Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Situs untuk menjual foto/desain selain shutterstock terbaik

Blog Orang IT - Memiliki hobi fotografi kini tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, hal tersebut dikarenakan fotografi telah berkembang menjadi suatu jenis pekerjaan. Ya, bagi anda yang hobi memotret, memiliki pandangan atau teknik yang bagus dalam dunia fotografi, serta mampu mengedit foto dengan baik bisa memanfaatkan semua hal tersebut untuk mencari pekerjaan. Menjadi fotografer adalah jawaban dan solusi yang tepat terkait dengan kemampuan fotografi yang handal. 

Situs untuk menjual foto/desain

Dahulu, fotografer hanya dibutuhkan untuk memotret agenda – agenda penting dalam ranah publik, misalnya seperti acara pelantikan, kelulusan, hingga pernikahan. Namun, saat ini berbagai bidang sepertinya bisa bersinergi bersama fotografer dengan keahlian memotretnya. Mulai dari foto produk barang atau makanan, gedung dan lokasi wisata, foto pre – wedding, kehamilan, hingga proses persalinan.  Melihat banyaknya bidang yang bisa ditempuh, membuat sebagian besar orang dengan peralatan seadanya hingga yang canggih mulai beralih menjadi seorang fotografer. 

Selain menjalin hubungan dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendapatkan proyek foto, para fotografer ternyata bisa mengerjakan pekerjaan sampingan yang tentunya masih berkaitan erat dengan fotografi. Salah satunya adalah dengan menjual hasil foto tersebut ke berbagai situs atau website secara online. 

Tak hanya foto,  ada juga gambar ilustrasi atau lukisan hingga desain yang masuk ke dalam kategori produk atau barang yang dapat dijual. Pastinya, hal ini menjadi kabar baik bagi banyak orang khususnya yang menekuni bidang fotografi, ilustrasi atau desain karena hasil karyanya tidak hanya bisa dinikmati seorang diri namun juga bisa bisa dijual dan menghasilkan uang.

Penting untuk diketahui bahwa menjual hasil karya foto atau desain ini berbeda prosesnya dengan menjual barang. Sebab, anda hanya perlu mengunggah hasil karya yang dimiliki ke dalam situsnya, kemudian jika ada orang lain yang tertarik dan akhirnya memutuskan untuk mendownload, maka anda secara otomatis akan mendapatkan komisi atau fee. 

Salah satu situs terpercaya yang kerap dipilih oleh orang – orang untuk menjual foto maupun desain miliknya adalah Shutterstock. Namun, selain situs bernama Shutterstock ini, masih ada beberapa situs lainnya nih yang wajib untuk  anda diketahui. Penasaran enggak nih? Kalau iya, berikut ini merupakan rekomendasi 6 situs untuk menjual foto, gambar atau desain selain Shutterstock!

1. Redbubble

Situs pertama yang direkomendasikan ini bernama Redbubble yang bisa dipilih oleh para desainer ataupun ilustrator dalam menjual hasil karyanya. Beberapa jenis karya yang bisa dijual dalam situs ini antara lain, desain font, gambar abstrak, dan ilustrasi gambar lainnya. 

Saat akan mengunggah hasil karya ke situs Redbubble, para desainer dan ilustrator diwajibkan untuk menyesuaikan jenis desain atau gambar ke beberapa kategori yang sesuai jika dipasangkan. Mulai dari kategori sticker, gift, hingga stationery bisa anda pilih tentunya. Para desainer dan ilustrator tidak perlu merasa khawatir atau takut hasil karyanya tak terjual atau tidak laku dipilih, sebab situs ini memiliki trafik pengunjung dan pembeli yang sangat tinggi serta terhubung dari seluruh dunia. 

2. iStockphoto

Mulai diluncurkan pada 2001 silam, rekomendasi situs pertama untuk menjual hasil karya foto ataupun video ini bernama iStockphoto. Namun, untuk bisa menjual foto ke dalam situs ini tidak bisa sembarang, karena harus melewati berbagai tahap yang panjang. Mulai dari mendaftar sebagai kontributor, proses pemeriksaan dan seleksi dari tim iStockphoto, mengisi dan menjawab berbagai persyaratan serta pertanyaan singkat, dan mengunggah karya foto yang dimiliki. 

Jika anda diterima, maka anda bisa menjadi kontributor dan secara resmi dapat menjual berbagai karya foto milik pribadi. Ada dua macam kontributor di  situs iStockphoto ini dengan jumlah pendapatan yang berbeda. Untuk kontributor biasa atau umum, anda akan mendapat fee sebesar 15% dari setiap foto yang terjual. Sementara fee 45% bisa anda dapatkan dari penjualan foto jika masuk ke dalam kontributor eksklusif. 

3. Creative Market

Masuk ke situs selanjutnya, ini dikhususkan untuk para desainer dan ilustrator dalam menjual hasil karya gambar maupun desainnya, yakni Creative Market. Pada situs Creative Market ini, anda akan membuat dan membangun toko sendiri untuk menjual hasil karya. Namun, sebelum bisa membuka toko dan menjual gambar desain, anda akan diminta untuk memenuhi segala persyaratan yang diajukan oleh tim Creative Market. 

Beberapa persyaratan yang biasanya diajukan adalah hasil karya atau desain merupakan milik pribadi, hasil karya tersebut sesuai dengan standar tim Creative Market, menyiapkan portofolio desain, dan juga alasan mengapa ingin membuka toko di Creative Market ini. 

4. 500px Prime

Masuk ke nomor 4, untuk situs selanjutnya ini dikhususkan untuk para fotografer dalam menjual hasil karya foto miliknya yang bernama 500px Prime.  Di dalam situs ini, terdapat dua jenis lisensi yang dapat diterapkan pada foto, yaitu lisensi standar dan komersial. Untuk jenis foto yang didownload oleh orang lain, si fotografer atau pengunggah ini akan mendapatkan komisi sebesar 70% dari tiap lisensinya. 

Bagi anda yang ingin menjual hasil foto terbaik ke situs 500px Prime, bisa langsung mendaftarkan diri ke situs tersebut, mengisi formulir dan mengaktifkan lisensi keanggotaan baik itu non eksklusif maupun eksklusif yang menggambarkan hasil foto  milik anda. Jangan lupa untuk mengunggah hasil foto terbaiknya secara rutin ya!

5. Society6

Situs selanjutnya yang bisa dipilih untuk menjual karya terutama desain dan ilustrasi adalah Society6. Di situs ini, anda sebagai desainer ataupun ilustrator  bisa dengan mudah dan bebas mengunggah hasil desain yang dibuat sendiri dalam jumlah banyak. Mulai dari desain untuk mug dan kaos, desain rumah atau bangunan, desain untuk gantungan kunci, lukisan hingga gambar doodle pun bisa diunggah dan dijual melalui situs Society6 ini. 

6. Etsy

Situs terakhir yang bisa para fotografer pilih untuk menjual hasil karya foto eksklusifnya yaitu Etsy. Kehadiran Etsy disini hanya sebagai platform penyedia layanan untuk jual beli foto saja, maka dari itu para fotografer harus bekerja lebih giat dalam mempromosikan hasil karyanya di berbagai media sosial. Jika dirasa masih kurang ampuh, Etsy juga menyediakan buku pedoman untuk anda untuk mengetahui teknik pemasaran yang tepat hingga meningkatkan penjualan secara signifikan.

Etsy dipilih oleh sebagian besar orang untuk menjual hasil karya fotonya karena menerapkan proses pembayaran yang mudah dan juga potongan yang sangat kecil. Asal tahu saja, Etsy hanya mengambil  bagian sebesar 20 sen dari tiap foto milik anda yang berhasil terjual.  Sementara sisa dari fee tersebut akan jatuh ke tangan anda semuanya.  Sangat menguntungkan, ya?

Penting untuk diketahui lebih lanjut, bahwa dalam situs Etsy ini tidak hanya menyediakan jasa jual foto saja, melainkan anda yang jago desain dan memiliki beragam jenis desain eksklusif buatan sendiri bisa juga dijual melalui situs ini. 

www..helmykediri.com

Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "6 Situs untuk menjual foto/desain selain shutterstock terbaik"