4 Bahasa Pemrograman Terpopuler di Tahun 2021 2022

by

helmy

Blog Orang IT – Hampir semua orang tahu bahwa di dunia yang serba digital saat ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat. Sudah menjadi hal yang biasa bagi kita saat melihat perusahaan-perusahaan teknologi saling mengungguli dengan pembaruan & update yang rutin.

Di tengah semua kemajuan digital ini, ada suatu hal yang sangat terpengaruh dengan sifat dunia teknologi yang begitu fluktuatif, dan itu adalah Bahasa Pemrograman!

Ya, Bahasa Pemrograman adalah syarat terpenting untuk hampir setiap ilmu programming baik itu Web Development, Machine Learning, Data Sience, atau ilmu-ilmu programming lainnya.

Setiap tahunnya, penulis melihat bagaimana peringkat bahasa pemrograman ini berfluktuasi (naik-turun) sesuai dengan permintaan & popularitasnya di antara para developer. Sementara itu, kamu harus beradaptasi dengan semua tren dan indeks bahasa pemrograman terbaru ini agar tetap relevan di pasar teknologi.

Secara khusus, seorang programmer pemula sangat diharuskan untuk mempertimbangkan beberapa aspek penting seperti permintaan & popularitas, peluang kerja, aplikasi, dll. sebelum memilih bahasa pemrograman tertentu.

Tapi tunggu dulu.. karena ada ratusan bahasa pemrograman yang saat ini tersedia di seluruh dunia, bagaimana caramu memilih bahasa pemrograman yang tepat sesuai kebutuhan pasar?

Jangan khawatir, penulis telah mempermudah kamu karena berdasarkan beberapa laporan dan analisis standar, penulis telah menyusun daftar 4 Bahasa Pemrograman teratas yang akan berkuasa pada tahun 2021 sampai beberapa tahun kedepan. Mari kita lihat beberapa bahasa pemrograman teratas berikut ini:

1. JavaScript

JavaScript

Banyak bahasa pemrograman yang muncul lalu menghilang, tetapi JavaScript adalah salah satu bahasa terkenal yang permintaannya tinggi di dunia pemrograman. Dalam laporan peringkat pada platform TIOBE, bahasa JavaScript ini secara konsisten berada di peringkat kesepuluh dengan keterangan bahasa pemrograman teratas selama beberapa tahun. Faktanya, survey dari platform StackOverflow menggambarkan bahwa JavaScript adalah bahasa yang paling populer di kalangan developer. Begitu pula di Octoverse, JavaScript menikmati posisi teratas di antara semua bahasa pemrograman. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan terkenal di dunia juga menggunakan teknologi JavaScript! Kita sebut saja seperti Facebook, Google, Microsoft, Uber, dll.

Meskipun fungsi dari bahasa JavaScript ini dikenal terutama untuk menambahkan elemen responsif pada halaman web, namun bahasa ini memiliki berbagai fungsi lainnya seperti dalam pengembangan web, pengembangan game, pengembangan aplikasi seluler, dan banyak lagi. 

Bahasa JavaScript juga digunakan dalam bidang baik Front End Development maupun Back End Development. Juga, kompatibilitasnya dengan beberapa framework terkemuka seperti React, Vue, Node, dan framework JavaScript lainnya membuatnya lebih disukai para developer.

Terlebih ada jutaan situs web yang ada di internet saat ini sangat bergantung pada JavaScript, maka tidak salah untuk mengatakan bahwa JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang berkuasa di tahun 2021 bahkan hingga beberapa tahun ke depan!

2. Python

Python

Sesuai laporan Peringkat RedMonk untuk tahun 2020, Python menjadi bahasa pemrograman terpopuler kedua, dan mengungguli Java. Bahasa Python ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa sekitar 18-19% dalam 5 tahun terakhir.

Pada indeks PYPL, Python berada di peringkat pertama untuk indeks Desember 2020. Bahasa Python ini juga menempati peringkat di antara bahasa pemrograman paling populer lainnya di beberapa platform terkenal misalnya seperti dalam platform Github dan StackOverflow. Selain itu, kompatibilitas Python dengan teknologi yang sedang tren seperti Artifical Intelligence (AI) & Machine Learning (ML) membuatnya lebih disukai oleh para developer.

Python telah menjadi bahasa favorit hampir setiap individu yang baru memulai dengan dunia pemrograman selama beberapa tahun terakhir. Alasan utama di baliknya adalah sintaks bahasa ini cukup sederhana yang membuatnya mudah dibaca, dipelajari, dan digunakan. Bahasa ini banyak digunakan untuk pengembangan web, pengembangan perangkat lunak, dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, bahasa Python juga digunakan dalam beberapa teknologi yang sedang tren seperti Machine Learning, Kecerdasan Buatan, Data Science, dll. Bahasa ini menawarkan beberapa fitur yang memperkaya seperti dukungan perpustakaan yang kaya, pengumpulan sampah otomatis, lebih mudah integrasi dengan bahasa lain, dukungan Pemrograman GUI, dan banyak lagi. Beberapa kerangka kerja Python populer yang membuat segalanya lebih efisien & nyaman diantaranya adalah Django, Flask, Pyramid.

3. C/C++

C/C++

Baik C maupun C++, kedua bahasa pemrograman ini menempati sebagian besar dunia teknologi dan saat ini menempati peringkat teratas di berbagai indeks. Pada indeks TIOBE tahun 2020, bahasa C dan C++ berada di peringkat 5 besar untuk bahasa pemrograman teratas, masing-masing di posisi pertama dan keempat. Pada indeks PYPL, C/C++ telah melihat tren kenaikan sekitar 0,1% dan berada di peringkat kelima.

Ada banyak perusahaan teknologi besar yang mempekerjakan pengembang C/C++ dengan beberapa paket gaji yang layak seperti Adobe, Oracle, Microsoft, Nvidia, dll. Dan mempelajari C/C++ pada tahun 2021 tidak hanya bermanfaat dari perspektif karir tetapi juga membuat lebih mudah bagi kamu untuk mempelajari bahasa pemrograman lain sesudahnya.

Jika kita secara khusus berbicara tentang bahasa C, bahasa pemrograman prosedural tujuannya sebagian besar digunakan dalam pengembangan sistem tingkat rendah seperti sistem operasi, pengembangan kernel, dan lainnya. Dan banyak bahasa pemrograman lain mewarisi sifat-sifat bahasa khusus ini.

Di sisi lain, C++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (terutama dikembangkan sebagai lanjutan dari C). Bahasa ini banyak digunakan dalam Pengembangan Game, aplikasi GUI & Desktop, dan Pemrograman Kompetitif bersama dengan beberapa bidang lainnya.

4. Java

Java

Sering kali tampaknya Java kehilangan pesonanya, tetapi ketika kita melihat statistik, maka kita menemukan bahwa setiap tahun Java berakhir dengan peringkat yang sangat bagus yang membuktikan bahwa bahasa tertentu masih berfungsi dengan baik dan ramai diminati di dunia teknologi.

Ada sekitar 8 juta developer Java di seluruh dunia, mungkin angka ini dapat membantumu menilai permintaan & popularitas bahasa khusus ini. Terlebih lagi, bahasa Java menempati posisi kedua teratas di antara semua bahasa pemrograman di peringkat TIOBE dan PYPL. Berdasarkan statistik dari platform RedMonk, bahasa Java berada pada peringkat ketiga, tepat di bawah posisi JavaScript dan Python.

Bahasa pemrograman berorientasi objek muncul dengan prinsip “Write Once Run Anywhere” yang sangat terkenal yang memungkinkan kode Java dieksekusi pada platform lain yang mendukung Java, tanpa melakukan kompilasi ulang. Bahasa ini banyak digunakan dalam bidang Android Development bersama dengan Aplikasi Web, Aplikasi Desktop, Aplikasi Ilmiah, dll. Terlebih lagi, perusahaan terkemuka seperti Adobe, Amazon, Flipkart, dan banyak lainnya yang menggunakan Java dan menawarkan peluang karir yang menggairahkan kepada developer Java.

Permintaannya yang signifikan di dunia teknologi, dukungan komunitas yang besar, kerangka kerja populer seperti Spring & Hibernate dan beberapa fitur yang diperkaya seperti multithreading, alokasi memori otomatis & pengumpulan sampah, kemandirian platform, dan lainnya yang memastikan bahwa Java akan memberi kamu banyak peluang karir yang berharga di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Situs belajar bahasa pemrograman

Akhir Kata

Banyak sekali teknologi berkembang saat ini yang bisa kamu ikuti. Semua orang berlomba-lomba dalam menciptakan inovasi terdepan sehingga kamu perlu mengikutinya. Kamu bisa mulai dengan belajar di satu bahasa pemrograman yang disukai dan mempelajarinya secara rutin.

Dari keempat bahasa popular diatas, bahasa mana yang harus saya pilih? Menurut penulis, semua bahasa tersebut prospektif tergantung dengan penggunaannya karena setiap bahasa memiliki titik focus dan fungsi yang berbeda-beda.

Sekian artikel ini dibuat oleh penulis. Nah, jika ingin berdiskusi mengenai bahasa pemrograman terbaik menurutmu, silahkan komentar di bawah ya. Jangan lupa juga untuk share ke teman-temanmu.

www,helmykediricom

Related Post