Skip to main content

Mengenal jurusan teknik informatika dan apa saja yang dipelajari

Selamat Datang di Blognya Orang IT. Menuntut ilmu merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang karena dengan adanya ilmu didalam diri seseorang pastinya akan menjadikan orang tersebut bermanfaat bagi orang orang lain dan menjadi bekal keterampilan yang berguna dalam menjalani kehidupan sehari-hari

Mengenal jurusan teknik informatika

Menuntut ilmu saat ini tidak melulu harus belajar mengenai hitung-hitungan dasar saja, namun saat ini sudah banyak jenis ilmu yang berkembang di dunia pendidikan salah satunya yaitu ilmu yang dirangkum dalam jurusan yang bernama teknik informatika.

Pastinya bagi kamu yang sudah masuk ke jenjang menengah atas dan ingin melanjutkan kuliah sudah tidak asing lagi dengan jurusan yang satu ini. Sebenarnya apa sih jurusan teknik informatika itu dan bagaimana bentuk pembelajaran didalamnya? 

Nah, kamu akan mendapatkan jawabannya diartikel ini.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Apa yang Dipelajari

Salah satu jurusan kuliah yang saat ini sedang trend karena berkaitan dengan perkembangan teknologi yaitu teknik informatika yang tengah digandrungi oleh para muda-mudi yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Mungkin salah satu peminat jurusan kuliah ini yaitu kamu sendiri yang entah minat karena penasaran atau karena mengikuti trending. Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin masuk kedalam jurusan teknik informatika ini, kamu bisa membaca beberapa hal dibawah ini untuk menambahkan informasi mengenai jurusan teknik informatika ini.

- Apasih teknik informatika itu?

Sebelum membahas mengenai teknik informatika itu sendiri kamu harus mengetahui apasih arti dari informatika itu. Informatika merupakan salahsatu disiplin ilmu yang termasuk kedalam dunia komputer yang berhubungan dengan data maupun informasi sekalipun pada mesin yang berbasis komputasi.

Seperti namanya juga yang juga berarti teknik, maka jurusan ini masuk kedalam pilihan saintek atau sains dan teknologi yang pastinya akan erat hubungannya dengan matematika dan fisika.

Jika didunia menengah kejuruan, jurusan ini sering disebut sebagai teknik komputer dan jaringan atau TKJ, namun jurusan teknik informatika yang ini lebih mendalam membahas pada softwarenya yang terdiri dari algoritma-algoritma yang kompleks.

Pada dunia perkuliahan, teknik informatika ini tidak hanya satu matakuliah saja namun terdapat beberapa matakuliah didalamnya yang pastinya tidak semua universitas sama

Beberapa matakuliah yang tersedia di kampus Indonesia seperti sistem informasi, jaringan komputer dan komunikasi data, komputasi dna metode numerik, dan juga sistem cerdas dan grafika komputer.

Kalau dikampus saya daftar matakuliah untuk jurusan teknik informatika meliputi robotik , datamining, pemrograman game, javadekstop , pemrograman web dsb

- Apa saja sih materi yang ada didalam jurusan ini?

Seperti halnya dunia perkuliahan lainnya, pastinya setiap jurusan mempunyai ciri khas bidangnya tersendiri didalam pelajarannya. Untuk teknik informatika yang erat kaitannya dengan pemrograman software pastinya akan banyak berhubungan dengan dunia matematika dan logika

Saat kamu masuk kedalam dunia perkuliahan teknik informatika ini kamu akan mempelajari beberapa materi, beberapa diantaranya yang wajib kamu dapatkan yaitu fisika dasar, kalkulus, logika informatika, aljabar linier dan matrix, metode numerik, matematika diskrit, dan juga statistik.

Jika kamu dulunya masuk kedalam rumpun saintek atau MIPA pastinya sudah tidak asing lagi mendengar materi-materi tersebut. Namun, tenang saja jika kamu belum tau, karena pastinya semuanya diawali dari yang paling dasar terlebih dahulu.

Selain beberapa materi tersebut pastinya masih banyak materi-materi lain yang akan kamu pelajari dari teknik informatika ini, namun pastinya semuanya akan merujuk pada dunia informatika yang erat kaitannya dengan software/perangkat lunak

- Mengapa harus masuk ke jurusan teknik informatika?

Jika kamu ingin masuk ke jurusan teknik informatika, pastikan kamu mempunyai pertanyaan seperti diatas itu karena dengan pertanyaan tersebut kamu bisa menjadi lebih yakin sebelum masuk kedalam jurusan tersebut.

Banyak sekali alasan yang membuat kamu harus masuk kedalam jurusan teknik informatika ini, beberapa diantaranya yaitu :

a. Suka dengan dunia coding

Bagi kamu yang sering melihat film pastinya beberapa diantaranya banyak yang menampilkan mengenai aksi seorang hacker dalam melakukan coding. 

Pastinya dari hal tersebut akan memancing kamu untuk penasaran kemudian saat kamu mencoba mencari tau dan mencobanya kamupun menjadi suka. Nah, dari hal tersebut bisa menjadi jawaban bagi pertanyaan kamu untuk bisa masuk kedalam jurusan teknik informatika  

Tenang saja, meskipun wisudawan dari jurusan teknik informatika sangat banyak setiap tahunnya namun indonesia masih kekurangan programmer karena kebanyakan anak TI memang tidak bisa ngoding atau jarang ada yang bisa ngoding dengan lancar

Misal, dalam satu kelas saya saja dulu yang bisa ngoding membuat program dari awal hingga selesai hanya 5-7 orang.. itupun tidak semuanya begitu lulus jadi programmer kebanyakan malah kerja jadi staff dikantor mengurusi pemberkasan

b. Dibutuhkan oleh banyak perusahaan

Lulusan teknik informatika yang sudah jago dengan dunia coding pastinya sangatlah dibutuhkan oleh kebanyakan perusahaan karena perusahaan sendiri pastinya butuh yang namanya digitalisasi yang melibatkan urusan coding didalamnya.

Anda bayangkan saja , harga untuk weblanding bisa 2-3 jutaan lantas berapa harga yang dipatok untuk web interaktif yang terintegrasi dengan banyak API ? programmer itu gajianya mahal lho

c. Banyak peluang penghasilan

Sebenarnya tidak hanya masuk kedalam perusahaan saja untuk bisa mendapatkan penghasilan, namun bagi kamu yang lulusan teknik informatika dan ingin mendapatkan penghasilan tetap pun masih bisa.

Kamu bisa menjadi seorang freelancer yang pastinya bisa mendapatkan penghasilan dari menjual karyamu maupun membantu para pelaku internet yang pasti bayarannya pun bervariasi namun kebanyakan sudah cukup untuk menghidupi kehidupanmu 

Baca juga: 15 situs freelancer terbaik dan terpercaya

- Bagaimana sih prospek kerja lulusan teknik informatika?

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika orang yang sedang mendalami ilmu lebih lanjut didunia perkuliahan pastinya akan berharap mendapatkan penghasilan kedepannya untuk memenuhi kehidupan yang lebih baik

Nah, bagi kamu yang berminat masuk kedalam dunia teknik informatika ataupun saat ini kamu sudah masuk kedalamnya dan bingung bagaimana prospek kedepannya, kamu bisa melihat jawabannya dibawah ini.

Beberapa prospek kerja bagi lulusan teknik informatika yaitu :

1. BUMN

Salah satu prospek kerja yang paling banyak diminati oleh para lulusan teknik informatika yaitu masuk kedalam BUMN yang pastinya gajinya cukup menggiurkan bagi sebagain besar masyarakat.
Lulusan teknik informatika pastinya sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan BUMN seperti PLN, Telkom, ataupun yang lainnya.

2. PNS

Apakah lulusan teknik informatika bisa menjadi seorang PNS? Pastinya sangat bisa terlebih saat ini semuanya sudah serba digital yang pastinya sangat membutuhkan lulusan teknik informatika untuk bisa melengkapi sistem didalamnya.

Dari hal tersebut pastinya bisa membuat kamu menjadi lebih lega karena kamu bisa menjadi seorang PNS walaupun dari lulusan teknik informatika.

Jabatan yang bisa dilamar oleh lulusan TI : operator database , pengelola sumberdaya masyarakat , administrasi , pengembangan aplikasi digital, manajemen jaringan

3. Guru atau Dosen

Bagi kamu yang suka berhubungan sosial dan melakukan pengajaran, kamu juga bisa menjadi seorang pendidik baik guru maupun dosen sekalipun karena saat ini sudah banyak sekali sekolahan yang membuka jurusan linier untuk lulusan teknik informatika.

Namun pastinya ada beberapa persyaratan dan hal yang harus kamu penuhi supaya bisa menjadi tenaga pendidik, seperti dosen yang pastinya tidak boleh hanya mengandalkan gelar S1-nya saja minimal harus S2.

4. Swasta

Tidak hanya yang berhubungan dengan perusahaan yang dimiliki dalam negeri saja, namun kamu juga bisa masuk kedalam dunia swasta yang pastinya sudah banyak tersebar di Indonesia.

Lulusan teknik informatika pastinya sangat dibutuhkan oleh para pemilik perusahaan swasta karena semuanya sudah serba digital. Selain itu juga tidak hanya perusahaan swasta yang bergerak dibidang teknologi saja yang membutuhkan lulusan teknik informatika namun semua perusahaan pasti membutuhkannya.

Dengan begitu pastinya sangat besar sekali peluang kamu untuk bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari dunia perkuliahan.

Itulah artikel mengenai dunia teknik informatika. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuanmu mengenai jurusan perkuliahan yang erat kaitannya dengan software ini.

Oleh https://www.helmykediri.com/
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar