Skip to main content

Mencicipi 15 kuliner khas Banyumas yang manis dan lezat

Blog Orang IT- Banyumas merupakan Sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa tengah, Banyumas dikenal sebagai kota pendidikan karena banyak sekali sekolah-sekolah yang berada di banyumas dari mulai Paud hingga Perguruan tinggi.

Selain kota pendidikan banyumas juga dikenal sebagai kota semi wisata karena banyak sekali destinasi wisata yang terdapat di banyumas, Dan wisata yang paling terkenal adalah lokawisata Baturaden. Banyumas juga memiliki beberapa makanan khas yang memiliki cita rasa gurih sehingga banyak wisatawan asing berbondong-bondong untuk membeli oleh-oleh makanan khas banyumas.

Buat anda yang berkunjung ke banyumas dan ingin membeli oleh-oleh, admin akan memberikan beberapa rekomendasi oleh-oleh makanan khas banyumas yang wajib anda bawa pulang saat berlibur ke banyumas, cuss ini dia daftar Kuliner khas banyumasnya.

Daftar Kuliner khas Banyumas 


1. Getuk Goreng Sokaraja

Makanan khas banyumas yang pertama adalah Getuk Goreng Sokaraja, Berbeda dengan getuk goreng pada umumnya, getuk goreng sokaraja memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan lembut. Getuk Goreng Sokaraja terbuat dari olahan singkong yang dicampur dengan santan kelapa dan gula merah sehingga rasanya manis dan lezat.

Getuk Goreng Sokaraja
Getuk Goreng Sokaraja
Getuk Goreng Sokaraja pertama kali dibuat oleh bapak sanpringad  yang merupakan seorang pedagang nasi rames di sokaraja pada tahun 1918. Getuk Goreng sokaraja sangat digemari oleh berbagai kalangan karena rasanya yang sangat lezat, Jadi anda sangat rugi jika berkunjung ke Banyumas tetapi tidak mencoba Getuk Goreng sokaraja.

Getuk Goreng Sokaraja biasanya dijual dengan wadah yang terbuat dari anyaman bambu atau yang sering disebut dengan Besek atau Piti dan dijual dengan berbagai macam harga sesuai ukuran wadahnya. Untuk harga Getuk goreng sokaraja tidaklah mahal, Mulai dari 10 ribu rupiah anda sudah bisa mencicipi dan membawa pulang 1 buah wadah getuk goreng berukuran kecil.

Seiring berjalannya waktu, getuk goreng kini sudah memiliki beberapa varian rasa sehingga semakin menarik, berikut beberapa varian rasa getuk goreng sokaraja.
  • Varian Rasa cokelat
  • Varian rasa Strawberi
  • Varian rasa Vanila
  • Varian rasa Durian
  • Dan masih banyak varian lainya.
Anda bisa membeli Getuk goreng sokaraja di pusat oleh-oleh atau obyek wisata di banyumas, biasanya getuk goreng sokaraja juga dijual di pedagang-pedagang di lokawisata Baturaden.

2. Nopia atau Mino

Makanan khas banyumas yang selanjutnya adalah nopia atau yang sering disebut dengan mino, nopia adalah sebuah makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu yang diisi dengan gula merah di dalamnya.

Nopia atau Mino
Nopia atau Mino

Hampir mirip dengan Getuk goreng sokaraja, Nopia juga memiliki cita rasa yang Manis karena sama-sama berbahan dasar gula merah.  Proses pembuatan nopia juga cukup unik, yaitu dipanggang menggunakan tungku (Pawon) yang terbuat dari tanah liat serta menggunakan kayu bakar, sehingga sisi bagian bawah nopia akan berwarna sedikit kemerah-merahan.

Nopia sekarang sudah memiliki beberapa varian seperti isi cokelat, isi durian, isi nagka, dan sebagainya. Pokoknya dijamin maknyus deh, anda sangat rugi jika datang ke banyumas tetapi tidak mencoba makanan khas yang satu ini.

3. Mendowan khas banyumas

Siapa sih yang ngga kenal mendowan? mendowan merupakan makanan khas banyumas yang terbuat dari irisan tempe dan adonan tepung terigu yang sudah dicampur dengan bumbu khusus. Mendowan khas banyumas memiliki cita rasa asin dan gurih serta cocok sebagai teman malam anda sambil bersantai dan minum kopi, Selain itu mendowan juga bisa dijadikan lauk saat anda makan.

Mendowan khas banyumas
Mendowan khas banyumas
Bahan dan bumbu mendowan khas banyumas
  • Tepung terigu
  • Tempe khsusu mendowan
  • Tepung Beras
  • Tepung Tapioka
  • Daun bawang
  • Air
  • Garam
  • Minyak
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Merica
Untuk mendapatkan mendowan di banyumas bukanlah hal yang sulit, karena hampir di setiap wilayah pasti ada yang menjual mendowan. Di tempat wisata, di warung makan, dan di tempat-tempat jagongan pasti anda akan menemukan penjual mendowan.

Harga mendowan pun bervariasi, ada yang dijual dengan harga 500 rupiah hingga 2000 rupiah per 1 mendowan tergantung ukuran dan tempat anda membeli.

Buruan beli mendowan sekarang juga untuk teman malam anda, dan di barengi dengan segelas kopi hitam pasti akan terasa sangat nikmat.


4. Soto sokaraja

Selain terkenal dengan getuk gorengnya sokaraja juga masih memiliki makanan khas banyumas yang lainya, yaitu soto sokaraja.

Soto sokaraja
Soto sokaraja
Soto sokaraja berbeda dengan soto-soto yang lain karena soto sokaraja memiliki ciri khas dan citarasanya sendiri.

Soto sokaraja menggunakan ketupat yang di iris tipis-tipis dan menggunakan tambahan bumbu kacang sehingga membuat anda kenyang dan ketagihan karena rasanya yang sungguh luar biasa lezatnya.

Sambel kacang pada soto sokaraja bermacam-macam, kadang ada yang pedas dan kadang ada yang manis. Tergantung penjualnya mau membuat sambal kacang tersebut pedas atau tidak.

Ciri khas lain dari soto sokaraja adalah penambahan kerupuk cantir diatasnya yang bisa langsung anda nikmati bersamaan dengan sotonya, Penambahan kerupuk cantir akan menambah sensasi rasa gurih saat anda memakannya.

5. Es Badeg

Es badeg menjadi minuman yang populer di Banyumas, sesuai namanya es badeg terbuat dari badeg atau hasil dari tukang deres. Buat anda yang belum tahu apa itu badeg akan saya jelaskan sedikit, jadi badeg adalah air yang keluar dari pohon kelapa di bagian atas (Ares) Dan badeg juga merupakan bahan dasar untuk membuat gula merah atau Gula jawa.

Es Badeg
Es Badeg
Saat anda meminum badeg anda pasti terkejut dan terheran-heran karena rasanya yang tidak ada duanya, saat anda meminumnya anda akan merasakan sensasi Dingin, Segar, Manis, Dan semriwing.

Selain itu Badeg juga bisa dijadikan untuk obat atau untuk menjaga kesehatan badan, jadi badeg sangat baik bagi kesehatan.

Untuk membuat es badeg sangatlah mudah, anda hanya perlu menggodok atau memanaskan Air badeg, jangan kelamaan karena badeg akan mengental jika anda memanaskanya terlalu lama. Jika sudah panas atau sekiranya matang silahkan diamkan terlebih dahulu sampai dingin, lalu masukan ke wadah dan di campur dengan es.

6. Es Cau

Dan yang terakhir adalah Es cau, Es cau merupakan minuman yang terbuat dari daun cincau. Namun es Cau di Banyumas berbeda dengan es cau di daerah lain, Es cau di Banyumas terkenal dengan rasa manis dan lebih kental.

Es Cau
Es Cau
Rasa dari Es cau banyumas adalah manis, dingin, kenyal dan segar. Jadi sangat cocok diminum saat cuaca panas, atau saat anda sedang beristirahat sejenak.

Cara membuat Es Cau khas banyumas itu gampang-gampang susah, Susahnya di bagian pembuatan caunya karena terkadang cau tidak mau mengental sehingga dapat dikatakan gagal. Namun jika cau berhasil dibuat anda tinggal mencampurkanya dengan santan kelapa dan kemudian diberi atau masukan Es secukupnya, Oh iya hampir lupa anda juga harus membuat air manis yang terbuat dari gula merah yang dicampur dengan air agar Es cau anda berasa manis dan segar.

7. Jenang jaket

Oleh-oleh khas banyumas yang satu ini wajib anda bawa pulang ke rumah, namanya memang agak aneh yaitu Jenang Jaket dan menjadi makanan khas daerah banyumas dimana makanan jenang yang satu ini menawarkan citarasa manis nikmat karena dibuat dari bahan gula merah, santan kelapa dan beras ketan

Jenang jaket

Sesuai dengan namanya yaitu jenang jaket, dimana makanan ini dibungkus menggunakan kertas dalam takaran sekali suap. Harganya mulai dari Rp.18.500

Jenang Jaket menjadi makanan wajib dalam setiap acara pernikahan. Daerah yang terkenal sebagai produksi jenang jaket adalah mersi. Disana pengunjung bisa mencoba langsung jenang yang baru matang serta mengamati proses pembuatannya

8. Lanting

Makanan lanting sepertinya menjadi makanan khas hampir di semua daerah di indonesia termasuk banyumas, bentuk makanan ringan seperti angka 0 atau melingkar kecil-kecil dengan berbagai macam cita rasa mulai dari asin, manis, gurih, pedas.

Disebut lanting karena bentuknya yang mirip dengan anting-anting. Lanting terbuat dari bahan dasar singkong yang diberi bumbu khas sesuai pesanan , terutama yang paling saya sukai adalah rasa keju

9. Jalabia

Mungkin nama makanan jalabia terdengar asing di telinga anda namun sebenarnya tidak, makanan ini memiliki bentuk menyerupai donat dan dimasak dengan cara di goreng. Bahan dasarnya berasal dari olahan singkong atau ketela pohon

Jalabia menjadi makanan yang cocok di nikmati sambil ngopi di sore hari, untuk citarasanya sendiri bisa asin dan manis

10. Intil

Intil

Masih banyak olahan singkong atau ketela pohon yang menjadi makanan khas banyumas seperti intil. Cara membuatnya cukup mudah yaitu singkong diparut halus kemudian digabungkan dengan gula merah dan beberapa bumbu tambahan yang membuat citarasanya khas banyumas

11. Cemplung

Selanjutnya ada makanan khas banyumas yang lain yaitu cemplung. Seperti namanya cemplung yang dalam bahasa jawa artinya dimasukkan kedalam air (air nira dalam pembuatan gula merah)

Cemplung

Proses pembuatan cemplung hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mengerti cara membuat gula jawa. Tidak begitu sulit sebenarnya, mulai dari awal yakni merebus singkong atau degan (kelapa muda) kedalam air rebusan nira kelapa atau badeg

Karena di cemplungkan ke gula merah sudah pasti rasa dasar dari makanan ini semanis gula jawa

12. Kerupuk ampas tahu

Kerupuk yang satu ini terbuat dari ampas tahu atau lebih dikenal dengan sebutan ranjem. Dimasak dengan cara di kukus, di iris tipis , dijemur dan digoreng. Dominan rasanya adalah gurih

13. Buntil

Buntil merupakan salah satu makanan tradisional khas purwokerto yang terbuat dari daun singkong , daun pepaya atau daun talas.

Buntil

Proses pembuatannya dengan cara direbus kemudian diberi parutan kelapa muda secukupnya. Metode memasaknya cukup unik karena daun di ikat dan digulung lalu di rebus sampai matang

Karena kuahnya disajikan dengan kuah santan yang kental disertai bumbu gurih yang pedas, maka rasanya sangat nikmat.. anda wajib mencobanya ketika berkunjung ke banyumas 

14. Lumpia boom

Seperti namanya, lumpia boom memiliki ukuran yang besar dengan kulit lumpia yang agak kering, lezat dan enak saat dimakan

Lumpia boom disajikan dengan nasi atau cocolan sambal, harga mulai Rp.7.000/porsi

Lumpia boom memiliki berbagai varian isi seperti jamur , udang , jagung, bakso , ayam , cumi dan sebagainya. Makanan ini sangat populer khususnya di sekitaran komplek Universitas Jendral Soedirman

15. Sahoun

Sahaoun adalah makanan unik lainnya yang bisa anda temukan di purwokerto. Awalnya orang biasa menganggap Sahoun dibuat seperti bihun atau soun tetapi anggapan itu salah karena bahan dasar Sahoun adalah tepung beras aci yang dibuat sendiri dan disajikan dalam bentuk potongan

Sahoun

Teksturnya kenyal, dilengkapi irisan ayam yang nikmat serta bumbu tradisional, selain segar juga lezat. Harga mulai Rp.10.000/porsi

Oke gimana nih sekarang, sudah pada nyobain belum? Buruan cobain semuanya karena dijamin lezat dan nikmat semua deh pokoknya. Sambil jalan-jalan anda bisa mencari semua menu makanan dan minuman diatas kok, karena banyak pedagang-pedagang makanan khas diatas, tidak hanya di pusat oleh-oleh saja.

Artikel kiriman dari penulis tamu admin blog Webo-lovers 

Dipublikasikan dan disunting oleh helmykediri,
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Jangan lupa untuk mengulas blog ini lewat google my business Berikan ulasan

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber . Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar