Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi chatting pengganti whatsapp terbaik dan terpopuler

Selamat Datang di Blog Orang IT. Kehadiran aplikasi chatting semakin memudahkan seseorang dalam berkomunikasi. Ini juga sangat membantu bagi mereka yang ingin berkomunikasi jarak jauh. Hidup di zama modern seperti sekarang ini terasa lebih mudah kalau dibandingkan jaman dahulu dimana untuk menunggu balasan surat saja harus menunggu selama berhari-hari. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi chatting yang dapat melancarkan komunikasi seseorang.

Salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan orang-orang saat ini adalah whatsapp. Hal ini karena orang-orang sudah terbiasa memakai aplikasi whatsapp sejak rilis awal dengan interface masih sederhana hingga diadopsi oleh facebook dan mendapat sentuhan fitur-fitur canggih. Namun, meski menjadi aplikasi populer sekalipun tentunya pernah mengalami gangguan yang akan membuat user seakan heboh karena masalah sepele atau kabar miring

Aplikasi chatting pengganti whatsapp

Seiring kemunculan berbagai aplikasi chatting, nampaknya orang-orang mulai membandingkan antara satu aplikasi dengan yang lain. Tak jarang antara penerbit aplikasi saling membongkar kelemahan satu sama lain kepada publik. Meski begitu, gangguan yang dialami pada sebuah aplikasi biasanya tidak  berlangsung lama. Kurang dari 24jam sudah diperbaiki atau mendapat perbaikan pada versi terbaru. Hanya saja, sekecil apapun masalah yang muncul tetap menjadi masalah serius bagi pengguna dengan tujuan bisnis

Lalu, adakah aplikasi chatting selain whatsapp yang sama canggihnya atau malah lebih baik? Jawabannya tentu saja ada. Bahkan ada banyak aplikasi chats selain whatsapp yang memiliki fitur tak kalah canggih dari whatsapp. Mungkin banyak pengguna yang masih mendewakan whatsapp sebagai aplikasi andalan, namun ada beberapa orang yang lebih memilih menggunakan aplikasi chatting lain selain whatsapp.

Apa saja aplikasi chatting yang tak kalah populer dari whatsapp?

Seiring beredarnya kabar yang baru-baru ini menyebutkan bahwa akan ada fitur iklan dalam status whatsapp, juga masalah berbagi data dengan facebook maka hal tersebut membuat pengguna seolah merasa ragu apakah ingin terus menggunakan aplikasi besutan facebook tersebut atau memilih alternatif aplikasi lain. 

Jika memilih lanjut menggunakan whatsapp, maka Anda harus mengikuti beberapa persyaratan yang telah dibuat. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba beberapa aplikasi lain yang tak kalah populer dari whatsapp dan pastinya juga menghadirkan fitur yang tak kalah menarik dari whatsapp.

Berikut aplikasi chatting terbaik dan terpopuler selain whatsapp;

1. Telegram

Aplikasi yang satu ini biasanya sudah terinstall dismartphone anda bebarengan dengan aplikasi whatsapp. Telegram cocok untuk komunitas besar karena mampu menampung member grub hingga 200.000 pengguna sementara whatsapp hanya mampu menampung 256 pengguna. Di aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang unik, salah satunya adalah Anda bisa melakukan Unsend pesan (menarik pesan terkirim). Selain itu, Anda juga bisa mengedit sebuah pesan yang sudah terkirim. Bahkan di Telegram juga memiliki fitur private chat yang tak dimiliki oleh aplikasi lainnya. 

Banyak orang memilih telegram karena di sini Anda bisa bergabung dengan grup tanpa harus menunggu undangan. Misalnya saja grup untuk menonton drama korea, grup seputar lowongan kerja, grup untuk mengunduh film dan grup lain yang Anda butuhkan. Dengan Telegram Anda juga bisa berbagi foto, video, stiker dan GIF dengan sangat mudah.

Selengkapnya: Kelebihan telegram dibanding whatsapp

2.Viber

Meski tidak sepopuler whatsapp, tapi Viber menjadi aplikasi chatting terbaik yang tak kalah populer dari whatsapp. Bagi Anda yang sudah mencobanya, mungkin aplikasi ini hampir mirip dengan whatsapp. 

Fitur yang ada di Viber antara lain, panggilan suara, panggilan video, unsend pesan dan yang pasti dilengkapi dengan pesan enskripsi end-to-end. Aplikasi ini merupakan kolaborasi antara Blackberry Messenger dengan whatsapp sehingga masih memiliki beberapa kemiripan. Meski begitu, Anda perlu mencoba Viber dan merasakan pengalaman yang baru

3.Signal

Dengan banyaknya pengguna yang ingin meninggalkan aplikasi besutan facebook tersebut, maka Signal menjadi aplikasi yang paling banyak direkomendasikan. Bahkan banyak pihak mengklaim jika aplikasi ini lebih aman digunakan karena memiliki beberapa keunggulan seperti enskripsi end-to-end yang hanya anggota chat atau kontak saja yang mengetahui isi pesan. 

Desain interface yang mudah digunakan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna untuk memberi rating tinggi pada signal. Signal juga dilengkapi dengan fitur yang bisa membuka kodenya secara publik. Fitur yang Anda dapatkan di aplikasi ini juga tak kalah dari whatsapp yaitu dapat bertukar pesan, telepon maupun membuat grup. Signal juga dilengkapi dengan teknologi sealed sender dan fitur pelarangan screenshot demi keamanan. 

4.BiP

BiP merupakan aplikasi chatting yang berasal dari Turki dan dikembangkan oleh BiP A.S sejak tahun 2013. Setelah kehebohan pengguna yang ingin berbondong-bondong meninggalkan whatsapp, nampaknya BiP menjadi aplikasi yang cukup banyak dilirik. Bahkan aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna.

Dengan menggunakan BiP, Anda bisa melakukan panggilan suara maupun video dalam kualitas HD dengan maksimal 10 orang. Fitur lain juga dilengkapi dengan terjemahan hingga lebih dari 100 bahasa. Anda cukup menuliskan pesan dalam bahasa lokal dan nantinya akan diterjemahkan secara otomatis. 

BiP juga dilengkapi dengan fitur yang membuat Anda bisa dengan mudah menentukan tema sesuai dengan suasana hati. Anda juga bisa leluasa berbagi foto, video dengan kualitas HD dan membuat obrolan grup. Aplikasi ini juga menyediakan fitur prakiraan cuaca sesuai dengan lokasi pengguna.

5.LINE

Aplikasi yang satu ini memang sudah populer sejak era BBM (Blackberry Messenger) di kalangan anak muda. Line merupakan aplikasi chatting yang dilengkapi dengan stiker menarik sehingga chatting akan semakin asyik. Dengan aplikasi ini Anda juga bisa mencari teman berdasarkan lokasi tertentu sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan kenalan baru. 

Fitur yang ada di LINE juga hampir sama dengan aplikasi chatting lainnya, di mana Anda bisa melakukan voice call maupun video call, berbagi stiker, gif dan masih banyak lagi.  Tak hanya itu saja, yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda dapat bermain game sambil melakukan video call. 

6.Kik

Jika Anda ingin menambah relasi atau kenalan baru, maka Kik menjadi aplikasi yang layak Anda coba. Ini merupakan aplikasi chatting populer yang dihadirkan untuk Anda yang suka mancari teman baru dan berkomunikasi dengan banyak orang. 

Yang menarik di aplikasi ini adalah dilengkapi dengan fitur yang memudahkan Anda untuk membuat grup sesuai dengan komunitas yang Anda miliki, misalnya grup pecinta alam, pecinta film dan masih banyak lagi. 

7.WeChat

WeChat sebenarnya sudah populer bahkan sejak sebelum kemunculan whatsapp. Di aplikasi ini juga terdapat fitur people nearby hanya dengan /menggoyangkan (shake) handphone Anda. Dengan begitu Anda bisa langsung terhubung dengan orang-orang disekitar wilayah tempat tinggal. Cocok untuk Anda yang ingin menjalin pertemanan baru.

Fitur lain di WeChat yang tidak kalah dengan aplikasi populer lainnya, Anda bisa dengan mudah melakukan panggilan suara, saling mengirim stiker lucu, membuat grup dan masih banyak fitur lainnya. Meski saat ini telah muncul berbagai aplikasi chatting lain, hingga kini banyak pengguna yang masih bertahan dan menjadikan WeChat sebagai alternatif selain whatsapp.

Penutup

Setiap orang pasti memiliki aplikasi chatting favorit baik untuk pemakaian pribadi maupun komunitas. Di jaman digital seperti sekarang ini, komunikasi sangatlah penting terlebih bagi Anda yang memiliki bisnis maupun ingin menjalin relasi jarak jauh. Jika ada aplikasi chatting alternatif selain whatsapp, Anda bisa memilih salah satu aplikasi chatting di atas yang tak kalah populer dan canggih dari segi fitur

Pastikan Anda memilih aplikasi chatting yang terpercaya khususnya jika Anda menggunakannya untuk keperluan bisnis. Selain whatsapp, itulah alternatif aplikasi lainnya untuk berkomunikasi secara aman dan tentunya dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan kolega maupun rekan bisnis. 

www,helmykediri.com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi chatting pengganti whatsapp terbaik dan terpopuler"

Berlangganan via Email