8 Alat bantu untuk riset kata kunci gratis

by

helmy

REKOMENDASI TOOLS UNTUK MELAKUKAN RISET KEYWORD GRATIS

Selamat Datang di Blog Orang IT . Apakah anda sudah lelah menggunakan alat riset keyword yang disediakan oleh GKP ( google keyword planner ) ? Banyak webmaster merekomendasikan tools GKP untuk melakukan riset keyword demi menemukan judul yang paling tepat untuk artikel yang akan anda buat .

Kita juga tau bahwa GKP merupakan alat yang disediakan oleh google untuk membantu pengiklan google adwords dalam menentukan kata kunci yang tepat untuk kampanye iklan mereka , lagi pula sumber data GKP bukanlah search engine google melainkan saluran iklan . Selain itu GKP juga memiliki batasan data yang diperbaharui setiap 3 bulan terakhir .

Kebanyakan tools riset keyword mengambil API dari alat GKP meski demikian sering terjadi perbedaan hasil data dikarenakan beberapa tools memang tidak mengupdate datanya secara rutin/cache

Riset keyword bertujuan untuk mengelompokkan kata kunci , melihat volume pencarian bulanan , melihat tingkat kesulitan suatu keyword , membuat longtail menjadi menjadi menarik , pondasi utama untuk membangun artikel , menentukan anchor text dll
GKP menggunakan batasan hasil result kerentang yang umum , jadi kita tidak tau seberapa besarkah volume pencarian dari keyword yang ingin kita gunakan
8 Alat bantu untuk riset kata kunci gratis

Setiap pengguna GKP memiliki batasan , ada perbedaan data yang dihasilkan oleh pengiklan adwords dan non pengiklan adwords , jika anda adalah pengiklan maka GKP akan memberikan data yang pasti , akan tetapi hanya jika anda membuat kampanye yang dinilai google memang pantas mendapatkan hasil riset yang lebih spesifik
Secara keseluruhan GKP masih menjadi alat riset keyword yang baik untuk menemukan saran kata kunci , membagi beberapa kata pokok menjadi kata turunan dan gratis hehe
Jika anda hanya bergantung pada GKP , berarti potensi menjangkau visitor organik masih belum maksimal . Anda bisa menggunakan alat lain seperti ahrefs dan semrush . Bagaimana jika anda baru mulai belajar riset kata kunci dan belum memiliki uang yang cukup untuk berlangganan alat riset keyword dengan fitur premium tersebut ? 

Berikut ini daftar alat riset keyword gratis dan terpercaya cocok untuk pemula  :

1. Google trends

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan google trend sebuah alat yang memperlihatkan kata kunci populer atau yang sedang naik daun dibeberapa negara , Google Trends memvisualisasikan bagaimana tren pencarian berubah seiring waktu. Masukkan kata kunci, dan Anda akan melihat popularitas relatif permintaan pencarian  selama 12 bulan terakhir.

Google trends

Sepertinya pencarian dengan keyword ” protein powder ” relatif stabil sepanjang tahun , jadi cukup potensial untuk dijadikan bahan artikel

Jika kita melihat rentang waktunya dalam 5 tahun terakhir terlihat metrik yang meningkat dari tahun ketahun

(Ini adalah informasi yang google trends rangkum dalam beberapa tahun terakhir dan anda tidak akan dapat datanya di tools GKP)

Anda juga bisa menemukan kata kunci terkait dan mengumpulkan data volume perkembangan sebuah trends kata kunci dalam beberapa tahun terakhir , ada banyak fitur yang menarik untuk dieksplore dari google trend . Sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki blog seputar life style , anda juga bisa mendapatkan ide artikel populer setelah mengetikkan beberapa baris kata

Google trendsq

2. Keyword shitter

Anda cukup memasukkan 1-2 kata kunci lalu klik shit , biarkan tools bekerja mengumpulkan beberapa kata kunci yang tersebar di internet . Anda bisa mendapatkan ratusan sampai ribuan kata kunci hanya dengan memasukkan kata dasarnya saja . Tools ini biasa digunakan oleh pemain AGK dan fakesitemap meski demikian tools ini juga cocok untuk melakukan riset keyword

Keyword shitter akan mengumpulkan data dari autocomplete google secara otomatis , cukup membingungkan karena jika dijalankan selama 30 menit anda bisa memperoleh ide sampai puluhan ribu kata kunci

Keyword shitter

Karena sifatnya mendasar , tools ini tidak mengelompokkan kata kunci dan tidak pula menujukkan volume pencarian seperti lazimnya alat keyword research lain nya

Keyword shitter memiliki satu fitur yang menarik , yaitu filter kata kunci . Sambil melakukan scrapping keyword dari kata kunci dasar anda bisa mengecualikan beberapa badwords agar hasil research yang didapatkan aman

3. SEO Keyword Permutation Generator

Alat ini menggabungkan beberapa daftar kata kunci sehingga menghasilkan ide kata kunci baru , alat itu mengambil tiga daftar kata kunci yang anda masukkan dan menggabungkannya ke dalam daftar permutasi.

SEO Keyword Permutation Generator

Ini berguna jika anda mempertimbangkan kata kunci pelengkap (misalnya, “terbaik,” “termurah,” “beli,” terpopuler dll.) Ke daftar topik.

Ini juga bisa digunakan untuk keperluan SEO lokal. Misalnya, katakanlah Anda menjalankan perusahaan pipa yang menawarkan layanan di banyak negara.

Inilah cara saya menggunakan alat ini:

Jelas sangat sederhana dalam fungsinya, yang berarti alat itu tidak memberi Anda data tambahan apa pun (misalnya, volume pencarian, tren, BPK, dll.)

4. Answer the Public

Answer the Public , Hal pertama yang akan Anda lihat setelah memasukkan kata kunci “dasar” adalah pertanyaan. Ini adalah pertanyaan pencarian yang berisi siapa, apa, mengapa, di mana, bagaimana, yang mana, kapan, apa, dan apa adanya.

Misalnya, “what protein powder tastes best?”

Secara default, Anda akan melihat visualisasi, tetapi Anda dapat beralih ke daftar ol reguler jika Anda suka . Selanjutnya, saya memiliki proposisi  yaitu, untuk, dapat, dekat, tanpa, dengan, dan untuk.

Ini adalah permintaan pencarian yang sesuai dengan format [seed] [preposition] [______].

SEO Keyword Permutation Generator

Misalnya, “bubuk protein tanpa karbohidrat,” atau “bubuk protein untuk penambahan berat badan.”

saya kemudian memiliki perbandingan  yaitu, versus, vs., dan, suka, atau.

Sekali lagi, formatnya adalah [seed] [comparison] [______].

Misalnya, “bubuk protein versus daging”, atau “bubuk protein atau dada ayam”.

Dan akhirnya saya memiliki abjad dan terkait.

Alfabet adalah saran Pelengkapan Otomatis Google.

Dari pengalaman saya, jumlah saran dalam kategori terkait hampir selalu ~ 20, dan saya tidak tahu dari kata kunci berasal. Tapi tetap saja, itu menghemat waktu untuk menemukan keyword potensial

Tetapi dari mana ATP mendapatkan datanya?

Sejauh yang saya tau, itu mungkin saja berasal dari API Google Keyword Planner.

5. Google correlate

Yap  alat riset keyword lain dari Google.

Dalam pernyataan Google sendiri, Google Correlate menemukan pola pencarian yang sesuai dengan tren dunia nyata. Yaitu, korelasi tren.

Google Correlate secara teknis adalah bagian dari Google Trends. Tapi saya merasa itu pantas disebutkan secara terpisah, karena memberikan cara yang berbeda untuk menemukan ide kata kunci bila dibandingkan dengan tren.

Mari kita terjun langsung dengan mencari — ya, Anda menebaknya— “protein powder” lagi

Google correlate

Anda akan melihat bahwa tidak semua saran ini mengandung frase “kata kunci dasar”.

Itu karena ini adalah data korelasi kumpulan kata kunci / tempat tren penelusuran berkorelasi dengan kata kunci asal yang anda ketikkan , jika saya mencari data nama artis terkadang bukan hanya web yang mengulas riwayat hidupnya saja yang tampil , beberapa film yang mereka bintangi meski dengan judul / tidak ada keyword mungkin ditampilka

6. Keywords Everywhere

Keywords Everywhere

Keywords Everywhere adalah addon gratis untuk Chrome (atau Firefox) yang menambahkan volume pencarian, BPK & data persaingan ke semua situs web favorit Anda.

Situs web ini meliputi: Google, eBay, Amazon, Jawab Umum, Penembak Kata Kunci, dan lainnya.

Satu-satunya downside selain frekuensi pembaruan dan akurasi, yang akan kita dapatkan dalam satu menit  adalah hasil yang diformat dengan cara yang aneh, seperti yang Anda lihat.

Keywords Everywheres

Buat salinan Google Spreadsheet ini, lalu tempelkan data Kata Kunci di mana-mana ke dalam lembar pertama  yang berlabel “PASTE HERE.”

Lalu buka lembar “HASIL” dan Anda akan melihat daftar yang jauh lebih rapi.

7. Wordtracker Scout

Berkaitan dengan ekstensi google Chrome, ada satu lagi alat riset keyword yang keren yaitu Wordtracker Scout.

Tekan ekstensi saat menjelajahi halaman web mana pun dan Wordtracker Scout akan menampilkan kata kunci yang paling relevan dari halaman itu. (Ini seperti pemeriksa kepadatan kata kunci, tetapi lebih baik.)

Wordtracker Scout

Tapi dari mana data ini sebenarnya berasal? Ini bukan data dari GKP kan?

Menurut Wordtracker, semua data berasal dari “basis data besar […] dari Wordtracker tentang miliaran penelusuran nyata oleh orang sungguhan.”

[Wordtracker Scout] uses the Wordtracker data set which is passed to us from a variety of third party sources such as second tier search engines.

Owen Powis, Chief Executive Officer Wordtracker

8. Google Search Console

Sebagian besar alat riset kata kunci (gratis atau lainnya) dibuat untuk menemukan kata kunci baru yang ditargetkan. Tetapi bagaimana dengan perkembangan kata kunci yang sudah Anda rangking?

Apakah tidak ada perluasan ide keyword yang bisa diambil dari ini?

Google Search Console adalah alat kata kunci yang tidak boleh diabaikan. Pergi ke Search Console > Search Traffic > Search Analytics > Queries

Sekarang Anda akan melihat kueri mana yang mengirim klik terbanyak ke situs Anda dalam 28 hari terakhir.

Anda juga akan melihat tayangan, RKT, dan posisi rata-rata untuk setiap kueri.

Laporan ini dapat memberi tahu Anda banyak — Anda hanya perlu tahu apa yang Anda cari.

Sebagai permulaan, lihat kolom tayangan. Jika GSC melaporkan posisi rata-rata Anda peringkat ~ 7 atau di bawah, ada peluang bagus — menurut pendapat saya, setidaknya — bahwa blog Anda muncul untuk sebagian besar hasil penelusuran.

Google Search Console

Jangan salah paham, Anda dapat menemukan beberapa kata kunci yang baik dengan alat kata kunci gratis.

Tetapi melakukan hal itu bisa jadi sangat memakan waktu. Dan waktu = uang.

Setiap detik Anda menghabiskan hasil Google Autocomplete untuk kueri individual (dan menggabungkan data dari beberapa alat kata kunci gratis bersama-sama dalam spreadsheet) adalah waktu yang dapat Anda habiskan untuk melakukan hal yang lebih penting … seperti membuat konten, atau membangun tautan dll

Baca juga : 70+ tools SEO terbaik

Editor Helmy kurniawan from http://helmykkediri.blogspot.com

Related Post