Memperbaiki Tombol Keyboard yang Tertukar

by

helmy

CARA MEMPERBAIKI  FUNGSI TOMBOL KEYBOARD YANG TERTUKAR

Memperbaiki Tombol Keyboard yang Tertukar

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya mengenai Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris kemudian postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengembalikan fungsi tombol keyboard yang tertukar  menjadi normal seperti sedia kala . Mungkin banyak orang yang mengalami hal tersebut jadi saya akan memberikan solusi mengembalikan fungsi tombol keyboard normal seperti sedia kala.

Keyboard merupakan salah satu bagian penting dari komputer yang berfungsi sebagai perangkat INPUT kedalam system namun suatu ketika fungsi dari tombol keyboard tersebut tertukar misal fungsi Keyboard ENTER tertukar dengan SHIFT .
Secara umum penyebab tombol keyboard tertukar biasanya karena pengaturan bahasa yang berubah menjadi unitedkingdom padahan atau mungin karena system yang mengalami crash sehingga menyebabkan malfungsi terhadap beberapa tombol keyboard.
Berikut beberapa cara mengatasi fungsi tombol keyboard yang tertukar dengan mudah :

1. Ubah Bahasa Default

Pada saat install ulang windows bahasa default yang di atur adalah united kingdom yang mana jenis keyboard yang di gunakan adalah united kingdom padahan . Sementara yang sering kita gunakan adalah united stated. nah untuk memperbaiki atau merubah susunan keyboard agar menjadi united stated itu sangat mudah caranya :
– Buka Control Panel – add language karena kita akan merubah bahasa menjadi United Stated
Memperbaiki Tombol Keyboard yang Tertukar

Klik  Add a language dan pilih English ( United State ) jika tidak ada pilih add language dan cari United State kemudian tambahkan dengan memilih tombol add
Memperbaiki Tombol Keyboard yang Tertukar

 – Setelah itu tombol keyboard anda sudah normal kembali , jika belum coba lihat cara ke 2

2. Gunakan Kombinasi ShorCut

Memperbaiki Tombol Keyboard yang Tertukar
Fn + NumLock
Jika keyboard anda mengalami hardcrash mungkin sedikit sulit untuk memperbaikinya tapi jika mengalami error system sehingga fungsi keyboard anda menjadi acak coba gunakan kombinasi shorcut berikut
Tekan Fn + InsertNumLock / Fn + Fn Lock secara bersamaan , jika berhasil maka fungsi keyboard anda akan normal kembali jika belum berhasil tekan Fn + F11 secara bersamaan ( cari saja tombol numlock  dan tekan bersamaan dengan tombol Fn )

3. Gunakan Software Keyboard Tester

Memperbaiki Tombol Keyboard yang Tertukar

Cara selanjutnya adalah gunakan software keyboard tester yang berfungsi untuk melakukan cek apakah tombol keyboard itu berfungsi atau tidak dengan menggunakan penanda warna merah jika kerboard tersebut tenggelam atau warna kuning jika fungsi tombol tersebut hilang .

Atau gunakan virtual keyboard OnScreen bawaan laptop , jika tidak ada tombol error saat pengujian menggunakan keyboard OnScreen berarti perangkat keras keyboard anda yang memang bermasalah.

4. Bersihkan Keyboard

Cobalah anda copotin keyboard anda dan coba ambil sebuah kain serat yang sedikit dibasahkan, dan cobalah membersihkan pada permukaan tombol yang rusak tersebut. Anda juga dapat membuka tombol keyboard yang macet akibat terkunci oleh sesuatu hal misal karena debu yang tebal atau pasir.
Jangan lupa bongkar keyboard anda dan bersihkan bagian sensornya , gunakan cutton both kering karena bagian sensor ini sangatlah sensitiv jadi hati-hati jika membersihkan bagian ini.

5. Gunakan Software Keyboard Mapping

Memperbaiki Tombol Keyboard yang Tertukar
Keyboard Mapping

Key Tweak ini berfungsi untuk Me-Remap Keyboard. Software ini fungsinya untuk mengganti susunan tombol keyboard. Mengatur beberapa fungsi keyboard yang tertukar dan menghapus fungsi suatu tombol keyboard 


Demian postingan mengenai Cara Memperbaiki Error Tombol Keyboard Tertukar semoga bermanfaat , jika ada yang ingin menambahkan silahkan ketikkan pada kotak komentar dibawah . Postingan sebelumnya mengenai Cara Download File Tanpa Korup.

Related Post