Skip to main content

5+ Cara Membersihkan Virus Di Laptop Sampai Tuntas

Selamat Datang di Blog Orang IT. Seiring berkembangnya teknologi, laptop mengalami evolusi yang sangat cepat. Kemajuan laptop saat ini sudah begitu canggih dan sangat membantu manusia. Namun, di balik kecanggihannya tersebut tetap saja memiliki masalah yaitu virus. 

Para pengembang virus juga selalu melakukan update untuk menyerang laptop modern termasuk milik anda. Nah, mungkin anda saat ini sedang bingung bagaimana membersihkanya? Jangan khawatir, kami akan ulas secara lengkap cara membersihkan virus di laptop sangat ampuh. 

Virus pada laptop disebabkan karena berbagai faktor. Baik dari akses internet, penggunaan flashdisk ataupun yang lainnya. Bisa saja, anda tidak menyadari bahwa laptop sudah terinfeksi virus. 


Umumnya, laptop yang terinfeksi virus akan terasa bermasalah. Seperti lambat, hang ,internet tidak berjalan atau banyak iklan yang muncul. 

Jika sudah seperti itu, harus segera di atasi. Yuk, simak cara membersihkan virus di laptop yang akan saya bahas secara lengkap dan akurat

Beberapa Cara Membersihkan Virus Di Laptop

Dalam penanganan virus di laptop, terdapat beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut cara membersihkanya antara lain:

1. Menggunakan AdwCleaner MalwareBytes

Cara mengatasi virus pada laptop tanpa install ulang dapat menggunakan AdwCleaner. Virus membandel dan tersembunyi sekalipun akan di temukan dengan begitu cepat. AdwCleaner sangat membantu untuk membersihkan virus sampai pada akarnya. Berikut cara penggunannya: 


Langkah pertama yaitu melakukan pengunduhan aplikasi AdwCleaner. Anda bisa mencarinya pada search engine untuk menemukan aplikasi tersebut. Pastikan anda mengunduh sesuai versi dari laptop masing-masing. Selain itu, pastikan untuk mengunduh versi terbaru. 

• Install Dan Buka Aplikasi

Kemudian, lakukan installasi seperti pada umumnya. Lalu, cek apakah sudah terinstall dengan baik atau belum. Jika di terinstall dengan baik maka selanjutnya buka aplikasi tersebut.

• Klik Pindai Sekarang

Menggunakan AdwCleaner

Setelah dibuka, anda akan diarahkan pada halaman dashboard. Disini akan tersedia beberapa action untuk melihat sesuai kebutuhan anda. Untuk mulai menghapus virus, silahkan klik pindai sekarang. Adware secara otomatis melakukan scanning sekaligus menghapus virus. 

• Pemindaian Virus

Kemudian, akan dilakukan pemindaian dari virus pada laptop anda. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Menyesuaikan dengan jumlah data dari masing-masing laptop. Semakin banyak datanya, maka akan membutuhkan waktu lama. 

Pemindaian Virus

• Hasil Pemindaian

Berikutnya, akan muncul hasil dari pemindaian virus yang berjalan. Terdapat rincian dari virus yang menyerang laptop anda. 

Dengan begitu, anda dapat memahami mengenai penyebabnya. Disini, laptop terinfeksi virus search manager yang merupakan add ons dari google chrome. Setiap laptop bisa terinfeksi virus yang berbed

Hasil Pemindaian

• Bersihkan Virus

Terakhir, klik pada bersih dan perbaikan. Maka, secara otomatis adware akan melakukan pembersihan beserta perbaikan terhadap komponen yang hilang. Dijamin, dengan cara ini laptop anda akan bersih dari virus secara total !

2. Menggunakan Antivirus Avira

Cara mudah yang dapat anda lakukan untuk membasmi virus di laptop menggunakan antivirus Avira. Dimana, Avira termasuk dalam salah satu antivirus yang sudah cukup lama memerangi virus. 

Selain itu, untuk kualitas pembersihannya saya anggap cukup baik dan detail. Tetapi, prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut cara penggunaanya: 

• Download Avira Antivirus

Pertama, anda bisa mendownload terlebih dahulu antivirus avira melalui search engine. Jika berminat mendapatkan keamanan yang lebih baik maka dapat menggunakan versi pro. Tetapi, jika tidak punya uang bisa menggunakan versi free.

• Install Dan Buka Aplikasi

Kemudian, lakukan penginstallan secara umum. Saat proses install, bisa saja avira akan menambahkan add ons dalam pengamanan website anda. Anda bisa memberikan opsi add or remove. 

• Lakukan Scanning

Pada halaman masuk pertama, akan terlihat dashboard dari antivirus Avira. Anda bisa mengatur apakah akan melakukan scaning secara keseluruhan atau hanya sebentar saja. 

Tetapi, meskipun sebentar untuk pemindaiannya juga di lakukan secara detail. Klik “ Run Quick Scan” maka akan diarahkan pada halaman pemindaian. 

Lakukan Scanning

• Proses Pemindaian

Langkah selanjutnya, anda harus menunggu dan perhatikan dengan seksama hasil yang diberikan. Jika terdapat virus, maka akan memberikan informasi mengenai detection dan warning ataupun lainnya. 

• Proses Selesai

Proses Selesai

Jika sudah, anda akan di arahkan pada pop up mengenai hasil proses scanning tersebut. Jika di temukan hasilnya, anda perlu close terlebih dahulu. Kemudian ke arah “quarantine”. Selanjutnya, cek apakah ada virusnya. 

Jika ada, blok semua dari atas sampai bawah kemudian klik kanan lalu delete dan pilih yes.

3. Format Partisi 

Jika sudah menggunakan cara diatas namun tetap saja bermasalah, maka anda dapat melakukan format partisi. Dimana, format sudah pasti menghilangkan semua data dan membuatnya kembali seperti baru lagi. 

Format partisi dapat dilakukan saat keadaan virus sudah menyebar dan susah di hilangkan. Berikut cara menghapus virus secara manual dengan format partisi yang benar: 

• Pilih Partisi Yang Akan Di Format

Cek terlebih dahulu terhadap partisi yang akan di lakukan format. Jika terdapat data yang penting, alangkah lebih baiknya untuk di pindahkan dahulu. 

Karena, format partisi ini akan menghilangkan semua data yang terdapat pada penyimpanan tersebut.

• Klik Action Format

Kemudian, arahkan pada partisi yang akan dilakukan format. Pastikan anda tidak salah dalam melakukan format. Serta, data yang penting sudah harus dalam kondisi ter-backup. 

Klik Action Format

• Proses Format

Selanjutnya, akan terdapat pop up yang menyatakan untuk melakukan format. Lalu, biarkan semuanya dan klik pada start. 

Maka akan otomatis format akan berjalan. Setelah itu, semua data pada partisi akan kembali seperti semula. Sudah termasuk, dengan virus yang hilang dengan seketika !

Proses Format

4. Hentikan Service Mencurigakan

Virus dapat menyamar dengan sangat baik termasuk menjadi service dalam layanan laptop. Hal seperti ini tanda di sadari memang kerap kali terjadi. Untuk itu, sangat penting agar bisa menghentikan service yang mencurigakan. Ini dia cara menghilangkan virus di windows 10 dengan hentikan service: 

• Masuk ke task manager

Pertama, masuk ke task manager dengan cara klik kanan pada task bar dan pilih task manager. Atau gunakan shorcut Ctrl+Alt+Del

• Cari services yang mencurigakan

Jika anda menggunakan laptop pribadi untuk aktivitas sehari-hari tentu paham services yang memang terpakai. Selain itu, anda juga seharusnya paham services yang memang tidak dikenal. 

Cari secara perlahan,jika sudah klik kanan dan “stop”. Maka otomatis berhenti dan tidak menjalankan fungsinya. 

 Hentikan Service Mencurigakan


5. Install Ulang

Sudah menggunakan berbagai cara diatas, namun belum hilang juga? Solusi terakhir yang dapat anda lakukan yaitu install ulang laptop. Mengapa harus install ulang? Karena, dengan menginstall ulang akan mengembalikan performa OS ke posisi awalnya. Termasuk dengan data dan aplikasi yang sudah di install otomatis akan terhapus. 

Faktanya, cara ini terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan virus di laptop sampai ke akarnya. Terlebih, jika memang laptop anda sudah memiliki banyak kendala. Cobalah untuk melakukan install ulang laptop. 

Kemudian, gunakanlah operating system yang terbaru agar tidak rentan terkena virus (bug yang ditinggalkan virus akan menjadi celah bagi virus baru untuk menginfeksi). Setelah di install ulang, rasakan perbedaanya ! Dijamin, lebih baik. 

Baca juga : Cara memperbaiki windows tanpa install ulang
Cara membersihkan virus di laptop tentu sangatlah mudah. Bahkan, anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Pastikan, bahwa laptop selalu dalam kondisi performa yang baik dan bebas dari infeksi virus. Jika mendapati virus, segera lakukan kembali cara-cara diatas. Selamat mencoba !

Oleh https://helmykediri.com

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar