MENGATASI CPC IKLAN GOOGLE ADSENSE SEMAKIN MENURUN
Selamat Datang di Blog Orang IT . Sepertinya lagi rame dibeberapa forum mengenai keluhan para publisher iklan google adsense yang CPC dan CTR nya semakin menurun secara signifikan otomatis kejadian ini dibarengin dengan turunya pendapatan harian bagi publisher iklan google adsense . Jika tidak disikapi secara bijak kejadian ini akan menimbulkan banyak masalah seperti menurunya semangat ngeblog , beralih menggunakan jaringan periklanan lain sampai menjual akun google adsense
(Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si
pemasang iklan) untuk setiap klik iklannya, tiap kali iklan adsense
tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah
nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan
semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut.
CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase
unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang
bersangkutan tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian
iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak 10 kali maka nilai CTR nya
dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam
1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali,
berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.
BPK biaya perklik atau CPC cost per click sangat dipengaruhi oleh pangsa
pasar dan beberapa faktor misalnya pengiklan menawarkan suatu kata kunci
kemudian menentukan bit untuk setiap iklan yang bersedia mereka bayar
1. CPC rendah karena musim
Ada suatu musim dimana cpc iklan naik dan musim dimana cpc iklan turun , beberapa blogger senior beragument bahwa cpc adsense akan turun setiap awal tahun baru dan awal bulan kuartal misalnya saja untuk iklan mobil listrik dimana pengiklan bebas menaikkan bit ketika penjualan naik sebaliknya saat penjualan turun pengiklan juga menurunkan biaya cpc iklanya
2. Konten mengundang cpc rendah
Topik blog merupakan salah satu pertimbangan bagi google adsense untuk mendapatkan nilai cpc tinggi , misalnya topik blog tentang apartement lebih besar cpc-nya dibandingkan topik blog tentang seo.
Selain itu advertisement juga memilih mana keyword yang mau diambil dan mereka bebas menentukan nilai cpc nya , hal ini sudah berada diluar jangkauan publisher untuk membatasi iklan dengan biaya rendah
Oleh karena itu beberapa mastah hanya menggarap situs yang mentargetkan keyword dengan kriteria HPK tinggi sebaliknya untuk HPK rendah kebanyakan digangbang oleh para newbie
3. CPC turun menyesuaikan dengan kompetitor
FBAds merupakan salah satu pesaing terbesar dari iklan google adsense , hal ini dikarenakan harganya yang relatif murah dipengaruhi oleh interaksi pengguna dan berpeluang lebih laku dipasaran ketimbang menggunakan iklan googleads . Demi menjaga pengiklan untuk bertahan pada layanan google tak jarang adsense menurunkan cpc pubslishernya
Persaingan ini menyebabkan google ads menawarkan taktik untuk menjaring sebanyak-banyak pengiklan dengan penawaran relatif rendah untuk versi mobile . Jika pengunjung blog anda kebanyakan datang dari perangkat seluler maka anda akan sadar perbedaan cpc antara iklan versi mobile dengan PC dimana versi mobile harganya relatif murah
4. Format iklan salah
Salah satu cara meningkatkan nilai cpc adalah dengan menggunakan format iklan yang tepat dan memberikan nilai ctr yang bagus . Untuk mendapatkan nilai cpc terbaik dalam situs resminya google adsense menyarankan publsiher untuk menggunakan ukuran iklan 720×90,
336×280, 160×600, dan spanduk seluler 320×100.
Jika dilihat semua ukuran iklan tampilanya cukup besar karena iklan besar nilai cpc nya juga tinggi , hal ini dikarenakan keterlihatan iklan lebih menonjol ketimbang attribut lain
5. Peletakan iklan kurang tepat
Jika anda merasa cpc iklan rendah coba lihat lokasi iklan anda sebagai visitor , apakah kira-kira anda melihat iklan yang terpampang di blog anda dengan jelas atau tidak . Coba evaluasi penempatan iklan agar lebih optimal
Terkadang iklan dengan lokasi strategis dan mendapatkan banyak klik justru cpc nya rendah hal ini dikarenakan sistem berusaha menyeimbangkan antara klik dengan cpc agar tidak merugikan pengiklan
Beberapa iklan dipasang dilokasi strategis memang mendatangkan banyak klik, namun sistem cenderung menurunkan cpc nya karena dianggap besarnya klik iklan akibat klik tidak sengaja atau disengaja berdampak merugikan bagi pengiklan adwords
6. Blokir iklan berlebihan
Beberapa tips mengatasi penurunan BPK / CPC
dapat meningkatkan BPK dan RKT. Ukuran paling optimal adalah 720×90,
336×280, 160×600, dan spanduk seluler 320×100.
mencekal terlalu banyak pengiklan, jaringan iklan, atau kategori umum
maupun sensitif, BPK akan menurun karena pengiklan dalam lelang yang
menawar inventaris Anda menjadi lebih sedikit
dapat menaikkan tawaran pada saat tertentu dalam setahun bila penjualan
cenderung meningkat. BPK juga dapat turun pada awal setiap kuartal.
Pikirkan tentang vertikal situs Anda, misalnya, jika situs melayani
mahasiswa, Anda dapat memperkirakan terjadinya penurunan lalu lintas di musim pertengahan perkuliahan
- Hapus iklan dengan interaksi minim
- Letakkan iklan diblog dummy
- Pindah posisi iklan
Baca juga : Cara google mengetahui invalid click