Serunya Liburan ke Kampung Afrika di Kota Blitar

by

helmy

Blog Orang IT –  Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata Blitar? Beberapa orang akan langsung menjawab Bung Karno karena memang di kota tersebut terdapat makam Presiden pertama Republik Indonesia. Blitar merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal memiliki banyak tempat wisata bersejarah. Setiap tahun selalu ada para pengunjung dari luar kota yang rela menempuh perjalanan jauh untuk mengunjungi tempat bersejarah di Blitar.

Kampung Afrika di Kota Blitar

Namun sebenarnya Blitar juga menyediakan beberapa tempat wisata yang menawarkan keseruan dan kreatifitas. Sebuah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi untuk menenangkan pikiranmu setelah bekerja. Salah satu tempat tersebut adalah Kampung Afrika seperti yang akan kita bahas kali ini.

Mengenal Kampung Afrika Blitar

Kampung Afrika merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Blitar. Di sini kamu akan melihat pemandangan yang sangat indah berupa pepohonan yang rindang. Ini memberi kesan suasana yang menenangkan dan membuat siapa saja merasa nyaman ketika berlibur ke sini. Kamu akan merasakan ketenangan jiwa karena tempat ini memang cocok untuk refreshing.

Pihak pengelola Kampung Afrika juga akan memutarkanmu musik. Suasana seperti inilah yang membuatmu seolah-olah sedang berada di Afrika. Dijamin ketika kamu berlibur ke sini tidak akan merasa bosan. Bahkan kemungkinan besar kamu malah ketagihan dan ingin mengunjunginya lagi. Mengapa? Karena ada banyak aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di sini.

Salah satu aktivitas tersebut adalah Afrika Dance. Kamu bisa menari dan mengikuti gaya yang langsung dipandu oleh tim penari dari Kampung Afrika. Tentu saja menari ala Afrika akan memberikan kesan tersendiri. Terlebih lagi jika kamu menari sambil mengenakan kostum khas masyarakat Afrika. 

kostum khas masyarakat Afrika

Selain menari, kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati beragam wahana yang seru. Beberapa wahana yang tersedia di Kampung Afrika antara lain: flying fox, trampoline, mandi bola, panahan, perahu tangan, dan masih banyak yang lainnya. Kamu bisa mencoba salah satu atau beberapa wahana tersebut. Tinggal pilih mana wahana yang menurutmu paling seru sekaligus untuk berolahraga.

Bagi kamu yang hanya ingin sekadar bersantai di Kampung Afrika, maka kamu bisa bersantai di gazebo yang sudah disediakan. Tempat wisata Kampung Afrika memang menyediakan beberapa gazebo yang dapat kamu manfaatkan untuk bersantai sambil merasakan suasana khas seolah-olah kamu sedang berada di Afrika.

Kamu juga boleh membawa makanan dan minuman. Buatlah dirimu senyaman mungkin dan kamu bisa bersantai sepuasnya. Jangan lupa untuk mengabadikan liburanmu di Kampung Afrika dengan berfoto ria. Terdapat banyak spot foto di sini, termasuk foto di gazebo. 

Tidak sampai di situ, ternyata Kampung Afrika juga memiliki tempat edukasi berupa painting marakas. Kamu bisa mengajak anak-anak dan mencoba belajar mewarnai di sini. Tentunya buah hatimu akan senang dan betah berlama-lama di tempat tersebut. Jadi, tempat wisata Kampung Afrika memang bukan hanya untuk orang dewasa melainkan anak-anak pun juga akan merasa senang ketika diajak berlibur ke sini.

Fasilitas Tempat Wisata Kampung Afrika

Jika membahas sebuah tempat wisata, salah satu hal penting yang akan dibahas adalah seperti apa fasilitas yang disediakan. Berkaitan dengan fasilitas yang terdapat pada Kampung Afrika atau Afrika Land, di sini sudah banyak fasilitas yang tersedia. Beberapa fasilitas tersebut seperti toilet umum, lahar parkir yang luas, afrika dance, taman bunga, tempat beribadah, area outbond, dan lain sebagainya.

Bisa dikatakan bahwa Kampung Afrika memiliki banyak fasilitas yang memanjakan para pengunjung ketika sudah sampai di sini. Bahkan kamu juga bisa mengunjungi tempat makan yang menyajikan menu makanan yang lezat dengan harga terjangkau. Semuanya sudah tersedia dan kamu hanya perlu mengunjungi salah satu lokasi tersebut sesuai yang kamu inginkan.

Selain itu, tempat wisata Kampung Afrika juga menawarkan beberapa lokasi untuk spot foto. Ada banyak lokasi yang instagramable yang bisa kamu coba. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berfoto karena ada banyak spot foto yang menunggumu.

Lokasi Tempat Wisata Kampung Afrika

Bagi kamu yang memiliki rencana mengunjungi Kampung Afrika, kamu harus tahu di mana lokasinya. Objek Wisata Perkampungan Tradisional suku Afrika berlokasi di J. Sultan Ageng Tirtoyoso, Dusun Santren, Kelurahan Tanggung, Kec. Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Jika kamu berasal dari luar kota dan masih belum familiar dengan rute jalan di Kota Blitar, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Kamu akan mendapat rute terbaik melalui aplikasi tersebut. Sementara itu, untuk akses menuju ke Kampung Afrika cukup mudah untuk dijangkau. Jalanan menuju tempat ini sudah beraspal. Kamu bisa mengunjungi Kampung Afrika dengan naik kendaraan roda dua atau roda empat. Bahkan kamu juga bisa sampai ke Kampung Afrika dengan menaiki kendaraan umum.

Sebagai tambahan bahwa lokasi Kampung Afrika tidak jauh dari Makam Bung Karno. Jarak keduanya kurang lebih 1 KM. Kamu bisa menempuh perjalanan antara Kampung Afrika ke Makam Bung Karno sekitar 10 menit. Artinya, jika kamu memiliki rencana berlibur ke Kampung Afrika maka jangan lupa untuk mengunjungi Makam Bung Karno, begitu juga sebaliknya.

Harga Tiket Masuk

Lalu berapa biaya masuk ke tempat wisata Kampung Afrika? Untuk harga tiketnya cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Kemudian kamu juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Sementara itu, harga tiket masuk ke setiap wahana permainan sekitar Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000. Harga yang terjangkau ini membuat banyak orang berbondong-bondong mengunjungi Kampung Afrika. Apalagi kamu juga bisa menambah koleksi fotomu dengan mengunjungi beberapa spot foto yang telah disediakan.

Jam Operasional Kampung Afrika

Informasi selanjutnya yang akan kami berikan yaitu tentang jam operasional tempat wisata Kampung Afrika. Kamu bisa mengunjunginya setiap hari karena memang tempat ini selalu buka. Namun untuk jam bukanya sendiri yaitu mulai pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB.

Demikian penjelasan dari kami terkait tempat wisata Kampung Afrika. Sekarang kamu tinggal menyusun rencana untuk berlibur ke Kampung Afrika. Kamu bisa mengunjunginya bersama teman, keluarga, pasangan, atau bahkan sendirian alias solo traveling. Semoga bermanfaat.

Update: Tempat ini sudah tutup permanen!

www,helmykediricom

Related Post