Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U

by

helmy

Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U –  Telkomsel pada tahun 2019 kemarin meluncurkan sebuah kartu perdana bernama By U. Untuk bisa mendapatkan kartu By U, kamu tidak bisa hanya dengan datang ke konter atau membelinya melalui marketplace. Karena perdana ini pemesananya hanya bisa dilakukan melalui aplikasi By U yang dapat diunduh lewat PlayStore.  

Setelah aplikasi ini terinstall kamu dapat memilih nomor, memilih paket dan memesan langsung ke alamat rumahmu secara gratis. Namun pengguna baru sering sekali mengalami gagal saat proses aktivasi kartu By U. 

Mengatasi Gagal Login Aplikasi By U Pada Saat Aktivasi

Saat kamu baru pertama kali melakukan aktivasi kartu By U. dan mengalami error dengan tulisan “Login kamu gagal, nih”. Maka kamu tidak perlu panik. Kamu harus mengetahui Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U untuk kasus seperti ini. Error semacam ini sering muncul disebabkan karena faktor jaringan.

cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U

Solusinya, kamu harus mengatur Jaringan Layanan Data internet pada smartphone kamu agar menggunakan SIM yang sesuai dengan tempat kamu memasang kartu By U. Misalnya kartu By U ada di SIM1, maka kamu harus masuk ke dalam menu  Pengaturan > Pengelolaan Kartu SIM > Jaringan Layanan Data > SIM1 (Aktifkan SIM1).  Selanjutnya hidupkan paket internetmu.

Paket data internet kartu By U harus aktif meskipun belum memiliki kuota. Karena aplikasi By U tetap dapat beroperasi menggunakan sinyal dari By U meskipun tanpa kuota. Jika kamu menggunakan paket data operator lain saat proses aktivasi ini, maka kamu akan menemui error seperti diatas. Jadi pahamilah Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U . 

Mengatasi Pesan “Login kamu gagal, nih” pada saat aktivasi

Error kedua yang terjadi pada saat melakukan proses aktivasi kartu By U adalah pesan “Login kamu gagal, nih” Matikan wifi dan pastikan kamu menggunakan jaringan by U untuk login dengan memakai nomor by U. Mengenai hal ini maka provider by U melalui situs resminya memberikan beberapa solusi sebagai berikut.

1. Mengatur APN lewat menu  Settings > APN > Mobile Networks > Seting > Access Point Names > buat nama APN baru dengan nama By U dan kosongkan pada bagian username dan password.  Gunakan APN baru ini agar smartphone kamu bisa terhubung dengan layanan paket data By U.   

2. Cara berikutnya adalah dengan menghapus cache dan data pada aplikasi By U lewat menu pengaturan > pada menu manage aplikasi > temukan aplikasi By U. > Klik pada aplikasi By U tersebut dan hapus cache dengan cara tekan pada tombol “Hapus Cache”. Lalu lakukan cara yang sama untuk hapus data dengan menekan tombol “Hapus Data”. 

Dengan kedua cara diatas seharusnya dapat menjadi solusi mengatasi pesan gagal login. Silahkan login kembali dengan menggunakan Facebook, Gmail atau nomer By U sesuai apa yang kamu pakai untuk mendaftar sebelumnya. Sedikit tambahan untuk Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U  pada poin 2 dengan mengubah default browser menjadi Google Chrome. 

Mengatasi Gagal Aktivasi Karena Tidak Mengerti Cara Melakukan Aktivasi Yang Benar

Selain karena masalah teknis ada juga Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U  dari sisi pengguna. Bagi pengguna baru yang belum pernah melakukan aktivasi kartu By U sebelumnya akan sedikit merasa kebingungan setelah mereka menerima paket By U yang telah dipesan. 

Berikut ini panduan mudah untuk melakukan aktivasi kartu By U.

1. Mulai dengan Masukkan kartu SIM by.U ke ponsel Kamu, setelah kartu By U kamu terima.

 2. Pastikan kamu terhubung langsung dengan jaringan internet By.U 

3.  Install dahulu Aplikasi By U. Kemudian buka aplikasi by.U, lalu klik “Aktifkan SIM Card”

 4. Ikuti instruksi berikutnya, yaitu dengan memasukkan nomor identitas NIK atau KTP dan nomor KK atau Nomer Kartu Keluarga. Terdapat juga opsi scan bagi kamu yang ingin lebih cepat dan hemat waktu langsung dari ponsel.

5. Tunggu sampai kartu by.U aktif.  Setelah aktif, kamu dapat langsung menggunakan paket data By U untuk berselancar di internet sampai kuota habis.

Mengatasi Gagal Aktivasi Akibat Sinyal Mati-Nyala Pada Smartphone

Masalah berikutnya terjadi saat kamu sudah selesai aktivasi namun kuota tidak bisa digunakan akibat sinyal By U mati-nyala tidak stabil. Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U karena masalah ini adalah dengan menghubungi costumer services milik By U bernama Nindy lewat Instagram. 

Silahkan cari akun bernama @byu.id, Kemudian DM akun tersebut dengan menyebutkan masalah kamu dan jangan lupa menyertakan nomer by U kamu yang bermasalah.

Mengatasi Pesan Jaringan Terputus Saat Aktivasi Kartu By U

Masalah berikutnya atau Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U saat akan melakukan aktivasi kartu By U setelah diantar oleh kurir adalah pesan jaringan terputus pada aplikasi By U. Maka solusi untuk masalah ini dengan mencoba beberapa  cara berikut.

Baca juga: Mengatasi voucher telkomsel error

• Merestart Ulang Smartphone Kamu

Dengan merestart ulang dapat membuat smartphone mencari sinyal dari provider By U yang lebih baik.

• Mengaktifkan Mode Pesawat Sementara

Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U berikutnya dengan mengaktfikan mode pesawat. Tujuanya agar sistem melakukan refresh kembali jaringan By U dan menemukan sinyal terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan proses aktivasi kembali.

• Mengecek APN (Access Point Name)

Lakukan pengecekan kembali APN pada smartphone kamu. Jika APN ini bermasalah maka membuat kamu sulit terkoneksi dengan jaringan. Disebabkan APN berperan penting sebagai gateway penghubung smartphone dengan jaringan internet. Untuk By U sendiri APN menggunakan Bayu dengan password dan username dikosongkan.

• Memastikan Lokasi Kamu saat ini dapat menjangkau 4G

Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U terakhir adalah cek ketersedianan layanan 4G. Karena By U sendiri menggunakan sinyal Telkomsel, maka layanan 4G akan sangat berpengaruh pada beberapa daerah yang belum bisa dijangkau oleh sinyal 4G. Maka wajar jika jaringan By U sering terputus dan tidak stabil. Solusinya pada saat kondisi seperti ini sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk membeli By U.

Inilah Penyebab dan cara Mengatasi Gagal Aktivasi By.U  yang dapat kami ringkas berdasarkan masalah-masalah yang sering dialami oleh pengguna kartu By U saat pertama kali membeli kartu By U. Bagi kamu yang memiliki masalah yang sama dapat mencoba cara diatas. Adapun bagi kamu yang masalahnya tidak ada diatas dapat berkomentar pada artikel ini. 

Silahkan berbagi artikel ini melalui akun media sosial kamu supaya pengguna By U lain mendapatkan solusi untuk masalah mereka. 

www.helmykediri..com

Related Post