Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perusahaan ini Implementasi Sistem IT di Industri Laundry

Profil Perusahaan tersebut

Implementasi Sistem IT di Industri Laundry
Perusahaan yang dimaksud adalah QnC Laundry yaitu sebuah perusahaan di industri laundry yang berdiri pada tahun 2010 di Makassar dimana QnC Laundry berfokus kepada layanan laundry kiloan & satuan dengan harga dan layanan premium. 

QnC Laundry sampai saat ini sudah memenangkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional seperti Indonesia Best Practice Laundry Award 2018, Master Brand Award 2016 & 2017 serta penghargaan internasional dari CINET (komite internasional tekstil) menempatkannya sebagai salah satu perusahaan laundry terbaik di Indonesia dan memiliki chain laundry terluas di Makassar.

Implementasi sistem IT oleh QnC Laundry

Umumnya sebuah usaha laundry masih merencanakan dan mengeksekusi usahanya dengan metode yang konvensional. Pada dasarnya memang perencanaan dan eksekusi secara konvensional masih relatif cukup untuk menjalankan usaha laundry. 

Namun, tanpa adanya inovasi dan usaha untuk menaikkan standar usaha laundry maka usaha laundry tersebut tidak akan dapat berkembang. Dibutuhkan suatu inovasi baik dari sisi proses operasional, implementasi sistem IT atau inovasi lainnya.

QnC Laundry menyadari bahwa dalam industri laundry sudah ada terlalu banyak usaha laundry yang mirip antar satu sama lain tetapi belum ada satu usaha laundry yang sangat menonjol di pasar sehingga munculnya perang harga antar pengusaha laundry dan pelanggan belum ada merek yang menjadi favorit. 

QnC Laundry pun memulai operasional usahanya seperti usaha laundry pada umumnya terlebih dahulu dengan sistem IT yang relatif sederhana untuk operasional yaitu implementasi POS dalam usahanya serta pengumpulan serta analisis data secara terpusat dan serba digital yang dikumpulkan dari operasional usaha serta riset kepada pelanggan dan pengusaha laundry.

Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan tersebut, QnC Laundry menganalisis data tersebut dan memutuskan untuk membuat dan mengimplementasikan sistem IT untuk seluruh kegiatannya dengan alasan dimana untuk memiliki usaha yang scalable maka QnC Laundry harus mengubah fokus dari bergantung kepada kualitas tenaga kerja yang sulit distandarisasi menuju kualitas sistem yang jelas, efektif dan reliable. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsistensi, kualitas, reliability layanan dalam menanggulangi dan mencegah risiko seperti cucian pelanggan yang hilang atau tertukar serta implementasi fraud detection di dalam perusahaan sehingga bisa menurunkan biaya perusahaan dan mempermudah pengambilan keputusan.

Jadi inti dari inovasi adalah kita harus pertama mempersiapkan infrastruktur (fondasi) dimana kita dapat mengumpulkan data dan informasi yang relevan dan akurat. Baru kita analisis data tersebut sehingga kita bisa menentukan apa masalah yang kita, pelanggan dan pengusaha lain hadapi dan jadikan hal tersebut dasar untuk berinovasi sehingga usaha kita bisa melebih usaha lainnya.

Kondisi QnC Laundry saat ini

QnC Laundry saat ini telah berhasil untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem ITnya bahkan bisa direplikasi untuk usaha laundry lainnya. Sistem IT QnC Laundry saat ini sifatnya end-to-end, mulai dari pemesanan pelanggan baik offline maupun online sampai pengantaran cucian kembali atau diambil pelanggan dan marketing intelligence. 

Selain itu, salah satu inovasi QnC Laundry adalah mengimplementasi sistem cucian direkam pada setiap proses untuk setiap pemesanan sehingga QnC Laundry dapat menurunkan risiko pakaian hilang atau tertukar serta dapat menanggulangi kesalahan tersebut jika terjadi.

Waralaba QnC Laundry

Pada tahun 2020 ini, QnC Laundry mulai giat menawarkan sebuah peluang waralaba usaha laundry kiloan untuk semua calon investor di Indonesia. Waralaba ini berbeda dengan waralaba pada umumnya dimana QnC Laundry berfokus kepada kerjasama jangka panjang yang dapat dilihat dari komitmen QnC Laundry berupa pembatasan kuota waralaba berdasarkan jarak dan level kota, dukungan usaha laundry kiloan secara komprehensif, serta pemberian buah pengalaman QnC Laundry selama 10 tahun ini.

Waralaba QnC Laundry memberikan dukungan mulai dari pelatihan karyawan dan manajemen, koneksi supplier untuk bahan baku laundry serta konsultasi untuk usaha laundry investor. 

QnC Laundry juga memberikan investor akses kepada inovasi yang memungkinkan QnC Laundry memenangkan berbagai penghargaan yaitu sistem IT end-to-end (dari pemesanan sampai marketing intelligence) sampai sistem operasional dan SOP yang jelas (mulai dari resepsionis sampai driver). 

Semua proses bisnis QnC Laundry memiliki SOP yang jelas dan sudah terintegrasikan dengan sistem IT. 

Waralaba QnC Laundry dapat dibagi menjadi 2 yaitu usaha laundry tanpa mesin (outlet) dan komplit (workshop). Semua paket waralaba QnC Laundry sudah mencakup semua kebutuhan fisik yang dibutuhkan investor untuk memulai usahanya baik itu peralatan, renovasi dan kebutuhan lainnya serta dukungan dan penyediaan layanan yang disebutkan sebelumnya. 

Waralaba outlet kecil dapat dibanderol mulai dari Rp 30 juta sedangkan untuk workshop kecil mulai dari Rp 61 juta (nilai investasi menyesuaikan kesepakatan final) dimana peralatan dan mesin bisa disediakan QnC Laundry atau boleh juga investor mencari sendiri. Pilihan waralaba ini juga dapat dicicil dengan dan tanpa kartu kredit pada platform Blibli.com.

Untuk informasi lebih lanjut, boleh hubungi saya di 087771829093 atau jasonsu911@gmail.com. Bisa juga cek website kita di www.qnclaundry.net untuk informasi tentang QnC Laundry dan juga waralabanya.
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Cara Perusahaan ini Implementasi Sistem IT di Industri Laundry"