Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Menu Buka Puasa Sehat Selama Ramadhan

Blogger Kediri - Menjaga kesehatan selama bulan ramadhan bukan hanya dengan rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Memperhatikan makanan yang kamu konsumsi selama berpuasa juga merupakan hal yang sangat penting.

Setelah berpuasa seharian, tentunya tubuh membutuhkan makanan dengan gizi yang cukup untuk berbuka puasa. Karena, selama berpuasa tubuh akan kehilangan banyak energi serta nutrisi. Oleh karenanya, dengan mengkonsumsi menu buka puasa yang sehat dapat mengembalikan kebutuhan nutrisi pada tubuh.

Kira-kira menu buka puasa seperti apasih yang recommended untuk memenuhi hidangan meja makan kamu? Yuk simak selengkapnya!

1. Kurma

Kurma

Buah kurma adalah buah yang selalu dicari-cari saat bulan ramadhan. Tak hanya terkenal dengan rasanya yang lezat, buah ini memiliki banyak sekali nutrisi didalamnya sehingga disebut sebagai buah super nutrisi.

Buah kurma cocok sekali sebagai menu takjil berbuka puasa. Karena, buah ini menjadi salah satu jenis makanan yang praktis dan sehat untuk dikonsumsi. Buah dengan segudang manfaat ini memiliki kandungan serat, protein, zat besi, vitamin, antioksidan, dan masih banyak lagi.

Dengan mengkonsumsi buah kurma ketika berbuka puasa, maka kebutuhan energi dan nutrisi kamu akan tercukupi.

2. Salad Buah atau Sayur

Salad Buah atau Sayur

Menu selanjutnya adalah salad buah atau salad sayur. Kamu pasti tahu bukan bahwa makanan yang mengandung buah dan sayur pastinya adalah makanan yang sehat? Yups, tetapi itu semua tergantung cara pengolahannya.

Meskipun salad banyak disukai sebagian orang karena rasanya yang lezat, jangan sampai kamu salah dalam pengolahan salad agar tetap mendapatkan manfaat makanan ini secara optimal. Salad yang baik adalah salad yang mengandung gizi seimbang. Gunakanlah juga buah dan sayur yang segar untuk membuat salad.

Selain itu, hindari penggunaan buah yang sudah diolah, seperti buah kaleng atau buah kering. Jangan campur salad dengan tambahan makanan yang memiliki kandungan tinggi kalori, lemak jenuh, dan tinggi sodium. 

Mengkonsumsi salad sebagai menu berbuka puasa dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Salah satu manfaat salad adalah memperlancar pencernaan. Karena kandungan pada buah dan sayur dapat membantu pembentukan feses yang baik sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Manfaat lain dari salad adalah bisa kamu jadikan sebagai menu diet. Kamu dapat mengkonsumsi salad dengan kandungan kalori yang lebih rendah. Buah dan sayur juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

3. Tumis Sayuran

Tumis Sayuran

Mengolah sayur dengan cara menumis dapat menjaga vitamin dan mineral pada kandungan sayur. Menumis juga dapat membantu melarutkan vitamin larut lemak seperti, A, D,E, dan K.

Namun, kesahalahan utama seseorang saat menumis sayuran adalah menggunakan minyak yang berlebih. Hal itu, dapat mengurangi kandungan gizi serta menambah kalori pada sayuran. Salah satu cara menumis yang baik adalah dengan rasa dan dan warna sayur tetap baik. 

Selain itu, hindari penggunaan penyedap rasa yang berlebihan pada saat menumis sayur. Jika kamu menumis sayur dengan cara yang tepat, maka manfaat sayur tetap bisa kamu dapatkan saat mengkonsumsinya. 

Menu tumis sayuran seperti tumis kangkung dan kacang panjang cocok kamu hidangkan di meja makan sebagai menu berbuka puasa yang sehat.

4.   Ikan Bakar

Ikan Bakar

Ikan bakar memiliki rasa yang lebih lezat dibanding dengan ikan yang digoreng atau dikukus. Selain itu, mengolah ikan dengan cara dibakar juga tidak akan menambah kandungan kalori dan lemak karena dimasak tanpa minyak. Namun ikan bakar yang belum matang sepenuhnya juga dapat mengandung bakteri yang dapat menyebabkan diare, muntah, dan sakit perut lainnya.

Manfaat ikan yang perlu kamu ketahui salah satunya adalah membantu pertumbuhan otak dan tulang anak. Karena selain mengandung protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega 3, kalsium, vitamin, fosfor, mineral, dan lain-lain.

Protein, mineral, dan vitamin yang terkandung pada ikan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah resiko serangan jantung dan stroke, serta masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi ikan jika diolah dengan cara yang benar.

Nah, ikan bakar juga termasuk menu berbuka puasa sehat dan recommended yang harus kamu coba.

Baca juga: Ibadah yang dianjurkan selama ramadhan

5. Aneka Sup

Aneka Sup

Hidangan berkuah ini selain memiliki rasa yang sedap dan menyegarkan juga sangat cocok sebagai menu sehat berbuka puasa. Masakan yang berbahan utama sayur ini memiliki banyak penggemar di Indonesia dengan berbagai variasi model masakan yang berbeda-beda.

Sup dapat mengembalikan kebutuhan cairan tubuh kamu selama berpuasa seharian. Selain itu, bahan utama sup adalah sayur yang membuat masakan ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi tinggi.

Sup juga terkenal rendah lemak tetapi termasuk makanan yang mengenyangkan. Karena pada umumnya sup diolah dengan cara direbus.  Walaupun ada penggunaan minyak didalamnya itupun hanya sebagai tumisan bumbu saja.

Sup juga memiliki kandungan serat yang tinggi dari sayur-sayuran sehingga dapat memperlancar pencernaan kamu dan mengurangi resiko terkena sembelit. Ketika kamu mengkonsumsi sup sebagai menu berbuka puasa maka kebutuhan serat kamu akan tercukupi dengan baik.

6. Gado-Gado

Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan populer di Indonesia dengan berbahan dasar sayur. Gado-gado yang terdiri dari ragam sayuran memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin K, vitamin B kompleks, kalsium, zinc, zat besi, vitamin E, dan lain lain.

Gado-gado bagus untuk sistem pencernaan dalam tubuh, karena tinggi serat. Selain itu, kandungan pada gado-gado dapat menstabilkan gula darah kamu sehingga mengurangi resiko terkena diabetes. Mineral yang terdapat pada gado-gado juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat lain dari mengkonsumsi gado-gado adalah menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kulit, mengontrol tekanan darah, mencegah gangguan mata, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta masih banyak lagi.

Maka dari itu, gado-gado merupakan makanan yang sangat cocok untuk kamu hidangkan sebagai menu sehat berbuka puasa.

7. Nasi Merah

Nasi Merah

Nasi merah yang berbahan dasar beras merah ini mengandung serat yang cukup tinggi. Selain itu, beras merah juga mengandung berbagai nutrisi diantaranya, karbohidrat, kalium, magnesium, natrium, zat besi, vitamin, dan lain-lain. 

Mengkonsumsi nasi merah juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, nasi merah terkenal sebagai makanan dalam program menu diet sehat. Karena dengan mengkonsumsi nasi merah dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Manfaat lain yang di dapat ketika mengkonsumsi nasi merah adalah dapat mencegah penyakit kronis, mencegah diabetes karena rendah gula, memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, dan bagus dikonsumsi oleh ibu hamil.

8. Capcay

Capcay

Ada banyak jenis sayuran yang terdapat pada capcay seperti wortel, brokoli, kembang kol, sawi, kapri, dan sebagainya. Capcay kaya akan nutrisi dan sumber serat yang bagus. Capcay dimasak secara ditumis, hal ini yang membuat capcay banyak disukai orang-orang serta menyehatkan karena kandungan nutrisinya terjaga.

Namun, dalam proses pengolahan capcay harus tetap memperhatikan penggunaan garam dan minyak. Pada dasarnya memang semua sayuran jika diolah dengan cara yang benar maka akan tetap memberikan manfaat bagi yang mengkonsumsinya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi masakan yang bisa kamu hidangkan sebagai menu buka puasa sehat. Makanan sehat itu tergantung cara pengolahan dan bahan dasar utama yang kamu olah.

Jangan malas untuk membuat menu sehat meskipun kamu juga berpuasa. Karena kita harus tetap menjaga kesehatan agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Semoga artikel ini bermanfaat!

www..helmykediricom
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "8 Menu Buka Puasa Sehat Selama Ramadhan"