5 Penyebab dan cara mengatasi laptop lemot terbaru

by

helmy

PENYEBAB LAPTOP MENJADI LEMOT DAN CARA MENGATASINYA

Selamat Datang di Blog Orang IT , Laptop merupakan perangkat elektronik yang biasa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari bukan hanya kalangan pekerja seorang mahasiswa , anak sekolah , dan berbagai kelompok masyarakat seperti pebisnis online juga menjadikan laptop sebagai komponen penting yang wajib dimiliki dan harus selalu dijaga performa nya agar tdak menurunkan produktifitas serta efisiemsi kerja . Yang namanya perangkat elektronik cepat atau lambat pasti rusak tergantung cara pakai pengguna dan umur pemakaian, menurunya performa laptop selalu diawali dengan ciri-ciri laptop sering blank sampai lemot sekali ketika digunakan untuk bekerja
Bagi anda yang punya laptop dirumah pasti sadar akan hal ini dimana performa laptop semakin menurun beda dengan waktu pertama kali beli dulu dimana laptop bisa merunning berbagai aplikasi berat dan bertahan cukup lama lah sekarang hanya untuk sekedar browsing menggunkan firefox saja sudah sering not responding kadang lemot sekali sampai ngeblank lama hehe
Sebenarnya ada faktor utama penyebab mengapa laptop menjadi lemot selain usia pemakaian , intinya kita harus menjaga laptop kita agar tetap terawat dimulai dari rajin maintance sistem sampai sampai rajin merawat laptop dengan membersihkan komponen didalamnya . Tidak perlu takut membongkar laptop asal anda punya alat-alatnya dan panduanya cari internet atau youtube insyallah aman jangan dipaksakan ya kalau sulit dibuka 
Berikut ini beberapa alasan mengapa laptop anda lemot setelah digunakan selama bertahun-tahun silahkan dianalisa
1. Hardware Kotor dan Kurang Perawatan

Kurangnya maintenance atau perawatan pada laptop memang bisa membuat laptop menjadi lemot. Kurang perawatan bisa membuat laptop menjadi kotor dan berdebu yang membuat kinerja laptop sedikit terganggu. Biasanya bagian yang cepat kotor adalah ventilasinya.

anda bisa melakukan perawatan dengan membersihkannya minimal sebulan sekali. anda juga harus menggunakan cooling pad yang bagus untuk mengurangi panas pada laptop anda.

Penyebab dan mengatasi laptop lemot3

2. Terlalu banyak File Sampah yang Menumpuk

Tanpa kita sadari, mungkin ada banyak sekali file sampah atau file tidak berguna yang mengendap di hardisk laptop kita. File sampah yang biasanya juga berupa temporary file dari web browser itu ternyata sangat berpengaruh dan menyebabkan laptop menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan aplikasi pembersih file seperti CCleaner atau yang lainnya untuk membersihkan file-file tidak berguna tersebut.

Penyebab dan mengatasi laptop lemot2


3. Harddisk yang Terfragmentasi

Harddisk yang terfragmentasi dalah suatu kondisi harddisk ketika posisi file-file yang ada di dalamnya terpisah secara fisik dan membuat penyimpanan menjadi tidak beraturan. Kondisi ini ternyata juga bisa membuat laptop menjadi lemot.

Untuk mengatasi terfragmentasinya harddisk ini, anda bisa melakukan tindakan defragmentasi data biasa dikenal dengan defrag untuk mengembalikannya.

Klik kanan mydisk – properties – defrag jalankan analyze , biasanya roses defrag membutuhkan waktu lama jadi gunakan cara ini ketika tidak sedang menggunakan laptop

Penyebab dan mengatasi laptop lemot1

4. Terlalu Banyak Program yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang terinstal di laptop ternyata juga bisa mempengaruhi kecepatan laptop itu sendiri. Terlebih lagi untuk startup programs.

Terkadang kita memang tidak menyadarinya ketika menyalakan laptop aplikasi-aplikasi tersebut secara otomatis berjalan.

anda bisa langsung meng-uninstall beberapa aplikasi tidak berguna atau terlalu berat untuk dijalankan. Selain itu anda juga harus dengan tidak mengaktifkan beberapa program startup dan service dalam laptop.

Penyebab dan mengatasi laptop lemot

5. Terinfeksi Virus dan Malware Berbahaya

Salah satu yang bisa membuat laptop menjadi lemot adalah kemungkinan infeksi virus atau malware dalam laptop. anda bisa melakukan penanganan awal dengan melakukan scanning menggunakan antivirus.

Kalau dirasa masih kurang ampuh, opsi terakhir adalah dengan melakukan install ulang. Namun, jangan sampai lupa mem-backup data-datang penting terlebih dulu.

Baca juga : Mengatasi laptop not responding

Demikian postingan mengenai penyebab dan bagaimana cara memperbaiki laptop yang semakin lemot semoga bermanfaat jika ada yang ingin menambahkan jangan sungkan memberikan komentar yang membangun sekian terimakasih kunjungi kembali blog helmykkediri.com esok hari untuk membaca artikel menarik lain nya 

Related Post