Skip to main content

10 layanan penyedia cloud storage gratis dan terbaik

Penyimpanan awan ( bahasa Inggris: cloud storage) merupakan model penyimpanan informasi pc di mana informasi digital ditaruh dalam sekumpulan alur yang logis. Penyimpanan mencakup banyak server, dikelola oleh industri hosting. Penyedia penyimpanan awan ini bertanggung jawab untuk melindungi  dan menjaga data setiap saat agar dapat diakses. 

Biasanya orang atau organisasi tertentu menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia layanan cloud storage untuk menyimpan data-data pengguna, organisasi, ataupun aplikasi.

10 layanan penyedia cloud storage gratis dan terbaik

Layanan penyimpanan cloud bisa diakses lewat layanan komputasi awan colocation, antarmuka pemrograman aplikasi ( API) layanan website ataupun oleh aplikasi yang memakai API, semacam penyimpanan desktop cloud, gateway penyimpanan awan ataupun sistem manajemen konten berbasis Website.

Kelebihan menggunakan cloud storage adalah data yang disimpan bisa diakses dimana saja dan perangkat apasaja selama terhubung ke internet. Pada postingan kali ini Helmy akan berbagi 10 daftar layanan cloud storage terbaik dan gratis yang bisa anda coba secara cuma-cuma:

1. Google Drive 

Google Drive adalah layanan penyimpanan online Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan perpanjangan dari Google Documents dan akan menggantikan URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah aktivasi . 

Google Drive menyediakan layanan penyimpanan 15GB gratis dan dapat ditambahkan melalui pembayaran tertentu [upgrade]. Dengan fitur superior yang sama seperti Dropbox, mampu menyinkronkan data melalui folder khusus di dalam desktop atau yang lebih dikenal sebagai klien sinkronisasi desktop. 


GDrive menawarkan kapasitas gratis 15 GB dan, tentu saja, fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya, seperti: Gmail, G + dan Google Search. Fitur yang dapat diunggulkan dari GDrive adalah API untuk pengembang. Hingga saat ini, GDrive terhubung ke ribuan aplikasi pihak ketiga

> https://drive.google.com

2. Dropbox

Dropbox adalah layanan web penyedia data yang di operasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan jaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data , file dengan pengguna lain Internet melalui sinkronisasi data . 

Dropbox didirikan pada 2007 oleh lulusan Institut Teknologi Massachusetts (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi, dengan modal awal yang diperoleh dari Y Combinator. 

Dropbox menyediakan layanan gratis dan berbayar, masing-masing menawarkan beragam manfaat. Pada tahun 2011, Dropbox juga meluncurkan "Dropbox for Teams" , layanan Dropbox khusus untuk grup perusahaan atau grup lain yang membutuhkan layanan untuk mengontrol administrasi, penagihan terpusat, dan sebagainya. 

"Dropbox for Teams" masih tersedia di situs web, tetapi harga yang ditawarkan berbeda dari layanan Dropbox lainnya.  

Dibandingkan dengan layanan serupa lainnya, Dropbox menawarkan sejumlah besar manfaat, menggunakan berbagai sistem operasi, baik untuk perangkat seluler maupun komputer desktop. Ada versi berbeda untuk sistem operasi yang berbeda, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux (resmi atau tidak resmi). 

Dan ada juga berbagai versi untuk perangkat seluler, termasuk Android, Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS dan Blackberry, serta klien web. Dropbox menggunakan model keuangan Freemium, dan layanan gratis ini menyediakan penyimpanan online gratis 2GB. 

Pengguna yang merekomendasikan Dropbox kepada orang lain dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB. 

Pesaing utama Dropbox meliputi Box.net, FilesAnywhere, CloudMe, CrashPlan, Egnyte, iCloud, Mozy, SpiderOak, SugarSync, TitanFile , Ubuntu One, Windows Live SkyDrive, Wuala dan ZumoDrive.

> https://www.dropbox.com/id/

3. One Drive

OneDrive (nama formal Microsoft OneDrive, tadinya SkyDrive, Windows Live SkyDrive, serta Windows Live Folders) merupakan layanan komputasi awan seragam dengan Dropbox serta Google Drive yang membolehkan penggunanya mengunggah serta mensinkronkan berkas ke sesuatu penyimpanan awan, setelah itu mengaksesnya lewat peramban Website ataupun fitur tertentu. 

Layanan ini dibuat oleh Microsoft serta menggambarkan penggalan dari layanan sharing Windows Live serta membolehkan pengguna menaruh berkas-berkasnya secara individu, membagikannya dengan orang- orang dalam kontak, ataupun menjadikan berkas-berkas terbuka secara universal. 

Berkas-berkas yang dibagikan secara universal tidak membutuhkan account Microsoft untuk mengaksesnya.

Setelah gugatan dari tv penyiar Inggris BSkyB atas pemakaian kata" Sky", Microsoft sepakat pada Juli 2013 untuk mengganti nama layanan SkyDrive dalam" jangka waktu yang dekat".

Microsoft mengumumkan pada 27 Januari 2014 kalau SkyDrive hendak diganti namanya menjadi OneDrive. 

Microsoft memperkenalkan OneDrive yang dirilis nyaris bertepatan dikala Google menghadirkan GDrive. Meniru fitur semacam Dropbox, yaitu Desktop Sync Clients, OneDrive pula memperkenalkan fitur editor via website untuk file-file dokumen ( Word, Excel, PowerPoint juga OneNote).

Microsoft OneDrive tidak hanya dibesarkan di dalam platform Windows serta Windows Mobile saja namun untuk menunjang platform OS X serta iOS. Berita terkini bagi pengembangan OneDrive, Microsoft telah mengintegrasikan OneDrive ke dalam OS terkini Windows salah satunya Windows 8 serta Windows 8. 1.

Fasilitas yang ditawarkan OneDrive :

- Platform yang didukung: Windows, Mac, Windows Mobile, iOS, Website.

- Kapasitas informasi free: 7 GB ( Saat ini meningkat jadi 15 GB)

- Harga bonus kapasitas informasi:+20 GB($10/ tahun),+50 GB($25/ tahun) serta+100 GB($50/ tahun).

- Fitur utama: aplikasi editor via website untuk file yang berbentuk dokumen ( Word, Excel, PowerPoint serta OneNote) 

> https://onedrive.live.com

4. Box Storage

Kala tim anda bekerjasama serta berbagi dokumen di ruang kerja pusat, seluruh anggota selalu senantiasa produktif. Box membolehkan anda menetapkan tugas langsung di dalam file, berbagi konten secara kilat dengan tim eksternal, serta membuat alur kerja otomatis yang lembut dengan Box Relay. 

Tidak hanya itu, Box Feed memakai algoritma mesin yang menampilkan konten relevan bersumber dari orang serta file yang sangat kerap berhubungan dengan anda, membuat anda selalu  senantiasa bekerja tepat waktu

“ Pindah ke platform konten cloud semacam Box sangat berarti untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih produktif, tersambung, serta kolaboratif yang bisa fokus menginspirasi kreativitas, semangat, optimisme, serta kesenangan.”

Tiap orang di organisasi anda bisa mengakses konten yang mereka inginkan- di mana saat itu juga mereka berada. 
Dengan Box Drive, anda bisa melakukan remote pada seluruh file langsung dari cloud ke desktop pribadi, ataupun memakai aplikasi website Box untuk bekerja di browser. Serta bagi anggota tim dikala bepergian, aplikasi seluler Box membolehkan mereka mengakses konten dari fitur seluler sembari memastikan seluruhnya senantiasa nyaman. 

> https://www.box.com/home

5. Megafile

Mega ( dalam huruf kapital MEGA) merupakan penyimpanan awan serta layanan file hosting yang ditawarkan oleh industri Mega, industri yang berbasis di Selandia baru. Layanan ini ditawarkan lewat aplikasi berbasis website. Aplikasi Mega berbasis telepon juga ada untuk perangkat Windows Phone, Android, BlackBerry 10 serta iOS.

Mega diketahui membuat fitur keamanan di mana seluruh file yang dienkripsi secara lokal sebelum data tersebut di-upload. Hall ini dibuat demi menghindari siapa saja ( termasuk karyawan industri Mega) tidak akan dapat mengakses file tanpa mengenali kunci yang digunakan untuk enkripsi.

Layanan ini menawarkan 50 GB ruang penyimpanan free bagi account baru serta penyimpanan sampai 8 TB untuk account berbayar. pada januari 20, 2018, Mega mempunyai 100 juta pengguna terdaftar di lebih dari 245 negeri, serta lebih dari 40 miliyar file yang sudah di- unggah ke layanan Mega. 

Web serta layanan yang diluncurkan pada januari 19, 2013, oleh Kim Dotcom, yang sudah didirikan saat ini sangat berperan dalam pengembangan layanan Megaupload. Tetapi, tahun 2015 Kim Dotcom memisahkan layanannya dari MEGA serta melaporkan kalau pemerintah Selandia Baru karena merebut saham dari investor Tiongkok serta mempunyai kontrol atas web. industri Mega menjawab kalau pemerintah tidak turut campur dengan perusahaannya. 

> https://mega.nz/

6. Spideroak

SpiderOak merupakan perlengkapan kerja sama yang berbasis di AS, cadangan online, serta layanan hosting file yang membolehkan pengguna mengakses, menyinkronkan, serta berbagi informasi memakai server berbasis cloud yang ditawarkan oleh industri dengan nama yang sama.

SpiderOak bisa diakses lewat aplikasi platform pc Windows, Mac serta Linux, serta platform seluler Android, N900 Maemo serta iOS. 

Bagi SpiderOak, fsoftware yang memakai penyimpanan cloud terenkripsi serta penciptaan kunci enkripsi sisi klien, sehingga karyawan SpiderOak tidak bisa mengakses data pengguna. SpiderOak membedakan dirinya dari para pesaingnya dalam penyediaan enkripsi, dalam syarat sinkronasi file serta folder di sebagian fitur, serta dalam de-duplikasi informasi secara otomatis

Spideroak merupakan layanan Cloud Storage yang lebih menitik beratkan pada personal serta keamanan informasi klien. Dengan begitu , informasi– informasi anda yang tersimpan dalam Spideroak selalu terpelihara keamanannya.

Kapasitas penyimpanan free yang diberikan cuma 2 GB. Tetapi anda bisa meningkatkannya sampai 10 GB dengan sistem mengajak teman untuk memakai Spideroak ini. Anda akan memperoleh bonus 1 GB setiap berhasil mengajak satu orang mendaftar Spideroak 

> https://spideroak.com/one/

7. ADrive

Mirip dengan layanan Cloud Storage yang diberikan oleh Mega, ADrive ini membagikan kapasitas penyimpanan free sebesar 50 GB. Tetapi ada kelemahan dari ADrive yaitu jika anda memakai layanan free ( storage terbatas), diganggu oleh iklan pada aplikasi ADrive di Android ataupun iOS.

ADrive merupakan layanan hosting file multi- platform di cloud, dioperasikan oleh ADrive LLC. Layanan ini membolehkan pengguna menaruh serta menyinkronkan file secara online dan melaksanakan backup online.

Namun tidak mendukung berbagi ataupun mengedit file yang diunggah. Layanan hard disk virtual kompatibel dengan Windows, Linux serta Mac. Terdapat bermacam tipe free serta berbayar. Account free membolehkan pengguna mengakses lewat browser webPenyimpanan 50 GB di server anda, yang menjadikannya layanan yang menawarkan ruang penyimpanan sangat leluasa; di atas OneDrive, Google Drive, serta yang lain. Tipe berbayar membolehkan fungsi- fungsi baru semacam WebDAV, dukungan 24/ 7, enkripsi SSL, sistem FTP serta pemulihan file yang tengah dihapus

> https://www.adrive.com

8. Bitcasa

Bitcasa, Inc., merupakan industri penyimpanan cloud Amerika yang didirikan pada 2011 di St. Louis, Missouri. Industri ini setelah itu berbasis di Mountain View, California sampai ditutup pada 2017. 

Bitcasa menyediakan fitur lunak klien untuk Microsoft Windows, OS X, Android serta browser website. Sementara iOS klien masih menunggu persetujuan Apple. Produk ini tadinya, Infinite Drive, sempat menyediakan penyimpanan terpusat yang mencakup kapasitas tidak terbatas, enkripsi sisi klien, streaming media, tipe file serta cadangan, serta akses seluler multi- platform.

Pada 2013, Bitcasa pindah ke model penyimpanan berpaket, menawarkan mulai 1TB untuk $ 99/ tahun sampai Infinite dengan harga$ 999/ tahun.

Pada Oktober 2014, Bitcasa mengumumkan penghentian Infinite Drive; untuk $ 999/ tahun, dimana pengguna dapat memperoleh 10TB penyimpanan. Pengguna Infinite Drive dimohon untuk bermigrasi ke salah satu paket harga baru ataupun menghapus account mereka.

Pada Mei 2016, Bitcasa menghentikan penawaran cloud storage kepada konsumen, dengan alibi kalau mereka hendak fokus pada produk bisnis mereka. 

> http://bitcasa.com/

9. Tencent Weiyun

Tencent merupakan salah satu penyeida layanan Cloud Storage terpadu yang didirikan oleh industri internet asalh Cina. Tencent membagikan kapasitas penympanan yang sangat besar mencapai10 TB yang bisa anda pakai secara free.

Memanglah sangat besar kapasitas yang diberikan oleh industri Cloud Storage yang satu ini. 

Tencent Cloud adalah layanan komputasi awan yang aman, andal, dan berkinerja tinggi yang disediakan oleh Tencent. Tencent sekarang adalah perusahaan Internet terbesar di Cina, dan bahkan Asia. Ini menyediakan layanan untuk ratusan juta orang melalui produk andalannya seperti QQ dan WeChat.

> https://cloud.tencent.com

10. Qihoo 360 Yunpan

Qihoo 360 menggambarkan suatu industri keamanan internet yang populer di negeri tirai bambu Cina yang menyediakan layanan penyimpanan berbasis awan ataupun Cloud Storage. Qihoo 360 ini membagikan kapasitas penyimpanan sangat besar apalagi sangat besar bila dibanding dengan layanan Cloud Storage yang sudah Helmy sembutkan tadinya. Kapasitas penyimpanan yang diberikan ialah 36 TB. Hal tersebut masih menjadi pertanyaan besar alasan kenapa mereka berani membagikan ruang penyimpanan sebesar itu.

Demikianlah data yang bisa Blog Orang IT bagikan mengenai 10 layanan penyedia cloud storage free yang bisa anda coba. Sebelum membeli layanan disarankan menyeleksi serta menggunakan layanan Cloud Storage dari industri populer serta ternama dan yang menyediakan kapasitas penyimpanan yang normal. Ini supaya informasi yang anda simpan tetap terjaga kemananannya. Mudah- mudahan bermanfaat sekian dan terimakasih

....https://helmykediri.com

Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar