Menerapkan Copywriting pada Landingpage Blog

by

helmy

Ngeblog itu identik dengan menulis. Supaya pembaca betah dan memahami apa isi tulisan yang kita sampaikan maka alangkah lebih baiknya jika tulisan tersebut menggunakan copywriting. 

Begitu juga dengan landing page. Semakin kaku dan kata-kata yang disusun maka untuk mendapatkan konversi yang tinggi akan sulit dicapai. Maka dari itu kita harus mempelajari copywriting.

Apa sih copywriting? 

Copywriting merupakan teknik yang digunakan untuk merayu atau membujuk pembaca agar mau melakukan sesuatu hal yang kita perintahkan dalam sebuah tulisan. Perintah apapun yang bertujuan untuk menghasilkan konversi dari suatu tulisan. 

Dalam hal ini misalkan landing page. Seperti membeli suatu produk, berlangganan layanan, mendaftar dan lain sebagainya.

Awalnya teknik ini digunakan hanya pada pembuatan billboard, advertorial atau iklan secara offline saja. Tapi karena dunia digital semakin maju maka copywriting menjadi salah satu hal penting dalam dunia digital marketing. 

Bahkan saat ini bukan cuma tulisan yang menggunakan copywriting. Video, podcast atau mengajar langsung pun bisa menggunakan copywriting.

Contoh Copywriting AIDA 

Ada dua formula penulisan copywriting yang paling populer saat ini. Yaitu AIDA dan FAB. Keduanya kita bahas di bawah ini.

1. AIDA ( Attention, Interest, Desire & Action)

AIDA

● Attention 

Kalimat pertama yang harus kita tuliskan yaitu bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli atau pengguna produk yang kita tawarkan. 

– Menuliskan panggilan khas target market kita. Contohnya kalau saya targetnya adalah orang-orang yang menyukai atau mahir coding saya bisa menuliskan kalimat pertama : Halo Sobat Coding!

– Mengajukan pertanyaan. Contohnya : Apakah Anda ingin menghasilkan uang tambahan dari hobi coding? 

– Menawarkan janji atau solusi : Jika iya, maka Anda bisa bergabung bersama kami, yaitu dengan menjadi instruktur coding. Daftarnya gratis dan komisinya jutaan setiap bulan. 

Intinya kalimat ini kita harus bisa mendapatkan perhatian dari target market atau pembaca. 

● Interest 

Kalimat interest yaitu kalimat yang bisa membuat calon pengguna produk tertarik untuk membeli atau menggunakan apa yang kita tawarkan. Kita bisa tambahkan informasi, fakta, data atau alasan yang membuat pembaca tertarik untuk menggunakan atau membeli suatu produk atau jasa yang kita tawarkan. 

Contoh : Pendapatan segitu-gitu aja? Padahal banyak yang harus dibayar. Pelajari cara mendapatkan pasif income 5-15 juta hanya dengan modal ngeblog. 

● Desire 

Di sini kita bisa memberikan bukti bahwa produk atau jasa yang kita tawarkan benar-benar bisa menyelesaikan masalah target market kita. Misalkan dengan cara menampilkan testimoni ataupun review dari pelanggan yang sudah menggunakan. 

Contohnya : Alhamdulillah mas helmy, setelah belajar 1 bulan di kelas mastering website, sekarang saya dapat project untuk membuat website. 

Semberi cantumkan gambar chattingannya.

● Action 

Di bagian action ini kita harus menuliskan kalimat yang mengajak pembaca agar segera melakukan apa yang kita minta.

Kalau kita menjual suatu produk maka kita bisa menuliskan kalimat pada button “ Beli sekarang juga!”. Atau kalau kita mengajak mereka untuk mendownload ebook maka bisa tuliskan “ Download Gratis Ebooknya Sekarang!”. 

Baca juga: Trik menulis artikel dari nol

2. FAB (Feature, Advantage, Benefit)

FAB

Membuat kalimat penawaran yang menarik kadang gampang-gampang susah. Makanya formula AIDA dan FAB ini dibuat. Agar kita tahu rumus untuk menyusunnya. 

Nah pada formula yang kedua ini kita bisa membuat kalimat copywriting dengan menjelaskan apakah produk atau layanan yang kita tawarkan bisa menyelesaikan permasalahan yang diinginkan oleh target market atau tidak. 

Contohnya begini, saat kita membuat kalimat penawaran untuk iklan skincare kita fokus menjelaskan fitur : 

● Produk terbuat dari bahan abc 

● Terdiri dari kandungan abc 

● dan lainnya 

Padahal yang target market inginkan ketika menggunakan skincare hanya satu.

Misalkan menggunakan serum maka manfaat atau solusi yang diinginkan yaitu : 

● Apakah bisa mencerahkan wajah dengan cepat? 

● Apakah bisa menghilangkan bekas jerawat atau tidak? 

Jadi, sesederhana itu. Maka cara kerja formula yang kedua ini yaitu : 

Feature : menjelaskan spesifikasi produk atau layanan Kita ambil contoh pada smartphone. 

Feature yang ada pada smartphone biasanya : 

– 5000mAh battery 

– Kamera 32 megapixel 

Advantage : menjelaskan keunggulan dari fitur Keunggulan dari fitur di atas yaitu : 

– 5000mAh battery : pemakain smartphone jadi lebih lama 

– Kamera 32 megapixel : gambar yang dihasilkan lebih bagus 

● Benefit : menjelaskan manfaat apa yang didapat Lalu manfaatnya apa ?

– (F) 5000mAh battery 

– (A) pemakain smartphone jadi lebih lama 

– (B) jadi, gak khawatir lagi tiba-tiba lowbat saat bepergian jauh dan tidak membaca charging 

– (F) Kamera 32 megapixel 

– (A) Gambar yang dihasilkan lebih bagus 

– (B) Jadi lebih PD kalau posting foto di IG, hehe Begitulah cara kerjanya, jadi sebutkan fitur lalu keunggulan dan manfaat apa yang didapatkan dari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

helmykediri.www.com 

Related Post