Skip to main content

Menghitung weton untuk mengetahui nasib pernikahan adat jawa

Blog-Orang-IT (Helmykediri) - Di dalam budaya Jawa maupun budaya di luar adat istiadat Jawa, pernikahan sejatinya memang dianggap sebagai sesuatu yang sakral. Itulah mengapa ketika sebuah pernikahan akan digelar oleh seorang pria dan seorang wanita, maka para tetua di Suku Jawa tidak akan sembarangan dalam menyetujui sebuah pernikahan. 

Belajar Hitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan
Pernikahan adat jawa by instagram @muahaute

Pasalnya, mereka masih menggunakan hitungan weton kedua pasangan yang akan menikah. Kira-kira seperti apa? Yuk, kita simak ulasannya.

Mengenal Apa Itu Weton?

Bicara soal weton, hal ini rupanya sangat dipercayai oleh masyarakat Suku Jawa sebagai adat dan tradisi yang wajib dilakukan sebelum menggelar sebuah lamaran dan pesta pernikahan. 

Weton sendiri merupakan penanggalan yang merujuk pada kalender Jawa dimana satu pekan yang berasal dari penanggalan kalender Islam digabungkan dengan lima hari pasaran. Nama-nama pasaran tersebut diantaranya Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing.

Weton sendiri dalam perhitungannya akan menggunakan kaidah-kaidah tertentu yang tidak sembarangan orang mengerti. Weton akan disangkutkan dengan sebuah neptu, di Jawa.. hal ini sangat dipertimbangkan untuk mengetahui sikap dan watak seseorang. 

Jadi.. dari tanggal kelahiran saja, para tetua di Suku Jawa sudah bisa meramalkan kecocokan jodoh, besar kecilnya rezeki yang dibawa anak dalam keluarga, hingga kecocokan pekerjaan di kehidupan dewasa nantinya.

Neptu pada masing-masing weton pun berbeda. Adapun menurut harinya, mereka yang lahir di hari senin memiliki neptu 4, di hari selasa memiliki neptu 3, di hari rabu memiliki neptu 7, dan di hari kamis memiliki neptu 8. 

tabel pasaran neptu

Sementara itu, mereka yang lahir di hari jum’at memiliki neptu 6, di hari sabtu memiliki neptu 9, dan terakhir di hari minggu memiliki neptu 5.

Dilihat dari hari pasarannya yang mana nanti digabung perhitungannya dengan hari lahir, orang yang lahir di pasaran wage memiliki neptu 4, di pasaran kliwon memiliki neptu 8, dan di pasaran legi memiliki neptu 5. 

Kemudian, mereka yang lahir di pasaran pahing memiliki neptu 9 serta mereka yang lahir di pasaran pon memiliki neptu 7.

Fungsi Menghitung Weton Dalam Pernikahan

Pada dasarnya, weton adalah sebuah angka yang digabung berdasarkan hari lahir seseorang dalam satu pekan dan hari pasaran seseorang tersebut. 

Angka-angka ini kemudian akan membentuk kombinasi dimana hasilnya bisa menunjukkan banyak hal, antara lain :

1. Menentukan Cocok Tidaknya Pasangan

Seperti yang sudah dibahas, ketika pasangan ingin melangsungkan pesta pernikahan, maka menurut tradisi Jawa, mereka harus dihitung wetonnya lebih dulu. 

Tidak jarang lho, banyak pasangan yang memutuskan untuk tidak jadi menikah ketika hitungan weton mereka menunjukkan pertanda buruk

Beberapa ramalan pun turut menyertai hasil perhitungan weton ini sehingga ketika sebuah perhitungan dilakukan, banyak pasangan pengantin dari Suku Jawa yang lebih deg-degan menunggu hitungan weton mereka dibanding persiapan pestanya sendiri.

2. Mengetahui Perilaku dan Watak dari Seseorang

Kedua, manfaat mengetahui weton adalah untuk mengetahui sebuah perilaku dan juga watak yang dimiliki oleh seseorang. 

Orang-orang Jawa akan menghitung neptunya dan ketika tiba di sebuah hasil tertentu, mereka bisa melihat ke dalam kitab bahwa orang tersebut rupanya memiliki watak sedemikian rupa.

3. Menjauhkan Kesialan

Ketiga, manfaat mengetahui weton dapat menjauhkan kesialan. Pasalnya, ketika hitungan weton didapat, maka hari-hari yang dilarang berkegiatan dan hari-hari yang dianjurkan untuk melakukan sebuah acara bisa diketahui dengan mudah. 

Ini adalah salah satu adat istiadat Suku Jawa yang masih dijalankan hingga detik ini, yakni mencari hari baik dalam melangsungkan acara pernikahan

4. Meraih Kesuksesan

Terakhir, menghitung weton rupanya juga bisa dilakukan dengan tujuan meraih kesuksesan. Hal ini mengingat weton bisa menunjukkan pekerjaan seperti apa yang cocok untuk Anda. 


Dengan mengetahui info ini, Anda akan lebih mudah fokus pada satu bidang dan berusaha meraih kesuksesan sesuai keberuntungan Anda.

Cara Menentukan Weton dan Artinya

Sekarang, kita akan belajar cara membaca hasil hitungan weton pasangan. Misalnya, calon pengantian pria Helmy Kurniawan memiliki neptu weton kamis wage dan calon pengantin wanita Regita memiliki neptu weton minggu kliwon. 

Maka, nilai yang didapat dari weton mempelai pria adalah 12 dimana hitungannya 8 (kamis) ditambah 4 (wage). 

Sementara itu, nilai yang didapat dari weton mempelai wanita adalah 13 dimana hitungannya 5 (minggu) ditambah 8 (kliwon). 

Kemudian, kedua weton itu dijumlahkan dan hasilnya adalah 25.

Setelah mendapat hasil, maka para tetua akan melihat ke pengertian dari masing-masing angka yang didapat. Adapun beberapa pengertiannya antara lain :

1. Pegat (Untuk Hasil Hitungan 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Dalam bahasa Jawa, kata ini berarti bercerai. Maka, ketika jumlah wetonnya berada di angka-angka di atas, maka besar kemungkinan pasangan tersebut akan menghadapi masalah di kemudian hari hingga menyebabkan perceraian. 

Misalnya saja, perselingkuhan, KDRT atau masalah ekonomi.

2. Ratu (Untuk Hasil Hitungan 2, 11, 20, 29)

Ketika weton Anda dan pasangan mendapat hasil penjumlahan ini, maka bisa dikatakan bahwa pernikahan Anda memang sudah digariskan. 

Umumnya, pernikahan ini diramalkan menjadi keluarga yang disegani, dihormati, dan dihargai oleh lingkungan dimana akan banyak orang yang iri dengan keharmonisan keluarga mereka

3. Jodoh (Untuk Hasil Hitungan 3, 12, 21, 30)

Hasil penjumlahan ini dianggap lebih bagus dari Ratu. 

Pasalnya, Anda dan pasangan memang benar-benar ditakdirkan oleh garis jodoh untuk menikah. Anda dan pasangan tidak hanya saling menerima apa adanya dan saling melengkapi satu sama lain, namun juga akan ditakdirkan rukun berumah tangga hingga maut memisahkan

4. Topo (Untuk Hasil Hitungan 4, 13, 22, 31)

Topo dalam bahasa Jawa memiliki artian bertapa alias bersemedi. 

Ini artinya, Anda dan pasangan akan memiliki masa-masa sulit di awal pernikahan, namun masa ini akan berakhir dengan bahagia. Masalah yang biasa Anda hadapi adalah ekonomi, pekerjaan, atau bisa juga masalah anak.

5. Tinari (Untuk Hasil Hitungan 5, 14, 23, 32)

Memiliki hasil penjumlahan ini sebaiknya patut bersuka hati. 

Pasalnya, Tinari mengindikasikan bahwa Anda dan pasangan akan senantiasa mendapat kemudahan rezeki, tidak hidup kekurangan, dan juga selalu mendapatkan keberuntungan.

6. Padu (Untuk Hasil Hitungan 6, 15, 24, 33)

Sangat disayangkan jika mendapat hasil penjumlahan weton ini. Pasalnya, kata padu dalam bahasa Jawa memiliki arti bertengkar. 

Ketika berumah tangga, dikhawatirkan Anda dan pasangan memang tidak cocok sifatnya sehingga selalu cekcok walau hanya karena permasalahan sepele. 

Namun, hitungan ini mengatakan bahwa mereka yang mendapat hasil Padu tidak akan sampai bercerai meski selalu bertengkar.

7. Sujanan (Untuk Hasil Hitungan 7, 16, 25, 34)

Mereka yang mendapat hasil hitungan Sujanan harap selalu waspada. 

Pasalnya, kemungkinan suatu hari diantara Anda atau pasangan akan berselingkuh hingga menyebabkan pertengkaran.

8. Pesthi (Untuk Hasil Hitungan 8, 17, 26, 35)

Mereka yang mendapat hasil Pesthi juga bisa bersyukur. Pasalnya, Anda dan pasangan akan dikaruniai rasa tenteram dan keadaan sejahtera hingga tua tanpa ada yang mengganggu keharmonisan rumah tangga

Demikian ulasan mengenai hitungan weton pada Suku Jawa dalam pernikahan. Sebenarnya, perhitungan weton tidak hanya dilakukan untuk persiapan pernikahan saja. Weton seseorang lebih dikaitkan pada ramalan hidup seseorang tersebut berdasar kebudayaan Jawa. 

Mulai dari untuk mengetahui watak seseorang, mengetahui hari sial dalam sebuah masa, hingga mengetahui kapan musim panen tiba dan tanggal tertentu yang tidak boleh diselenggarakan acara.

Semua hal tersebut hanya didasarkan pada adat istiadat dan tradisi yang mana kepercayaan akan leluhur ini masih dijaga secara turun-temurun pada lingkungan masyarakat Suku Jawa. 

Tentunya, semua hal tersebut kembali kepada kepercayaan masing-masing pasangan dalam menetapkan sebuah pernikahan. Semoga ulasannya bermanfaat.

....helmykediri.com

Artikel ini sifatnya sekedar untuk pengetahuan, bukan musrik atau mendahului ketetapan Tuhan YME 
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar