Trik Foto di Pantai yang Instagramable Hanya Modal Hp

by

helmy

Gimana sih caranya agar hasil jepretan hanya dengan hp bisa Instagramable? Nggak semua influencer selalu memanfaatkan kamera profesional untuk menghasilkan foto yang menarik. Beberapa dari mereka hanya modal hp saja. 

Dilansir dari Kubik Tekno untuk bisa menghasilkan foto yang estetik tidak harus menjadi profesional dulu. Apalagi sekarang sudah semakin banyak hp canggih dengan lensa mahal yang bisa memotret berbagai jenis panorama. 

Kamu yang penasaran caranya bisa lho mempelajari trik-triknya. 

Trik Foto di Pantai
Trik foto dipantai dengan HP

Trik agar Foto di Pantai Tampak Instagramable 

Tingkat kesulitan memotret di pantai paling sering adalah soal pencahayaan. Sinar matahari yang terik justru menghasilkan tampilan foto yang berwarna kelabu. Belum lagi jika awan mendung, foto akan semakin tidak menarik. 

Kini kamu tidak perlu takut hasil jepretan yang buruk, karena setiap hp kini dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Kamu bisa mengubah tampilan jadi semakin cerah bahkan menambahkan efek agar foto semakin menawan. 

Penasaran dengan bagaimana trik untuk menghasilkan foto yang Instagramable? Kamu bisa ikuti trik berikut ini. 

1. Memotret Objek Laut 

Ada banyak objek laut yang bisa kamu foto tanpa harus menyelam, terutama pada saat laut sedang surut di siang hari. Ada begitu banyak binatang laut seperti terumbu karang, bintang laut dan ikan yang terjebak di antara karang-karang. 

Semua objek laut ini patut kamu ambil gambarnya karena bentuk dan warna mereka sangat indah. Foto close up yang memperlihatkan tekstur objek laut secara jelas lebih tepat untuk dipilih. 

2. Memotret dengan Fitur Slow Speed

Jika kamu masuk ke pengaturan manual pada kamera hp, pasti ada banyak fitur yang tersedia salah satunya adalah foto slow speed. Teknik ini biasanya digunakan untuk memotret cahaya bergerak supaya tampak seperti garis. 

Apabila diterapkan pada air laut yang bergerak terkena cahaya maka air akan tampak seperti tenang. Demi melakukan trik ini kamu harus menggunakan tripod karena proses jepretan fotor membutuhkan waktu beberapa detik. 

3. Memotret dari Ketinggian

Panorama pantai akan tampak jelas jika kamu memotret dari ketinggian. Kamu bisa menaiki karang yang cukup tinggi dan memotret dari atas. Sehingga garis pantai dan laut yang luas akan terlihat menarik, apalagi ditambah dengan matahari terbenam atau terbit. 

Foto kamu akan memperlihatkan garis horizon serta langit berwarna biru kekuningan. Hasil jepretan ini bisa kamu ambil dengan hp saja tanpa harus kamera profesional. Selama bisa menentukan angle yang tepat dan berhati-hati agar tidak jatuh. 

4. Ambil Gambar Aktivitas Nelayan

Tidak selalu model yang cantik, kamu juga bisa mengambil foto dari penduduk sekitar pantai. Setiap hari nelayan pasti memiliki kegiatan di pinggir pantai. Baik itu pelelangan, melipat jala atau membersihkan kapal mereka. 

Kamu bisa memotret aktivitas mereka supaya menjadi foto yang tampak natural. Kamu bisa menjadikan laut sebagai latar belakang kegiatan mereka. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan foto yang keren tak kalah dengan profesional. 

5. Membuat Foto Siluet

Bukan hanya foto matahari tenggelam saja yang bisa kamu peroleh. Ketika matahari terbit atau tenggelam kamu bisa memanfaatkannya sebagai latar foto siluet. Jenis foto ini membutuhkan cahaya dari belakang yang cukup terang sehingga objek tampak hanya bayangan saja. 

Lebih baik lagi jika kamu bisa memanfaatkan pantulan dari air laut sehingga menciptakan refleksi dari siluet tersebut. Apapun objek yang kamu pilih, foto siluet selalu menjadi andalan for yang Instagramable. 

6. Foto Milky Way

Sedang camping di pinggir pantai? Manfaatkan momen ini untuk memperoleh foto milky way. Pada malam hari, penerangan di pinggir pantai sangatlah sedikit dan kamu bisa memanfaatkannya untuk memotret semua bintang yang bertaburan di angkasa. 

Hanya pada saat inilah kamu bisa mendapatkan foto langit lebih terang dibandingkan di bumi. Kamu juga bisa memadukan foto bintang dengan area pinggir pantai yang berkarang sehingga panorama pantai tetap terlihat. 

Selama memotret di pantai, pastikan bahwa kamera kamu dalam kondisi yang baik. Jangan lupa untuk sering membersihkan lensa karena air laut yang mengandung garam cepat membuatnya kotor. 

Related Post