Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hobi yang dibayar dan terbukti menghasilkan uang

Saat ini, hobi bukan lagi dianggap sebagai kegemaran atau kesenangan semata.  Ternyata, hobi yang dikerjakan atau digeluti dengan serius bisa menghasilkan uang. Bahkan, banyak orang yang sukses menjadikan hobinya sebagai ladang penghasilan. Apa saja hobi yang bisa dijadikan sebagai alat yang menghasilkan uang tersebut? Berikut daftarnya.

1. Blogging

Blogging

Siapa yang tidak mengenal hobi yang satu ini? Bagi anak muda, dan kalangan dunia entertain, blog sudah sangat akrab bagi mereka. Banyak publik figur memiliki blog pribadi yang digunakan dengan berbagai alasan dan keperluan. Ada yang untuk keperluan bisnis, politik, atau sekedar untuk mengumpulkan catatan kegiatan mereka.

Blog memiliki arti sebagai portal web yang berisi tulisan-tulisan dan diposting melalui halaman web. Tulisan yang diposting bisa berupa catatan pribadi, pekerjaan atau bisnis, hiburan, hingga masalah politik. Sedangkan blogging memiliki arti sebagai kegiatan mengelola sebuah blog. Hal tersebut bukan pekerjaan yang mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya, termasuk pemilik blog itu sendiri. 

Oleh karena itu, banyak pemilik blog yang mempercayakan blog pribadinya kepada jasa penulis artikel untuk mengisinya dengan konten-konten yang sesuai dengan misi dari pemilik blog tersebut. Tujuannya adalah agar blog banyak dikunjungi oleh warganet karena isi kontennya yang menarik dan dibutuhkan. Semakin banyak yang mengunjungi blog tersebut, semakin banyak penghasilan yang akan diterima. 

Saya pribadi mengelola blog www.helmykediri.com sudah passive income setiap bulan dari iklan adsense, affiliate dan jasa guest post

Baca juga: Sumber pendapatan blogger 

2. Desain grafis

Desain grafis

Desain grafis atau merancang grafis adalah sebuah elemen visual yang memanfaatkan teknologi untuk membuat sebuah rancangan berbentuk tipografi, fotografi dan ilustrasi. Tujuan dari rancangan ini adalah untuk menciptakan persepsi dari pesan yang  ingin disampaikan. Desain grafis ini berupa penggabungan dari simbol, huruf, dan teks yang berfungsi menyampaikan pesan secara visual.

Desain grafis dibuat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, khususnya dibidang media elektronik. Untuk membuat sebuah desain grafis tentunya bukan hal yang mudah, karena dibutuhkan keahlian dari bermacam ilmu, seperti kemampuan dibidang tipografi, yaitu seni merancang, menyusun, dan memodifikasi huruf, serta bidang layout atau seni menyusun elemen dalam sebuah halaman . 

Karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang tidak mudah, dan tidak semua orang bisa melakukannya, desain grafis yang semula hanya merupakan sebuah hobi, sekarang menjadi sebuah profesi yang banyak dicari. Tingkat kerumitan dan kesulitan yang tinggi, membuat hobi ini bisa mendatangkan uang yang cukup tinggi, terlebih jika hasil rancangannya banyak diminati

Desain grafis bisa digunakan sebagai desain perusahaan berupa logo perusahaan, desain editorial berupa sampul halaman sebuah buku ,majalah atau surat kabar, desain lingkungan, desain web, dan juga  desain kemasan sebuah produk. Adapun tuntutan yang Anda hadapi adalah sebuah desain grafis harus mampu menyampaikan visi atau pesan melalui gambar yang membuat hobi ini menjadi ladang penghasilan. 

3. Menulis

Menulis

Jangan meremehkan kesenangan menulis, meskipun terdengar sederhana, tetapi hobi menulis ini ternyata juga bisa menjadi sebuah profesi yang menghasilkan. Banyak penulis terkenal yang karyanya dihargai sampai puluhan juta rupiah yang awalnya lahir dari kegemaran menulis. Bahkan sastrawan terkenal tidak pernah menjual hasil tulisannya, tetapi dunia yang menghargai karyanya dalam bentuk nominal.

Penulis novel, cerita pendek, puisi, hingga buku-buku ilmiah semua juga berangkat dari kegemarannya dalam menulis. Melalui belajar dan pengalaman menulis bertahun-tahun, tulisan mereka bisa menghasilkan rupiah dan membuat mereka hidup lebih dari berkecukupan, dan semua hanya berawal dari kegemaran  menulis .

Menulis bukan hanya soal novel, cerita pendek, atau buku-buku ilmiah. Sekarang ini banyak sekali pemilik sebuah blog yang mempercayakan konten blognya dengan menyewa jasa penulis. Pemilik blog, bisa pribadi atau perusahaan, biasanya memesan artikel untuk mengisi blognya dengan konten yang sesuai dengan misi dan tujuan dari blog tersebut.

Dalam bidang ini, seseorang yang memiliki kegemaran menulis bisa memanfaatkan hobinya untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan bekerja sebagai jasa penulis artikel. Pekerjaan ini tidak terlalu berat, akan tetapi hasil yang didapatkan cukup lumayan sebagai penulis pemula. Dari kegemaran atau hobi ini, jika Anda tekuni ternyata juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan.

4. Memasak

Memasak

Memasak juga termasuk hobi yang menghasilkan banyak uang. Meskipun memasak merupakan pekerjaan sehari-hari di rumah, tetapi sekarang ini dunia kuliner sudah berkembang dengan sangat pesat. Masakan bukan hanya yang disantap di rumah sebagai menu makan pagi, siang,dan makan malam, tetapi sudah berkembang menjadi berbagai jenis masakan yang beragam fungsinya.

Di sebuah resto akan dijumpai berbagai jenis masakan diluar masakan yang Anda makan sehari-hari. Ada makanan sebagai menu pembuka, menu inti, menu penutup atau dessert, snack, kue, cemilan, kukis, dan berbagai jenis masakan lainnya. Semua makanan tersebut dihasilkan oleh seorang tukang masak, yang bisa saja semula juga berangkat dari hobi atau kegemaran memasak.

Hotel berbintang selalu mempunyai seorang tukang masak atau chef pilihan yang bisa menyediakan menu dari berbagai daerah bahkan berbagai negara. Chef tersebut pada awalnya juga berangkat dari hobi memasak yang dimiliki sebelum akhirnya menjadikan hobi itu sebagai profesi. Penghasilan seorang chef dari hotel berbintang sangat menjanjikan, mengingat harga jual makanan tersebut juga fantastis.

5. Fotografi 

Fotografi

Fotografi bisa dikatakan sebuah hobi yang mahal. Hal tersebut dikarenakan peralatan yang digunakan dalam kegiatan ini memang harganya cukup mahal. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan ternyata juga sebanding dengan hasil yang didapatkan. Hasil dari fotografi ini bisa menghasilkan uang yang cukup tinggi, apalagi bila hasil jepretannya memiliki nilai artistik 

Awalnya fotografi ini hanya sebuah kegemaran untuk mengabadikan momen-momen penting seseorang atau sesuatu. Hasil foto akan menjadi lebih menarik ketika fotografer bisa mengambil gambar objek dari sudut yang tepat. Dengan memperhatikan posisi, cahaya, serta efek yang tepat, nantinya akan menghasilkan sebuah gambar yang memiliki nilai seni.  

Bagi fotografer pemula, bisa menawarkan hasil karya fotografinya melalui media sosial, atau diposting di halaman web. Karya yang biasanya banyak diminati oleh konsumen adalah hasil fotografi yang mempunyai nilai artistik. Fotografer yang memiliki kemampuan yang bagus biasanya banyak digunakan dalam dunia entertain dan perusahaan untuk mempromosikan hasil atau produk mereka.

Sebuah hobi memang tidak boleh dianggap sebelah mata. Meskipun awalnya hanya sebuah  kesenangan atau untuk mengisi waktu luang saja, tetapi bila ditekuni secara serius bisa menjadi sebuah profesi yang bisa menghasilkan uang. Banyak orang sukses yang berangkat dari hobi, dan hal tersebut bisa menjadi contoh motivasi untuk bisa menjadikan hobi sebagai mesin pencetak uang.

www,helmykediri com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "5 Hobi yang dibayar dan terbukti menghasilkan uang"

Berlangganan via Email