Pengaruh hosting terhadap SEO website

Bagaimana pengaruh hosting terhadap SEO situs web Anda?


Selamat Datang di Blog Orang IT . Ini adalah pertanyaan yang telah lama ada di benak banyak orang. Bagaimana hosting mempengaruhi kualitas situs web secara SEO ? Orang-orang bertanya pada beberapa forum / situs web hosting / situs web yang relevan. Jawaban atas pertanyaan itu muncul, berikut adalah diskusi yang mendalam dan panjang. Ini melibatkan semua orang yang memiliki satu atau dua gagasan tentang masalah ini.

Dampak hosting ada di SEO situs Anda dan apa yang harus Anda lakukan untuk memilih hosting terbaik untuk SEO ?

Perjuangan Anda untuk keunggulan web dimulai dengan mencari perusahaan hosting SEO terpercaya dan memiliki strategi yang jitu. Dan itu tidak dimulai dengan analytics dan kata kunci. Sehingga menjaga kualitas SEO situs web dimulai dari pembangunan situs terlebih dahulu

Meskipun provider professional yang baik tidak akan langsung meningkatkan peringkat situs Anda atau memastikan situs Anda memiliki posisi teratas, sebaliknya provider yang buruk dapat secara langsung merusak peluang Anda untuk membangun kepercayaan dengan Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.

Ada 3 faktor web hosting dan dua di antaranya meliputi uptime / downtime dan kecepatan loading mempengaruhi kualitas situs web / SEO yang dapat berfluktuasi dari bulan ke bulan

Anda harus menghubungi perusahaan hosting segera jika melihat suatu masalah. Anda seharusnya tidak menganggap bahwa mereka pekerja diprovider hosting tahu tentang masalah web anda karena jika mereka sendiri tidak memiliki masalah berarti client juga tidak

Dengan demikian, akan lebih bijaksana untuk menjaga kestabilan  hosting dan melanjutkan kontrak penyewaan untuk jangka panjang.

Sekarang, kita akan melihat lebih detail pada 3 faktor hosting yang dapat mempengaruhi peringkat situs web Anda. Juga, kita akan melihat masalah mana yang benar-benar dapat membawa Anda menemukan hosting SEO terbaik.


Uptime / Downtime

Arti Downtime adalah jumlah total waktu situs web Anda tidak dapat diakses karena beberapa gangguan dengan server host-nya. Mesin pencari spider mungkin akan mencoba mengunjungi situs Anda beberapa kali dalam sehari, dan jika mereka mengunjungi situs Anda selama periode penghentian operasi, maka mereka mencatat bahwa itu tidak dapat diakses dan pindah ke situs berikutnya.

Uptime / Downtime

Jika ini sering terjadi, situs Anda akan ditandai sebagai tidak siap diluncurkan dan peringkat Anda dapat turun secara signifikan. Mesin pencari tidak ingin menampilkan situs yang tidak dapat diandalkan dalam hasil pencarian mereka karena itu mencerminkan pengalaman buruk pada pengguna , khususnya jika pencari mengklik pada hasil result pencarian google dan kemudian menemukan keterangan bahwa situs tidak dapat diakses.

Bahkan dengan iming-iming 99% uptime sekalipun kenyataan nya situs Anda masih tidak dapat diakses selama 7 jam dalam sebulan. Jika memungkinkan, Anda ingin situs web Anda dapat diakses 100 persen setiap waktu. 

Anda tidak dapat menghindari sejumlah downtime, bahkan pada paket hosting web yang bagus sekalipun. Meski demikian, tetaplah logis untuk mengharapkan host web yang memberikan dan menjanjikan - 99,9% waktu operasional, jadi Anda tidak boleh menyetujui apa pun yang kurang. Demi melindungi kualitas SEO situs web Anda.

Kecepatan

Mesin pencari biasanya sangat terganggu dengan faktor-faktor yang merupakan bagian dari algoritma mereka. Namun, pada tahun 2010 Google secara terbuka mengatakan bahwa kecepatan pemuatan halaman adalah salah satu faktor penentu peringkat baik di dekstop begitu perangkat seluler yang baur-baru ini di umumkan ( 2018 ). 

Kecepatan

Ini hanyalah salah satu dari lebih dari 200 faktor yang menentukan SEO, dan tentunya memiliki efek yang sangat tidak signifikan, serendah 0,5% pada peringkat Anda. Meski demikian Anda harus tetap memperhatikannya. Anda dapat memeriksa kecepatan loading halaman situs web di sini:

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights

http://tools.pingdom.com

http://gtmetrix.com

Meskipun kecepatan loading yang kurang dari rata-rata tidak mesti merupakan kesalahan dari host web Anda, coba dilihat apakah waktu respons servernya lebih dari 3 detik ? jika iya kemungkinan dari shared hosting yang digunakan oleh terlalu banyak web

Website lambat dimuat mungkin terkait dengan konfigurasi dan pengkodean situs Anda terutama plugin. Tetapi pikirkan bahwa setelah Anda memastikan bahwa pengaturan teknis dari situs Anda dioptimalkan dengan baik, namun halaman web Anda masih tetap dimuat dengan lambat. 

Ini adalah kesempatan untuk meminta perusahaan hosting web untuk memindahkan situs Anda ke server lain ( migrasi )

Ini adalah kejadian biasa bagi situs web yang berbagi sumber daya server dengan ratusan situs lain ( shared hosting ), dan semakin tinggi jumlah situs di server, semakin tinggi jumlah sumber daya yang digunakan oleh situs, dan akibatnya, semakin lambat situs web Anda akan dimuat. 

Anda dapat meningkatkan secara signifikan kecepatan loading situs Anda dengan memindahkan nya ke server yang masih ada slot kosong, atau bahkan server pribadi / khusus.


Location

Selain karena faktor lain (konten, tautan balik, dll.), Agar website anda mendapatkan ranking yang bagus dalam SEO, mesin pencari juga mempertimbangkan lokasi server situs web ketika memutuskan di mana menempatkannya dalam peringkat.

Location

Maksudnya kita selalu mengenal url untuk pencarian lokal seperti google.co.id , google.my , google.jp , google.sg , google.pe , google.tk dl

Misalnya, seorang pengguna google yang tinggal di negara Inggris. Maka mesin pencari biasanya akan menampilkan situs berbasis Inggris lebih tinggi dalam hasil mereka. Untuk mengetahui lokasi situs web Anda, mereka menggunakan beberapa indikator, seperti alamat IP situs Anda.

Alamat IP situs Anda itu tergantung pada lokasi server yang terhubung ke hostingnya sendiri. Jadi, pikirkan bahwa lokasi fisik perusahaan provider hosting Anda berada di Inggris. 

Ini berarti situs Anda akan diberi peringkat lebih tinggi ketika orang-orang di Inggris mencari kata kunci yang sesuai. Sebaliknya situs Anda akan mendapatkan peringkat lebih rendah dalam hasil pencarian ketika orang mencari kata kunci yang sama di negara luar misal afrika

Meski demikian, kualitas SEO situs web Anda masih dapat digolongkan baik di satu negara bahkan ketika Anda menghosting servernya di negara lain. Itu hanya membuatnya sedikit lebih sulit untuk dilakukan, dan tidak ada gunanya melakukan kerja ekstra untuk diri Anda sendiri jika itu bisa dihindari.

Hosting services using SSDs

Beberapa orang mengatakan bahwa perusahaan hosting web yang menggunakan SSD memiliki layanan yang lebih cepat. Bagi mereka yang tidak akrab dengan itu, HDD didasarkan pada metode penyimpanan drive berputar konvensional. Sementara itu, SSD beroperasi pada metode pelapisan magnetik.

SSDs

Pada dasarnya, kedua drive digunakan untuk menyimpan data.

Beberapa alasan mengapa sebagian orang tidak menggunakan SSD :

1. SDD jauh lebih mahal.

2. Kemajuan yang mereka tawarkan tidak terlalu jelas.

3. Jika merek pabrikan tidak bagus, maka websitenya tetap lambat

4. Anda dapat kehilangan semua data Anda jika drive mengalami kerusakan dan tidak dapat dipulihkan.

5. Jika Anda memiliki satu drive besar dengan partisi Linux dan Windows dan salah satunya rusak, itu juga dapat merusak yang lain, dan ini tidak seperti HDD yang terpisah dalam beberapa partisi logic

Ini adalah fakta yang harus diketahui bahwa SSD menyediakan lebih banyak "power" daripada HDD. Tapi, jika kita mengatakannya dengan kata-kata orang awam: "Mengapa saya harus menjual mobil saya dengan kecepatan 200 mph, dan menukarnya dengan yang baru atau tiga kali lebih cepat, ketika batas kecepatan standar di mana pun saya pergi tidak lebih tinggi dari 60 mph?" 

Ringkasan:

Memperhatikan kualitas hosting adalah keputusan yang sangat penting. Mungkin juga didasarkan pada harga termurah. Menjaga kualitas situs web SEO berdasarkan hosting yang disediakan menjadi vital karena kontrak yang anda sewa biasanya berlangsung selama 1 tahun kedepan artinya anda tidak harus pusing memikirkan performa hosting yang buruk setiap hari dan bisa fokus membuat konten berkualitas

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak opsi untuk Anda jika berada di pasar untuk perusahaan hosting. Jika Anda sudah melakukan transaksi untuk pelayanan yang buruk, sudah saatnya bagi Anda pindah keperusahaan yang lebih baik.

Comments