15 Rekomendasi Situs Freelancer Terbaik dan Terpercaya

by

helmy

Selamat Datang di Blog*Orang*IT. Apakah Anda sedang membutuhkan pemasukan tambahan? Atau Anda menginginkan pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa ikatan formal? Maka jenis pekerjaan lepas atau freelance online adalah jawabannya. 
Saat ini, ada ratusan bahkan ribuan situs freelancer yang bisa membantu Anda menemukan pekerjaan yang cocok dengan minat dan bakat Anda, mulai dari penulis konten, data entry, web designer, dll.
Masing-masing dari situs yang akan Saya jabarkan di bawah ini memang memiliki perbedaan, baik dari keunggulan maupun kekurangan. Namun saya tidak akan membahasnya pada artikel ini.
Jika ini adalah kali pertama Anda melakukannya, namun memiliki niat untuk mencoba bergabung, berikut adalah 15 rekomendasi Situs Freelancer Indonesia yang bisa Anda coba.

Daftar situs freelance terpercaya dan terbaik di indonesia

1. Digimart

Digimart
Apakah Anda pernah melakukan pekerjaan online namun tidak dibayar oleh klien atau pemberi kerja? Maka saatnya berpindah ke Digimart untuk mencari pekerjaan freelance berikutnya.
Digimart merupakan salah satu situs freelancer dan marketplace jual beli produk maupun jasa digital terpercaya , terbaik, teraman dan berkualitas di indonesia. Temukan berbagai jenis produk digital dan jasa yang anda butuhkan disini
Digimart dijalankan dengan sistem seperti marketplace, yaitu menggunakan escrow system di mana setiap jasa dan pembayaran akan melewati tahap cek Digimart sebelum akhirnya diserahkan kepada klien dan pekerja. 

Hal ini dilakukan agar keamanan kedua pihak terjamin. Tak hanya mencari pekerjaan, di sini Anda juga bisa mendapatkan jasa dan produk yang berkualitas dalam berbagai kategori, seperti script pemrograman, desain grafis, dll.
Beberapa jenis pekerjaan digital seperti jasa seo, jasa backlink , jasa pembuatan aplikasi (web, php, android, theme ..) , jasa penulis artikel dan penerjemah , jasa pembuatan akun massal , jasa entri online dan masih banyak lagi tawaran pekerjaan yang tersedia untuk anda lakukan
Metode pembayaran yang didukung termasuk bank transfer , kartu kredit, virtual account , gopay.. demi kemajuan Digimart maka metode-metode pembayaran lain akan segera ditambahkan guna mendukung kenyamanan pelanggan

2. Upwork

Upwork

Upwork merupakan sebuah wadah untuk para pemilik bisnis dari berbagai ukuran dan freelancer dengan berbagai keahlian dan bakat dalam media web.
Upwork merupakan situs freelancer global terbesar dengan jutaan pekerjaan yang diposting di Upwork setiap tahun, para freelancer menghasilkan uang dengan menawarkan 5000 keterampilan kepada perusahaan dilebih dari 70 kategori pekerjaan
Upwork dikenal sebagai website freelance berkualitas tinggi karena memiliki fitur yang bisa membantu Anda untuk mendeteksi apakah suatu perusahaan atau klien yang mendaftar palsu atau asli. Upwork memiliki tampilan antarmuka sederhana dan user friendly.
Disana juga ada daftar top skills , trending skills yang paling dibutuhkan. Jika anda menginginkan bayaran tinggi maka cobalah mengambil tawaran pekerjaan dari orang luar negeri
Melalui upwork, pengembangan proyek bisnis semakin mudah dilakukan karena upwork membantu pelaku usaha terhubung dengan freelance untuk berbagai pekerjaan seperti SEO , pemasaran sosial media, penulisan konten, desain grafis, bantuan admin dan ribuan pekerjaan lainnya. Upwork membuatnya cepat, sederhana, dan hemat biaya untuk menemukan, menyewa, bekerja sama, dan membayar profesional terbaik di mana saja, kapan saja.
Projects.co.id

Rekomendasi situs freelancer terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Projects.co.id. Didirikan pada tahun 2014, situs freelancer asli Indonesia ini menyediakan platform untuk pencari kerja dan penjual produk digital dalam platform e-commerce dengan berbagai kategori.
Di sini, Anda bisa memposting pekerjaan atau proyek, menerima tawaran pekerjaan, dapat memilih proyek, menaikkan tawaran dan mempromosikan diri. 
Sedangkan dalam fitur Produk dan Layanan, para penjual dapat menawarkan barang digital kepada pembeli dalam bentuk buku elektronik, desain grafis, perangkat lunak, permainan dan templat situs web.
Sama seperti Digimart, Projects.co.id menggunakan sistem escrow (rekening bersama) dan biaya diproses saat transaksi proyek terpenuhi dan pekerjaan selesai, sehingga kedua pihak akan tetap aman.
Projects.co.id menjadi rujukan bagi freelance dari seluruh penjuru indonesia untuk berbagai  tawaran pekerjaan seperti web development , android programming & IOS , dekstop programming , graphic design , content writer dan masih banyak lagi

4. Sribulancer

Sribulancer

Salah satu manfaat utama menggunakan Sribulancer adalah memiliki keamanan untuk perusahaan dan freelancer. Di bawah sistem Sribulancer, freelancer hanya akan menerima pembayaran setelah pemberi kerja puas dengan hasil pekerjaan. 
Namun, freelancer juga masih dapat menerima pembayaran jika tim Sribulancer merasa bahwa pekerja telah melakukan pekerjaannya sesuai dengan permintaan klien.
Pekerjaan yang diposting di Sribulancer meliputi pengembangan situs web, optimisasi mesin pencari, transkripsi, penulisan konten, fotografi, pembuatan video dan banyak lainnya.

3 alasan utama mengapa anda harus mencoba sribulancer :

a) Sribulancer memiliki lebih dari 23.200 freelance berkualitas yang telah diseleksi serta mengakomodasi 100+ kategori pekerjaan
b) Menggunakan sistem rekber dimana pembayaran anda diamankan terlebih dahulu hingga pekerjaan selesai, barulah diberikan kepada freelancer apabila pemberi pekerjaan sudah merasa puas
c) Apabila freelancer tidak berhasil melakukan pekerjaan sesuai kesepakatan diawal, maka pemberi pekerjaan dapat menggantinya langsung dengan freelance lain tanpa adanya biaya tambahan dan meminta uang kembali

5. 99Design

99Design

Dapatkan desain khusus yang akan anda sukai dengan platform 99design yang menjadi tempat berkumpulnya para desainer berbakat untuk membantu mengembangkan bisnis anda

99designs adalah salah satu situs freelancer terbaik yang menghubungkan desainer berbakat dan pemberi kerja dari berbagai tempat. Situs ini juga memberi para desainer kesempatan untuk memperoleh penghasilan dan membangun portofolio.
99designs juga memiliki sistem kontes, dimana Anda bisa memasukkan hasil karya terbaik ke satu proyek tertentu dan pemilik proyek akan memilih mana yang terbaik menurutnya  kemudian membayar
Bagi Anda yang berspesialisasi dalam berbagai sektor desain, termasuk iklan, grafik, ilustrasi, sampul buku dll, semuanya diterima di 99designs. Situs ini juga memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan freelancer lain untuk saling bertukar pikiran atau sekedar menambah relasi.

6. GetCraft.com

GetCraft.com

GetCraft.com menjadi salah satu rekomendasi situs freelancer terbaik di Indonesia yang berbasis di Jakarta. GetCraft menghubungkan pekerja kreatif lokal dengan merek dan agensi.
Tidak seperti situs web lain yang hanya menyediakan platform dan mengambil sedikit komisi, GetCraft bertindak seperti perantara di antara kedua belah pihak. 
Semua pekerjaan yang dikirimkan akan ditinjau langsung oleh GetCraft, sehingga pemberi kerja tidak perlu khawatir tentang kualitas, dan pekerja lepas dapat merasa aman karena GetCraft akan menyimpan uang dari pemberi kerja dan memastikan bahwa pekerja akan dibayar untuk pekerjaan yang telah mereka lakukan.

7. Gobann

Gobann adalah pasar pekerjaan online asli Indonesia yang ditujukkan untuk para pengusaha, pekerja lepas, dan bahkan profesional untuk memperdagangkan bakat kreatifnya dengan harga mulai dari Rp 50.000.
Siapapun yang memiliki bakat dapat masuk ke situs ini dan memposting tentang layanan yang ditawarkan dengan teks, gambar, maupun video. 
Diluncurkan pada 1 Mei 2012, Gobann menawarkan Anda banyak jenis pekerjaan dalam berbagai kategori, mulai dari programming, travel, jasa penulisan artikel, hingga jasa unduh film Korea, stalking mantan, dll. Sangat unik ya..😁

8. Google for Jobs

Google for Jobs adalah produk dari Google yang bertujuan untuk membantu pencari kerja menemukan daftar pekerjaan yang tepat.
Anda dapat mencari berdasarkan jenis pekerjaan, perusahaan, jabatan, lokasi, tanggal diposting, dan banyak lagi.
Anda hanya perlu menginputkan bidang pekerjaan, lokasi, skill yang dimiliki, tipe pekerjaan apakah full time atau lepas , organisasi (untuk professional) setelah itu klik “cari” maka google akan merekomendasikan daftar pekerjaan online yang dilengkapi dengan deskripsi pekerjaan detail untuk anda

9. Crowdsource

CrowdSource

CrowdSource menyediakan klien dengan akses on-demand ke tenaga kerja yang terampil dan terukur. 

Bagi penulis yang ingin mencari pekerjaan sampingan seperti copywriter, data solution, moderation,  transcripting untuk perusahaan diseluruh dunia bisa mendaftar di situs ini. 
Anda akan melihat banyak tawaran pekerjaan di dunia penulisan yang sesuai dengan passion Anda, tinggal pilih, iklankan diri dan siapkan diri untuk mulai bekerja. Biasanya harga dan deadline pekerjaan sudah ditentukan saat Anda akan melamar.

10. Fiverr

Fiverr

Fiverr berkomitmen untuk menumbuhkan dan mengolah pasar digital terbesar di dunia, tempat di mana orang dapat menemukan dan membeli layanan apa pun yang mereka butuhkan, dan membangun bisnis apa pun yang mereka impikan. Sebagai freelancer yang sedang mencari pekerjaan saya sarankan untuk bergabung dengan Fiverr
Fiverr memiliki kantor yang tersebar diberbagai lokasi seperti Tel Aviv , New york, san fransisco , orlando , london , berlin dan kyiv
Fiverr sangat populer dikalangan freelancer indonesia karena membebankan biaya minimal kepada pelanggan dan mengakomodasi banyak jenis pekerjaan online termasuk penulis , SEO , marketing , desain grafis , programming dan sebagainya
Pada tahun 2018 lalu fiverr menyabet penghargaan sebagai platform dengan pengalaman pengguna terbaik, ini menunjukkan bahwa platform mereka sangat mudah digunakan baik oleh freelancer maupun pemasar jasa. 

11. Envato Studio

Selanjutnya ada envato studio yang mengkolaborasikan antara pengiklan, pengembang , perancang dan pakar yang ahli dibidangnya. Ada berbagai jenis pekerjaan yang tersedia seperti pengembangan aplikasi, pembuatan animasi , desain situs web dan memang ditujukan bagi kalangan programming. Freelance dapat memilih sendiri client mereka apakah itu perusahaan kecil atau perusahaan besar
Daftarkan diri anda disana, lengkapi portofolio , keahlian , unggah informasi profesional dan biarkan client menemukan anda dengan cepat. 
Anda juga bisa menawarkan hasil karya terbaik berupa template , stok video , stok foto , trek musik , grafis dan lainnya. 

12. Peopleperhour

Peopleperhour.com merupakan komunitas freelancer untuk menemukan proyek apapun dalam hitungan menit. 2.399.459 freelancer telah bergabung disana dan terdapat hingga 935.994 pekerjaan berhasil diselesaikan. 
PeoplePerHour menghubungkan bisnis Anda ke komunitas freelancer internasional yang tidak menginginkan apa pun selain untuk membantu bisnis Anda berhasil. Temukan pakar yang dinilai dan ditinjau untuk setiap keterampilan yang bisa dibayangkan – Satu penemuan dapat mengubah bisnis Anda selamanya.
Kelebihan PeoplePerHour :
a) Perlindungan keuangan , freelancer tidak perlu khawatir pekerjaanya tidak dibayar karena platform ini mengharuskan client untuk membayar lunas pekerjaan yang ditawarkan kepada freelancer dan disimpan oleh platform PeoplePerHour. Ini juga akan melindungi client apabila freelancer tidak berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka
b) Rekrutmen regional, PeoplePerHour memungkinkan freelancer untuk mencari client disekitar wilayah tempat tinggalnya sehingga kedepannya memungkinkan kerjasama jangka panjang

13. Guru.com

Guru.com dibangun sebagai platform dimana pengusaha dan freelancer dapat bekerjasama dengan baik. Sebagai platform profesional dimana pengguna dapat saling terhubung , berkolaborasi dan menyelesaikan suatu proyek. 
Misi : Untuk menyatukan Pengusaha dan Freelancer dari seluruh dunia untuk menyelesaikan pekerjaan.
Visi : Untuk membantu membangun dunia yang lebih baik yang saling terkait untuk kemakmuran dan kabel untuk perdamaian.
Berbagai jenis pekerjaan seperti web design, sosial marketing , developer mobile , data entry -woocomerce , MLM , design logo, kampanye iklan dan sebagainya menunggu untuk diselesaikan. 
Keunggulan bergabung dengan guru.com :
* Fitur safepay : freelancer akan dibayar apabila client benar-benar puas atau dianggap pekerjaan mereka telah selesai
* Ada fitur pembayaran otomatis 
* Ada 4 opsi pembayaran utama yang mudah yaitu kartu kredit/debit , paypal , echeck dan transfer kawat

14. Ruangguru.com

Ruangguru.com

Ruangguru mungkin sering anda lihat iklannya di TV. Yaa situs freelancer ini memang dikhususkan bagi tenaga pengajar lepas melalui mentor online. Para pengguna (murid) bisa menambah pengetahuan mereka dengan menonton video pengajaran online yang mudah dipahami dan interaktif (ada media animasi..)

Ruangguru menjadi salah satu startup terpercaya karya anak bangsa dimana lebih dari 300.000 guru di indonesia telah bergabung dan 15.000.000 pelajar telah berlangganan
Sangat direkomendasikan bagi anda guru honorer yang ingin mencari penghasilan tambahan dengan menjadi guru private. Selain mengunggah video pengajaran anda juga bisa melakukan mentoring. Latarbelakang guru juga cukup beragam ada yang alumni UI , ITB dan UNJ
Ruang guru diklaim sebagai bimbel online nomor 1 di indonesia yang menyediakan materi pelajaran untuk jenjang SD – SMP – SMA – UTBK dan STAN

15. Fastwork.id

Fastwork merupakan platform freelance profesional yang terbesar di asia tenggara. Awalnya fastwork berbasis di thailand dan kini membuka kantor cabangnya di indonesia. Ini menjadi keuntungan bagi freelancer lokal yang sedang mencari pekerjaan disekitar tempat tinggal mereka. Fastwork juga membantu pelaku bisnis untuk menemukan freelancer dengan lebih cepat, hemat biaya dan banyak keahlian 
Tawaran pekerjaan yang bisa diambil mulai dari jasa pembuatan logo, penerjemah, desain grafis , jasa konsultasi dan sebagainya
Menurut saya tawaran pekerjaan disitus ini dihargai sangat murah sehingga banyak freelance yang kurang berminat kecuali freelance dengan sedikit keahlian. Bayangkan saja jasa desain logo hanya dibayar 30ribu rupiah dengan revisi bebas, jasa penerjemah bahasa mandiri cuma 20ribuan seperti freelancer yang sedang butuh duit hehe tetapi harga yang murah membawa keuntungan tersendiri bagi client meski mereka sadar bahwa harga juga membawa kualitas

Penutup

Internet telah membuka berbagai kemungkinan untuk meningkatkan bisnis dan implementasinya dengan cara-cara baru yang lebih mudah, termasuk dalam hal mencari lowongan pekerjaan. 
Bagi Anda yang tertarik untuk bekerja secara online, salah satu dari 15 rekomendasi situs freelancer terbaik di Indonesia bisa Anda coba. Mari jual skill dan keahlian Anda di bidang Dunia Digital dan raih penghasilan yang fantastis.
Demikianlah, informasi kali ini mengenai beberapa Situs Freelancer terbaik dan terbukti membayar dari  penulis tamu Senipedia yang sudah melalui proses kurasi oleh admin, daftar situs freelancer diatas telah terbukti mempertemukan pembeli dengan pemilik jasa yang potensial. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Related Post