Tips trik yang bisa anda lakukan diwindows 8.1

by

helmy

TIPS TRIK YANG BISA DILAKUKAN DIWINDOWS 8.1

Selamat Datang di Blog Orang IT . Ditahun 2018 ternyata masih banyak juga pengguna windows 8.1 termasuk saya , rasanya pengen diupgrade ke versi windows 10 namun masih belum terbiasa dengan desain dan menu barunya jadi sebagian masih bertahan dengan windows versi lawas baik 8 maupun 8.1 . Namanya juga sudah terbiasa beraktivitas dengan versi windows lama kalau langsung diganti nanti kurang nyaman jadinya hehe meskipun diwindows 10 menawarkan banyak sekali fitur tambahan seperti kalibrasi layar , kalibrasi baterai , auto resize gambar dengan aplikasi bawaan dll cukup menggugah  versi pengguna lawas untuk upgrade
Berdasarkan percobaan berikut ini trik tips yang bisa anda lakukan diwindows 8.1
1| Lihat Opsi Langsung dari Tombol Start

1| Lihat Opsi Langsung dari Tombol Start

Ingin memintas banyak opsi menu seperti Windows Explorer, Desktop Settings, atau Shutdown? anda cukup klik kanan pada tombol start. Ini akan memberikan akses ke lebih banyak menu yang biasanya memerlukan dua atau tiga langkah untuk mencarinya.

2| Login Langsung ke Desktop


2| Login Langsung ke Desktop
Umumnya, saat menggunakan Windows 8.1, dari lockscreen anda akan dibawa ke Start Menu dengan deretan Live Tile. Nah, mungkin anda termasuk dalam golongan yang lebih suka menuju desktop langsung alih-alih ke start menu. Caranya sangat mudah. Klik kanan pada toolbar di desktop. Pilih Properties, lalu pilih tab Navigation. Di sini anda perlu mencentang kotak yang bertuliskan “When I sign in or close all applications on a screen, go to the desktop instead of Start“.

3| Kustomisasi Tile di Home Screen

 3| Kustomisasi Tile di Home Screen

Tile di Windows 8.1 bisa diatur ukuran besar kecilnya. anda cukup mengklik kanan tile yang anda inginkan, lalu pilih Resize. Jika anda ingin memindahkan dan mengelompokkan tile, anda cukup klik dan tahan pada tile tersebut, lalu menggesernya ke tempat yang anda inginkan. Jika melewati kolom kelompok tile sebelumnya, maka akan terbentuk kelompok baru, dan anda dapat memberi nama baru untuk kelompok tile tersebut.

Untuk informasi lebih lengkap tentang kustomisasi home screen, anda bisa membuka artikel winpoin: Cara mempercantik Windows 8/8.1 dari basic hingga advanced.

4| Kustomisasi Opsi Privasi


4| Kustomisasi Opsi Privasi

Windows 8.1 menawarkan opsi untuk mengatur perangkat dan data yang digunakan oleh aplikasi di Windows Store. Jadi anda bisa mengizinkan atau memblokir aplikasi dari mengakses informasi pribadi anda. Misalnya: dengan mematikan advertising ID, maka pengiklan tidak akan dapat menggunakan data pribadi anda untuk menampilkan iklan yang dipersonalisasikan untuk anda. Untuk mengubah pengaturan ini, buka Change PC settings, lalu klik Privacy.

5| Smart Files


5| Smart Files

Hal yang unik: OneDrive app di Windows 8.1 lebih fungsional daripada Windows 10. Dari OneDrive, anda bisa melihat lengkap semua file yang anda letakkan di OneDrive tanpa perlu download. Ini tentu saja akan sangat menghemat storage anda.

Namun jika anda ingin bernavigasi dengan cepat secara offline, maka anda perlu memilih opsi Make available offline. Dengan memilih opsi ini, maka semua file anda akan diunduh dan disinkronkan ke perangkat Windows 8.1 tersebut.

6| Opsi Windowing Tingkat Lanjut (untuk Aplikasi Tertentu)


6| Opsi Windowing Tingkat Lanjut (untuk Aplikasi Tertentu)

Windows 8.1 memang belum secanggih Windows 10 dalam mengatur ukuran jendela (di Windows 10, anda dapat dengan mudah menggeser aplikasi apa saja untuk mengatur lebar ruang yang dipakai oleh software yang anda buka). Namun ada beberapa aplikasi, utamanya yang anda download dari store, dapat diatur dengan bebas. Ini bermanfaat jika anda memerlukan dua kolom jendela bersebelahan dalam pengoperasian.

7| Cara Memunculkan App Bar


7| Cara Memunculkan App Bar

Banyak aplikasi Windows 8.1 yang tampilannya terlihat ringkas, bahkan anda merasa bingung untuk mengatur aplikasi ini. Tapi sebenarnya ada pengaturan tambahan yang tersembunyi di aplikasi ini. anda cukup klik kanan di bidang aplikasi yang mana saja, maka aplikasi tersebut akan menampilkan pengaturan tambahan. Umumnya adalah setting dari aplikasi tersebut serta opsi Pin to Start.

Nah, itulah beberapa tips menggunakan Windows 8.1 yang mungkin akan bermanfaat bagi pemula. Anda ada tips lain? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar dan saya akan menambahkannya pada seri selanjutnya!

Related Post