Cara penggunaan judul clickbait diblogger

by

helmy

Blog Orang IT – Clickbait berarti meningkatkan peluang dengan sedikit menjebak. Jika kita perhatikan dalam 1 atau 2 tahun belakangan ini, tren penulisan menunjukan semakin banyaknya media yang melakukan teknik clickbait dalam judul, bahkan isinya. 

Cara menulis judul dalam berita seakan menjebak pembaca dengan permainan kata-kata yang membuat penasaran hingga salah persepsi. Anda yang sudah sering menjalankan kampanye iklan mungkin terbiasa dengan ini, para pengiklan biasa bermain dengan kalimat atau tayangan yang sudah di atur sedemikian rupa untuk menarik para audiens. 

Di bawah ini beberapa contoh clickbait dalam pembuatan judul :

penggunaan judul clickbait

Anda bisa membuat judul seperti ini juga, tapi sesuaikan juga dengan topik apa yang blog anda bahas, saya berikan contoh judul artikel tentang teknologi. Judul : “Terbaru, Download Video Youtube Tanpa Perlu Kuota Sama Sekali”. Atau “Trik Terbaru Download Video Youtube 100% Gratis 0 Kuota Internet”.

Lalu yang dijelaskan dalam isi artikelnya apa ? Saat saya streaming youtube, saya rekam layar laptop menggunakan aplikasi camtasia studio. Apa yang ada di layar laptop anda akan tersimpan dan menjadi format video. 100% gratis bukan? 

Downloadnya tidak menggunakan kuota sama sekali. Memang kita tidak mendownloadnya langsung, tapi poin utama dalam artikel ini adalah video bisa tersimpan di komputer dan diputar secara offline. 

Sama saja seperti didownload. Untuk bagian membuat judul yang menarik orang atau clickbait ini tidak ada rumusnya dan bebas, anda yang nanti akan terbiasa sendiri dengan pembuatan judul-judul untuk memancing pembaca. 

Jangan lupa perhatikan bagaimana situs besar bekerja mendapatkan pengunjung. Saya masih ingat dulu bagaimana blog pertama saya menjadi besar, waktu itu saya membuat artikel dengan judul “trik internet gratis telkomsel terbaru untuk seumur hidup lewat hp android” semua merk dan tipe. 

Waktu itu memang android sedang mudah untuk gratis internetannya, banyak orang membuat artikel serupa tapi tidak menggunakan judul yang menghebohkan.

Sayangnya artikel tersebut sudah saya kunci sekitar 1 tahun lalu karena beberapa alasan, jika anda mencarinya sekarang, di google masih ada tapi dari blog AGC, saya memang sengaja membiarkan blog bisa di cloning artikelnya. 

Saat masa berjayanya artikel itu, saat anda ketik di google “trik internet android, trik telkomsel, internet gratis telkomsel”, atau kata lainnya, artikel tersebut selalu dipageone. Sebenarnya maksud dari seumur hidup disini bukan triknya yang tidak bisa mati, tapi karena isi postingnya yang selalu saya perbarui setiap ada materi baru, bukan dengan saya membuat post lagi tapi mengedit posting yang ada. 

Clickbait sebenarnya adalah sebuah teknik penulisan judul yang menggelikan, tidak peduli isinya, yang penting judulnya.

Contoh lainnya lagi : 

– Pembunuhan sadis ini terkuak hanya dari sepotong kuku 

– Astaga, artis ini ternyata dulunya sering melakukan hal gila, nomor 7 bikin takjub. 

Anda sering melihat judul seperti itu? silahkan jika ingin mengikuti jejak mereka, tidak ada teknik khusus hanya permainan kata-kata dan ilustrasi gambar yang menghebohkan. 

Anda bisa belajar menulis judul clickbait ini dari portal semacam tribunnews dan lainnya, banyak web yang artikelnya diunggah disitu.

Baca juga: Alasan anda harus menaikkan skor DA

Related Post