Skip to main content

Pengertian webhosting serta cara memilih hosting terbaik

Selamat Datang di Blog Orang IT. Dalam panduan kali ini, Anda akan diperkenalkan ke dunia web hosting dan mempelajari hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana sebuah website pada awalnya berdiri hingga dapat diakses oleh pengguna internet

Mari kita mulai ...

Mengenal webhosting untuk pemula serta cara memilihnya


Apa itu Web Hosting?

Website terdiri dari berbagai file dan folder. Konten standar dari folder situs web dapat berupa file teks, file gambar, file CSS, file kode, dan bahkan file video. Namun, sebelum semua file ini dapat ditampilkan kepada pengunjung, itu harus disimpan di komputer yang terhubung ke internet. Komputer ini dikenal sebagai server web.

Web hosting adalah proses yang terlibat dalam penyimpanan file situs web Anda di server web. Itu juga bisa merujuk ke perusahaan yang menjual server web bagi orang untuk menyimpan atau meng-host file-file di situs web mereka.

Setelah Anda membeli web hosting dan mengunggah file di situs web Anda, Anda harus mengaitkan situs web Anda dengan nama domain sebelum pengunjung dapat mengaksesnya.

Dari penjelasan singkat di atas, Anda dapat melihat bahwa web hosting sebenarnya tidaklah rumit. Ini seperti membeli atau menyewa rumah dan pindah, tetapi alih-alih memindahkan furnitur dan pakaian Anda, Anda memindahkan file situs web Anda, dan, sekarang Anda telah memiliki rumah (web hosting) dan alamat (nama domain), orang-orang bisa datang berkunjung.

Ada ribuan perusahaan yang menjual web hosting, dan, seperti perusahaan lain, Anda akan menemukan beberapa yang terlihat lebih dapat diandalkan daripada yang lain. Namun, disarankan untuk membeli web hosting dari penyedia yang dekat dengan target visitor Anda (lokal)

Misalnya, jika tujuan situs web Anda adalah menyediakan konten untuk pengunjung dari Selandia Baru, membeli layanan hosting web dan SEO dari mitra Freeparking akan membantu memberikan kinerja situs web yang lebih baik untuk pengguna lokal  

Berbagai Jenis Hosting

Masih menggunakan analogi kami tentang menggunakan rumah untuk mewakili web hosting, seperti halnya rumah yang memiliki gaya, ukuran, dan konfigurasi yang berbeda, demikian juga web hosting. Bagian ini mencakup jenis-jenis hosting web paling populer dan mengapa masing-masing unik.

Shared hosting: Shared hosting adalah jenis hosting di mana lebih dari satu situs web di-host di server web. Dengan sistem hosting ini, Anda dapat memiliki ratusan situs web yang berbagi sumber daya penyimpanan dan server yang sama. 

Shared hosting hadir dengan harga termurah dari semua jenis hosting yang tersedia, karena biaya hosting dibagi oleh beberapa situs web di server. Namun, sistem berbagi ini juga membuatnya tidak cocok untuk situs web berkinerja tinggi/bertrafik tinggi

Virtual Private Server (VPS) adalah satu langkah di atas shared hosting. Ini juga satu server web, tetapi dibagi menjadi beberapa server virtual. Dengan hosting VPS , setiap situs web di-host pada server virtual individual, meskipun server virtual ini semuanya ada di satu server web. 

VPS mengemulasi lingkungan server khusus tanpa disertai biaya tinggi. VPS ideal untuk situs web yang membutuhkan sumber daya server tambahan, privasi, dan lebih banyak penyimpanan. Karena lingkungan server virtual, situs web pada platform VPS memiliki kinerja yang lebih baik.

Dedicated hosting: Dedicated hosting sangat berbeda dari shared hosting dan VPS. Dengan hosting khusus, situs web Anda adalah satu-satunya situs di server dan Anda tidak berbagi ruang atau sumber daya server dengan siapa pun, 

Anda juga tidak berbagi biaya dengan siapa pun. Untuk alasan ini, hosting khusus sangat dapat diandalkan, yang membuatnya ideal untuk situs web atau situs web berperforma tinggi yang digunakan oleh perusahaan besar.

Cloud hosting: Cloud hosting, meskipun sudah berumur beberapa tahun, masih dianggap sebagai hal yang baru . Ketika Anda meng-host situs web Anda menggunakan teknologi cloud, situs web Anda menerima sumber daya server dari serangkaian server jaringan yang terletak di tempat yang berbeda. 

Kemudahan dari sistem ini adalah situs Anda tidak akan pernah mengalami penurunan performa karena alasan apa pun. Ini karena, jika satu server gagal, yang lain akan segera menggantikannya. Cloud hosting telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir dan telah menjadi pilihan hosting yang disukai untuk bisnis di seluruh dunia. 

Tidak mengherankan bahwa usaha kecil yang berpikiran maju di Selandia Baru semakin beralih ke infrastruktur cloud untuk kebutuhan hosting mereka. Karena sejumlah besar sumber daya yang berasal dari server jaringan, cloud hosting memungkinkan sejumlah besar lalu lintas, menjadikannya ideal untuk situs web berperforma rendah dan berkinerja tinggi.

Cara Memilih Hosting Web yang Tepat

Jika Anda menggunakan Google dan mengetik daftar penyedia hosting web, Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Namun, tidak semua penyedia hosting web yang ditemukan di halaman hasil Google dapat diandalkan

Ada beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilih penyedia hosting web, karena keberhasilan atau kegagalan situs web Anda dapat ditentukan oleh pilihan Anda.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang akan berguna dalam membantu anda mencari hosting web yang andal.

Kecepatan dan kinerja : Salah satu pertimbangan paling penting saat membeli web hosting adalah kecepatan dan kinerja. Web hosting yang buruk dapat mempengaruhi kecepatan dan kinerja situs web Anda, dan ini akan menyebabkan Anda kehilangan pengunjung. 

Saat ini, jika situs web Anda tidak dapat mengembalikan permintaan halaman web dalam waktu kurang dari 4 detik , Anda berisiko kehilangan pengunjung lama dan baru

Cek disini https://www.thinkwithgoogle.com/feature/testmysite/

Penyimpanan dan bandwidth : Ketika Anda memulai dengan situs web , Anda tidak akan membutuhkan terlalu banyak ruang penyimpanan, tetapi seiring pertumbuhan situs web , Anda akan membutuhkan lebih banyak ruang dan bandwidth. 

Beberapa perusahaan hosting web membatasi jumlah ruang penyimpanan dan bandwidth bulanan yang mereka alokasikan ke situs web dan ini dapat memengaruhi kinerja situs Anda selama periode puncak. Periksa untuk melihat bahwa host web Anda menyediakan cukup penyimpanan dan bandwidth untuk mengakomodasi kebutuhan situs web Anda.

Dukungan pelanggan: Tidak peduli tingkat keterampilan teknis yang Anda miliki, akan ada hari-hari ketika Anda menghadapi masalah dengan situs web yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri. Untuk alasan ini, Anda memerlukan hosting web yang memiliki dukungan pelanggan / teknis khusus. 

Penyedia terbaik menawarkan layanan telepon, email, obrolan langsung, dan tiket. Cari host web dengan dukungan pelanggan 24/7 sangat ideal jika Anda berencana untuk kesuksesan situs web jangka panjang

Opsi skalabilitas: Karena situs web Anda akan tumbuh, Anda memerlukan penyedia hosting web yang dapat meningkatkan layanan Anda secara berkala. Jika penyedia hosting web Anda tidak menawarkan opsi skalabilitas, 

Anda mungkin harus bermigrasi ke server dan penyedia yang berbeda ketika Anda telah melebihi kapasitas layanan mereka, dan ini mungkin mempengaruhi kinerja situs web Anda, menyebabkan Anda kehilangan pelanggan dan peringkat halaman.

Persyaratan layanan: TOS, merupakan dokumen penting di mana Anda akan menemukan istilah yang mengatur penggunaan layanan web hosting provider. Informasi yang terkandung dalam dokumen ini harus jelas dan tepat, karena nantinya akan membantu Anda memahami apa yang diharapkan dari kebutuhan pelanggan. Jangan ragu untuk meminta klarifikasi pada bagian mana pun yang Anda tidak mengerti.

Keamanan dan cadangkan: Keamanan situs web Anda sangat penting. Anda memerlukan perusahaan hosting web yang menyediakan keamanan cukup memadai untuk situs web dan pengunjung Anda. Keamanan situs web adalah satu hal yang tidak dapat dikompromikan ketika memilih perusahaan hosting web. 

Sebagian besar penyedia hosting web juga menyertakan cadangan reguler sebagai bagian dari layanan mereka. Sebaiknya cari host web yang menawarkan beberapa bentuk cadangan untuk situs web Anda.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Membeli Web Hosting

Pemilik situs web pertama kali, dan bahkan pengguna yang berpengalaman, dapat membuat kesalahan ketika memilih hosting web. Kesalahan ini terkadang menimbulkan konsekuensi yang luas pada keberhasilan situs web Anda. 

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sebaiknya Anda hindari saat memilih web hosting.

- Menggunakan hosting web gratis
- Tidak membaca ulasan hosting
- Tidak membaca TOS
- Tergiur dengan promo palsu
- Membeli paket hosting yang salah
- Membeli web hosting berdasarkan harga
- Mempercayai hosting web dengan ulasan positif saja
- Mempercayai jaminan uptime
- Membayar untuk layanan yang tidak Anda butuhkan
- Tidak melakukan uji coba
- Langsung membeli

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar