3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT, hari ini saya mau membuat tutorial yang agak panjang yaitu cara menjalankan emulator android dikomputer/laptop windows
Android merupakan salah satu sistem operasi yang sampai saat ini banyak digunakan , rivalnya adalah IOS. Kemudahan dalam operasional serta gratis dan memiliki banyak fitur yang sangat dibutuhkan oleh pengguna.
Namun, rasanya kurang puas jika hanya memainkannya pada layar yang kecil. Tidak perlu khawatir, anda bisa memanfaatkan laptop untuk menjalankan emulator android. Bagaimana caranya? Berikut saya sampaikan tutorial menjalankan emulator android di laptop windows.
Android memberikan kemudahan dalam penggunaanya. Terlebih, dengan beragam fitur yang dihadirkan sangat membantu. Tidak hanya itu, bagi anda yang gemar bermain game tentu sangat tertarik untuk mencoba di layar besar. 

Anda bisa memanfaatkan laptop windows untuk dapat di install emulator android. Emulator yang di install juga tidak berat dan cocok untuk menjalankan banyak aplikasi. Tertarik ingin mencoba emulator android untuk pc ringan? Simak cara menjalankan emulator android di laptop windows secara lengkap. 

Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows Paling Mudah

Sampai saat ini, banyak sekali tersedia emulator yang dapat anda gunakan pada laptop windows. Lebih jelasnya simak dibawah ini. 

1. Nox App Player

Nox merupakan salah satu emulator android yang cukup banyak penggemarnya. Dimana, pengguna akan dimudahkan dalam pengoperasiannya. Tampilan yang modern dengan ukuran yang tidak terlalu besar menjadikan kelebihan tersendiri.
a. Download Dan Install
Pertama, lakukan download pada aplikasi dari nox. Anda bisa mencarinya di search engine. Kemudian, buka dan klik pada install. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252812529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
b. Loading Install
Maka, akan secara otomatis di arahkan pada loading dari install aplikasi nox. Membutuhkan waktu beberapa menit untuk dapat berjalan dengan baik. Selain itu, pastikan bahwa laptop anda tidak membuka aplikasi yang berat.
Cara%2BMenjalankan%2BEmulator%2B%25282%2529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
c. Klik Start
Setelah proses instalasi selesai, langkah selanjutnya yaitu hanya dengan klik start . Maka, akan secara otomatis diarahkan pada tampilan yang sudah berada di home beranda sebuah aplikasi android. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252832529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
d. Halaman Android
Sampai disini, anda sudah berhasil melakukan instalasi dari aplikasi nox. Maka, akan tampil beragam aplikasi yang sudah siap untuk digunakan. Ataupun, anda juga bisa menginstallnya terlebih dahulu. kalau perlu, bisa juga melakukan installasi melalui playstore. 
Cara%2BMenjalankan%2BEmulator%2B%25284%2529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
e. Cek RAM 
RAM 1GB sangat tepat untuk menjalankan berbagai macam aplikasi. Termasuk untuk kegiatan media sosial ataupun bermain game yang memiliki spesifikasi cukup tinggi. Selain itu, untuk berbagai keperluan lainnya juga bisa anda lakukan. Namun, pastikan bahwa laptop hanya menjalankan emulator saja agar berjalan dengan baik !
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252812529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows

2. BlueStacks

Sudahkah anda mengenal BlueStack? Ya,salah satu emulator android yang juga umum digunakan. Bahkan, sangat banyak yang menggunakan bluestack dalam berbagai keperluannya. Seperti untuk media sosial ataupun bermain game. 
Tampilan yang bergaya dan tidak membosankan serta ukuran kecil menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana cara menggunakannya? Ikuti langkah berikut ini. 
a. Download Dan Install BlueStack
Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mendownload aplikasi dan melakukan penginstallan. Open aplikasi dan anda akan di arahkan pada laman install pertama. Kemudian, anda bisa klik pada “install now” untuk memulai melakukan instalasi. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252822529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
b. Loading Install
Selanjutnya, anda harus menunggu proses installasi dari aplikasi bluestack. Secara otomatis, aplikasi akan melakukan check kesesuaian dari system yang anda gunakana. Hal ini sangat penting, agar penggunaan dari emulator sesuai pada systemnya. Sehingga, tidak terjadi crash ketika nantinya mulai digunakan. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252832529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
c. Install Complete 
Proses instalasi membutuhkan waktu beberapa menit tergantung dari spesifikasi masing-masing laptop. Umumnya, hanya berkisar 5 menitan saja. Namun, jika spesifikasi laptop rendah tentu akan semakin lama. Jadi,tunggu sampai muncul tulisan complete dan klik tombolnya. 
Cara%2BMenjalankan%2BEmulator%2B%25284%2529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
d. Memulai BlueStack
Setelah proses installasi selesai, langkah selanjutnya yaitu menjalankan bluestack. Bagi anda yang menjalankan bluestack pertama kali maka harus sabar dalam menunggunya. Setidaknya, anda perlu menunggu 2-3 menit agar bluestack berjalan dengan baik. Jika sudah, maka akan diarahkan pada halaman login akun. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252852529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
e. Login Akun Gmail
Sebagaimana mestinya pada ponsel android, emulator juga memerlukan akses untuk google play. Bagi pengguna android, google play sangat membantu dalam berbagai macam keperluan. Seperti cloud,ataupun mengakses play store. Disini, sangat disarankan untuk melakukan login menggunakan akun email anda. Pastikan bahwa akun benar dan dapat digunakan. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252862529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
f. Mulai Menggunakan Emulator
Jika sudah selesai semuanya, maka anda akan di arahkan pada halaman berupa beranda. Seperti android, hanya saja untuk beberapa fitur memang tidak tersedia. Namun, anda bisa melakukan installasi menggunakan google playstore. Karena, memang bluestack tidak menyediakan banyak aplikasi untuk dapat digunakan secara langsung. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252872529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows

3. KOPLAYER

Tidak kalah keren dibandingkan lainnya, koplayer juga memberikan pengalaman kepada pengguna yang cukup baik. Meskipun desainnya simple, tetapi kualitas penggunaan tidak perlu diragukan. Bahkan, diklaim sangat stabil untuk segala kondisi laptop windows. Terutama, bagi anda yang memiliki spesifikasi perangkat kelas rendah. Lebih jelasnya, ikuti cara installnya berikut ini:
a. Download Dan Install
Pertama, anda perlu mendownload terlebih dahulu koplayer untuk kemudian di install. Hanya perlu membukanya secara langsung, maka otomatis akan di arahkan pada halaman installasi. Disini, anda bisa memilih persetujuan “ya” dan kemudian klik pada tombol lanjut. 
Cara%2BMenjalankan%2BEmulator%2B%25288%2529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
b. Pilih Lokasi Install
Kemudian, anda akan diarahkan pada tempat untuk lokasi penginstallan. Disini, anda bebas memilih tempat dari lokasi yang akan di install. Pastikan, untuk memberikan ruang setidaknya 400 MB pada disk yang digunakan. Agar, installasi dari Koplayer dapat berjalan dengan maksimal. Jika sudah, maka klik pada tombol lanjut. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B252892529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
c. Pilih Mode Penggunaan
Menariknya, koplayer menyediakan dua mode penggunaan yang dapat anda pilih. Yaitu mode cepat ataupun mode kompatibel. Setiap mode memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi, tetap sesuaikan pada kebutuhan anda. 
Terutama, jika anda ingin penggunaan yang sesuai dan lancar maka dapat memilih mode cepat. Karena, akselerasi yang diberikan memang begitu baik. Kemudian klik pada tombol lanjut untuk mulai. 
Cara%2BMenjalankan%2BEmulator%2B%252810%2529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
d. Halaman Beranda
Jika sudah, anda akan dialihkan ke halaman beranda. Tampilan berandanya tentu mirip dengan android pada umumnya. Hanya saja, terlihat lebih simple dan memberikan kemudahan dalam penggunaanya. 
Hanya terdapat beberapa aplikasi saja yang di install secara otomatis oleh koplayer. Namun, anda juga bisa menambahkannya melalui playstore. 
Cara2BMenjalankan2BEmulator2B2528112529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
e. Cek RAM
RAM dari aplikasi koplayer ini sekitar 1GB yang dapat digunakan untuk beragam keperluannya. Meskipun memiliki RAM 1GB tetapi untuk penggunaan media sosial dan beberapa game berjalan dengan baik. 
Cara%2BMenjalankan%2BEmulator%2B%252812%2529 3 Cara Menjalankan Emulator Android Di Laptop Windows
Bahkan, bisa melakukan multitasking meskipun harus menunggu beberapa saat. Namun, jika anda ingin emulator lancar maka pastikan aktifkan penggunaan emulator saja. 
Begitulah 3 cara menjalankan emulator android di laptop windows. Ternyata, tidak sulit bukan dalam penggunaanya? Namun, pastikan bahwa RAM laptop anda mencukupi untuk menjalankannya. Dijamin, emulator akan berjalan dengan baik. Semoga bermanfaat !
Oleh…https://helmykediri.com

Related Post