Skip to main content

Bagaimana cara mengecek bog/website valid AMP atau tidak?

Selamat Datang di Blog Orang IT. Beberapa kali saya menemukan Blog dengan Ekstensi Blogger yang menggunakan Theme AMP tujuannya adalah untuk meningkatkan Kecepatan Loading Website ketika dibuka pada perangkat mobile dan meningkatkan peringkatnya dipencarian seluler

AMP sendiri adalah fitur yang memungkinkan halaman blog bekerja secara Mobile Friendly, dan sangat direkomendasikan bagi anda yang sebagian besar pengunjungnya berasal dari perangkat Android, IOS, dan semacamnya. Hal ini akan membuat Blog anda terlihat lebih unggul dibanding Blog pada umumnya dari sisi kecepatan saat pemuatan halaman

Apa Itu AMP ?

AMP (Accelerate Mobile Pages) adalah Fitur dimana Kecepatan Loading Website anda akan dipush dan dipercepat dengan mengurangi beberapa Source yang memperlambatnya.

Dengan ini anda tidak perlu khawatir pengunjung anda akan terganggu karena Kecepatan Loading Website yang lambat, serta membuat anda kehilangan posisi SERP di Google Penelusuran.

Kelebihan Blog AMP

Blog dengan fitur AMP memiliki kelebihan tersendiri, yang salah satunya adalah meningkatkan Kecepatan Loading Website dengan cara menunda Source atau Element yang memperlambat Loading Website anda.

Beberapa diantaranya adalah salah satu Alasan Kenapa anda harus menggunakan Blog Valid AMP (Accelerate Mobile Phone).

1. Meningkatkan SEO Blog

SEO (Search Engine Optimizer) sampai sekarang masih menjadi perbincangan hangat dan juga pembahasan, baru - baru ini juga Google telah mengupdate Algoritmanya yang berdampak pada Menurunnya Pengunjung atau turunnya Traffic untuk beberapa Artikel blog di Mesin Penelusuran Google.

Salah satu faktor yang bisa dikaitkan dengan SEO adalah Kecepatan Loading Website dan Juga Readibility suatu website yang mengacu pada "Bagaimana mengoptimalkan Kecepatan Website" dan jawaban tersebut bisa dijawab dengan Blog yang mengadopsi AMP salah satunya.

2. Meningkatkan Traffic Blog

Blog yang memiliki kecepatan loading website snagat cepat akan mendapat prioritas di Mesin Penelusuran Google, hal inilah yang membuat anda akan mendapat dorongan Traffic sesuai dengan Apa yang telah anda usahakan.

Fitur ini juga telah menjadi Trend dan menjadi salah satu keharusan bagi beberapa Situs khususnya situs - situs besar seperti Liputan 6, Kompas dan sebagainya.

3. Artikel Lebih Mudah Pageone

Kenapa begitu ? Halaman yang di optimasi dengan Kecepatan dan SEO Onpage yang baik, pastinya memiliki peluang menempati peringkat Page one lebih besar dari pada Artikel yang dibuat secara asal - asalan kemudian di publish dan tidak tahu Bagaimana cara optimasinya.

Salah satu contoh Optimasi halaman artikel yang baik adalah menggunakan Theme Valid Amp, agar Lebih cepat terindeks dan Meningkatkan ranking SERP di Penelusuran Google.

Selain dari itu, ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui yakni Menerapkan Fitur AMP theme di Blog dengan Platform Wordpress sangatlah mudah karena pengguna tinggal menginstall plugin. Tapi bagaimana dengan Platform Blogger ?

Saya sendiri merasakan perbedaan yang sangat Singnifikan, dari menggunakan theme yang tidak valid amp sampai menggunakan theme yang umumnya valid AMP salah satunya Blog saya yakni Javasiana.com 

Tetapi dengan beberapa pelajaran yang saya terima akhirnya saya mampu dan sampai sekarang tidak ada masalah yang membuat saya harus kesusahan dalam sudah mengotak - atik theme saya supaya Valid AMP.

Adapun Untuk Mengecek apakah Blog anda Valid AMP atau Tidak, anda bisa menggunakan 2 Cara dibawah ini.

Cara Cek Blog Valid Amp

Tujuan anda menggunakan Theme Valid AMP adalah untuk meningkatkan Kecepatan Website khususnya untuk pengguna Mobile Version. Oleh karenanya berikut adalah tata cara cek Blog Valid AMP atau Tidak dengan Benar.

1. Buka Ekstensi Penelusuran anda (Chrome, Uc dan Semacamnya).
2. Selanjutnya Buka halaman berikut ini https://validator.ampproject.org/
3. Lalu copy dan paste url artikel atau blog tersebut.
4. Terakhir klik Cek.
5. Maka selanjutnya akan terdapat Informasi apakah Blog Valid amp atau tidak.

Cara Cek Blog/Website Valid AMP

Selain cara diatas anda juga bisa menggunakan Cara kedua berikut ini untuk mengetes atau mengecek apakah Blog anda Valid AMP atau Tidak menggunakan Tools Google sendiri, Berikut adalah panduannya.

1. Buka halaman berikut ini https://search.google.com/test/amp
2. Lalu copy link contoh https://www.javasiana.com lalu paste di kotak yang telah disediakan.
3. Selanjutnya klik Cek.
4. Lewati Kode Recaptcha.
5. Terakhir akan terlihat apakah Blog Valid AMP atau Tidak.

Halaan valid AMP

Baca Juga: Istilah DA, PA, TB, QB, PQ, MT, SS dan Penjelasannya

Demikian artikel kali ini kami sajikan untuk anda, selanjutnya jika ada beberapa hal yang mungkin perlu ditanyakan silahkan Gunakan Kolom Komentar dibawah ini.

Kiriman artikel dari penulis tamu.. thanks 😀
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber (gak pake sumber gak berkah). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb

Buka Komentar
Tutup Komentar