Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makanan khas Klaten yang wajib Anda coba

Blog Orang IT - Jika mendengar Kota Klaten, pasti Anda langsung teringat dengan Jogja. Yaps, Klaten merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Jogja. Klaten sendiri terletak di bagian timur kota Jogja yang dekat dengan Candi Prambanan. 

Oleh karena itu, saat berada di Kota Jogja akan semakin lengkap jika Anda singgah di kota ini. Ragam makanan khas Klaten maupun destinasi wisata menarik siap memanjakan mata dan memuaskan hasrat untuk kulineran.

Jika Jogja terkenal dengan kuliner manis, maka Klaten lebih mengedepankan cita rasa gurih yang bakal bikin nagih. Sebut saja olahan berbahan dasar ayam, ikan, bebek sampai kuliner unik berbahan dasar katak bisa Anda coba. 

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencari referensi kuliner khas Klaten berikut rekomendasi makanan dari Kuliner Kota Klaten yang wajib Anda coba.

1. Bebek Bacem

Bebek Bacem

Olahan bebek memang sudah banyak tersebar di Indonesia, namun jangan salah karena olahan bebek khas Klaten ini wajib Anda coba. Bebek Bacem, merupakan makanan khas Klaten yang dimasak dengan cara direbus serta dibumbui menggunakan gula Jawa. 

Tidak cukup sampai disitu Bebek Bacem khas Klaten ini juga digoreng sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa manis dan gurih yang bakal bikin Anda ketagihan. 

Selain itu, untuk mendapatkan kuliner Kabupaten Klaten ini juga cukup mudah karena dijual diberbagai tempat makan yang tersebar di seluruh kota. Harganya juga terjangkau lho. Anda cukup menyiapkan budget sekitar Rp30.000/porsi untuk menikmati olahan Bebek Bacem yang nikmat ini. 

Jadi, tertarik icip-icip Bebek Bacem saat singgah di kabupaten Klaten?

2. Ayam Bakar Khas Klaten 

Ayam Bakar Khas Klaten

Bagi Anda pecinta olahan ayam, makanan khas Klaten ini bakal jadi menu favorit, Ayam Bakar. Yaps, berbeda dari ayam bakar di daerah lainnya, ayam bakar satu ini diolah menggunakan bumbu gula merah dan santan cair. 

Cita rasanya yang nikmat dengan aroma bakaran yang khas sukses bikin Anda ketagihan untuk menyuap lagi dan lagi. Apalagi menikmatinya bersama sambal terasi? Bikin perpaduan yang sempurna antara empuknya daging ayam kampung, bumbu rempah, aroma bakaran yang khas serta cita rasa pedas yang nampol banget. 

Jadi, tertarik mencoba kuliner Klaten yang bakal bikin Anda lupa diet ini?

3. Sego Wiwit

Sego Wiwit

Memiliki nama yang cukup unik, Sego Wiwit merupakan salah satu kuliner khas Klaten yang wajib Anda coba. Sego wiwit merupakan salah satu makanan khas Klaten yang muncul dalam tradisi sedekah bumi. 

Dimana kuliner ini disajikan dalam acara selamatan untuk merayakan hasil panen. Namun Anda tidak perlu menunggu saat momen panen tiba untuk menikmati makanan khas Klaten ini, karena Anda bisa menjumpainya di berbagai depot makanan di Kabupaten Klaten.

Dalam satu porsi Sego Wiwit sendiri, Anda akan mendapat sayuran, lalapan, dan berbagai macam lauk dalam porsi besar. Meskipun porsinya bakal bikin Anda kenyang, tapi harganya nggak bakal bikin kantong tipis. 

Karena cukup dengan Rp10.000 saja, maka anda sudah bisa menikmati olahan makanan yang satu ini. Jadi, mau mencoba kelezatan Sego Wiwit sebagai menu makan siang saat di Kabupaten Klaten?

4. Sego Gudangan

Sego Gudangan

Jika Anda sedang bingung mencari menu sarapan saat berada di Kabupaten Klaten, maka Sego Gudangan bisa jadi pilihannya. Sego Gudangan merupakan sebutan untuk nasi urap, dimana dalam satu porsinya berisi nasi yang disajikan bersama acar, sayuran segar, bubuk kacang, saus tempe serta parutan kelapa. 

Perpaduan cita rasa gurih yang khas dalam setiap suapan Sego Gudang bakal bikin Anda ketagihan mencobanya berulang kali.

Selain nikmat, Sego Gudangan juga terjangkau. Cukup dengan mengeluarkan budget mulai dari Rp3.000 saja maka Anda sudah bisa menikmati kelezatan makanan khas Klaten ini. Jika tertarik mencicipi bagaimana kelezatan kuliner ini, Anda bisa datang ke salah satu tempat makan Sego Gudangan yang tak pernah sepi pembeli, Sego Gudangan Bu Muji namanya. Lokasi tempat makan satu ini berada di Kompleks Masjid Raya Nomor 18. 

Jadi, tertarik untuk mampir dan mengisi perut sebelum mengexplore keindahan Klaten disini?

5. Nasi Tumpang Lethok

Nasi Tumpang Lethok

Tidak hanya sego gudangan yang bisa jadi menu sarapan saat berada di Kabupaten Klaten, Nasi Tumpang Lethok juga tak kalah nikmat untuk dijadikan solusi menu sarapan pagi. 

Nasi Tumpang Lethok merupakan salah satu panganan khas klaten dimana Anda akan mendapat satu porsi nasi yang terdiri dari nasi putih, telur rebus, sayuran serta sambal tumpang khas Klaten. Sambal tumpang ini berbahan dasar fermentasi tempe sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat.

Untuk mendapatkan kuliner khas Klaten ini juga cukup mudah lho sobat. Anda bisa menemukannya di berbagai tempat makan yang tersebar di Kabupaten Klaten. Salah satu tempat yang terkenal dengan Nasi Tumpang Lethok yang nikmat adalah Warung Mbak Riyanti di daerah Jalan Mayor Kusmanto

Disana Anda tidak hanya bisa menemukan Nasi Tumpang Lethok, tapi juga berbagai menu tambahan lainnya seperti krecek, koyok sapi, urap dan berbagai menu lain yang siap menggoyangkan lidah.

6. Goring Klaten

Goring Klaten

Makanan wajib lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Kota Klaten adalah Goring. Goring Klaten merupakan makanan khas yang terdiri dari tempe dan tahu yang digoreng lalu ditambahkan dengan mie kuning serta sayuran seperti tomat, tauge dan kol. 

Tidak cukup sampai disitu, Goring Klaten juga disajikan dalam sebuah mangkuk dengan tambahan kuah, taburan kacang goreng serta seledri yang dicincang, cabai rawit dan juga timun. 

Rasanya yang gurih, segar dan nikmat sukses bikin Anda ketagihan menyuap lagi dan lagi. Jadi, tertarik untuk mencoba kelezatan Goring Klaten?

Nah, itu dia 6 makanan khas Klaten yang wajib Anda coba. Cita rasanya yang khas, serta harganya yang terjangkau membuat Kabupaten Klaten wajib menjadi tempat tujuan Anda saat berada di Jawa Tengah. 

Jadi, tertarik untuk mampir dan mencoba kelezatan semua kuliner khas Klaten diatas?

Guest post dari kulinerkota.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "6 Makanan khas Klaten yang wajib Anda coba"