Yuk daftarkan blog untuk menampilkan iklan adsense

by

helmy

Blog Orang IT – Ada 2 jenis adsense yang dikenal publik saat ini, yaitu hosted dan non-hosted. Perbedaannya cukup sederhana, hosted didapatkan ketika anda menggunakan blogspot dari blogger.com dan mendaftarkannya ke google adsense melalui menu penghasilan didashboard blogger, sedangkan non hosted didapatkan ketika anda mendaftarkan blog dengan platform apa saja langsung ke situs adsense.com, layanan dari mana saja (blogger, wordpress, wix etc) dan anda sudah menggunakan domain sendiri ketika mendaftar. 

Domain sendiri berarti anda sudah menggunakan nama anda tanpa imbuhan subdomain lagi, contoh helmykediri.com, helmykediri.net dan lainnya, sedangkan subdomain biasanya seperti helmykediri.blogspot.com. Sebenarnya tidak banyak yang berbeda dalam metode pembayaran dan pengaturan akun, tetapi ketika anda menggunakan adsense non hosted, akun tersebut bisa digunakan dimana saja dengan lebih mudah dan anda bisa menjual akunnya dengan harga lebih mahal. 

Adsense non-hosted bisa dipasangkan di blog lain punya pribadi atau punya orang yang berasal dari mana saja, tidak hanya blog yang berasal dari blogger.com saja.

Baca juga: Cara mendaftarkan blogspot ke adsense

Jika anda sudah mengerti dengan penjelasan awal adsense diatas, sekarang anda bisa mulai proses pendaftaran blog ke google adsense dengan syarat-syarat sebagai berikut : 

1. Spesifikasi blog sebelum mendaftar

Data dibawah ini adalah standar versi saya, dan jika anda merasa blog anda sudah seperti ini, silahkan mendaftar adsense :

Spesifikasi blog sebelum mendaftar

a. Menggunakan domain TLD (.com, .net, .id, .co, dan lainnya), bukan subdomain. 

b. Mengunakan ssl/https di blog, dan pastikan blog sudah bisa diakses melalui http, https, www dan tanpa www. 

c. Pageviews harian 500 +, disarankan 1000 +. Pageviews adalah total tayangan blog dalam sehari, bukan total orang yang mengunjungi blog. 

d. Umur blog 1 bulan, disarankan sudah berumur lebih dari 2 bulan. 

e. Tampilan blog rapih dan responsive. Anda bisa menanyakan ke teman anda tentang bagaimana tampilan blog anda saat ini. 

f. Tidak ada konten pornografi, hack, crack dan file ilegal. Jika ada, anda bisa menyembunyikannya terlebih dulu. 

g. Artikel yang dihasilkan dari copy paste, per aritkel hanya boleh memuat 70% (hasil copy) dan 30% (original/menulis sendiri). Untuk standar berapa jumlah visitor organik yang datang ke blog per harinya saya masih belum menemukan, karena dari hasil pengalaman saya, adsense lebih menyukai pageviews daripada jumlah pengunjung yang datang. 

2. Membuat Blog 

Buat blog dari blogger atau wordpress, atau menggunakan platform lain yang ada, dan seperti yang sudah dijelaskan pada poin a sebelumnya, sebaiknya anda sudah menggunakan domain TLD sendiri sebelum mendaftar. 

3. Beli beberapa kartu/provider seluler perdana untuk verifikasi email 

Tidak wajib dilakukan sekarang, bisa dilakukan nanti saat iklan anda ditolak. Ketika hal ini terjadi, salah satu solusinya adalah dengan membuat email baru. Buatlah email dari gmail yang banyak, minimal 3, nanti emailnya akan dijadikan sebagai administrator di blog. 

Tambahkan email secara bertahap ketika anda ditolak adsense, biasanya ketika proses mendaftar pertama ditolak dan sudah melakukan submit ulang tapi masih ditolak juga, mendaftarlah kembali beberapa hari kemudian dengan email baru dan dengan data yang baru juga. 

Pastikan setiap email punya data diri yang beda, nama beda, alamat beda. Sedangkan untuk nama kota dan provinsi, tidak masalah kalau sama. Setelah itu verifikasikan email dengan nomer handphone. 

Tambahkan email baru di blog secara bertahap, tidak sekaligus semua. Intinya, ketika anda ditolak adsense, gunakan email baru untuk mencoba mendaftarkan ulang blog yang sama. 

4. Membuat fanpage di facebook 

Membuat fanpage jadi sebuah hal wajib yang perlu dilakukan bahkan setelah anda mempunyai akun adsense. Fanpage penting untuk mengenalkan blog anda ke orang lain dan memberikan informasi ke penggemar blog anda di facebook. 

Iklankan fanpage anda untuk mendapatkan followers lebih cepat dengan biaya minimal 15.000/hari. 

5. Memperbanyak artikel di blog 

a. Bagaimana caranya menulis yang tidak membosankan? Otak manusia bisa berpikir kreatif dan tetap nyaman biasanya hanya di 1 jam pertama, setelahnya akan membosankan. Menulis pun juga begitu, semakin lama nulisnya tapi tidak selesai-selesai, akhirnya jadi berantakan. 

Siapkan secangkir kopi, cemilan, mendengarkan musik dan jangan terburu-buru dalam menyelesaikan tulisan. Tetaplah dibuat santai, karena dengan begitu, pikiran kita akan lebih terbuka untuk menemukan rangkaian kata baru yang bisa kita tambahkan di artikel yang sedang kita buat. 

Tidak pintar menulis ? paksa! Setidaknya untuk kalimat awal jadilah diri sendiri dengan menulis artikelnya sendiri. Cukup 30% dari keseluruhan artikel, dan sisanya anda bisa menyalin tulisan dari sumber lain. 

b. Bagaimana caranya agar tulisan copypaste bisa diterima adsense ? Siapa bilang blog copas melanggar adsense, secara aturan memang iya, tapi dalam pelaksanaannya, adsense lebih fokus ke pelanggaran konten seperti poorno, download file illegal yang di klaim dan pelanggaran keras lainnya, bukan karena copy paste, apalagi jika copy paste itu dilakukan dengan teknik yang benar. 

Kalau konten harus “unik” dan tidak plagiat, kenapa situs seperti kaskus masih memasang adsense, sedangkan banyak dari penggunanya membuat artikel baru bersumber dari tulisan website lain ? 

Apakah artikel harus banyak ? tentu lebih banyak lebih baik. Jumlah kata ? tidak harus 500 kata per artikel, anda bisa membuat beberapa artikel hanya dengan 300 kata atau lebih sedikit. 

Buat lebih banyak jumlah artikelnya, bukan jumlah kata di artikelnya. 

6. Disclaimer dan privacy policy di bagian atas 

Saya selalu lebih suka menempatkan disclaimer, privacy policy, about dan contact dibagian atas template. Anda bisa membuat semua itu dengan mudah melalui bantuan online dari situs berikut: 

http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/ https://www.websitepolicies.com/disclaimer-generator 

https://termsfeed.com/

Selain daftar situs diatas, anda juga bisa membuatnya sendiri secara manual. 

7. Template responsive 3 kolom (disarankan) 

Seperti halnya penjelasan di nomor 6, untuk template, saya lebih suka menggunakan template 3 kolom, baik itu ketika mendaftar atau setelah diterima adsense. Dan jika anda merasa kesulitan ketika mendaftar adsense, anda bisa mencoba cara saya dengan mengubahnya dulu ke template 3 kolom ketika anda sedang mencoba mendaftar adsense. 

Beberapa situs penyedia template 3 kolom bisa anda temukan dibawah ini atau mencari lebih banyak di google. 

https://www.jojothemes.com/ 

https://gooyaabitemplates.com/ 

https://themefeatures.com/ 

https://colorlib.com

https://btemplates.com/ 

http://www.cssauthor.com/responsiveblogger-templates 

8. 1 (satu) blog dengan banyak administrator. 

Poin penting ini sudah sudah saya tuliskan sebelumnya dan saya coba lebih diperjelas disini. Begini cara kerjanya, ketika kita mendaftar adsense menggunakan email “A” dan ditolak, kita bisa mensubmit ulang blog dengan email “B” juga. 

Linknya menuju form submit ulang biasanya sudah otomatis ada di email adsense atau saat kita login ke web adsense sudah disediakan form submit ulang, selama kita masih menggunakan email yang sama dengan sebelumnya. 

Jika tetap gagal dan ditolak untuk kedua kalinya, berhentilah sejenak untuk mencoba mendaftar adsense, buat sedikit peningkatan dan perbaikan di blog anda terlebih dulu sebelum mencoba mendaftarkannya kembali. 

Setelah dirasa waktu jeda yang diberikan sudah cukup, misalnya 1 atau 2 minggu setelahnya, tambahkan email “C” yang anda miliki dan jadikan administrator blog anda. Logout email “A” dan Login ke email “C” dengan browser lain (chome, edge, opera atau firefox). 

Buat artikel baru di blog dengan email “C” dan beberapa hari kemudian anda bisa mendaftarkan blog ke adsense dengan email “C” dan tunggu balasan adsense. Waktu jeda anda memang sedikit bertambah, tapi durasinya tidak panjang. 

Proses ini adalah pendaftaran dengan email baru, bukan submit ulang. Begitu juga seterusnya, jika pendaftaran ditolak, cobalah dengan sudah submit ulang, dan jika tetap ditolak, beri jeda waktu, lakukan perbaikan dan mendaftarlah dengan email dan data email atau data pendaftaran yang baru. 

Trafik yang stabil dan jumlah artikel yang bertambah adalah poin penting yang sangat berpengaruh agar blog yang didaftarkan bisa diterima adsense. 

Anda bisa meminjam nama keluarga atau saudara anda daripada anda menggunakan nama pemilik yang tidak sah, karena untuk beberapa kasus juga diperlukan verifikasi dengan ktp, dan oleh karena itu, jika nama yang anda daftarkan tidak cocok dengan ktp, akun anda akan dibatalkan

Related Post