Skip to main content

Beberapa Contoh Mas Kawin Pernikahan Sederhana

Blog Orang IT - Membahas soal pernikahan, panjang dan tiada habisnya. Pernikahan merupakan suatu ikatan suci dan bersifat sakral. Negara pun menjelaskan tentang apa itu pernikahan dalam di dalam Undang-undang. 

Hal tersebut tercantum dalam UU Nomor 1 tahun 1974, bahwa pernikahan merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan wanita sebagai pasangan suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Sedangkan dari agama sendiri, pernikahan merupakan sarana untuk menyatukan antara dua orang yaitu perempuan 👰 dan laki-laki 👳 dalam ikatan yang halal. Makna pernikahan dalam islam antara lain, sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah SWT serta menjalankan perintah-Nya. 

Sementara itu dalam Islam salah satu syarat sahnya pernikahan yaitu adanya mahar atau mas kawin. Dimana mas kawin tersebut diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan. 

Nah, apa saja barang yang bisa dijadikan sebagai mahar atau mas kawin dalam sebuah pernikahan?

Mas Kawin Berwujud Alat Sholat

Contoh barang yang paling sering dijadikan untuk mahar atau mas kawin adalah seperangkat alat sholat. Kebanyakan masyarakat Indonesia muslim menggunakannya untuk sebuah mahar dalam suatu pernikahan. 

Seperangkat alat sholat
Contoh seperangkat alat sholat

Mas kawin yang satu ini juga merupakan mas kawin yang sangat lumrah digunakan. Mas kawin seperangkat alat sholat ini terdiri dari Al-Qur’an, mukena, sajadah, dan juga tasbih.  

Makna dari mas kawin berwujud alat sholat yakni ditujukan agar ibadah lebih sempurna. Kemudian, apa filosofi sesungguhnya dari masing-masing seperangkat alat sholat tersebut? 

Mushaf Al-Qur’an diberikan kepada calon mempelai yang mana memiliki makna bahwa untuk ke depan setelah menjadi pasangan suami istri, sang suami bisa membimbing sang istri sesuai ajaran dan jalan-Nya. Bimbingan tersebut tak lain untuk membaca sekaligus memahami isi Al-Qur’an. 

Filosofi dari alat sholat (mukena, tasbih, sajadah) tak lain juga memiliki makna sebuah bimbingan. Bimbingan suami untuk istri agar ibadahnya sempurna. Lebih luasnya, diharapkan agar suami mampu menuntun dan memimpin keluarganya dengan benar. 

Tasbih diartikan agar istri senantiasa mengingat Allah SWT, diharapkan istri terus berdzikir dan bertasbih. Sajadah memiliki makna bahwa istri agar senantiasa bergantung kepada Allah SWT, mulai dari sholat, bersujud, dan berdzikir kepada-Nya.


Berapa Harga Seperangkat Alat Sholat? 

Harga 1 paket seperangkat alat sholat tergolong murah. Mukena dipatok dengan harga paling tinggi yakni berkisar Rp.300-an ribu. Mukena memiliki harga sekitar Rp.100-an ribu hingga Rp.300-an ribu. 

Harga Al-Qur’an, tasbih, dan sajadah juga tidak mahal. Akan tetapi, lagi-lagi masyarakat tidak bisa memberikan penilaian terhadap makna barang tersebut dengan dilihat dari segi harganya. 

Sangat perlu untuk melihat filosofi dan makna yang ada dari alat-alat sholat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Mas Kawin Berupa Uang

Mas kawin berupa uang ini juga merupakan mas kawin yang sering ada di tengah-tengah masyarakat. Mas kawin yang sangat mudah, tidak ribet, atau simple. Cukup dengan mempelai pria menyiapkan sejumlah uang dan kemudian dirangkai, dipajang dalam satu bingkai untuk dijadikan mas kawin. 

Bisa dibentuk perahu, bunga, atau bentuk-bentuk pola lainnya yang menarik untuk dipasang dalam satu bingkai. 

Mas kawin bentuk uang
Contoh mas kawin uang

Bagaimana cara agar mas kawin berupa uang bisa dikemas dalam bentuk yang rapi?

1. Dibentuk Menjadi Dekorasi Uang

Dekorasi uang ini biasa dibentuk menjadi berbagai macam karakter, bisa berupa hewan, tumbuhan, dan bentuk-bentuk lain yang berkarakter. Tidak hanya dari uang kertas, tetapi juga bentuk uang koin yang seringnya dianggap receh dan hanya dimasukkan ke dalam celengan, tetapi disisi lain, uang koin menjadi berharga dan tampak elegant ketika ditampilkan dalam sebuah dekor sebagai mas kawin.

2. Dibentuk Sesuai Pola Tanggal Kejadian Penting

Nah, untuk model mas kawin yang seperti ini nampaknya juga sangat menarik ya. Uang koin disusun dengan cantik dan rapi dengan membentuk angka tanggal pernikahan, tanggal pertemuan pertama, tanggal jadian, dan untuk mempercantik lagi ditambah dengan inisial nama pasangan suami istri. Pasti cocok ya.. 😇

Mas Kawin Berupa Aksesoris Wanita atau Barang-barang Lainnya

Nah, mungkin jenis mas kawin yang satu ini sedikit berbeda ya. Mempelai pria bisa memberikan mas kawin (bukan mas kawin utama) berupa tas wanita, bingkai yang berisi kumpulan foto-foto mempelai pria dan wanita. 

Barang tersebut juga bisa diganti dengan barang-barang kesukaan calon mempelai wanita. Seperti misalnya kerudung, yang mana kerudung tersebut kemudian bisa dibentuk menjadi bunga atau bentuk-bentuk lainnya yang cantik. 

Apalagi jika wanita yang akan dinikahi menyukai dan hobi dengan seperangkat make-up , mempelai pria akan mudah memberikan mas kawin. Kuncinya hanya dengan mengetahui jenis atau merk make-up apa yang disukai oleh calon istri kemudian dicari dan dibungkus dengan cantik dan rapi sebagai mas kawin atau mahar. 

Selain itu, mas kawin yang diberikan juga bisa berupa sandal ataupun sepatu kesukaannya. Tentu dalam memberikan sandal atau sepatu tersebut dengan mempelai pria mengetahui ukuran sandal atau sepatu yang digunakan oleh mempelai wanita ya.. 👱

Barang lain yang bisa digunakan sebagai alat untuk mas kawin yaitu handuk. Handuk yang ditambah dengan bordiran nama pasangan suami istri akan tampak lebih cantik, bermakna, dan berkelas. Handuk tersebut kemudian diikat dengan pita cantik. 

Barang berikutnya yakni alat-alat yang mampu mendukung hobi atau kesukaan si calon mempelai wanita.

Jika calon istri hobi dengan melukis, beri ia seperangkat alat untuk melukis dan menggambar. Apabila calon mempelai wanita menyukai dunia fotografi, sebagai calon mempelai pria bisa memberikan alat-alat yang bisa mendukung berlangsungnya fotografi tersebut. 

Sederhananya, calon mempelai pria bisa memberikan kamera sebagai mahar. Dan perlu di ingat, tidak harus memberikannya dengan kamera yang mahal ya. Akan tetapi, selalu dipastikan bahwa dengan memberikan kamera, makna yang dimaksud dari sang suami bisa ditangkap oleh sang istri. 

Nah, barang-barang yang akan digunakan sebagai mahar atau mas kawin, bisa dibungkus dengan mika berbentuk kubus atau dengan kaca ringan. Kemasan dalam wujud seperti itu akan sangat mendukung tingkat keindahan (nilai estetika) dari mahar atau mas kawin yang akan diberikan oleh calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. 

Satu benda bermakna yang bisa pula dijadikan sebagai mahar atau mas kawin pernikahan sederhana, yakni Sepasang Cincin Pernikahan Emas atau Emas Putih. Hal ini sesuai dengan lambang dari adanya ikatan, biasanya yaitu sepasang cincin yang masing-masing cincin tersebut akan terpasang di masing-masing jari suami maupun istri. 

Untuk benda ini, bisa dikemas dengan lebih simple dan mudah. Hanya cukup dikemas dengan wadah cincin yang ada, itu sudah cukup.

Itulah beberapa barang yang bisa digunakan sebagai mas kawin atau mahar dalam pernikahan sederhana. Barang, benda yang mudah didapat dan harganya pun tidak mahal. Akan tetapi, soal harga dikembalikan kepada calon pembeli, jika ingin yang ber-merk atau brendid, tentu akan menambah jumlah uang yang dikeluarkan. Selamat memilih mas kawin terbaik untuk pasangan..💒

..helmykediri.com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar