Macam-Macam Jenis Genset Di Dunia

by

helmy

Blog Orang IT. Ada banyak jenis genset. Menurut kecepatan mesin dapat dibagi menjadi generator kecepatan tinggi, sedang dan rendah. Menurut kekuatannya dapat dibagi menjadi generator berkapasitas besar, sedang dan kecil. Menurut tegangan keluaran generator dapat dibagi menjadi generator set AC (frekuensi sedang; 400HZ, frekuensi daya; 50HZ) dan generator DC. 

Macam-Macam Jenis Genset Di Dunia
Jenis Genset-Helmykediri

Bila frekuensi tegangan adalah 50HZ, tegangan kalibrasi generator kecil dan menengah umumnya 400V (tiga fase) atau 230V (fase tunggal), tegangan kalibrasi generator besar umumnya 6,3 hingga 10,5KV. 

Namun, metode klasifikasi yang lebih umum adalah mengklasifikasikan menurut mode kontrol, penggunaan dan struktur tampilan genset diesel.

1. Diklasifikasikan Menurut Mode Kontrol Generator Set

① Genset Manual

Jenis genset yang paling umum adalah genset manual. Genset memiliki fungsi pengaturan tegangan dan kecepatan otomatis. Operator dapat memulai, menutup, membuka dan menghentikan unit di ruang mesin. Genset jenis ini biasanya digunakan sebagai sumber tenaga primer atau cadangan.

② Set Generator Mulai Otomatis 

Unit mulai secara otomatis didasarkan pada unit manual dan memiliki sistem kontrol mulai sendiri. Ketika listrik tiba-tiba kehilangan daya, unit memiliki fungsi start otomatis, pengaturan voltase otomatis, modulasi frekuensi otomatis, sakelar-sakelar otomatis, dan pematian otomatis ketika tekanan oli unit terlalu rendah, suhu oli dan suhu air pendingin terlalu tinggi, secara otomatis dapat mengeluarkan suara. 

Sinyal alarm ringan; ketika unit kelebihan kecepatan, secara otomatis dapat menghentikan unit untuk pemadaman darurat. Keuntungan dari unit otomasi adalah bahwa hal itu sangat meningkatkan ketergantungan pada operator dan memperpendek waktu antara gangguan listrik dan suplai daya ke unit. Unit jenis ini biasanya digunakan sebagai sumber daya cadangan.

③ Set Generator Otomasi Kontrol Komputer Mikro

Generator terdiri dari mesin diesel berperforma penuh, generator sinkron, perangkat kompensasi otomatis bahan bakar (oli, air pendingin), dan panel kontrol otomatis. Panel kontrol otomatis dikendalikan oleh pengontrol otomatis yang dapat diprogram (plc). 

Selain fungsi unit yang mulai sendiri, secara otomatis dapat menambah atau mengurangi unit sesuai dengan ukuran muatan, secara otomatis menangani masalah, secara otomatis merekam laporan operasi grup printer dan kondisi kerusakan. 

Kontrol otomatis sepenuhnya terwujud, dan antarmuka komunikasi serial (RS232, RS422, atau RS485) mewujudkan stasiun pusat untuk melakukan kendali jarak jauh waktu nyata, pensinyalan jarak jauh, dan telemetri untuk unit yang tersebar, sehingga mencapai operasi tanpa pengawasan. Jenis unit ini sangat cocok untuk power supply darurat.

2. Diklasifikasikan Menurut Penggunaan Set Pembangkit

① Generator Berkelanjutan

Generator ini beroperasi sepanjang tahun dan biasanya terletak di daerah yang jauh dari jaringan listrik atau dekat perusahaan industri dan pertambangan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi, produksi dan listrik domestik. 

Saat ini, di daerah dengan perekonomian yang lebih berkembang, karena pembangunan jaringan tenaga listrik kurang dari kebutuhan daya pengguna, genset diesel yang biasa digunakan dengan siklus konstruksi pendek disiapkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. 

Jenis generator ini memiliki kapasitas yang relatif besar, menyediakan suplai daya terus menerus untuk beban yang tidak stabil, tidak memiliki batasan pada durasi operasi berkelanjutan, dan memungkinkan satu jam suplai daya beban berlebih untuk periode 12 jam. 

Kapasitas kelebihan beban adalah 10% dari daya keluaran pengenal genset diesel. Karena waktu pengoperasian yang lama dan beban yang berat, daya yang diizinkan relatif terhadap daya batas unit ini disetel ke titik yang lebih rendah.

② Genset Siaga

Biasanya, daya yang dibutuhkan oleh pengguna dipasok oleh listrik, dan genset diatur untuk memastikan produksi dasar dan kehidupan pengguna adalah genset siaga ketika listrik terputus atau ketika power supply terputus karena alasan lain. 

Jenis genset ini terutama berlokasi di sektor telekomunikasi, rumah sakit, dan perusahaan industri dan pertambangan, bandara, stasiun televisi dan pembangkit listrik utama lainnya. Jenis genset ini disimpan dalam keadaan siaga setiap saat, memberikan pasokan daya terus menerus ke beban tidak konstan, tanpa batasan durasi operasi berkelanjutan.

③ Genset Darurat

Untuk penggunaan peralatan listrik yang akan menyebabkan kerugian besar atau kecelakaan diri ketika pasokan listrik tiba-tiba terputus, genset darurat sering kali disediakan untuk memasok daya ke peralatan tersebut, seperti sistem proteksi kebakaran untuk gedung-gedung bertingkat, penerangan evakuasi, lift , dan sistem kontrol untuk jalur produksi otomatis. 

Sistem komunikasi penting dan peralatan medis yang sedang menjalani operasi penting bagi pasien dapat dengan cepat memulai ketika suplai utama tiba-tiba terputus, dan memberikan daya AC yang stabil ke beban dalam waktu singkat untuk memastikan pengiriman tepat waktu. Muat power supply, unit ini membutuhkan otomatisasi tingkat tinggi.

3. Diklasifikasikan Menurut Penampilan Generator Set

① Genset Tipe Dasar / Terbuka

Tampilan dasar tangki air, mesin diesel, alternator dan kotak kontrol dipasang pada sasis umum yang sama. Genset dasar biasanya paling banyak terlihat. Ini juga dapat berupa unit yang mulai sendiri atau genset otomatisasi yang dikendalikan komputer mikro.

② Genset Jenis Senyap / Kebisingan Rendah

Perbedaan penting antara generator tipe diam dan generator tipe terbuka adalah bahwa penutup kedap suara dipasang di luar genset, dan peredam suara terpasang, yang mengurangi kebisingan generator. Genset jenis ini cocok untuk aplikasi yang membutuhkan kebisingan rendah, seperti sekolah, rumah sakit, dan apartemen elevator canggih.

③ Genset Tipe Terpasang di Kendaraan

Unit yang dipasang pada kendaraan, memasang seluruh genset diesel di kompartemen mobil. Biasanya, kabinet harus diredam dengan suara pelan dan tidak berisik. Ini adalah sumber daya siaga dan darurat yang dirancang dan diproduksi untuk power supply darurat.

④ Set Generator Tipe Mobile Trailer

Genset trailer (pembangkit listrik) dilengkapi dengan toka berdasarkan unit tipe senyap, yang menyadari pergerakan unit yang nyaman dan cocok untuk power supply darurat jarak pendek antar kota.

⑤ Genset Diesel Tipe Kontainer

Genset tipe kontainer dipasang di kontainer. Ini dirancang dan diproduksi khusus untuk power supply teknik  

Untuk mendapatkan genset dengan kualitas terbaik anda bisa mempercayakannya kepada harga genset yang memberikan solusi untuk anda dalam mendapatkan pembangkit tenaga listrik dengan harga genset yang tidak hanya murah namun juga bermutu.   

www.helmykediri.com,

Related Post