18 alternatif CMS platform selain wordpress untuk membuat website gratis

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Mencari alternatif untuk WordPress? Ada banyak solusi untuk membuat situs web. Dan meskipun WordPress pilihan paling populer (banyak ahli merekomendasikannya) dan WordPress adalah yang termudah untuk digunakan, saya memahami perlunya mempertimbangkan setiap opsi sebelum membuat keputusan akhir.
Pada artikel ini, saya akan memperkenalkan Anda kepada situs pembuat website gratis selain wordpress paling populer 
Mengapa Anda harus memeriksa pesaing WordPress?
Banyak merek besar dan situs web keren secara aktif menggunakan WordPress. Ini memegang pangsa pasar 32%, yang berarti bahwa setiap situs web ketiga di dunia dibangun dengan WordPress.
Maksud saya WordPress.org yang di-host-sendiri.
Jadi, mengapa Anda perlu mencari alternatif? Yaa, ada banyak pilihan lain di pasaran yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web atau blog. Platform ini tidak sepopuler WordPress, tetapi masing-masing memiliki fitur kelebihan yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik Anda.

Anda memulai situs web dengan WordPress dan tidak pernah mencoba alternatif lain, Anda harus memeriksa alternatif ini untuk melihat perbedaannya dengan WordPress. Saya tidak menyarankan untuk memigrasikan situs web Anda, tetapi lebih baik memiliki pengetahuan tambahan yang Anda butuhkan. 
Entah artikel ini akan memvalidasi keputusan Anda untuk menggunakan WordPress, atau Anda akan menemukan sesuatu yang lebih sesuai 

Mari kita lihat 18 alternatif WordPress yang populer.

1. Wix

Wix
Wix adalah pembuat situs web sederhana dan di-host. Ini digunakan oleh banyak pemula yang ingin memulai situs web mereka dengan cepat. Anda dapat menggunakan drag and drop untuk menambahkan fitur, gambar, dan konten ke situs web Anda.
Selain situs web tradisional, Anda juga dapat membuat blog atau toko online menggunakan Wix. Untuk toko online, Anda harus membeli versi premium. Paket premium memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan solusi pembayaran online seperti PayPal, authorize.net, dan banyak lagi.
Anda perlu memeriksa komentar Wix dan cara membuat situs web di Wix untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur platform ini.

2. Weebly

Weebly
Weebly adalah platform yang juga di-host. Ini memiliki fitur drag and drop yang sederhana bagi pemula untuk dengan cepat membuat situs. Weebly memiliki tema interaktif, font khusus, latar belakang paralaks, editor gambar, dan banyak lagi.
Anda juga dapat menggunakan Weebly untuk membuat toko online. Ia memiliki pembuat e-commerce yang dapat digunakan untuk meluncurkan toko Anda dengan mudah. Paket dasar Weebly tersedia gratis untuk memulai, tetapi Anda perlu meningkatkan ke paket premium untuk mendapatkan fitur lebih banyak.

3. Shopify

Seperti namanya, Shopify adalah solusi e-commerce. Ini sebanding dengan WooCommerce, platform berbasis WordPress paling populer yang digunakan untuk membuat toko online. Shopify adalah cara sederhana dan mudah untuk meluncurkan bisnis Anda di Internet.
Ini berfungsi dengan semua solusi pembayaran populer untuk menerima pembayaran online. Anda dapat menambahkan produk Anda dan menjualnya secara online dengan Shopify. Muncul dengan tema default, ekstensi berbayar, integrasi, dan aplikasi.
Saya sarankan Anda membaca artikel di Shopify untuk mendapatkan informasi ahli tentang solusi eCommerce terbaik di market

4. Medium

Medium
Medium umumnya dikenal oleh penulis cerita dan blogger. Ini juga dapat berfungsi sebagai platform sekunder untuk blogger yang mengelola blog mereka sendiri di platform lain atau menulis untuk banyak blog. Tujuan utama Medium adalah menciptakan komunitas penulis dan berbagi konten luar biasa dengan pembaca.
Ini adalah platform penerbitan yang modern dan responsif. Tidak ada template atau ekstensi, yang berarti Anda harus menggunakan desain yang diberikan apa adanya. Namun, dukungan sepenuhnya dioptimalkan dan bekerja dengan baik pada semua ukuran layar. Mereka menawarkan catatan dan jawaban dalam komentar online.
Medium adalah solusi yang di-host sepenuhnya, yang berarti Anda tidak perlu khawatir tentang hosting dan bandwidth. Untuk penerbit, tawarkan nama domain khusus untuk memungkinkan pengguna memilih domain mereka sendiri untuk blog mereka.

5. Blogger

Banyak orang dari seluruh dunia memulai karir menulis mereka di Blogger. Ini adalah solusi gratis yang diberdayakan oleh Google.
Anda harus membaca artikel saya tentang alasan memilih blogger sebagai platform blogging untuk mengetahui alasan mengapa platform blogging yang satu ini sangat istimewa

6. Google sites

Google sites
Google sites adalah produk Google. Ini solusi sederhana dengan lebih sedikit opsi. Ini bukan pesaing langsung dari WordPress atau sistem manajemen konten lainnya (CMS).
Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan nama domain khusus untuk situs web Anda. Tidak perlu khawatir masalah space hosting dengannya. Google sites sangat ideal untuk situs web dan blog skala kecil.

7. Typepad

Typepad
Typepad adalah platform untuk penerbitan blog kelas atas. Ini dapat digunakan untuk membuat blog pribadi atau bisnis Anda menggunakan Dukungan Pelanggan Typepad. Ini adalah solusi yang dioptimalkan yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang secara online.
Typepad memiliki desain yang unggul untuk situs web. Sangat mudah untuk memulai blog atau situs web Anda dan membagikan konten Anda secara online.

8. Ghost

Ghost
Ghost adalah platform blog sederhana yang berfokus pada membantu blogger dengan memberikan solusi yang mudah digunakan. Seperti banyak situs blog lainnya, Ghost tidak menawarkan daftar fitur yang lengkap. Ini didasarkan pada NodeJS, dan mereka terus berusaha meningkatkan editor mereka untuk penulis yang menggunakan platform mereka.

9. Tumblr

Tumblr adalah platform yang sangat baik untuk blogger yang bermotivasi sosial. Menawarkan tema dan template untuk penyesuaian. Menjadi solusi yang di-host, ini memungkinkan Anda untuk fokus menulis dan mendesain blog Anda. Tumblr memungkinkan anda menggunakan nama domain khusus dan dapat digunakan untuk membuat halaman. Kombinasi media sosial dan blog membuatnya unik dibandingkan dengan alternatif lain.

10. Joomla

Joomla
Joomla adalah salah satu produsen situs web tertua dan terpopuler di pasar. Ini adalah perangkat lunak opensource yang bekerja dengan dukungan komunitas. Banyak pengembang dan pengguna web tingkat lanjut lebih suka Joomla daripada CMS lain. Ini dapat digunakan untuk membuat semua jenis situs web dan menyediakan panel admin canggih bagi pengguna.
Anda dapat sepenuhnya menyesuaikan Joomla menggunakan ekstensi premium dan tema web. Perangkat lunak CMS ini memiliki lebih banyak fitur daripada sistem manajemen konten lainnya. Joomla tersedia di banyak panel hosting web dengan opsi instalasi satu klik.

11. Drupal

Drupal
Drupal adalah salah satu sistem manajemen konten dan solusi pembuatan situs web yang paling populer. Drupal memegang pangsa pasar 2,1% dari semua situs web di dunia. Ini memiliki dasar yang kuat dan digunakan oleh banyak lembaga pemerintah dan swasta terkemuka untuk situs web mereka.
Sama seperti WordPress, Anda memerlukan nama domain dan hosting untuk meluncurkan Drupal. Bahkan jika itu tidak semudah WordPress untuk pemula. Panel admin sulit dikelola. Anda akan membutuhkan pelatihan dan dukungan untuk mempelajari Drupal, yang membuatnya kurang menarik bagi kebanyakan startup.

12. Jekyll

Jekyll adalah pembangun situs web yang berbasis pada Ruby dan NodeJS. Karena teknologi berbeda dan melayani pengguna yang lebih maju, Anda perlu tahu sebelum dapat membuat halaman dan menambahkan konten. Itu tidak memiliki database dan halaman web yang dibangun di atas HTML statis.
Jika Anda tahu bahasa pemrograman modern dan sistem perangkat lunak seperti Markdown, Git, Ruby, dll., Platform ini cocok untuk Anda. Ini memiliki hosting gratis yang ditawarkan oleh GitHub Pages. Jekyll adalah solusi pilihan untuk pengembang dan pemrogram tingkat lanjut.

13. CMS Made SImple

CMS Made SImple
CMS Made Simple seperti namanya. Sistem manajemen konten ini sepenuhnya open source (dengan PHP dan MySQL) dan mirip dengan platform blogging populer lainnya, seperti WordPress.
Ia menawarkan semua alat kustomisasi, tema, ekstensi, dan dokumentasi untuk memulai blog yang Anda butuhkan. Pedoman di situs blog memungkinkan pemula untuk meluncurkan blog mereka dengan lebih mudah.

14. SquareSpace

SquareSpace adalah platform yang dihosting. Ini populer di antara alternatif lain untuk membangun situs web seperti WordPress, Joomla dan lainnya. Squarespace adalah solusi kelas atas yang dilengkapi dengan template Web bawaan untuk menyesuaikan blog Anda.

15. Textpattern

Textpattern
Textpattern adalah solusi blogging sederhana. Ini tidak sepopuler WordPress atau Joomla, tetapi penggunaannya mirip dengan platform pembuatan situs web lainnya. Textpattern mudah digunakan dan dikelola untuk pemula.
Selain fitur standar lainnya, fitur-fitur solusi komentar yang siap digunakan dan menampilkan statistik dashbor. Ini menggunakan halaman HTML untuk menampilkan teks Anda.

16. Expression Engine

Expression Engine
Expression Engine adalah pembuat situs web kelas atas. Platform ini bekerja dengan kombinasi PHP dan MySQL. Ini memiliki paket gratis untuk memulai situs Anda, tetapi semua tambahan dan ekstensi dibayar. Anda perlu menginvestasikan waktu dan uang untuk membuat situs web yang tepat dengan Mesin Ekspresi. Ini juga memiliki biaya lisensi untuk meluncurkan situs web atau blog.

17. Statamic

Statamic
Statamic adalah pembangun situs web yang kuat dengan teknologi canggih yang berjalan di latar belakang. Biasanya dipilih oleh pengguna teknis yang mengetahui proses dan ingin menjelajahi semua kemungkinan perangkat lunak CMS.  
Cocok untuk anda yang menggunakan PHP, Markdown, dan YAML, oleh karena itu berbeda dari alternatif lain.

18. Webs.com

Webs.com
Webs.com adalah solusi freemium untuk membuat situs web. Muncul dengan drag and drop pencipta situs web, integrasi jejaring sosial, desain responsif dan nama domain kustom. Webs.com adalah solusi yang di-host dan Anda dapat memeriksa penawaran premium mereka untuk fitur tambahan.
Muncul dengan tema dan template interaktif untuk menyesuaikan tampilan situs web Anda. Dengan solusi premium, pengembang dan desainer Anda akan membantu Anda membuat situs yang Anda butuhkan.

Related Post