Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran ID Card/kartu nama standar , internasional serta fungsinya

Blog Orang IT – Id Card merupakan kartu identitas yang berisi data diri. Seperti foto, nama, jabatan atau posisi. Kartu identitas biasanya juga dilengkapi dengan logo atau nama perusahaan. Id Card buka hanya menjadi bagian dari kartu identitas bagi para karyawan saja. Tetapi Id Card memiliki arti sendiri dalam mendukung formalitas dan image perusahaan. 

Ukuran ID Card/kartu nama standar

Berikut Jenis, Fungsi dan Macam-Macam Id Card Internasional yang dilansir dari perpustakaan online.

Jenis Ukuran ID Card Secara Umum

Id Card menjadi salah satu tanda pengenal yang sering digunakan dalam dunia kerja. Ukuran Id Card yang sesuai membuat kartu ini ramah penyimpanannya. Para pemilik id card dapat dengan mudah menyimpannya di dompet seperti kartu pada umumnya. Ada juga pemilik id yang menggunakan tali atau jepitan di saku kanan maupun kiri untuk menunjukkan dirinya sebagai karyawan dari perusahaan tersebut.

Seiring perkembangan zaman, id card memiliki fungsi dan peranan yang lebih luas lagi. Id Card berfungsi pada sebuah organisasi yang berguna sebagai tanda pengenal panitia acara. Kualitas dari id card bisa Anda lihat dari desain kartu identitas tersebut. Ketika mengadakan acara yang besar, tentu id card dibuat tidak dengan desainer di bawah standar dan begitu juga pada ruang lingkup percetakannya. 

Ada beberapa Jenis Ukuran ID Card Secara Umum yaitu :

1. ID – 1

ID – 1 berukuran 85.60 mm x 53.98 mm dimana setiap sudutnya bulat dengan ukuran sesuai standar. Jenis id card yang pertama ini sering digunakan untuk debit card, kartu atm, id panitia, kartu nama dan sebagainya.

2. ID – 2

ID – 2 berukuran 105 mm x 74mm. Jenis ukuran kartu biasanya digunakan dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. ID – 3

ID – 3 berukuran 125 mm x 88 mm. Jenis kartu ini biasanya digunakan untuk kartu passport dan visa.

4. ID – 4 atau ID – 000

ID -4 berukuran 25 mm x 15 mm. Ukuran kartu ini berfungsi untuk kartu SIM dengan ciri khas memiliki sudut yang terpotong. 

Fungsi ID Card

Salah satu Fungsi ID Card yaitu memberikan kesan formal dan rapi kepada setiap rekanan maupun konsumen. Kesan formal dan rapi tersebut akan menciptakan kesan positif pada suasana kerja. Selain itu, Id Card menjadi salah satu jalan alternatif untuk memudahkan seseorang mengenal dan meminta bantuan kepada karyawan sesuai dengan divisinya. Pada Id card biasanya sudah tertera divisi bagian apa ia bekerja.

Penggunaan Id card yang lengkap dengan bagian divisi akan memudahkan dalam membedakan dan memisahkan antara karyawan dan nono karyawan maupun tingkatan karyawan. Hal tersebut akan mempermudah dalam menjaga keamanan dan terhindarnya dari penyusupan serta hal-hal yang tidak diinginkan.

Id card berfungsi juga sebagai absensi. Setiap id card pada sebuah perusahaan biasanya sudah dilengkapi dengan barcode untuk mempermudah dalam absensi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kini banyak ditemukannya kartu magnetik untuk mempermudah segala urusan menjadi lebih praktis. Misalnya kartu ATM, kartu akses buka pintu dan sebagainya.

Selain itu, hadirnya Id Card akan memudahkan direksi atau karyawan satu sama lain  mengenal nama divisi dan nama yang bersangkutan secara tepat. Kini Id Card juga digunakan untuk penerapan acces control seperti hanya id card karyawan-karyawan tertentu saja yang dapat masuk ke ruangan.  

Ukuran ID Card Pada Kartu Nama

Kartu nama merupakan salah satu tanda pengenal berisi identitas diri dan pekerjaan. Kartu nama ini digolongkan dalam ID card lunak yang biasanya digunakan untuk melancarkan sesuatu bisnis. Adanya kartu nama akan mempermudah menjalin relasi dan komunikasi. Karena didalam kartu nama pasti tercantum email dan nomor yang dapat dihubungi. 

Seseorang yang memiliki kartu nama rata-rata merupakan orang penting seperti jajaran manager, direktur, dan CEO. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang ada dibawahnya pun memilikinya. Ukuran ID Card Pada Kartu Nama yaitu berukuran 90 mm x 55 mm atau 80 mm x 53 mm. Sebelum di cetak, kartu nama biasanya dirancang dalam bentuk pixel yaitu  1063 x 650 menyesuaikan dengan 300 dpi.

Ukuran ID Card Standar Indonesia dan Negara Lainnya

Setiap negara di dunia tentu akan memiliki standar ukuran id cardnya masing-masing atau berbeda-beda. Setiap negara pun memiliki ciri khasnya sendiri dalam mengatur ukuran id card. Seperti halnya dengan Ukuran ID Card Standar Indonesia dan Negara Lainnya.  Berikut ini beberapa ukuran standar pada masing-masing negara.
  •  Ukuran 90 mm x 54 mm : China, Malaysia, Singapura, Hongkong
  •  Ukuran 85 mm x 55 mm : Indonesia, India, Norwegia, Sweden, Taiwan, Denmark, Australia, Colombia, Vietnam, New Zealand, dan negara-negara Eropa
  •  Ukuran 91 mm x 55 mm : Jepang
  •  Ukuran 89 mm x 51 mm : Belanda, Amerika, Kanada
  •  Ukuran 90 mm x 50 mm : Hungaria, Republik Ceko
  •  Ukuran 85 mm x 55 mm : Italia, Perancis, Inggris, Spanyol

Ukuran ID Card Standar Internasional

ID card yang merupakan kartu tanda pengenal ini memiliki ukuran standarnya masing-masing. Id card juga memiliki ukuran berdasarkan dengan standar internasional. Karena ID berbentuk kartu, tentu ukurannya cenderung kecil agar dapat disimpan atau diletakkan dengan mudah. Ada beberapa ukuran untuk id card standar internasional.

Id Card 000

Id Card 000 disebut juga ID Card atau tiper CR80. Tipe ukuran Id card yang satu ini merupakan standar kecil dari ISO dengan dimensi 15 mm x 25 mm. Ciri khas dari Id card yaitu berukuran kecil dengan salah satu sudutnya terpotong 3 mm. Ukuran Id card digunakan untuk standar pembuatan chip, kartu seluler maupun identitas dengan basis data digital.

Id Card 1 

Id Card 1 sering digunakan untuk membuat kartu identitas seperti KTP, SIM, BPJS, kartu debit, kredit hingga kartu pers. Selain itu, ukuran Ukuran ID Card Standar Internasional tipe ini sering dijadikan sebagai tag organisasi, kartu mahasiswa dan kartu nama. Ukuran Id card 1 ini berukuran 85.60 mm x 53.98 m.

Id Card 2

Ukuran Id Card 2 yaitu 105 mm x 74 mm menjadi salah satu tipe id card yang kepopulerannya terbatas pada beberapa negara. Bahkan id card tipe ini sudah mulai ditinggalkan. Karena pada kenyataanya ukuran id card ini sangat tidak praktis dalam penyimpanannya. 

Id Card 3

Id Card 3 berukuran 125 mm x 788 mm sering digunakan sebagai kartu tanda penduduk di beberapa negara. Seperti Luxemburg, Jerman dan Kroasia. Tipe ini biasanya juga menjadi patokan dalam ukuran paspor dan visa negara di dunia. Namun dimensi id card 3 yang cukup besar dianggap tidak praktis dalam menyimpannya. 

Ukuran Id Card setiap negara berbeda-beda termasuk Indonesia. Berbagai ID Card diciptakan untuk mempermudah segala urusan manusia untuk menjadi lebih cepat dan praktis. Meskipun terkadang beberapa ukuran Id card dirasa kurang praktis

......helmykediri.com
Helmy Kediri
Helmy Kediri Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendokan orang tuanya

Posting Komentar untuk "Ukuran ID Card/kartu nama standar , internasional serta fungsinya"