Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis program studi bidang pelayaran, perikanan, administrasi, pendidikan

Jenis program studi bidang pelayaran, perikanan

BIDANG ILMU : PELAYARAN

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1.STUDI NAUTIKA
2.STUDI TEKNIKA
3.KETATALAKSANAAN AL DAN KEPELABUHAN
 

1. PROGRAM STUDI : PELAYARAN

STUDI TEKNIKA KETATALAKSANAAN AL DAN KEPELABUHAN

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini dipersiapkan bagi yang mencintai profesi‐ profesi yang berhubungan dengan pelayaran dan kelautan. Di sini akan dibekali dengan ilmu‐ilmu yang sangat penting bagi profesi pelaut. Ada tiga program studi/bidang keahlian yang dapat dipilih, yaitu ;

a.Program Studi Nautika
Program studi ini adalah bagian pendidikan dan pelatihan bagi pelaut untuk menguasai teori dan keterampilan sebagai pekerja di bagian dek atau navigasi kapal.

b.Program Studi Teknika
Program studi ini lebih mengarahkan pada penguasaan teori dan keterampilan di bagian permesinan kapal.

c.Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan
Aktifitas pelayaran selalu berkaitan erat dengan pelabuhan dan tata tertibnya yang mengatur agar tak terjadi kekacauan antara satu dengan yang lainnya. Nah, itu program studi inilah kalian belajar mengenai hal tersebut.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Pelajaran pada program studi ini mengarahkan untuk menguasai teori dan praktik : ilmu pelayaran, prosedur darurat dan SAR, isyarat visual/komunikasi di kraakpal, gedan mengendalikan kapal, penanganan dan pengaturan muatan, pencegahan polusi lingkungan laut, identifikasi struktur bangunan kapal dan stabilitas kapal, pencegahan dan pemadaman kebakaran, prosedur penyelamatan diri di atas kapal, pelayanan medis, penerapan hukum maritim, penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di atas kapal, peralatan navigasi, pengoperasian dan perawatan kompas magnet dan gyro kompas, penerapan prosedur sistem kemudi ototmatis, penerapan data meteorologi pada pelayaran, identifikasi bentuk dan bagian bola bumi, identifikasi peta laut, data tentang tentang kedalaman laut, penentuan jarak pada peta, posisi dengan garis baringan, jangka peta, koreksi peta laut berdasarkan publikasi navigasi, daftar arus dan pasang surut, mengenai isyarat bahaya.

B.PROSPEK LULUSAN

Lulusan dari program studi ini, dapat bekerja sebagai perwira di atas kapal milik perusahaan pelayaran asingnda  domestik, industri pelayaran, on shoreloff shore (pengeboran minyak), instansi pemerintah, TNI/Polri, Biro Klasifikasi Asing dan Domestik.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

BIDANG ILMU : PERIKANAN

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1.BUDIDAYA PERIKANAN
2.MANAJEMEN BUDI DAYA PERIKANAN
3.TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
4.TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN
 

1.PROGRAM STUDI BUDI DAYA PERIKANAN

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi ini mengarahkan untuk menguasai dasar ilmu pengetahuan dan teknologi budi daya perikanan yang produktif, ekonomis, dan ramah lingkungan. Mempelajari teknik budi daya perikanan, teknik pembenihan ikan untuk memproduksi benih yang berkualitas, manajemen usaha budi daya perikanan

Mempelajari seperti ilmu Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan, Budi Daya Perairan, Parasit dan Penyakit Ikan, Klimatologi, Ekologi Perairan, Mikrobiologi Akuatik, Fisiologi Hewan Air, Oseanografi, Nutrisi Ikan, Manajemen Pemberian Pangan, Sosial Ekonomi Perikanan, Bioteknologi Perikanan, Metode Penangkapan Ikan, Teknologi Pengolahan Ikan, Tata Niaga Hasil Perikanan, Manajemen Kualitas Air, Pengembangbiakan Ikan, Analisis Kelayakan Usaha Perikanan, Konservasi dan Rehabilitasi Sumber Daya Perikanan, dsb

B.PROSPEK LULUSAN

Lulusan Program Studi ini dapat bekerja di perusahaan pembudidayaan ikan, pabrik pengalengan ikan, akademisi (dosen, peneliti), balai pengawasan obat dan makanan, industri makanan, pabrik pakan ternak, instansi pemerinah atau swasta, berwirausaha

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UGM, UNAIR, UB, UNDIP, UNHAS, UNSRI, UNLAM, UNCEN, UNMUL, UNIPA, UNDANA, UPR, UNPATTI, UNRI, UNTAD
PTS : UM‐Gresik, UMI‐Makasar, dll.

2.PROGRAM STUDI : MANAJEMEN SUMBER DAYA PERIKANAN

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini mengarahkan untuk menjadi ahli yang menguasai ilmu pengelolaan sumber daya perikanan secara rasional, bertanggungjawab dan berkelanjutan.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Pelajaran‐pelajaran dalam program studi ini akan mengarahkan kalian untuk memahami ilmu‐ilmu biologi, ekologi sosial, ekonomi, politik manajemen sumber daya perikanan, sarana dan pengelolaannya, pengelolaan sumber daya perikanan, hukum dan perundang‐Undangan dalam pengelolaan sumber daya.

Hal yang perlu diperhatikan :

B.PROSPEK LULUSAN

Lulusan Program Studi ini dapat bekerja di perusahaan pembudidayaan ikan, pabrik pengalengan ikan, akademisi (dosen, peneliti), balai pengawasan obat dan makanan, industri makanan, pabrik pakan ternak, instansi pemerinah atau swasta, berwirausaha

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UGM, UNDIP, UNLAM, UB, UNHAS, UNRI, UNSAM UNPATTI

3.PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini mengarahkan untuk menjadi sarjana perikanan yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil perikanan dalam kegiatan penanganan, pengawetan, pemanfaatan dan pengelohaN hasil perikanan.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Pelajaran dalam program studi ini mengenai karakter ikan sebagai bahan makanan dan bahan baku industri, ragam teknik penanganan dan pengolahan ikan, persyaratan yang diperlukan dalam perencanaan dan pembangunan industri perikanan, prinsip komunikasi untuk penyuluhan pembinaan dalam rangak peningkatan konsumsi ikan/gizi masyarakat, Pengkajian potensi pengembangan produk dan industry, uji mutu dan pengendalian mutu, dsb.

B.PROSPEK LULUSAN

Prospek lulusan program studi ini hampir sama, yaitu bisa bekerja di perusahaan pembudidayaan ikan, pabrik pengalengan ikan, akademisi, balai pengawasan obat dan makanan, industri makanan, pabrik pakan ternak, instansi pemerintah, wiraswasta.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : IPB, UB, UNCEN, UNDIP, UGM, UNLAM, UNPATTI, UNRI, UNSAM, UNSRI
PTS : UM‐Kendari, UM‐Maluku (bisa lihat situs : kbeamn‐dpitk.nas.go.id)
 

4.PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN

A.Deskripsi Singkat

Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian tentang ilmu penangkapan ikan dan sistem navigasi kelautan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan, keterampilan, dan sertifikat untuk menyelenggarakan berbagai macam bidang perikanan. Program studi ini dikhususkan bagi laki‐laki dan tidak berkacamata.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Pelajaranamdalprogramstudiini,diantaranya ilmu penangkapan ikan, system navigasi kelautan, teknologi dalam penangkapan ikan, karakter ikan sebagai bahan makanan dan bahan baku industri, ragam teknik penangkapan ikan, persyaratan yang diperlukan dalam perencanaan dan penangkapan ikan, penggunaan peralatan penangkapan ikan, dsb.

B.PROSPEK LULUSAN

Prospek lulusan program studi ini hampirusama, yaitu bisa bekerja di perusahaan pembudidayaan ikan, pabrik pengalengan ikan, akademisi, balai pengawasan obat dan makanan, industri makanan, pabrik pakan ternak, instansi pemerintah, wiraswasta.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
Sekolah Tinggi Perikanan – Jakarta

BIDANG ILMU : PARAWISATA DAN PERHOTELAN

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1.ADMINISTRASI PERHOTELAN
2.MANAJEMEN DIVISI KAMAR
3.MANAJAEMEN TATA HIDANGAN
4.MANAJEMEN TATA BOGA
5.MANAJEMEN PATISERI
6.MANAJEMEN BISNIS PERJALANAN
 

1.PROGRAM STUDI ADMINISTRASI HOTEL

A.Deskripsi Singkat

Program studi ini ditujukan agar mampu mengelola kegiatan yang melingkupi adminstrasi dan operasional bidang usaha perhotelan. Memiliki kompetensi dalam menganalisis rencana kebutuhan operasional hotel, merencanakan prinsip‐prinsip pengelolaan hotel, menilai sumber dana dan pemanfaatannya, mengadaptasikan sistem akuntansi untuk kepentingan sistem informasi hotel.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Ilmu yang dipelajari diantaranya, Dasar‐dasar Akuntansi dan Manajemen, Pengantar Ekonomi, Perhotelan, Kepariwisataan, Akuntasi Hotel, Analisis Operasional Hotel, Higiene, Sanitasi & Kesehatan Kerja, Korespondensi Bisnis, Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemsasaran, Manajemen Tata Boga, Operasional Kantor Depan, Operasional Tata Graha, Perencanaan Hotel, Hubungan Antarmanusia, Pengendalian Mutu, Sistem Informasi Hotel.

B.PROSPEK LULUSAN

Lulus dari program studi ini kalian bisa bekerja sebagai cost controller, chief accountant, manajer pemimpin, bahkan memimpin perusahaan jasa akomodasi dan properti.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
ST‐Parawisata Bandung, ST‐Parawisata Nusa Dua Bali (bisa lihat situs : ban‐pt.kemdiknas.go.id)
 

2.PROGRAM STUDI MANAJEMEN DIVISI KAMAR

A.Deskripsi Singkat

Program studi ini diarahkan untuk menjadi tenaga profesional perhotelan yang mampu mengelola kegiatan operasional bagian kantor depan atau tata graha. Dapat memiliki kemampuan dalam hal menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya, menangani adminstrasi operasional divisi kamar, menciptakan gagasan‐gagasan inovatif dalam pengelolaan hotel.

Gambaran Materi yang Dipelajari :

Ilmu yang dipelajari antara lain ; Bahasa (Inggris, Mandarin, Jepang), Akuntansi, Manajemen Desain Ruangan dan Lanskap, Korespondensi Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Perhotelan, Statistik, Aplikasi Komputer Perhotelan, Hotel Statistik, Kekasiran Kantor Depan Hotel, Kekasiran Restoran & Bar, Manajemen Kantor Depan, Manajemen Tata Graha & Dobi, Pengendalian Biaya Material, Sistem Informasi Hotel, Supervisi Kantor Depan Hotel.

B.PROSPEK LULUSAN

Lulusan program studi ini dibutuhkan sebagai pimpinan menengah di bidang usaha jasa akomodasi dan property dengan posisi seperti head reservation, head reception, guest relation coordinator, atau manajer

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI ST‐Parawisata Bandung, ST‐Parawisata Nusa Dua Bali, Poltek‐Bali
 

3.PROGRAM STUDI MANAJEMEN TATA HIDANG

A.DESKRIPSI SINGKAT

Lulusan program studi ini diarahkan agar mampu mengelola kegiatan operasional bidang penyajian hidangan di bagian makanan dan minuman. Memiliki kompetensi dalam merencanakan dan menerapkan sistem pelayanan yang akan dihidangkan, mengatur kegiatan administrasi bidang usaha makanan dan minuman, menganalisis biaya operasional bidang usaha makanan dan minuman,  menganalisis  pengendalian  biayaunlagngs operasional dalam bidang usaha makanan dan minuman. 

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :
 
Belajar mengenai ilmu Pariwisata, Pemasaran, Perhotelan, Akuntansi Hotel, Desain Ruangan dan Lanskap, Kekasiran Restoran dan Bar, Manajemen Bar, Manajemen Konvensi, Manajemen Perholatan, Manajamen Restoran, Operasional Bar, Pengetahuan Patiseri, Pengetahuan Tata Boga, Rekayasa Menu, Supervisi Restoran dan Bar, Penangana Peralatan, Pengendalian Biaya.

B.PROSPEK LULUSAN

Bekerja sebagai pimpinan menengah di bidang usaha perhotelan, rumah makan, dan jasa boga dengan posisi seperti head waiter, head bartender, cost controller, banquet coordinator, restaurant atau bar manager. Dapat bekerja di kapal pesiar atau membuka usaha mandiri.

C.DIREKTORI PERGURUANNTGI GI
ST‐Parawisata Bandung, ST‐Parawisata Nusa Dua Bali
 

4.PROGRAM STUDI MANAJEMEN TATA BOGA

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini, dipersiapkan agar mampu mengelola kegiatan operasional bagian pengolahan makanan. Mampu untuk membuat, mengembangkan, menciptakan makanan dan mengaplikasikannya ke dalam berbagai bentuk penyajian makanan. Selain itu, mampu menerapkan gagasan inovatif dalam pengolahan makanan, menerapkan aspek‐aspek tata letak dan desain.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Ilmu yang dipelajari antara lain, Bahasa (Inggris, Mandarin, Jepang, Perancis), Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Ekonomi, Perhotelan, Kepariwisataan, Statistik, Teknik Supervisi, Desain dan Perencanaan Menu, Ilmu Pangan, Manajemen Jasa Boga, Pengetahuan Tata Boga, Pengetahuan Bahan Pangan, Pengetahuan Tata Hidangan, Perencanaan Dapur, Rekayasa Menu, Seni Kuliner, Supervisi Tata Boga, Pengendalian Biaya

B.PROSPEK LULUSAN

Bekerja menduduki jabatan sebagai pimpinan menengah di bidang usaha perhotelan, rumah makan dan katering dengan posisi seperti chef de cuisine, sous chef, cost controller, atau berwirausaha di bidang perhotelan.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
ST‐Parawisata Bandung, ST‐Parawisata Nusa Dua Bali
 

5.PROGRAM STUDI MANAJEMEN PATISERI

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini bertujuan agar mampu mengelola kegiatan operasional bagian pengolahan roti dan kue. Diarahkan untuk memiliki kompetensi dalam membuat aneka hiasan kue dan menghiasai aneka kue, menangani persiapan dalam pengelolaan aneka patiseri dan roti, melaksanakan pengawasan dan pembinaan pada bagian patiseri, menerapkan prinsip‐prinsip penentuan harga jual dan biaya langsung produk patiseri.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Pelajaran penting yang akan kalian peroleh antara lain, Higiene, Sanitasi dan Kesehatan Kerja, Pengetahuan Gizi, Pengetahuan Parawisata, Pengetahuan Tata Boga, Pengetahuan Tata Hidangan, Komoditi Patiseri, Pengolahan Kue Tradisional, Perencanaan Dapur Patiseri, Perencanaan Menu, Seni Kuliner Patiseri, Supervisi Patiseri, Pengendalian Biaya, Pengawetan Makanan dan Produk, Teknik Pengolahan Kue, Teknik Pengolahan Roti, Teknik Supervisi.

B.PROSPEK LULUSAN

Lulusan Program Studi ini, dapat menduduki jabatan sebagai pimpinan menengah di bidang usaha perhotelan, rumah makan, food industry, serta toko roti dan kue dengan posisi seperti chef de pastry, food analys atau berwirausaha.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
ST‐Parawisata Bandung

6.PROGRAM STUDI MANAJEMEN BISNIS PERJALANAN

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswanya agar mampu mengelola kegiatan operasional bidang bisnis perjalanan. Jika kalian memilih program studi ini, kalian akan diarahkan untuk mampu melakukan analisis keuangan, investasi dan biaya usaha jasa pariwisata, merencanakan dan menjalankan bisnis usaha jasa perjalanan dan pariwisata.

Gambaran Materi / Ilmu yg Dipelajari :

Belajar tentang Ekologi Pariwisata, Ekonomi Pariwisata, Kebudayaan dan Antropologi, Pemasaran Industri Perjalanan, Industri Perhotelan, Industri Transportasi, Analisis Objek dan Daya Tarik Wisata, Strategi Pemasaran, Perencanaan Produk Wisata, Bisnis Perusahaan Penerbangan, Dokumen dan Fasilitas Perjalanan, Etika Bisnis dan Komunikasi, Interprestasi dan Pemanduan Wisata, Manajemen Operasional Tur, Manajemen Pengaturan Wisata, Pengelolaan Bisnis Kargo, Sistem Reservasi Transportasi.

B.PROSPEK LULUSAN

Setamat dari sini kalian akan dapat bekerja di bidang bisnis perjalanan seperti travel biro, tour operator, airlines, wisata kapal pesiar, kargo.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI ST‐Parawisata Bandung, PolTek Negeri Bali  
 

BIDANG ILMU : ADMINISTRASI PUBLIK

PROGRAM STUDI, DIANTARANYA :

1.MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
2.MANAJEMEN KEBIJAKAN PUBLIK
3.MANAJAEMEN PEMBANGUNAN DAERAH
4.MANAJEMEN KEARSIPAN
5.MANAJEMEN EKONOMI PUBLIK

1.PROGRAM STUDI : MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini mengarahkan agar mampu menerapkan teori‐ teori dan metodologi pengkajian tentang manajemen sumber daya manusia, serta memahami permasalahan lapangan yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Mempelajari Pengantar Sosiologi, Pengantar Antropologi, Asas‐ asas Mananjemen, Dasar‐dasar Logika, Sistem Politik, Indonesia Sistem Sosial Budaya Indonesia, Sistem Hukum Indonesia, Sistem Ekonomi Indonesia, Kepemimpinan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Etika Birokrasi dan bisnis.

Hal yang perlu diperhatikan :

Pelajaran lebih khusus untuk program studi ini antara lain psikologi kepegawaian, manajemen kompensasi, analisis kinerja sumber daya manusia, pemberdayaan sumber daya manusia, difusi inovasi dalam pemerintahan, pengembangan program diklat, produktivitas sumber daya manusia

B.PROSPEK LULUSAN

Pegawai negeri baik pegawai pemerintah pusat, pegawai pemerintah daerah, pegawai lembaga tertinggi dan tinggi negara, pengawai BUMN/BUMD, pegawai lembaga perbankan pemerintah, serta personil TNI dan Polri.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : STIA, STIA‐Jakarta, STIA‐Bandung, STIA‐Makasar
 

2.PROGRAM STUDI : MANAJEMEN KEBIJAKAN PUBLIK

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini bertujuan untuk menguasai teori‐teori dan metodologi pengkajian tentang manajemen kebijakan publik serta mampu mengaplikasikannya. Pelajaran‐pelajaran yang dibekalkan akan membuat kalian mampu memahami permasalahan lapangan yang berkaitan dengan manajemen kebijakan publik.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Selain “mata kuliah umum” seperti manajemen sumber daya manusia, pelajaran yang akan geluti antara lain Etika dan Hukum Adminstrasi Publik, Kebijakan Pelayanan Publik, Manajemen Program dan Proyek, Pembuat Keputusan, Ekonomi Politik, Manajemen Konsultasi, Manajemen Perubahan, Manajemen Strategik Sektor Publik, Legal Drafting, Manajemen Kemitraan Pemerintah dan Swasta, Pengawasan dan Pengendalian Kebijakan Publik, Evaluasi Kinerja dan Akuntabilitas Kebijakan Publik.

B.PROSPEK LULUSAN
Pegawai negeri baik pegawai pemerintah pusat, pegawai pemerintah daerah, pegawai lembaga tertinggi dan tinggi negara, pegawai BUMN/BUMD, pegawai lembaga perbankan pemerintah, serta personil TNI dan Polri.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : STIA, STIA‐Jakarta, STIA‐Bandung, STIA‐Makasar

3.PROGRAM STUDI : MANAJEMEN PEMBANGUNAN DAERAH

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini akan diarahkan untuk mampu menerapkan teori‐teori dan metodologi pengkajian tentang manajemen pembangunan daerah. Kalian akan dibimbing untuk menguasai teknik‐teknik manajemen pembangunan daerah serta memahami permasalahan lapangan yang berkaitan dengan manajemen pembangunan daerah.

Gambaran materi / ilmu yang dipelajari :

Ilmu  yang  dipelajari  diantaranya manajemen program  dan proyek, ekonomi pembangunan, Manajemen pertumbuhan wilayah, Keuangan daerah, Manajemen perubahan, Perencanaan Pembangunan Daerah, Evaluasi Kinerja dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Adminstrasi Pendapatan Daerah, Sosiologi Perkotaan dan Pedesaan, Perbandingan Pemerintah Daerah, Manajemen Strategik Sektor Publik, Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah, dsb.

B.PROSPEK LULUSAN

Pegawai negeri baik pegawai pemerintah pusat, pegawai pemerintah daerah, pegawai lembaga tertinggi dan tinggi negara, pegawai BUMN/BUMD, pegawai lembaga perbankan pemerintah, serta personil TNI dan Polri.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : STIA, STIA‐Jakarta, STIA‐Bandung, STIA‐Makasar (bisa lihat situs : ban‐pt.kemdiknas.go.id)

4.PROGRAM STUDI : MANAJEMEN KEARSIPAN

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini diarahkan untuk dapat menerapkan teori‐ teori dan metodologi pengkajian tentang manajemen kearsipan. Tentu saja kalian juga diarahkan untuk menguasai dan menerapkan teknik‐teknik manajemen kearsipan tersebut. Selain itu diarahkan untuk dapat menerapkan teori‐teori dan metodologi pengkajian tentang manajemen kearsipan.

Gambaran Materi / Ilmu yang dipelajari :

Selain mata kuliah umum, pelajaran penting diantaranya, Adminstrasi Perkantoran, Aspek Hukum dalam Kearsipan, Manajemen Formulir, manajemen korespondensi, Manajemen Arsip Aktif, Manajemen Arisp Inaktif, Manajemen Pusat Arsip, pelestarian dan perawatan arsip, manajemen arsip bisnis, arsip rekam medis, , Paleografi, Program Arsip Vital, Manajemen Arsip Bentuk Khusus, Otomatisasi Kearsipan, Paleografi, Kebijakan Pelayanan Publik, Profesi Arsiparis.

B.PROSPEK LULUSAN

Pegawai negeri baik pegawai pemerintah pusat, pegawai pemerintah daerah, pegawai lembaga tertinggi dan tinggi negara, pegawai BUMN/BUMD, pegawai lembaga perbankan pemerintah, serta personil TNI dan Polri.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : STIA, STIA‐Jakarta, STIA‐Bandung, STIA‐Makasar 

5.PROGRAM STUDI : MANAJEMEN EKONOMI PUBLIK

A.DESKRIPSI SINGKAT

Pada Program studi ini akan ditempa untuk dapat menerapkan teori‐teori dan metodologi pengkajian tetang manajemen ekonomi public. Ada tiga bidang konsentrasi dalam program studi ini diantaranya, Manajemen keuangan Publik, Manajemen Lemabaga Swadana dan Manajemen Perusahaan Publik.

Gambaran Materi / Ilmu yang Dipelajari :

Mata  kulih  padagrparmostudi  ini  antara  lain,  Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Manajemen, Administrasi Perpajakan, Akuntansi Biaya, Manajemen Pemasaran, Manajemen Produksi, Etika Birokrasi dan Bisnis, Manajemen Pelayanan Prima, Manajemen Program dan Proyek, Ekonomi Politik, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Makro, Teknik Komunikasi, Kebijakan Keuangan, Fiskal dan moneter, Manajemen Strategik, Ekonomi Internasionl

B.PROSPEK LULUSAN

Pegawai negeri baik pegawai pemerintah pusat, pegawai pemerintah daerah, pegawai lembaga tertinggi dan tinggi negara, pegawai BUMN/BUMD, pegawai lembaga perbankan pemerintah, serta personil TNI dan Polri.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : STIA, STIA‐Jakarta, STIA‐Bandung, STIA‐Makasar
 

BIDANG ILMU : ILMU PENDIDIKAN

1.Program Studi Pendidikan Guru PAUD
2.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
3.Program Studi Bimbingan Dan Konseling
4.Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
5.Program Studi Pendidikan Luar Biasa
6.Program Studi Pendidikan KePelatihan Olah Raga
7.Program Studi Pendidikan Sejarah
8.Program Studi Pendidikan PPKn
9.Program StudidPiednikanIPA
10.Program Studi Pendidikan IPS
11.Program Studi Teknologi Pendidikan
12.Program Studi Manajemen Pendidikan

1.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN GURU PAUD

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi ini bertujuan untuk menyiapkan guru‐guru TK yang professional dan mampu melakukan inovasi pembelajaran bagi peningkatan kualitas peserta didik. Tujuan diselenggarakan Program Studi PG‐Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah:

1.Menghasilkan pendidik/tenaga kependidikan yang profesional untuk Taman Kanak ‐ Kanak, Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan nAnak, da  Sekolah Dasar Kelas Awal.

2.Menghasilkan tenaga instruktur yang dapat memberikan pelatihan dalam rangka pengembangan PAUD

3.Menghasilkan Sarjana PAUD yang dapat memberikan pelayanan konsultasi, informasi dan edukasi tentang PAUD.

4.Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan data, serta mampu bertanggung jawab sebagai pengelola lembaga pendidikan anak usia dini dan mampu melaksanakan tanggungjawab yang dipercayakan kepadanya.

B.PROSPEK LULUSAN :

Program Studi PG‐Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menghasilkan

‐Pendidik (Guru) di TK, KB, TPA, dan SD Awal dan
‐Pengelola PAUD di Lembaga PAUD

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UNIB, UNRAM, UNMUL, UNG, UNY, UNDANA, UNJ, UNM, UM, UNIMED, UNP, UNESA, UPI, UNS, UNTAD

2.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN PGSD

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi ‐S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini bertujuan :

1.Menghasilkan tenaga guru SD yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang ditetakan oleh institusi. memiliki kualifikasi akademik, kompetensi (pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional), serta sertifikat profesi.

2.Menghasilkan tenaga guru SD yang professional dalam merancang, melaksanakan mengevaluasi dan mengembangkan proses dan sistem pembelajaran di sekolah dasar.

Gambaran mata kuliah yang dipelajari diantaranya : 

Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Konsep Dasar IPA, Kajian Bahasa Indonesia SD, Kajian IPS SD, Psikologi Perkembangan, Pembelajaran Matematika SD, Konsep Dasar IPA, Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia, Asesmen Pembelajaran SD, Manajemen Kelas, PengembanganrKikuulum     Muatan Lokal, dsb.

B.PROSPEK LULUSAN :

Profil lulusan Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai sarjana pendidikan Sekolah Dasar yang mampu menyelenggarakan pembelajaran di SD.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UNIB, UNHALU, UJEB, UNLAM, UNILA, UNRAM, UNMUL, UNG, UNJ, UNM, UM, UNMAD, UNIMED, UNP, UNNES, UNESA, UNY, UNDANA, UNPATTI, UPI, UNS, UNSRI, UNSYIAH, UNTAD
PTS : UNPAS, PGRI Madiun, UM‐Cirebon, UM‐Pwkto, UMM, dsb 
 

3.PROGRAM STUDI : BIMBINGAN DAN KONSELING

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) bergerak di bidang konseling yang memfokuskan diri pada pemberian bantuan psikologis pedagogis bagi individu agar berkembang secara utuh dan optimal. Tujuan penyelenggaraan pendidikan program studi Bimbingan dan Konseling adalah:

1.Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan dan konseling.

2.Menghasilkan tenaga pendidik profesional dalamg bidan bimbingan dan konseling.

3.Memberikan layanan profesional dalam bimbingan dan konseling kepada seluruh lapisan masyarakat.

Pendidikan jenjang strata satu (S‐1) bidang Bimbingan dan Konseling, memiliki kompetensi dalam bidang akademik yang bermuara pada penganugerahan ijazah akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd) bidang Bimbingan dan Konseling.

Pendidikan Profesi Guru Bimbingan dan Konseling saetalour Kon (Kons),memilikikompetensiprofesionalyangmerupakan penguasaan kiat penyelenggaraan bimbingan dan konseling yang memandirikan, ditumbuhkan, serta diasah melalui latihan untuk menerapkan kompetensi akademik yang telah diperoleh melalui pengalaman dan kemampuan praktik lapangan.
 
B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan program Studi Bimbingan dan Konseling diharapkan mampu bertugas baik, di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, di lingkungan Depdiknas maupun di luar Depdiknas, di lembaga pemerintah maupun swasta.

Lulusan program studi Bimbingan dan Konseling dapat memasuki lapangan kerja menjadi :
 
‐Guru Bimbingan dan Konseling/ Konselor di/SD/Sekolah Inklusif/ SLB

‐Konselor pada pendidikan jalur non formal

‐Peneliti dalam bidang bimbingan dan konseling SMP/ SMA/SMK
 
‐Trainer dalam bidang pendidikan secara umum maupun bidang bimbingan dan konseling.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI (Nama, Alamat Perguruan Tinggi terlampir) 
PTN : UPI, UNY, UNJ, UM, UNNES, UNP, UNCEN, UNILA, UNMUL, UNG, UNM, UNIMED, UNESA, UNPATTI, UNSRI, UNSYIAH
PTS : UKSW, UKI, UAD, USD, UMK, UM‐Mglg, UIA‐Jkta, IKIP PGRI Adi Buana, dsb

4.PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi Pendidikan Luar Sekolah menghasilkan tenaga kependidikan akademik‐profesional yang memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam pengelolaan lembaga dan program pendidikan, serta memberdayakan masyarakat di luar sistem pendidikan persekolahan, baik dalam kualitas maupun relevansinya dengan kebutuhan pembangunan.

Gambaran Mata kuliah yang dipelajarai antara lain : 

Konsep Dasar PLS, Psikologi Umum, Sosiologi, Antropologi, Pendidikan Seumur Hidup, Teknologi Informatika, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pendidikan Orang Dewasa, Pendidikan Anak Usia Dini, Asesmen Kebutuhan Belajar, Sosiologi Pembangunan Pendidikan, Pendidikan Kehidupan Berkeluarga, Psikologi Sosial, Perubahan Sosial, Penyuluhan Pembangunan, Ilmu Pendidikan, Manajemen Program Pendidikan Nonformal (PNF), Desain Pembelajaran PNF, Pengembangan Kurikulum PNF, Dinamika Kelompok, dsb.

B.PROSPEK LULUSAN :

Program Studi PG‐Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menghasilkan

‐Pendidik (Guru) di TK, KB, TPA, dan SD Awal dan
‐Pengelola PAUD di Lembaga PAUD

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI (Nama, Alamat Perguruan Tinggi terlampir) 
PTN : UNIB, UJEB, UNG, UNJ, UNM, UM, UNMAD, UNIMED, UNP, UNNES, UNESA, UNY, UNDANA, UNPAL, UNPATTI, UPI
PTS : UNINUS, UM‐Palu, UM‐Kendari, UNSIL, dll

5.PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi ini menyiapkan tenaga kependidikan yang mempunyai kemampuan dalam bidang pendidikan luar biasa, serta mengkaji dan mengembangkan kemampuan profesional praktik‐ praktik pendidikan luar biasa. Program Studi ini menyiapkan tenaga ahli dengan lima spesialis, yaitu: 
(1) Pendidikan anak Tunanetra; 
(2) Pendidikan anak Tunarungu; 
(3) Pendidikan anak Tunagrahita; 
(4) Pendidikan anak Tunadaksa; dan 
(5) Pendidikan anak Tunalaras. Jurusan ini menyiapkan tenaga ahli dan tenaga guru bagi anak‐anak luar biasa, di lingkungan lembaga pemerintah atau swasta.

Selama proses perkuliahanan mahasiswa dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan secara umum, pengenalan terhadap peserta dididk ABK, program kekhususan, pengetahuan psikologi AgeBtKa,hpueanndasar bidang medis yang terkait dengan penyebab ABK. Pendekatan, strategi, metoda dan teknik pembelajaran untuk ABK, dan melakukan penelitian tentang ABK.

B.PROSPEK LULUSAN :

Program Studi PG‐Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menghasilkan

‐Pendidik (Guru) di TK, KB, TPA, dan SD Awal dan
‐Pengelola PAUD bdai LgeamPAUD

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI (Nama, Alamat Perguruan Tinggi terlampir) PTN : UJEB, UNLAM, UNJ, UNM, UNP, UNESA, UNY, UPI, UNS, UNIMA PTS : IKIP PGRI Jember, UNINUS Bandung, dsb.

6.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAH RAGA

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga ini menyelenggarakan pendidikan kepelatihan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang unggul, profesional, dan trampil dalam bidang kepelatihan olahraga dengan kualifikasi sarjana (S1) Pendidikan dengan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Kompetensi Lulusan

1.Mampu menjadi pelatih yang nasionalis, religius, dan jujur dengan menguasai ketrampilanndikan tekterbaru.

2.Mampu melatih secara bertanggung jawab, profesional, dan santun berdasar iptek.

3.Mampu menyelenggarakan kegiatan kepelatihan berdasar nilai‐ nilai demokratis dan toleran terhadap perbedaan dan talenta anak latih.

4.Mampu mengelola pembinaan olahraga prestasi di Indonesia secara cerdas dan integral.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan program Studip dapat beker a sebagai Pelatih olahraga yang profesional pada satu cabang, Pelatih fisik pada klub professional, Instruktur kebugaran, Tenaga kependidikan di sekolah, Wasit dan yuri olahraga, Pengelola pusat kebugaran.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
UNJ, UNY, UNPAL, UIN‐SH

7.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN SEJARAH

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi pendidikan sejarah bertujuan untuk menjadi guru profesional dalam sejarah nasional, sejarah dunia dan sejarah kebudayaan. Pada program studi ini mahasiswa dididik berfikir kritis dalam membahas berbagai peristiwa sejarah yang terjadi baik di wilayah Nusantara, Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. 

Mahasiswa diajak pula membahasgbaei rbamasalah sejarah lokal dan sejarah tematis seperti sejarah perekonomian, sejarah lokal dan pendidikan. Kompetensi lulusannya :

1.Memiliki kepribadian yang bertanggung jawab, jujur, disiplin dan mandiri.

2.Menguasai sejarah Indonesia secara komprehensif khususnya sejarah Indonesia kontemporer.

3.Memiliki kemampuan berkarya dalam membuat media pembelajaran serta menguasai bidang Kependidikan Sejarah secara profesional.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan program studi Pendidikan sejarah dapat menjadi guru Sejarah di jenjang pendidikan SMP dan SMA, menjadi jurnalis/wartawan dan penulis/penyunting

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UPI, UNY, UNJ, UM, UNNES, UNESA, UNS, UNCEN, UNHALU, UJEB, UNLAM, UNG, UNM, UNMAD, UNP, UNPATTI, UNRI, UNS, UNSRI, UNSYIAH
PTS : UKSW, UM‐Metro, Univ. PGRI‐YK, IKIP PGRI Banyuwangi, dsb. (bisa lihat situs : ban‐pt.kemdiknas.go.id atau pts‐online.com)

8.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN PPKn

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Kompetensi lulusan PPKn adalah mampu : (1) menguasai landasan kependidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran PPKn yang demokratis, bertanggungjawab, cerdas, religius,nasionalis, tangguh, dan peduli lingkungan. (2) melakukan penelitian pendidikan secara jujur dan cerdas untuk mengembangkan keilmuan (3) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun; (4) memiliki pengetahuan dasar ketatanegaraan, dan otonomi daerah secara cerdas, dan berfikir kritis.

Pembelajaran PPKn selalu menggunakan metode dan model pembelajaran yang relevan dengan PPKn mulai dari Citizen Project, VCT, CTL dan Cooperative Learning. Pembelajaran Prodi PPKn berlangsung di dalam dan di luar kelas disamping itu juga di gunakan Laboratorium untuk proses belajar mengajar. Rumpun ilmu yang merupakan kajian Prodi PPKn meliputi rumpun pembelajaran, politik, hukum, sosial budaya dan nilai moral.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan program studi Pendidikan sejarah dapat menjadi guru Sejarah di jenjang pendidikan SMP dan SMA, menjadi jurnalis/wartawan dan penulis/penyunting

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UNY, UNJ, UM, UNHALU, UNILA, UNRAM, UNMUL, UNIMED, UNNES, UNESA, UNPAL, UNPATTI, UNS, UNSRI, UNTAD
PTS : UAD, UNINUS, UM‐Malang, UNPAS, UM‐Mataram, UM‐ Purwokertao, dsb

9.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN IPS

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Lulusan Program studi Pendidikan IPS memiliki kompetensi sebagai berikut :

1.Mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk mencapai keunggulan di bidang kependidikan sesuai dengan tuntutan pada tingkat nasional, regional serta internasional.

2.Memilikikemampuanprofesionalyangtinggiuntuk menerapkandanmengembangkanpendidikanilmu pengetahuan  sosial  sesuai  dengan  tuntutanngpuenmanba nasional yang berkesinambungan.

3.Memiliki kemampuan menciptakan, menemukan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial bidang kependidikan yang sesuai dengan kompetensi profesionalnya.

4.Memiliki kemampuan mengembangkan dan mengintegrasikan ilmu‐ilmu sosial dalam pembelajaran IPS.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusannya banyak bermanfaat dan diserap dalam dunia kerja baik kependidikan maupun non kependidikan. Dapat menjadi guru Fisika di sekolah SMP dan SMA/SMK, menjadi Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal (bimbingan belajar, les privat, lembaga kursus, dan lain‐lain),

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
UNY, UIN Syarif Hidayatullah, Univ. Islam Malang
 

10.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN IPA

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi jenjang S1 Pendidikan IPA bertujuan menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan dengan gelar Sarjana Pendidikan Sains di bidang keahlian IPA (S.Pd), yang dapat memiliki :

1.Karakter luhur sebagai seorang pendidik.

2.Penguasaan materi IPA sekolah, pendekatan pembelajaran , cara evaluasi serta penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar pengembangan profesionalitas keguruan yang memenuhi tuntutan jaman.

3.Kemampuan melaksanakan penelitian pendidikan dan penulisan karya ilmiah serta pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat menjadi rujukan dalam pendidikan IPA.

4.Kemampuan membuat publikasi ilmiah serta melaksanakan pembibingan pendidikan bagi masyarakat.

5.Kemampuan menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran untuk melaksanakan pendidikan karakter.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan Program Studi Pendidikan IPA dapat bekerja sebagai Pendidik (Guru) IPA pendidikan dasar, Pengelola Laboratorium IPA sekolah, Peneliti bidang pendidikan IPA sekolah, Pengelola Pendidikan, Penulis dan editor buku ajar IPA sekolah, Wirausahawan alat peraga atau software pembelajaran.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI (Nama, Alamat Perguruan Tinggi terlampir)
UNY, UNNES, UST Yogyakarta

11.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi pendidikan mengembangkan disiplin ilmu kependidikan, dan program studi nonpendidikan mengembangkan pendidikan disiplin ilmu. Sesuai dengan struktur kurikulum, program studi pendidikan membekali mahasiswa dengan mata kuliah dasar keahlian profesi keguruan, mata kuliah keahlian dan mata kuliah keahlian lainnya. Program studi nonpendidikan membekali mahasiswa dengan mata kuliah disiplin ilmu sastra. Dengan demikian, lulusan program studi pendidikan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bertujuan menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki kemampuan:

1.Menganalisis secara kritis/analitis, evaluatif, dan konseptual dalam permasalahan ilmu bahasa dan sastra Indonesia dalam rangka mengembangkan pemikiran reflektif dan implementatif;

2.Menganalisis kebaruan (novelty) ilmu bahasa dan sastra Indonesia sebagai landasan pengajaran bahasa Indonesia;

3.Mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan/kecakapan, untuk beradaptasi dengan berbagai perkembangan ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, serta menerapkan/ menyesuaikan pengetahuan dan keterampilan ke dalam situasi baru;

4.Terampil menerapkan fleksibilitas dan adaptif untuk mengubah perilaku dan pendekatan dalam upaya menyesuaikan diri pada situasi, pengenalan perubahan organisasi / lembaga dalam kerangka pemenuhan kebutuhan situasi yang spesifik.

B.PROSPEK LULUSAN :

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk mendidik dan menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang siap terjun menjadi guru bahasa Indonesia di jenjang pendidikan SMP dan SMA, guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, peneliti, praktisi bahasa, menjadi jurnalis/wartawan dan penulis/penyunting buku bidang Bahasa dan Sastra Indonesia

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UNY, UPI, UNP, UNESA, UNJ, UNTAN, UNJAM, UNNES, UNRAM, UNG, UNIMED, UNMUL, UNLAM, UNRAM, UNDANA
PTS : UAD, UNINUS, UM‐Mglng, UM‐Hamka Jkta, Univ. PGRI Adi Buada, dsb.

12.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN BHS. INGGRIS

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan menghasilkan tenaga kependidikan dalam bidang bahasa Inggris yang memiliki kompetisi lulusan yang mampu menjadi calon pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang bahasa Inggris yang mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Selian itu, mampu menyikapi perkembangan dalam bidang kependidikan sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan khususnya dalam bidang bahasa Inggris.

Gambaran Perkuliahan mencakup semua skills dan komponen bahasa Inggris, mata kuliah yang dipelajari diantaranya : Listening, Speaking, Reading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross‐Cultural Understanding, dan lain‐lain.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan program studi Pendidikan sejarah dapat menjadi guru Sejarah di jenjang pendidikan SMP dan SMA, menjadi jurnalis/wartawan dan penulis/penyunting

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UPI, UNY, UNJ, UM, UPI, UNIB, UNJAM, UNLAM, UNRAM, UNMUL, UNM, UNSYIAH, UNMAD, UNIMED, UNP, UNNES, UNESA, UNDANA, UNPATTI, UNRI, UNTAN, UNS, UNSRI
PTS : UKI, UKSW, UNINUS, UM‐Cirebon, UM‐Gresik, dsb (bisa lihat situs : ban‐pt.kemdiknas.go.id atau pts‐online.com)
 

13.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN GEOGRAFI

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program studi Geografi mendidik mahasiswa untuk mempelajari berbagai kajian dalam disiplin geografi, mempelajari masalah yang berkaitan dengan lingkungan tempat manusia tinggal dan alam semesta termasuk didalamnya sosial dan budaya. 

Persoalan lingkungan aktual yang terjadi dalam masyarakat diajarkan menjadi pokok bahasan, demikian pula berbagai keterampilan teknis yang berkaitan berbagai persoalan geografis kependidikan geografi baik yang konseptual maupun teknis dibahas dan diajarkan secara mendalam dan profesional, demikin pula inovasi baru dikengembangkan menjadi pemikiran pemikiran baru . 

Kompetensi lulusannya menguasai konsep‐konsep geografi ,mengembangkan dan mengaplikasikannya dengan berbasis pengideraan jauh dan sistem informasi geografis secara profesional, bertanggungjawab.

B.PROSPEK LULUSAN :

Guru di sekolah untuk mata pelajaran IPS di SMP/MTs/ SMK dan mata pelajaran Geografi di SMA/MA banyak direkrut dari lulusan program studi pendidikan Geografi, sementara LPTK di Indonesia yang membuka prodi ini masih sangat terbatas, rasional ini menjadi acuan untuk mengembangkan prodi secara profesioanal.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI (Nama, Alamat Perguruan Tinggi terlampir) PTN : UNY, UPI, UM, UNJ, UNM, UNCEN, UNLAM, UNG, UNIMED, UNMAD, UNESA, UNPATTI, UNILAM, UNNES, UNSYIAH
PTS : UM‐Purwokerto, UM‐Mataram, Univ. Islam 45 Bekasi, dsb  
 

14.PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

A.DESKRIPSI SINGKAT

Kompetensi yang dimiliki oleh liulusan Prodi Pendidikan Matematika adalah mampu menjadi Guru matematika di sekolah SMP dan SMA/SMK baik berstandar nasional maupun internasional atau dosen matematika di Perguruan Tinggi negeri atau swasta.

Gambaran mata kuliah yang dipelajari meliputi kelompok bidang keahlian pendidikan yang terdiri dari kurikulum matematika sekolah dan pembelajarannya, pembelajaran kreatif dann inovatif, asesmen pembelajaran matematika, praktik pembelajaran berbasis teknologi, pengembangan media pembelajaran, penelitian pendidikan matematika, praktek pembelajaran di sekolah, kelompok bidang keahlian aljabar, analisis, statistika, dan komputasi.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan program studi Pendidikan sejarah dapat menjadi matematika di sekolah SMP dan SMA/SMK, menjadi Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal (bimbingan belajar, les privat, lembaga kursus, dan lain‐lain), Peneliti di bidang pendidikan matematika, Penulis buku matematika.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UNY, UPI, UM, UNJ, UNNES, UNESA, UJEB, UNTAN, UNTAD, UNSYIAH, UNS, UPATTI, UNP, UNIMED, UNMAD, UNM, UNG, UNRAM, UNILA, UNLAM, UNSRI, UIN‐SH, UIN‐SUKA
PTS : UST, UNPAS, UPH, UKI, UKSW, UM‐Hamka, UM‐Jember, dsb

15.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN FISIKA

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program Pendidikan Fisika menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Fisika untuk tingkat pendidikan menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1). Tujuan Program studi Pendidikan Fisika adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional serta mampu membangun pembelajaran berbasis ICT, mampu berwirausaha dalamg bidan pendidikan maupun bidang non kependidikan, serta mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan fisika.

Seiring dengan perkembangan zaman Program studi Pendidikan Fisika sekarang telah berkembang sangat pesat dengan memfokuskan pada pendidikan berbasis ICT.

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusannya banyak bermanfaat dan diserap dalam dunia kerja baik kependidikan maupun non kependidikan. Dapat menjadi guru Fisika di sekolah SMP dan SMA/SMK, menjadi Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal (bimbingan belajar, les privat, lembaga kursus, dan lain‐lain), Peneliti di bidang pendidikan matematika, Penulis buku matematika.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNY, UPI, UM, UNJ, UNNES, UNESA, UJEB, UNTAN, UNTAD, UNSYIAH, UNS, UPATTI, UNP, UNIMED, UNMAD, UNM, UNG, UNRAM, UNILA, UNLAM, UNCEM, UNIB, UIN‐Alauddin.
PTS : UAD, UST, UKSW, UM‐Hamka, UM‐Purworejo, dsb. (bisa lihat situs : ban‐pt.kemdiknas.go.id atau pts‐online.com)

16.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN KIMIA

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ini menyiapkan calon pendidik di bidang kimia yang memiliki empat kompetensi utama, yaitu paedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Penguasaan kompetensi tersebut bertujuan agar mereka dapat berperan sebagai pendidik di bidang kimia. Selama kuliah, selain dibekali hardskill, juga softskill melalui kegiatan baik intra maupun ekstrakurikuler. Gambaran mata kuliah yang dipelajari meliputi mata kuliah pengembangan kepribadian, mata kuliah keilmuan dan keterampilan, mata kuliah keahlian berkarya, mata kuliah perilaku berkarya serta mata kuliah berkehidupan bermasyarakat. Program Studi Pendidikan Kimia menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi.

B.PROSPEK LULUSAN :

Bekerja di bidang pendidikan kimia dan pengelola di lembaga pendidikan. Di bidang pendidikan baik sebagai guru atau dosen di berbagai sekolah atau Perguruan Tinggi, instruktur/widyaiswara di lembaga pendidikan dan pelatihan, birokrat ataupun sebagai pengelola lembaga pendidikan. Selain itu, dapat berkarya sebagai praktisi dan analis pada berbagai industri, peneliti, teknisi di laboratorium, bekerja di industri farmasi, dll.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UNY, UPI, UM, UNJ, UNNES, UNESA, UNTAD, UNSYIAH, UNS, UPATTI, UNPAL, UNDANA, UNIMED, UNMAD, UNM, UNG, UNRAM, UNILA, UNILAM, UNJAM, UNCEN, UIN‐SK, UNIB.
PTS : UAD, UST, UKSW, UM‐Hamka, UM‐Purworejo, dsb. (bisa lihat situs : ban‐pt.kemdiknas.go.id atau pts‐online.com)
 

17.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN BIOLOGI

A.DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan biologi dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang pengajaran biologi untuk tingkat pendidikan dasar sampai menengah bahkan tinggi dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1) yang unggul, profesional, terampil, dan peka terhadap konservasi lingkungan dan sosial‐budaya. Kompetensi lulusannya mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang pendidikan biologi, dan mampu menguasai konsep teoritis bidang pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusannya banyak bermanfaat dan diserap dalam dunia kerja baik kependidikan maupun non kependidikan. Dapat menjadi guru Fisika di sekolah SMP dan SMA/SMK, menjadi Fasilitator di Lembaga Pendidikan non formal (bimbingan belajar, les privat, lembaga kursus, dan lain‐lain), Peneliti di bidang pendidikan matematika, Penulis buku matematika.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
PTN : UPI, UM, UNJ, UNTAD, UNSYIAH, UNS, UNPATTI, UNPAL, UNDANA, UNY, UNESA, UNNES, UNP, UNIMED, UNMAD, UNM, UNG, UNRAM, UNILA, UNLAM, UJEB, UIN‐SH, UNCEN
PTS : UAD, UST, UKSW, UM‐Hamka, UM‐Purworejo, dll

18.PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN EKONOMI

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Tujuan Program Studi Pendidikan Ekonomi ini adalah untuk menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional di bidang akuntansi, manajemen, dan bidang ekonomi/koperasi. KomPetensi Lulusan Program Studi Pendidikan ekonomi memiliki :

1.Melaksanakan tugasnya sebagai guru yang profesional dalam bidang ekonomi, dalam arti menguasai materi agar secara mendalam mampu mengelola pembelajaran di sekolah : SLTP, SMU/MA, dan juga SMK. secara bermakna
 
2.Mengembangkan Ekonomi sebagai ilmu dan bidang kajian untuk kepentingan pembelajaran ataupun untuk pengembangan ilmu terutama politik, hukum, dan ekonomi melalui kegiatan penelitian.

3.Mengamalkan ilmu dan ketrampilan yang dimiliki serta responsif dan antisipatif terhadap berbagai persoalan moral dan ysoasraiaklamt.as

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan Program Studi umumnya bekerja sebagai guru ekonomi di SLTP, SMK, dan SMU swasta maupun negeri dan tersebar di seluruh Indonesia. Lulusan juga banyak yang bekerja di lembaga konsultan manajemen/perpajakan, kantor akuntan publik, perbankan, perusahaan manufaktur, perusahaan jasa, dan lain‐lain

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UPI, UM, UNJ, UNTAN, UNSYIAH, UNSRI, UNS, UNRI, UNPATTI, UNY, UNESA, UNP, UNMAD, UNG, UNMUL, UJEB, UNLAM, UNILA PTS : USD, UKSW, UNPAS, UP Ganehsa, UM‐Hamka Jkta, dll

19.PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI PENDIDIKAN

A.DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan teknologi pendidikan dengan Kompetensi utama lulusan ini menjadi penggembang kurikulum dan teknologi pendidikan serta pendidik dan tenaga kependidikan yang mampu mengembangkan kemampuan belajar mandiri ditunjang oleh daya kritis, kreatif, inovatif, professional. Lulusan program studi ini dapat menjadi :

1.Pengelola pembelajaran:geMloelankegiatan belajar pada berbagai satuan pendidikan, Menganalisis kurikulum.

2.Agen Perubahan : Menyebarluaskan pemanfaatan sumber belajar, Menganalisis kebutuhan belajar peserta didik.

3.Pengelola Sumber Belajar : Mengembangkan dan mengelola media pembelajaran dan sumber belajar.

4.Pengelola Teknologi Kinerja: Mengelola peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia pada organisasi belajar, Mengelola pengetahuan g(kenowledmanagement).

B.PROSPEK LULUSAN :

Lulusan program Studi dapat bekerja di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Teknologi Komunikasi Perpustakaan Sekolah, Balai Penegembangan Multi Media, Balai Diklat BPN, Dinas Pendidikan Kab/kota, Dinas Pendidikan Propinsi, Guru TIK, Lembaga Kursus, dsb.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI 
PTN : UNJ, UM, UNNES, UNESA, UNY, UPI, UNIMED, UNM, UNP
PTS : IKIP‐Mataram, UM‐Makasar, Univ. Veteran, dsb

20.PROGRAM STUDI : MANAJEMEN PENDIDIKAN

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan manajemen pendidikan dengan tujuan :

1.Menghasilkan manajer yang mampu melaksanakan tugas‐tugas bidang manajemen pada instansi dan lembaga pendidikan serta lembaga pengembangan sumber daya manusia yang dilandasi oleh etika dan nilai‐nilai luhur budaya Indonesia.
 
2.Menghasilkan   staf   pengelola   pendidikan   dnitorka pendidikan formal dan non formal.
 
3.Menghasilkan tenaga administratif (tata usaha) pada pendidikan formal dan non formal.

4.Menghasilkan tenaga yang mampu mengidentifikasi, merumuskan dan mendesain sistem pendidikan serta mengaplikasikannya.

5.Menghasilkan tenaga yang mampu mensinergikan kebijakan pendidikan dengan kondisi riil satuan pendidikan dalam rangka improvisasi pendidikan.

B.LULUSAN :

Lulusan program Studi dapat bekerja di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Teknologi Komunikasi Perpustakaan Sekolah, Balai Penegembangan Multi Media, Balai Diklat BPN, Dinas Pendidikan Kab/kota, Dinas Pendidikan Propinsi, Guru TIK, Lembaga Kursus, dsb.

C.DIREKTORI PERGURUAN TINGGI
UNJ, UNY, UNPAL, UIN‐SH
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Jenis program studi bidang pelayaran, perikanan, administrasi, pendidikan"