bahan yang kurang baik?

Sebaiknya hindari membeli baju dengan cara seperti itu. Akan lebih baik jika kamu membeli 2 atau 3 baju saja, tetapi dengan kualitas baju yang baik dan nyaman dipakai.

7. Pilih Baju yang Bakal Sering Dipakai

Ketika kamu membeli baju lebaran, pastikan pilihlah baju yang tidak hanya bisa kamu pakai saat lebaran saja. Maksudnya, baju yang tidak terlalu mewah tetapi tidak terlalu biasa juga.

Jadi, belilah baju yang bisa dipakai untuk lebaran, bepergian di hari-hari biasa, dipakai untuk acara keluarga, dan lain-lain.

Baca juga: Sejarah awal puasa ramadhan

8. Belilah Baju yang Kamu Butuhkan Bukan Kamu Inginkan

Ini nih yang biasanya sering menjadi kesalahan kamu. Terkadang kamu hanya berniat membeli baju yang kamu butuhkan, tetapi ketika ada label promo dan diskon mungkin kamu jadi tergiur. Alhasil pengeluaran kamu jadi semakin bertambah.

Maka dari itu, sebelum kamu berbelanja baju lebaran, fokuslah terhadap apa yang akan kamu beli. Atau kamu juga bisa mengajak teman maupun keluargamu yang bisa mengatur keuanganmu agar kamu tidak mudah tergiur dengan harga-harga promo dan juga diskon.

9. Pilih Tempat Belanja yang Aman

Ketika kamu berbelanja pilihlah tempat yang aman dan nyaman. Seperti toko pakaian yang pernah direkomendasikan oleh saudara, teman, atau keluargamu.

Karena dengan memilih toko yang aman kamu akan terhindar dari mara bahaya seperti penipuan, pencopetan, dan lain-lain.

Meskipun kamu berbelanja di toko online, pilihlah toko yang memang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Meski hal ini sepele, namun kamu juga harus memperhatikannya dengan baik. Jangan sampai salah pilih toko yang menyebabkan kamu mengalami kerugian nantinya.

10. Berbelanja di Waktu yang Tepat

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan ketika akan berbelanja baju lebaran adalah dengan memperhatikan waktu. Seperti saat kamu memiliki waktu luang, atau saat dimana kemungkinan toko tidak terlalu ramai pengunjung.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, berada di tengah kerumunan adalah hal yang sangat tidak diperbolehkan. 

Selain itu, kamu akan lebih leluasa dalam berbelanja saat waktu luang. Apalagi jika toko tidak terlalu ramai dan berdesak-desakan, kamu akan lebih mudah mencari barang yang memang kamu butuhkan.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika berbelanja baju lebaran. Berbelanja itu sebenarnya mudah, hanya saja bagaimana kamu kreatif dalam memilih dan meminimalisir pengeluaran kamu.

Semoga tips ini bermanfaat untuk teman-teman, Be awesome!

Www.m.helmykediri.com


Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "10 Tips berbelanja baju menjelang lebaran"

Berlangganan via Email