Skip to main content

13 Manfaat Blog: Tujuan & Fungsi Blog di Masa Depan

Selamat Datang di Blog Orang IT. Membuat, mempunyai, mengelola, dan membangun blog itu banyak sekali manfaatnya.

Blog singkatan dari "Web Log", menjadi sarana paling tepat untuk mengasah keterampilan menulis, sedekah ilmu, berbagi cerita, pengalaman, dan bahkan berbagi curahan hati (curhat).

Blog adalah singkatan dari "Web Log". Pengertian blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Jika disederhanakan, definisi blog adalah website yang berisi artikel, foto, dan video.

Ibarat kata, blog itu seperti buku harian, cuma bentuknya Online. Atau disebut juga Online Diary. Buku harian biasa, biasanya tersimpan di bawah bantal; akan tetapi, Online Diary bisa diakses kapan saja dan dimana saja, dan bisa dibaca oleh banyak orang.

Di dalam blog, anda bisa mengisinya dengan beragam artikel; entah itu artikel tentang pengalaman pribadi, curahan hati, opini, dan sebagainya.

13 Manfaat Blog: Tujuan & Fungsi Blog di Masa Depan

Masih dalam dunia Blogger, apa-apa saja manfaat blog yang didapatkan? Apa tujuan blog, keuntungan, menggunakan, dan memiliki blog?

1. Make Money with Your Blog

Para blogger selalu menggunakan istilah, "Make Money with Your Blog" yang berarti bahwa mereka membuat blog untuk mendapatkan penghasilan dari dunia blogger.

Pertanyaannya, apakah blog itu bisa menghasilkan uang? Bisa sekali. Ada banyak cara yang bisa dilakukan

Jika anda punya produk yang dijual, maka buatlah blog. Lalu kembangkan blog hingga ramai dikunjungi. Dengan trafik pengunjung yang tinggi, saatnya anda memperkenalkan dan mempromosikan produk yang akan dijual tersebut.

Blog juga bisa didaftarkan ke Google AdSense untuk mendapatkan dollar ($).

Baca juga: 7 iklan alternatif untuk blog

2. Personal Branding, Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Saat ini, banyak perusahaan yang mencari dan menerima calon karyawan/pegawai tidak hanya bermodalkan Curriculum Vitae (CV). Biasanya, HRD akan mengecek jejak rekam digital anda.

Jika rekam jejak digitalnya positif dan berkualitas, maka dipastikan perusahaan akan menimbang ulang untuk menerima anda bekerja di perusahaan mereka.

Nah, melalui jejak rekam digital ini pula; tidak ada salahnya anda membuat blog, situs, atau website dengan artikel-artikel yang bernilai dan berkualitas tinggi.

Nyatanya, blog ini bisa jadi acuan perusahaan untuk menerima anda. Apalagi pun anda juga bisa menambahkan biografi, profil, minat, hobi, dan keahlian anda di dalam blog yang dimiliki.

3. Menjadi Seorang Ahli yang Diundang

Sebelum membuat blog, anda dituntut topik apa yang akan dibahas dan disediakan di dalam blog. Seaindanya, anda ahli di bidang komputer, maka isilah blog tersebut dengan konten komputer.

Jika suatu waktu artikel yang anda miliki ternyata membantu mengatasi banyak masalah orang, maka orang-orang akan beranggapan bahwa anda seorang ahli di bidang komputer. Tidak menutup kemungkinan, anda pun akan diundang untuk acara tertentu.

4. Mengasah Keterampilan dalam Menulis

Dalam dunia Blogger, menjadi seorang penulis yang lebih baik adalah momen (manfaat) yang paling terasa. Jika sebelumnya tidak bisa menulis, sekarang anda bisa menulis.

Yang awalnya pun tidak bisa mengetik dengan cepat, kini anda bisa mengetik dengan cepat di keyboard QWERTY. Begitulah adanya.

5. Menjadi Blogger Influence

Manfaat blog berikutnya adalah mendapatkan pengaruh. Jika dirasa anda tidak mampu berkontribusi untuk negara dalam hal apapun, maka jadilah seorang blogger.

Seorang blogger tentu menolong orang melalui tulisan-tulisan yang ia tulis. Misalnya, tentang pengalaman. Pengalaman itu pahit, kan? Tapi para blogger membagikannya secara gratis.

Seorang blogger sudah pasti akan mendapatkan fans, kepercayaan, respek, dan pengagum jika ia bersungguh-sungguh menekuni profesinya sebagai blogger.

6. Seorang Konsultan Dadakan

Dengan ngeblog, wawasan dan keahlian anda akan meningkat di bidang tertentu. Apalagi jika topiknya hanya satu (niche blog), tentang teknologi contohnya.

Kalau yang dibahas tentang teknologi, maka lambat laun ia akan menunjukkan kemahirannya di bidang tersebut.

Dengan menjadi seseorang yang ahli di bidang tertentu, anda akan mendapatkan penghargaan, respek, karir yang lebih baik lagi, dan kesempatan untuk menjadi seorang konsultan.

7. Membangun Jaringan di Seluruh Indonesia

Dengan ngeblog, anda akan mendapatkan jaringan ke seluruh Indonesia. Jaringan yang dimaksud yaitu pertemanan atau relasi bisnis.

Contohnya, anda dari Aceh main-main ke Jakarta. Kebetulan punya teman di Jakarta yang sama-sama berprofesi sebagai blogger, maka ada kemungkinan "teman ini" mengajak anda untuk mengunjungi beberapa destinasi terbaik yang ada di Jakarta.

Bisa jadi pula, ia menyediakan tempat tinggal untuk anda. Entah di rumahnya, atau di mana saja.

8. Mengasah Kemampuan Coding dan Pemasaran

Jujur, sebelum terjun ke dunia blogging, saya sendiri tidak paham apa itu HTML, CSS, dan JavaScript (Js).

Semakin kesini, mau tidak mau saya harus mempelajari HTML, CSS, dan JavaScript (Js). Untuk apa? Agar desain blog yang dimiliki terlihat semakin keren di mata pengunjung.

Percaya atau tidak, karena kejadian tersebut pula, kini saya bisa membuat template blogger. Jika ada yang salah (error) pun, saya langsung paham dan bisa mengatasi masalahnya.

Secara tidak langsung pun, anda akan mempelajari cara desain grafis, cara marketing secara online, dan pemasaran di sosial media.

9. Belajar dan Mencoba Kreativitas SEO

Belajar dan Mencoba Kreativitas

SEO adalah suatu cara untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian. Istilah ini dikenal dengan sebutan Search Engine Result Page (SERP).

SEO butuh waktu dan proses yang cukup memakan waktu. Membuat blog, dengan harapan trafik blog juga harus ikut meningkat, mengharuskan anda untuk mempelajari SEO itu seperti apa dan bagaimana cara mengembangkannya.

Pada hakikatnya, ilmu SEO itu sangat luas. Yang perlu dipelajari dan dipahami adalah celahnya. Setiap proses punya celahnya, termasuk SEO dalam dunia blogging.

10. Mengetahui Perkembangan Saat Ini

Dalam membuat konten/artikel, biasanya para blogger Googling dulu untuk mencari data. Atau bisa juga, sekedar "ngintip" tulisan blogger lain tentang tema yang akan diangkat.

Percaya atau tidak, dengan begini, pengetahuan anda tentang info terkini dan bidang keahliannya akan terus terbarui.

11. Berjualan secara Online

Sama seperti No. 1 di atas, di mana blog bisa digunakan untuk berjualan online.

12. Membantu / Menolong Orang

Siapa sih yang tidak suka menolong orang? Pada hakikatnya, manusia itu harus saling tolong menolong.

Membuat postingan blog dengan topik-topik tertentu, misalnya pemecahan masalah tentang dunia blogger, berarti anda telah membantu orang lain yang sedang kesulitan.

Atau contoh lainnya seperti tips makanan, tempat wisata, atau berbagi ilmu yang dianggap menarik.

13. Blog adalah Biodata Online

Nyaris sama dengan No. 2 di atas. Blog adalah "biodata online" atau "profil online". Blog mewakili identitas anda siapa, membuat orang akan mudah mengetahui siapa anda di dunia maya.

Apa itu blog? Blog adalah singkatan dari "Web Log". Pengertian blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Jika disederhanakan, definisi blog adalah website yang berisi artikel, foto, dan video.

Blog juga didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis; dengan isi artikel seperti pengalaman, opini, dan observasi.

Namun, ada juga blog yang dimiliki dan dikelola oleh seorang diri. Biasanya, isinya tentang pengalaman atau berbagi informasi yang difokuskan (tertentu).

Itu dia 13 Manfaat Blog: Tujuan & Fungsi Blog di Masa Depan. Mau buat blog? Atau punya pendapat yang bersebrangan, mungkin?

Sejarah Blog dari Masa ke Masa


1. Personal Home Page Justin Hall (1994)

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang sebelumnya dimiliki oleh Pyra Labs. Pada akhir tahun 2002, Google mengakuisisi Blogger dari kepemilikan Pyra Labs.

Cikal bakal blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi secara online, dengan alamat: links.net.

Tampilan blog milik Justin Hall sangat sederhana; hanya terdiri dari satu halaman, background putih polos, dengan sedikit teks tentang profil hidupnya.
Justin Hall

Pada awalnya, Justin Hall tidak menganggap itu sebagai blog, melainkan sebagai "personal home page". Justin hanya memanfaatkannya sebagai media berbagi kehidupan pribadinya, kuliah, hubungan, dan asmaranya.

Pada tahun 2004, The New York Times Magazine menobatkannya sebagai "The Founding Father of Personal Blogger" berkat inisiatifnya dalam membuat jurnal online berisi konten personal tersebut.

2. Jorn Barger, Pencetus Istilah Weblog (1997)

Jorn Barger memperkenalkan istilah Weblog yang merupakan gabungan dari dua kata, "Web" dan "log".

Ia memutuskan untuk menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan aktifitas internetnya, yaitu "Logging to The Web".

Jorn Barger

Jorn Barger juga orang yang pertama kali memperkenalkan konsep kronologi dalam weblog-nya, yaitu Robot Wisdom.

Konsep ini berada di urutan teratas dalam weblog, memungkinkan pengunjung bisa membaca postingan yang ia buat, dari awal hingga akhir.

3. Peter Merholz, Pencetus Istilah Blog (1999)

2 tahun setelahnya, istilah weblog berubah menjadi blog. Peter Merholz adalah orang yang pertama kali memperkenalkan istilah "blog" tersebut.

Peter Merholz

Peter Merholz adalah seorang desainer website. Di blog pribadinya, ia menceritakan bahwa ia menyukai permainan kata, dan ia tidak menyangka kalau keputusannya (mengubah nama weblog menjadi blog) akan berdampak hingga saat ini.

4. Lahirnya Blogger, LiveJournal, dan Xanga (1999)

Tahun 1999 merupakan tahun bersejarah bagi dunia blogging. Setidaknya, ada 3 platform blog personal dipublikasikan kepada dunia.

LiveJournal merupakan platform blog pertama yang dipublikasikan oleh Brad Fitzpatrick.

Pyra Labs yang dimiliki oleh Evan Williams dan Meg Hourihan pun menyusul dengan mempublikasikan platform blog bernama Blogger pada Agustus 1999.

Tidak lama berselang, platform blog ketiga yaitu Xanga pun dihadirkan.

5. Blogger Diakuisisi Google, dan Lahirnya WordPress (2003)

Pada akhir tahun 2002, Google mengakuisisi Blogger dari kepemilikan Pyra Labs. Di satu sisi, ada juga yang berpendapat kalau akusisi Blogger oleh Google terjadi pada Februari 2003.

Pada tahun yang sama, WordPress resmi diluncurkan. Baik itu Google dan WordPress, sama-sama menyediakan layanan blog personal secara gratis.

6. WordPress Adalah Platform Paling Populer (2019)

Dalam 15 tahun perjalanannya, WordPress terus bergerak dan maju. Tidak hanya menjadi platform penyedia blog, kini WordPress dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Contohnya seperti membangun website seperti toko online hingga website perusahaan.
WordPress juga menguasai market share CMS dengan angka 51,09%. Pada saat bersamaan, Blogger hanya bisa puas di angka 2% saja.

Sejarah Blog di Indonesia

Blog atau Blogger sendiri diperkenalkan ke Indonesia oleh Enda Nasution pada tahun 2001 melalui artikelnya, dengan judul "Apa itu Blog".

Berkat inisiatifnya dalam mempromosikan blog di Indonesia, beberapa media massa, termasuk diantaranya yaitu The Jakarta post, menyebutnya sebagai "Bapak Blogger Indonesia.

Tidak hanya sampai di situ saja, Enda pun aktif berbicara di berbagai media terkenal.

Bekerja sama dengan perusahaan konsultan komunikasi, Maverik, Enda memprakarsai Pesta Blogger yang pertama kali diadakan pada tanggal 27 Oktober 2007.

Di acara ini, semua blogger Indonesia berkumpul untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.

Hari Blogger Indonesia (27 Oktober 2007)

Pada tanggal 27 Oktober 2007, untuk pertama kalinya Pesta Blogger diadakan.

Muhammad Nuh, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi, berinisiatif menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Indonesia.

Sampai saat ini, tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai Hari Blogger Indonesia.

Fakta: Jumlah Pengguna Blogger di Indonesia (2015)

Pada tahun 2015, situs web berita dan informasi, Antara, melaporkan terdapat 3,5% menggunakan blogger dari 88,1 juta pengguna internet yang ada.

Artinya, Indonesia hanya memiliki 3 juta blogger saja. Angka ini tergolong kecil, mengingat penduduk Indonesia berjumlah lebih dari 200 juta orang.

.......... https://helmykediri.com
Jika Anda merasa bahwa artikel-artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal.

Diperbolehkan menyalin artikel diblog ini dengan syarat mencantumkan sumber link (teks langsung). Blog anda tidak akan dihapus , deindex , adsense tidak akan menerima keluhan hak cipta dari saya dsb
Buka Komentar
Tutup Komentar