Pengertian dan cara mencari backlink untuk pemula

by

helmy

Apa itu backlink/ tautan balik?

Blog Orang IT – Backlink adalah tautan link aktif dari satu situs ke situs lainnya. Jika situs A menautkan ke situs B, itu berarti situs B memiliki backlink dari situs A.

Backlink adalah salah satu sinyal peringkat yang paling efektif. Ada korelasi langsung antara kuantitas dan kualitas backlink dengan peringkat.

korelasi backlink

Mengapa backlink begitu penting?

Seja awal, bakclink telah menjadi faktor yang sangat berpengaruh dari algoritma mesin pencari.

Ini bekerja seperti kutipan journal akademis. Pengembang mesin pencari menyadari bahwa jika banyak sumber daya berkualitas menautkan ke halaman tertentu, itu berarti halaman tersebut berharga dan dapat dipercaya.

Ekuitas tautan

Ekuitas tautan juga disebut juice links adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan otoritas yang ditransfer dari satu situs ke situs lain melalui link.

Google PageRank

Pada mulanya Google membuat algoritma yang disebut PageRank untuk menggabungkan kualitas dan kuantitas backlink ke dalam sistem peringkatnya kemudian menentukan kepentingan relatif halaman web pada hasil pencarian.

cara kerja pagerank

Tiga faktor yang mempengaruhi PageRank suatu halaman adalah:
Jumlah backlink – Semakin banyak backlink yang dimiliki halaman, semakin baik.
Jumlah tautan pada satu halaman penautan – entitas tautan didistribusikan di antara semua halaman yang ditautkan dari halaman pertama
PageRank dari halaman yang menautkan – backlink dari halaman dengan PageRank yang lebih tinggi melewati lebih banyak ekuitas tautan.

Metrik PageRank

Jangan bingung korelasi antara algoritma PageRank dengan peringkat adalah metrik lama yang digunakan oleh Google untuk menampilkan peringkat halaman dari 0-10. Ini tidak lagi sama, ketika metrik PageRank telah dihentikan, algoritma PageRank sudah tidak menjadi bagian dari peringkat Google meskipun hubungan antar tautan masih berpengaruh

Jenis Tautan

Tautan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori. Berikut yang paling dasar dan penting untuk diketahui:

Tautan internal VS tautan eksternal

Yang ini cukup jelas. Tautan internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain dalam situs yang sama, sedangkat tautan eksternal adalah tautan dari satu situs ke situs yang lain.
Tautan tidak mengikuti (Nofollow)
Tautan nofollow adalah tautan yang berisi atribut rel=“nofollow” dalam kode HTML nya.
atribut backlink

Ini diperkenalkan pada tahun 2005 oleh Google dan memberitahu mesin pencari untuk tidak meneruskan ekuitas tautan ke halaman yang ditautakan. Contoh atribut nofollow dapat digunakan pada:
Tautan di komentar – membantu memerangi spam komentar karena kebanyakan pelaku SEO membuat tautan di komentar untuk menciptakan aliran entitas ke situsnya
Tautan afiliasi dan sponsor – dengan atribut nofollow, tidak akan melanggar aturan Google tentang pembelian backlink.
Tautan dari situs yang tidak ingin didukung – terkadang perlu menautkan ke halaman yang tidak Anda dukung.
Secara teknis, tidak ada yang namanya backlink “dofollow” karena tidak ada parameter “dofollow”. Istilah ini digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk membedakan tautan yang melewati ekuitas tautan sebagai lawan dari tautan nofollow.
 
Meskipun tautan nofollow tidak melewati otoritas, namun membawa manfaat lain, diantaranya:
Berfungsi sebagai petunjuk untuk Google
Pada tahun 2019, Google mengumumkan bahwa mereka akan memperlakukan tautan nofollow sebagai petunjuk untuk memahami dan menganalisis tautan.
Dapat memberi traffik
Tautan nofollow mungkin tidak memberikan poin SEO apapun tetapi masih dapat memberi traffik yang relevan
Mendiversifikasi profil tautan
Tautan nofollow adalah bagian alami dari setiap profil tautan dan akan aneh jika tidak memilikinya.

Link profil

Link profil adalah istilah SEO yang harus diketahui. Digunakan untuk menggambarkan semua tautan yang mengarah ke situs Anda. Kualitas link profil berkorelasi langsung dengan peringkat situs.
Seperti apa link profil yang bagus?
Campuran – Link profil yang sehat adalah campuran dari berbagai jenis tautan (nofollow dan dofollow) dan anchor text alami.
Backlink berkualitas – link profil yang baik terdiri dari backlink-backlink berkualitas dari situs yang relevan.
Disisi lain, terlalu banyak tautan berkualitas rendah dari situs berisi spam akan diabaikan dan sangat merugikan situs Anda.

ANchor teks

ANchor teks adalah bagian hiperlink yang terlihat berbeda dan dapat diklik. Ini membantu bot perayap untuk menunjukkan tentang halaman yang ditautkan
html anchor text
Mari bedakan berbagai jenis Anchor text:
Nama merek – misalnya “KOPI KITA”
Sama persis – misalnya “KOPI MURAH”
 Sebagian Sama – “BIJI KOPI MURAH”
Generik – misalnya “Baca selanjutnya”
URL Naked – misalnya https://helmykediri.com/blog/biji-kopi-murah
Semakin banyak halaman yang menaut ke situs Anda dengan relevan dapat membantu menentukan peringkat situs di mesin pencari. Ini tidak berarti harus mencoba mendapatkan Anchor text berisi kata kunci dengan biaya berapapun. 
Justru sebaliknya, Anda harus sangat berhati-hati dan membidik Anchor text campuran agar terlihat alami. Setiap upaya nyata dalam memanipulasi Anchor text dapat dideteksi dan dihukum oleh Google.
Jadi;
Gunakan ke dua atribut dofollow maupun nofollow
Gunakan Anchor text yang beragam untuk membuat tautan
Selain perbedaan yang jelas antara tautan internal, tautan eksternal dan tautan dofollow/standar vs tautan nofollow, dua backlink mungkin memiliki nilai yang berbeda dan melewati jumlah ekuitas tautan yang berbeda berdasarkan banyak faktor lain.

Berikut kriteria backlink yang berharga:

1. Relevan

Backlink yang berharga relevan secara topikal. Ini berarti halaman yang ditautkan harus memiliki topik yang sama atau mirip dengan halaman yang menautkan.
backlink relevan

2. Dari situs resmi

Sebelumnya telah dijelaskan tentang PageRank, situs dengan tautan berkualitas memberikan lebih banyak ekuitas tautan ke situs Anda. Semakin otoritatif situs yang menghubungkan, semakin banyak nilai yang dimiliki backlink untuk situs Anda.
 
Sudah tidak ada metrik resmi dari Google yang mewakili otoritas halaman tetapi ada banyak metrik diperkenalkan oleh alat komersial yang dapat membantu Anda mengestimasi. Dalam alat SEO seperti MOZ, yang paling populer adalah Otoritas Domain (DA) dan Otoritas Halaman (PA).

3. Unik

Keunikan sebuah backlink dapat dideskripsikan pada berbagai tingkatan:
a.  Tingkat situs

Backlink dari situs yang belum pernah menautkan situs Anda sebelumnya biasanya lebih berharga daripada tautan dari situs yang pernah menautkan situs Anda sebelumnya. Lebih baik memiliki 10 backlink dari 10 situs berbeda dari pada 50 backlink dari situs yang sama. Ini tidak berarti bahwa memiliki lebih banyak backlink dari situs yang sama adalah hal yang buruk, namun tautan memiliki nilai rendah (semakin berkurang).
b. Tingkat halaman

Jika Anda memiliki dua tautan dari halaman yang sama, yang muncul pertama mungkin memiliki nilai lebih dari yang kedua.
c. Jumlah tautan lain

PageRank didistribusikan secara merata di seluruh halaman yang ditautkan. Jadi ada perbedaan besar antara backlink dari halaman yang menautkan ke 3 sumber daya dan backlink dari halaman yang menautkan ke 10 sumber daya.

4. Ditempat dibagian atas tubuh konten

Backlink berkualitas adalah tautan yang juga dapat memberi trafik pada situs Anda. Tidak hanya untuk alasan yang jelas (untuk menarik pengunjung baru) tetapi juga dari sudut pandang SEO.
Google menggunakan apa yang disebut Reasonable Surfer Model untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan pengguna mengeklik tautan; ”jumlah PageRank yang mungkin diteruskan ke tautan berdasarkan pada kemungkinan seseorang mengeklik tautan.
aktivitas pengguna

Dengan kata lain, backlink yng ditempatkan diatas artikel lebih baik daripada yang ditempatkan di bawah (footer, blogroll dst). Dan backlink yang ditempatkan di bawah artikel lebih baik dari yang ditempatkan di footer atau sidebar.

5. Memiliki Anchor text yang relevan

Achor text memainkan peran penting dalam membangun tautan. Ini dikarenakan, backlink denga Achor text relevan dengan halaman yang ditautkan lebih berharga daripada tautan dengan Achor text yang tidak relevan atatu generik. Ini juga berlaku untuk teks yang mengelilingi tautan, karena tautan dapat membawa konteks di sekitarnya.
Haruskan melakukan pembuatan backlink?
Di Dunia yang ideal, yang Anda perlukan untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah membuat konten ori dan hebat maka orang-orang akan menjadikan situs anda sebagai rujukan
Kenyataannya sedikit lebih rumit:
Sangat sulit untuk mendapatkan backlink berkualitas tanpa upaya lebih lanjut dari Anda, terutama jika website masih baru.
Tanpa backlink, sangatlah sulit untuk menentukan peringkat, terutama untuk website baru.
Itulah sebabnya pembuatan backlink adalah bagian penting dari taktik SEO. Namun terkadang juga ini menjadi topik yang kontroversial.
Google membenci segala upaya untuk memanipulasi PageRank situs.
Tautan apapun yang dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema tautan dan melanggar Pedoman Webmaster Google.
Ini bukan berarti semua link building adalah spam atau manipulatif.
Ada banyak teknik yang dapat membantu mendapat backlink sambil tetap memberikan nilai kepada pengguna. Ini tidak secepat menulis komentar spam atau membeli banyak backlink.
Haruskah membeli backlink?
Sekarang membeli backlink adalah pembahasan yang sangat berbeda. Sebagian besar pakar SEO memberi tahu bahwa itu tidak harus dilakukan.
 
Ada dua kelemahan utama dari membeli backlink:
Beresiko – Membeli backlink adalah larangan besar dari Google dan jika mereka mengetahuinya, situs Anda akan mendapatkan penalti manual, yang mungkin tidak dapat dipulihkan sepenuhnya seperti ada bendera pelanggaran yang menekan peringkat situs di hasil pencarian
Mahal – Backlink berkualitas tentu mahal. Satu backlink belum tentu memberi efek peringkat sehingga Anda harus menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan manfaatnya.
Namun, trend penjualan backlink semakin berkembang dan sudah menjadi praktik umum dengan berbagai iming-iming. Keputusan akhir kembali pada Anda. Ingatlah, ini strategi yang sangat beresiko yang sebagian besar tidak akan membuahkan hasil dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Meskipun anda menghabiskan ribuan dollar untuk memasang tautan disitus berita forbes, tribunnews memang awalnya seperti mendapat visitor dan tautan link berkualitas tetapi kebanyakan tidak akan berlangsung lama

Strategi membangun backlink

Ada banyak teknik pembuatan backlink, inject dan tips. Dalam postingan SEO ini, saya akan membahas 3 strategi paling umum yang terbukti bekerja sangat baik.
Teknik pembuatan tautan yang paling alami adalah membuat konten yang unik dan berharga – yang disebut “aset” dapat ditautkan – yang akan menarik backlink dari situs lain karena dianggap sebagai rujukan.
a) Membuat konten beberkualitas
Aset yang dapat ditautkan dapat berupa konten apapun, tetapi ada beberapa jenis konten tertentu yang berfungsi sempurna untuk ini meliputi:
Panduan utama (lengkap)
Daftar Big Data
Riset dengan data unik (pribadi)
Direktori sumber daya
Menawarkan layanan gratis (layanan cek plagiasi artikel dsb)
b) Menghubungi pemilik blog

Langkah selanjutnya adalah menemukan situs yang mungkin ingin membuat backlink di situs Anda dan berkolaborasi dengan mereka.
T i p s  
Terkadang Anda bahkan tidak perlu meminta backlink secara langsung, Anda dapat menghubungi influencer dan meminta teman (komunitas blogger) untuk memberikan rujukan
Jika konten Anda benar-benar hebat dan unik mereka akan menautkannya dan membagikannya di media sosial.  
c) Postingan Tamu/ Guest Post
Posting tamu atau Guest Posting merupakan teknik pembuatan backlink yang paling populer karena menguntungkan keduanya baik pemilik situs maupun pembuat konten
Cara kerja posting tamu…
Penulis dari situs A menulis posting tamu untuk situs B. Postingan tersebut berisi link ke situs A, situs B mendapatkan konten gratis dan situs A mendapatkan backlink gratis. Sama- sama menguntungkan.
Jadi bagaimana menemukan situs/blog yang menerima posting tamu yang relevan dengan niche Anda?
Coba gunakan tap penelusuran Google, lalu ketik “POSTING TAMU” cobalah mencari situs yang menerima posting tamu dan relevan dengan niche Anda.
situs posting tamu gratis

Setelah Anda menemukannya, baca pedoman posting tamu mereka dan hubungi pemilik situs dengan penawaran posting tamu dari Anda.

d) Intip Backlink Pesaing

Memindai profil tautan pesaing adalah cara yang bagus untuk menemukan situs yang mungkin bersedia memberikan Anda backlink. Yang Anda butuhkan adalah alat analisis baklink yang akan membantu menemukan backlink milik pesaing.
backlink punyaku

Anda juga bisa fokus pada URL tertentu, misalnya; URL halaman postingan pesaing Anda tentang topik yang sama.
Alat analisis backlink akan menunjukkan kepada Anda semua daftar backlink dan beberapa informasi tambahan tentang otoritas, anchor text, atribut dan lainnya.
Saat menganalisis backlink pesaing, Anda harus mempertimbangkan:
Relevansi tautan – Apakah backlink dari halaman itu relevan dengan konten Anda?
Kekuatan tautan – Apa otoritas halaman penautan lebih tinggi atau sama dengan situs anda?
.
Kesulitan – Apakah Anda bisa mendapatkan backlink yang sama mengingat untuk mendapat backlink di situs helmykediri.com harus membayar Rp.150.000?
Langkah selanjutnya adalah apa yang disebut penjangkauan lewat email – menghubungi pemilik situs untuk mengganti backlink atau tautan link aktif didalam postingan mereka yang sudah mati (not found 404) kemudian menawarkan situs anda sebagai penggantinya
Teknik membangun backlink umum lainnya;
Testimonial, ketika anda membeli produk digital seperti tema maka anda bisa meminta untuk mengisi testimonial
Backlink media sosial – bagikan konten di media sosial, kampanyekan di FB, bergabung dalam diskusi, komentari posting teman yang relevan.
Forum dan situs tanya jawab – Untuk melakukan ini Anda bisa mencoba situs Quora.

www….helmykediricom

Related Post