Skip to main content

12 Tips SEO WordPress agar muncul dihalaman pertama


Jadi, Anda ingin membuat situs WordPress yang terlihat profesional dan membantu banyak orang dengan konten-konten yang hebat?

Kemudian pertanyaannya yang muncul selanjutnya adalah: bagaimana membuat orang-orang berdatangan kewebsite anda?

Salah satu cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung ke situs anda adalah berusaha meningkatkan peringkat halaman agar muncul di posisi teratas pencarian untuk setiap kata kunci tertentu. Di sinilah praktik Search Engine Optimation (SEO) perlu dilakukan.

Berikut adalah 12 tips SEO WordPress yang akan membantu peringkat situs web Anda merangkak keposisi teratas disemua mesin pencari ( google, bing, yahoo...)

1. Pilih perusahaan hosting yang bagus

Memilih hosting untuk situs WordPress adalah salah satu langkah penting untuk membuat situs web berpeluang menempati peringkat tertinggi. Untungnya, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak dana untuk biaya hosting karena ada banyak layanan penyedia hosting murah dan berkualitas.

Untuk keperluan SEO, Anda harus memastikan bahwa durasi memuat halaman Anda tidak  lebih dari 1,5 detik. Jangan memilih hosting dengan server lambat dan waktu respons lama, jika tidak mesin pencari akan menghukum situs web Anda. Kecepatan situs adalah salah satu faktor peringkat paling penting di Google saat ini!

Pengujian versi googlethink dengan standar penilaian :

Website Lambat

Waktu muat kurang dari 1.5 detik = excellent

Waktu muat lebih dari 1.5 detik = average

Waktu muat lebih dari 3 detik = slowly/lambat

2. Tulis konten yang berkualitas tinggi

Ketika tiba waktunya untuk mengoptimalkan pencarian di Google , tidak ada yang bisa mengalahkan konten berkualitas tinggi. Bahkan jika Google hanya sebuah mesin pencari. Jika Anda memberikan konten berkualitas buruk , itu akan dibenci oleh pengunjung dan mengurangi jumlah poin peringkat.

Bagaimana membuat konten berkualitas yang dihargai oleh Google dan mesin pencari lainnya? Pastikan konten tersebut unik (tidak disalin dari sumber manapun) dan relevan dengan query pencarian visitor Anda. Google pasti akan menghukum website Anda jika menggunakan konten yang bisa dilacak (copy-paste).



Jadi, silahkan mencari inspirasi dari sumber lain (misal blog helmykediri.com), tetapi jangan pernah menyalinnya secara utuh!

Baca juga : Kerugian mengelola blog copy paste

3. Update konten secara teratur

Konten yang Anda posting harus relevan untuk waktu yang lama {dibaca evergreen} dan dapat dipahami oleh mesin pencari (tidak menggunakan teknik spinner dengan encode karakter). Itu sebabnya pada saat pencarian, google lebih memprioritaskan konten yang masih fresh.

Jadi, jika Anda ingin situs web Anda diberikan peringkat yang tinggi, Anda harus mempublikasikan konten secara teratur untuk menarik perhatian google

Selama konten baru yang Anda terbitkan unik dan relevan, mesin pencari akan menghargainya, yang berarti peringkat anda menjadi lebih baik.

Tetapi jika anda menerbitkan konten hasil salinan maka google akan mengabaikan peringkat situs anda secara keseluruhan!

4. Terapkan SEO On Page

Meskipun SEO pada halaman masih dianggap tradisional, tetap saja hingga kini menjadi salah satu tips SEO WordPress terbaik. Misalnya, menulis meta-deskripsi khusus dapat membuat keajaiban untuk memancing peringkat halaman yang tinggi

Jangan menunggu untuk melakukannya hanya karena mesin pencari seperti Google dapat secara otomatis menghasilkan meta-deskripsi untuk Anda. (mengambil dari paragraf awal yang mungkin tidak relevan). Tidak ada salahnya menulis deskripsi khusus versi Anda sendiri.

5. Ubah permalink 

Ketika tiba waktunya mempublikasikan artikel di WordPress, Anda tidak dapat melakukannya tanpa mengoptimalkan permalink (tautan url ) . Setiap halaman web memiliki URL yang unik, dan ini disebut sebagai tautan permanen.

Ketika seseorang ingin mengakses halaman web tertentu, alamat url inilah yang mereka masukkan kedalam kotak address bar browser. Ini memunculkan ide yang untuk mengeditnya agar lebih mudah di indeks oleh mesin pencari.

Contoh permalink yang buruk: www.helmykediri.com/?p=3536546 (ini digunakan oleh WordPress sebagai permalink secara default)

Berikut ini contoh tautan permanen yang bagus: www.helmykediri.com/this-is-much-better

6. Optimalkan situs web Anda dengan kecepatan

Mengoptimalkan kinerja situs web adalah salah satu cara SEO WordPress terbaik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini disebabkan oleh fakta bahwa mesin pencari menghukum situs web yang lambat (sayangnya, mereka juga tidak memberikan hadiah bagi situs yang sudah dioptimalkan secara langsung).

Selain itu, semakin banyak orang mengunjungi situs web Anda, semakin banyak pula mesin pencari mendapatkan signal yang menunjukkan bahwa konten anda relevan dan membuat mereka berpikir untuk mendorong peringkat halaman anda agar mudah ditemukan

Menurut HubSpot, 42% responden mengharapkan halaman web Anda dimuat dalam waktu kurang dari dua detik. Jadi, jika situs web Anda lambat, mungkin sudah waktunya untuk melakukan sesuatu (mencopot widget , mengurangi iklan , mengurangi javascript , mengupgrade hosting dll)

7. Buat situsweb Anda responsif

Pada tahun 2015, Google merilis pembaruan algoritma mesin pencari yang intinya mereka menghargai situs web yang dioptimalkan untuk perangkat seluler. Algoritma ini dinamakan Mobilegeddon oleh para webmaster dan pengembang web.

tes mobile frienldy

Memang, situs website yang responsif menawarkan pengalaman terbaik bagi pengguna seluler, dan Google dapat mengenalinya melalui peningkatan eksplorasi/penjelajahan diperangat seluler, ini adalah langkah cerdas (pada 2018, 52,2% lalu lintas web berasal dari perangkat seluler) yang tidak boleh dilewatkan

8. Gunakan tautan internal dan eksternal

Ketika Google Bot menganalisis konten Anda, mereka akan memperhatikan yang namanya relevansi. Memiliki tautan internal (tautan yang mengarahkan pengguna ke halaman lain secara relevan dari situs web Anda) dapat membantu meningkatkan relevansi konten Anda.

Periksa analitik situs web Anda untuk menentukan halaman web mana yang paling banyak dikunjungi dan pikirkan apakah bisa menyematkan tautan link disana?

Tautan eksternal juga membuat konten Anda terlihat lebih kredible dimata mesin pencari. Karena itu, jika Anda menulis artikel blog yang berisi statistik penting/hasil study dari situs web dengan otoritas tinggi, jangan lupa  menyertakan sumbernya.

9. Hapus atau perbaiki semua tautan yang rusak di konten Anda

Sesekali gunakan layanan audit situsweb untuk memastikan konten-konten anda tidak mengandung tautan link rusak (404). Misalnya, jika blog Anda berisi tautan internal atau eksternal yang mengarah ke halaman atau situs web yang tidak ada lagi, berarti Anda memiliki tautan yang rusak. Google akan menghukum situs web Anda karena alasan ini. Pastikan untuk menghapus atau memperbaiki tautan yang rusak.

Baca juga : Cara memeriksa broken link

11. Gunakan plugin SEO

Sehubungan dengan upaya SEO di WordPress, ada beberapa plugin SEO terbaik yang dapat anda manfaatkan untuk mengoptimalkan mesin wordpress. Contoh plugin yang terkenal, seperti Yoast SEO, plugin tersebut akan membantu meningkatkan SEO Anda pada halaman dengan kata kunci, meta-description, judul, tautan, dan jumlah kata.

Jadi, jika Anda tidak yakin apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan upaya SEO di halaman Anda, pastikan untuk mencoba plug-in SEO.

12. Tambahkan tombol berbagi media sosial

Mesin pencari mengetahui apa yang dilakukan pengunjung dihalaman situsweb anda. Contohnya saat adanya aktivitas berbagi tautan ke media sosial sehingga semakin banyak orang membagikan postingan maka peringkat situs akan semakin baik.

Ini berarti ada sesuatu yang mempengaruhi relevansi dalam konten yang perlu diperhatikan banyak orang, yang berarti jika google menaikkan peringkat halaman tersebut dimesin pencari secara tidak langsung juga dapat meningkatkan pengalaman penggunanya.

Jadi pastikan untuk menambahkan tombol berbagi media sosial agar orang dapat berbagi konten di berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn.

SEO pada WordPress itu penting!

Sekarang Anda tahu beberapa tips SEO untuk WordPress, Anda dapat memastikan peringkat situs web Anda selalu tinggi.

Seperti yang Anda lihat, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjadikan situs web Anda menjadi salah satu web yang terbaik.

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar