Skip to main content

13 Faktor penentu peringkat video youtube dihasil pencarian

Selamat Datang di Blog Orang IT,

YouTube bukan hanya situs untuk menonton dan berbagi video, tetapi YouTube sekarang telah menjadi salah satu sumber penghasilan online bagi para freelance didunia maya. Video yang Anda upload kedalam channel youtube dapat dimonetisasi dengan program periklanan adsense host partner..

Faktor penentu peringkat video youtube

Jika video yang Anda unggah memiliki banyak penayangan dan Anda memiliki banyak pengikut/subscriber, Anda harus yakin bahwa channel Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari youtube

Untuk mendapatkan banyak tayangan di channel youtube Anda, video yang anda upload setidaknya harus mudah ditemukan di hasil pencarian YouTube.

Video anda setidaknya harus muncul di halaman pertama pencarian YouTube, tetapi masalahnya mungkin akan banyak pesaing yang menggeser peringkat. Mau bagaimana lagi seiring popularias youtube, jutaan video telah di unggah setiap hari, yang berarti bahwa jumlah pesaing anda akan terus bertambah dan semakin kompetitif

Bahkan jika persaingan terasa semakin sulit atau mustahil untuk menang, tentunya hal itu bukannya tidak mungkin. Salah satu cara memenangkan persaingan adalah dengan mengoptimalkan referensi video Anda di youtube.

Jika video telah di optimalkan, bukan tidak mungkin video Anda akan selalu berada di posisi pertama pencarian YouTube atau setidaknya muncul di halaman 1 mesin pencari youtube, sehingga video Anda berpotensi untuk dilihat. Terutama untuk kata kunci yang paling populer tentu saja dampaknya akan sangat luar biasa.


Melakukan optimasi SEO pada video YouTube tentu bukan hanya tindakan tanpa aturan, ada setidaknya satu pendekatan referensi yang harus Anda perhatikan, bagi para profesional, itu bukan hal yang sulit karena bersumber dari pengalaman dapat memberikan informasi yang cukup tentang bagaimana teknik optimasi SEO yang paling tepat, tetapi untuk pemula , mereka mungkin tidak tahu bagaimana mengoptimalkan video youtube mereka.

Salah satu referensi terbaik untuk pengoptimalan SEO pada video youtube adalah dengan mempelajari tentang faktor penentu peringkat video YouTube.

Pada artikel kali ini, saya akan menyajikan faktor penentu peringkat apa saja yang digunakan pada algoritma youtube, berdasarkan analisis dari 1,3 juta video yang dibuat oleh beberapa praktisi SEO di dunia, yang sebelumnya telah disajikan dalam salah satu artikel backlinko.

13 faktor penentu SEO Youtube

Berikut adalah 13 faktor SEO YouTube yang menjadi penentu peringkat video terbaik di hasil pencarian video YouTube:

# 1. Komentar video yang banyak menjadi penentu peringkat video anda

Untuk YouTube, sangat disarankan agar creator mengijinkan komentar di masing-masing video YouTube, dan mengaktifkan komentar moderasi sehingga Anda selalu dapat mengontrol komentar spam, karena komentar pada video YouTube sangat terkait dengan faktor yang menentukanperingkat video YouTube Anda di hasil pencarian YouTube.

Tentu saja, komentar yang dijadikan sebagai referensi adalah jenis komentar yang relevan dengan konten video, komentar alami dan berkualitas dan bukan dari jenis komentar spam.

Jika video Anda menerima banyak komentar dari pengguna, ingatlah untuk menerbitkan komentar yang dianggap relevan dan berkualitas. Ini adalah salah satu peluang agar video Anda menjadi lebih mudah menempati posisi terbaik di halaman pencarian YouTube, jadi buat video yang dapat menarik banyak komentar yang relevan dan berkualitas dari audiens Anda.

# 2 - Durasi video yang panjang

Yang kedua, faktor yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk mengoptimasi SEO di video YouTube adalah durasi video yang panjang. Jika Anda membuat video YouTube sendiri, perhatikan durasi video, karena durasi video erat kaitannya dengan peringkat video dalam hasil pencarian YouTube yang didasarkan pada hasil penelitian.

Untuk kata kunci populer, video yang memiliki durasi lebih lama sering mendominasi peringkat, dibandingkan video dengan durasi pendek.

Jadi, berapa lama durasi video paling ideal untuk dapat bersaing?

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa praktisi SEO, diketahui bahwa rata-rata video yang memiliki potensi terbesar untuk menempati halaman pertama pencarian di YouTube adalah video dengan durasi minimum 14 menit dan 50 detik, Inilah sebabnya mengapa durasi video terlama memiliki potensi untuk dilihat lebih lama.

Penyataan ini juga diperkuat oleh tanggapan dari google, bahwa "waktu menonton" atau durasi jam adalah salah satu peringkat sinyal untuk video YouTube Anda, semakin lama pemirsa menonton video anda, menunjukkan bahwa video Anda menarik dan durasi tayangan anda pasti akan sangat dipengaruhi oleh durasi lamanya video berlangsung

Jadi, bagi Anda seorang YouTuber, yang harus dipertimbangkan ketika membuat video YouTube agar muncul di posisi terbaik dalam hasil pencarian YouTube, cobalah untuk membuat video yang Anda buat asli, menarik dan dengan durasi yang cukup lama, disarankan agar memiliki durasi minimum 14 menit. 50 detik, namun semakin lama durasinya, semakin baik, dan yang harus selalu Anda ingat adalah perhatikan kualitas kontennya, karena meskipun durasinya lama jika konten yang disajikan membosankan, tentu tidak akan berpengaruh pada klasifikasi video Anda.

# 3 - Jumlah share Sangat menentukan peringkat video Anda

Jumlah share video tenyata menentukan posisi video dalam hasil pencarian, meskipun algoritma YouTube bekerja secara independen, YouTube menawarkan layanan berbagi video di Beberapa jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter dan Google. + dan jejaring sosial lainnya.

Dan berdasarkan analisis fakta bahwa video yang mendapatkan banyak share dari penonton akan mengalahkan video yang sedikit dibagikan, semakin banyak video anda dibagikan ke jejaring sosial, peringkat video akan lebih baik, terutama bagi mereka yang berbagi melalui fasilitas tombol share yang ada dalam video di situs YouTube. .

Karenanya, untuk YouTuber yang suka mengunggah video, perhatikan kualitas video anda, karena untuk mendapatkan reaksi berbagi dari penonton maka video anda harus terlihat hebat , ini bukan perkara mudah, mereka akan membagikannya secara sukarela tanpa Anda meminta selama video tersebut dianggap berkualitas dan layak dibagikan.

# 4 - Jumlah tayangan video mempengaruhi peringkat video Anda

Faktor berikutnya yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk video Anda untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam hasil pencarian YouTube adalah jumlah penayangan atau jumlah pemirsa yang menonton video Anda.

Jumlah penayangan dalam video mungkin sebenarnya tidak menjadi indikator bahwa kualitas video yang disajikan bagus , sehingga algoritma YouTube juga menekankan retensi dan faktor pemirsa. partisipasi yang dapat Anda lihat di statistik akun YouTube Anda.

Tetapi, pada kenyataannya, untuk kata kunci populer, jumlah penayangan sangat berkorelasi dan berdampak pada peringkat video mereka, yang berarti semakin banyak penayangan dalam video, maka peringkat video juga cenderung meningkat.

# 5- Jumlah Pengikut atau subscriber

Diketahui bahwa jumlah subscriber terkait erat dengan peringkat video YouTube, tetapi pada kenyataannya itu tidak memiliki dampak yang besar, yang berarti bahwa itu adalah berita baik bagi pemula yang hanya memiliki sedikit subscriber atau klien .

Banyaknya subscriber, dalam beberapa kasus, dapat mengungguli peringkat video yang memiliki sedikit pengikut

Channel Video yang memiliki banyak subscriber memiliki potensi besar untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian YouTube, tetapi ada faktor lain yang dapat meningkatkan jumlah subscriber, yaitu kualitas video, kualitas video harus lebih diprioritas-kan daripada subscriber, sehingga channel video yang memiliki sedikit pengikut dapat melebihi video yang memiliki banyak pengikut, hanya jika video mereka memiliki kualitas lebih baik

Baca juga: Cara melaporkan channel youtube orang lain

# 6 - Jumlah "suka" video sangat berpengaruh dalam peringkat

Selain menonton video, Anda juga dapat berinteraksi dengan pemirsa video YouTube melalui tombol "Suka" dan "Saya tidak suka", tombol ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas video Anda.

Teorinya : jika video menerima banyak "suka" itu berarti video tersebut dapat dianggap menarik dan berkualitas di mata pemirsa YouTube.

Semua "suka" dan "tidak suka" dari pemirsa YouTube Anda akan terus dihitung dalam jumlah, dan jika dikaitkan dengan peringkat video dalam hasil pencarian YouTube, diketahui bahwa beberapa video populer, ternyata jumlah "suka" lebih banyak 

Anda harus dapat menampilkan video yang berpotensi menerima banyak "suka" dari pemirsa YouTube Anda, sehingga potensi Video untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian YouTube akan lebih baik.

# 7 - Total subscribe driven

Saya mengalami kesulitan memahami terjemahan dalam bahasa Indonesia karena saya tidak mengerti bahasa Inggris dengan baik xixixixi ...,

Jika sebagian besar pemirsa yang menonton video Anda adalah subscribe, itu berarti video Anda di cintai oleh pengikut

Video dengan sejumlah sub-crypts yang dioptimalkan dengan baik dapat meningkatkan reputasi video sehingga video Anda lebih mudah ditemukan di hasil pencarian youtube. dan kenyataannya adalah video dengan penonton setia dapat mengalahkan saluran video dengan penontos setia yang lebih sedikit

Untuk menerapkan strategi berlangganan yang baik, Anda perlu menyajikan video berkualitas baik dan Anda dapat mengundang pemirsa untuk mendapatkan kiriman video terbaru, yang memungkinkan pengikut anda untuk berlangganan

# 8 - Tag video tidak memiliki banyak pengaruh pada peringkat video YouTube

Tag yang kami masukkan dalam video youtube akan menjadi meta-keyword dari halaman video youtube, dan kabar baiknya youtube selalu menerapkan tag meta-data, termasuk tag kata kunci dari halaman video, tidak seperti artikel di mana meta-keyword dianggap tidak valid lagi

Sebagian besar YouTuber tahu bahwa salah satu cara untuk membuat video YouTube terlihat relevan dengan berbagai kata kunci adalah dengan memasukkan sejumlah tag ke dalam video YouTube yang diunggah, sayangnya tag yang dimasukkan tidak terlalu memengaruhi peringkat video youtube Anda. yang berarti bahwa selalu ada pengaruh tetapi sangat kecil.

Menurut pendapat saya, untuk meningkatkan relevansi video dalam pencarian kata kunci, tag juga harus diperhitungkan, karena mereka selalu memiliki pengaruh pada video untuk mendapatkan posisi terbaik, tetapi jangan terlalu fokus, yang perlu Anda fokuskan adalah faktor-faktor yang benar-benar mempengaruhi peringkat video Anda.

# 9 - Kata kunci video dari judul sedikit terkait dengan peringkat video YouTube.

Judul video biasanya merupakan target pengoptimalan SEO untuk video YouTube, tetapi berdasarkan analisis yang dilakukan oleh beberapa praktisi SEO pada 3,1 juta video, judul tersebut hanya memiliki dampak kecil, judul hanya meningkatkan relevansi video dengan kata kunci, tetapi bukan faktor utama yang dapat menentukan peringkat video di Hasil Pencarian YouTube.

Meski demikian, menurut saya, judul tersebut harus menarik perhatian, membuatnya se-relevan mungkin dengan konten video yang Anda buat, karena dapat meningkatkan reputasi video di mata pengguna, setidaknya judul yang baik dapat meningkatkan klik, suka, dan subscribe untuk video Anda  

# 10 - Kata kunci dalam deskripsi video tidak ada hubungannya dengan peringkat video dalam hasil pencarian.

Kami tahu bahwa untuk pengoptimalan video, banyak orang menyarankan menempatkan kata kunci dalam judul, tag, dan juga memberikan deskripsi video khusus berdasarkan kata kunci tertentu namun; ini tidak berpengaruh pada peringkat video dalam hasil pencarian. .

Karena itu, memahami konten dan menilai kualitas video YouTube pada tahap ini tidak semata-mata didasarkan pada faktor kata kunci yang Anda tempatkan dalam judul, tag, dan deskripsi video Anda. 

# 11- Video HD mendominasi peringkat pencarian

Ada banyak jenis file video berkualitas, serta ukuran video yang dapat Anda unduh, seperti yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, tentang format dan ukuran video terbaik untuk diunggah ke saluran YouTube Anda, tetapi jika Anda benar-benar berpikir Anda ingin mendapatkan posisi terbaik untuk video Anda maka format video yang perlu Anda unduh adalah format video HD.

Berdasarkan analisis, diketahui bahwa, untuk kata kunci umum, kualitas video HD lebih penting untuk mendapatkan posisi terbaik dalam hasil pencarian.

Baca juga: Alasan channel youtube digantung adsense

#12. Banyaknya jumlah interaksi/engagement

Ini termasuk komentar, langganan, berbagi, sukai , dan tentu saja durasi. Semua ini dihitung sebagai interaksi.

Youtube memperhatikan banyaknya interaksi sebagai faktor peringkat. Preferensi dan dislike juga dipandang sebagai interaksi, dan jika video dengan niche yang buruk menempati trending disuatu negara itu menunjukkan bagaimana kualitas masyarakatnya

Kembali ke pemahaman tren awal, misalnya, ada video berjudul "This Artist Falls Stairs!" yang cukup populer

Ada banyak orang yang terhibur, dan anggaplah Anda adalah salah satu pemirsa video tersebut. Seorang teman berkomentar "wkwkwkwkwk" dan banyak orang juga berkomentar. Dalam 2 jam, komentar mencapai 800. Ini adalah peningkatan komentar menunjukkan bahwa video tersebut menjadi topik pembicaraan yang baik

Karena anda menganggap itu lucu, Anda ingin keluarga dan teman-teman Anda melihatnya sehingga mereka juga terhibur. Kemudian anda membagikannya dengan mereka.

Mereka juga melakukan hal-hal seperti itu, dan ini berlanjut sampai banyak yang melakukan hal serupa. Ini adalah peningkatan share. 

Orang yang membagikan tautan video, kemudian membuka channel video tersebut dan menyukainya,  Ada juga yang tidak suka. Ini peningkatan kesan dan pendapat. 

Hasilnya, video telah memasuki kedalam pencarian teratas

Youtube melihat videonya bagus atau tidak berdasarkan sinyal yang diberikan oleh penonton

#13. Channel verified mendominasi rank satu

Jelas! Sebagian orang menganggap Youtube tidak adil, artis terus yang selalu menempati peringkat pertama.

Para creator yang baru memulai karier di Youtube kapan diberikan kesempatan? 

Jangan bermain secara acak tanpa strategi. Yotube tidak membantu akun yang diverified untuk selalu menempati posisi pertama. Jadi, siapa yang menempatkan mereka di tempat pertama dalam pencarian Youtube? 

Jawabannya adalah mereka sendiri.

Mereka membangun channel dengan kecerdasan dan pengalaman mereka sendiri. Tinggalkan semua teman yang sudah terjebak dalam pemikiran seperti itu dan terus bergerak maju.

Anda tidak ingin kalah dengan mereka yang sudah berada diposisi ter-atas. Anda harus optimis tentang karier yang anda bangun sendiri.

......https://www.helmy kediri.com/
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar