Solusi gagal bayar pinjol dan mengatasi teror DC

by

helmy

Selamat Datang di Blog Orang IT. Pada postingan kali ini saya mengulas sedikit tips dari berbagai permasalahan akibat pinjaman online alias pinjol. Beberapa orang berhutang kepada aplikasi pinjol karena sedang terdesak saja meskipun banyak juga yang sedari awal berniat berhutang dan enggan membayar. 

Tetapi saya sangat respek kepada kalian yang berniat melunasi hutang pinjol karena yang namanya hutang urusannya tidak berhenti di dunia melainkan ditagih sampai nanti di akhirat kelak

1. Rahasia Pinjol yang perlu anda ketahui…

A. Rahasia Pinjol

1. Fintech pinjol sudah mendaftar asuransi

Hampir 99% dari seluruh aplikasi pinjaman online sudah ikut asuransi.

Jadi meskipun nasabah tidak membayar, uang yang dihutangkan akan kembali ke perusahaan (pinjol) maksimal dalam kurun waktu 3 bulan.

Adapun alasan mereka memaksa menagih dengan segala bentuk ancaman hanyalah demi keuntungan yang lebih besar semata.

Jadi kalau anda memiliki pertanyaan “Bagaimana kalau pinjol tidak dibayar?” jawabannya, yaa anda mati membawa hutang hehe kalau bisa cukup lunasi hutang pokoknya saja tidak usah sekalian bunganya kemudian tobat nasuha

2. Pinjol merekrut DC

DC (Debt Collector/Penagih) kebanyakan direcrute dengan sistem outsourcing (pekerja lepas). Bukan berasal dari kantor resmi.

Anda tidak perlu takut untuk menghadapi DC. Tetapi takutlah kalau si DC ini datang ke tempat kerja sehingga semua rekan kerja anda tahu kalau selama ini anda menunggak hutang hehe

Kapan DC pinjol datang ke rumah? kalau lokasi tempat tinggal DC dekat dengan tempat tinggal anda yaa siap-siap didatangi kalau menunggak lebih dari 3x pembayaran

Katakan saja bahwa Anda akan transfer sendiri ke rekening aplikasi. Dan jangan pernah sekali-kali membayar melalui DC.

Sudah banyak kasus uang nasabah dibawa kabur DC dan nasabah tetap ditagih DC lain. 

Terkadang DC nakal mengiming-imingi nasabah dengan restrukturisasi berdalih pemberian keringanan kredit tetapi jangan langsung percaya! kebanyakan DC nakal memberikan rekeningnya sendiri sehingga pembayaran nasabah masuk ke kantong pribadi DC

B. Trik Nakal Pinjol dan DC

1. Data Nasabah Dijual

Ketika nasabah gagal membayar; entah itu pinjol legal maupun ilegal, data nasabah akan dijual ke pinjol lain (kayaknya..)

Kasus ini sering terjadi dengan tiba-tiba ketika ada dana masuk ke rekening pribadi padahal nasabah tidak merasa install aplikasi pinjol baru dan mengajukan kredit pinjaman

Begitu DC menagih hutang karena jatuh tempo, tetapi nasabah enggan membayar karena tidak merasa berhutang pada fintech tersebut, maka DC akan mengeluarkan jurus andalannya yaitu mengancam sebar data pribadi hingga fitnah!

DC sudah mengantongi data pribadi nasabah seperti foto selfi pegang KTP, Kartu Keluarga, Nomor Rekening dll 

Berapa lama pinjol sebar data? itu tadi, ketika nasabah ngotot tidak mau membayar atau tidak segera membayar … durasinya mungkin selama 1-2 bulan

Berbagai cara dilakukan DC untuk mempermalukan korbannya mulai dari menyebar fitnah di grub tempat kerja nasabah, di komunitas wilayah, hingga daftar kontak hp nasabah

2. Jangan berikan uang kepada DC

DC seringkali datang bukan untuk menagih. Melainkan untuk mencari uang ceperan.

Sebab, sebenarnya DC petugas lapangan dari kantor bukan ditugaskan untuk meminta uang dari nasabah, melainkan hanya untuk somasi dan ancaman.

Jika DC tetap memaksa nasabah untuk membayar, katakan Anda tidak punya uang dan akan mencari solusi melalui Badan Perlindungan Hukum setempat.

Jika nasabah sudah mengatakan hal demikian, DC sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi dan biasanya tidak akan kembali.

Jikapun kembali, mereka hanya cari uang rokok. Dan tidak perlu diperdulikan.

Jadi, nasabah tidak perlu memberi uang kepada DC secara tunai karena uang tersebut akan masuk ke kantong pribadi DC bukan untuk membayar kredit kepada fintech!

3. Tips Menghadapi Ancaman Pinjol & DC

 “Pinjol yang menyebarkan data pribadi bisa dikenakan Pasal 32 junto (jo) Pasal 48 Undang-Undang No.11 Tahun 2008 jo UU No.19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jika memberikan ancaman bisa dijerat dengan Pasal 368 KUHP dan Pasal 29 jo Pasal 45B UU ITE. Dan jika melakukan kekerasan fisik dan pengambilan barang bisa dijerat dengan KUHP Pasal 170, Pasal 351, Pasal 368 ayat 1 dan Pasal 335 ayat 1 pasca-putusan Mahkamah Konstitusi,”.

Dengan mengetahui pasal di atas, diharapkan Anda mampu memberikan serangan balik / gertakan balasan agar DC tidak semena-mena

4. Lamanya DC pinjol meneror

Para pinjol ilegal sengaja membuat ancaman-ancaman yang sekiranya bisa membuat nasabah stress.

Supaya Anda segera mencari pinjaman lain atau gali lobang-tutup lobang.

Padahal boss dari sebagian besar aplikasi pinjol ya itu-itu saja.

Sekali lagi, mereka berambisi mengejar keuntungan pribadi sebanyak-banyaknya bukan demi perusahaan. 

Meski ada juga sih, karyawan fintech pinjol ilegal yang dipekerjakan untuk menagih hutang nasabah dengan berbagai cara. Umumnya mereka digaji tinggi tentunya harus mampu mencapai target harian jumlah nasabah yang membayar 

C. Cara Mengatasi Pinjol Legal

1. Manfaatkan peraturan OJK

Tidak banyak yang bisa diperbuat ketika nasabah berurusan dengan pinjol legal. Karena mereka memang berbadan hukum dan resmi terdaftar di OJK.

Cara Mengatasi Pinjol Legal

Langkah paling masuk akal adalah datang ke kantor pinjaman online legal yang Anda berhutang disana untuk minta restrukturisasi atau keringanan pinjaman.

Biasanya bank pinjol legal akan memberikan keringanan berupa pengurangan ansuran, penghapusan bunga pinjaman, atau perpanjangan tenor.

2. Negosiasi

Jika Anda berada jauh dari kantor pinjol, Anda dapat menghubungi pihak aplikasi dan sampaikan maksud Anda.

Semoga pihak pinjol berkenan memandu Anda untuk mengurus dokumen melalui email ataupun video call.

Cara di atas selama ini selalu berhasil. Sampaikan dengan jelas dan tegas maksud Anda. Bahwa Anda sudah tidak bisa membayar, dan menginginkan keringanan seringan-ringannya.

Juga, bahwa anda berkomitmen untuk tetap melunasi hutang tersebut!

Baca juga: Tips memilih pinjol terbaik

D. Cara Mengatasi Pinjol Ilegal + Cara Membersihkan Data

Pada dasarnya pinjol ilegal dapat dilaporkan dan layanannya akan ditutup jika terbukti ilegal. Semoga digerebek pihak berwenang sehingga data-data anda aman hehe

Jika Anda terlanjur terjerat pinjol ilegal dengan bunga atau tenor yang tidak masuk akal, maka Anda dapat mengadukan layanan pinjol tersebut

Jika bunga yang yang tetapkan diubah oleh pihak pinjol, atau Anda merasa bunga yang dibebankan terlalu tinggi, Anda dapat memmbuat laporan seperti berikut:

– Buka browser/peramban Anda.

– Akses situs : https://konsumen.ojk.go.id/formpengaduan

– Kemudian Isi form tersebut

form pengaduan pinjol ilegal

form pengaduan pinjol ilegal2
Isi Ringkasan Pengaduan kurang lebih seperti ini:
“Aplikasi menerapkan bunga yang tidak sesuai kesepakatan dan diluar nalar.
Uang pinjaman sudah terlanjur saya ambil dan saya pergunakan. Sedangkan saya tidak tahu jika ketentuan bunga dan tenor telah berubah.”
Nama PJUK dan Nama Produk bisa diisi dengan nama Aplikasi Pinjol Yang Anda Gunakan
Lokasi Kejadian = Kediaman/rumah

Nominal Kerugian = Nilai hutang pokok + bunga
pengaduan pinjol illegal
Kronologis pengaduan = buat keterangan seperti di atas, lalu foto dan kirimkan.
Bukti Pengaduan PUJK = Silahkan chat pihak pinjol ilegal. Nyatakan bahwa Anda keberatan jika dikenakan bunga besar atau tenor yang terlalu singkat.
Lalu ambil screenshot dan kirimkan.
Surat Pernyataan = Buat Surat Pernyataan tertulis tentang keberatan Anda dan ketidak sanggupan untuk membayar, kemudian screenshot dan kirimkan.
mengisi form aduan pinjol ilegal

– Pilih Tidak

– Centang Disclaimer

– Masukan text sesuai gambar.

– Kemudian Kirim

– Tunggu balasan email. Biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari

Berapa lama pinjol ilegal meneror? 

Selama anda meresponsnya atau ketika anda menunjukkan tanda-tanda panik.. biasanya setelah 2 bulan reda, sisanya tinggal data anda berpindah ke DC-DC nakal yang terkadang masih menagih hutang untuk keuntungan pribadi padahal hutang anda sudah lunas (amiin )

Oh ya, ada pula pengaduan via WA dan Email

Anda juga dapat mengadukan pinjol ilegal melalui WA:  081-15715-7157 atau email :  [email protected] 

E. Cara Membuka Jasa Offline Mengatasi Pinjol

Di internet ada banyak sekali lho yang menawarkan jasa pembersihan data pribadi yang ada di pinjol legal maupun ilegal bahkan sampai ada ebooknya dijual Rp250.000 padahal isinya yaa kurang lebih sama dengan artikel saya ini

Offline yang dimaksudkan di sini adalah jasa yang ditawarkan di dunia nyata. Ataupun jasa yang ditawarkan kepada teman/kerabat secara langsung.

Untuk membuka jasa pembersihan data secara offline, Anda cukup bertemu klien dan melakukan langkah-langkah di atas.

Sarankan klien untuk ikut melakukan pengaduan melalui WA :  0811 5715 7157

F. Cara Membuka Jasa Online mengatasi Pinjol

Sedangkan untuk membuka jasa secara online, berarti Anda cukup mengerjakannya dari jarak jauh.

Anda bisa kerjakan melalui smartphone, tablet, laptop ataupun PC.

Karena bersinggungan dengan data pribadi, penyedia jasa biasanya menyarankan pihak klien untuk mengirimkan email seperti yang ada pada panduan D1 sampai D3.

Dan setelah itu baru di bantu melalui WA: 0811-5715-7157 atau email :  [email protected] 

Namun kembali lagi kepada kenyamanan klien.

Jika klien menginginkan penyedia jasa untuk mengurus semuanya, maka tidak jadi masalah..

Iklannya doang yang kelihatan meyakinkan! 

Cara mengatasi Pinjol, tanpa bayar tanpa masalah! serahkan kepada kami blabla.. jasa menghapus data pribadi pinjol blabla.. 

Padahal cara yang mereka lakukan hanyalah membuat aduan pelaporan asli/palsu kepada OJK dalam jumlah banyak, logikanya bagaimana seseorang bisa mengakses data di laptop saya kemudian menghapusnya ketika saya tidak memberinya akses jarak jauh hehe

Tetapi karena korban sudah terlanjur panik, sisi psikologis ini  lah dimanfaatkan penyedia jasa galbay (gagal bayar) pinjaman online yang iklannya sering anda lihat di beranda sosial media

G. Alur Kerja Jasa Pembersihan dan Joki Pinjol

– Jelaskan kepada klien dokumen-dokumen dan data yang perlu disiapkan.

– Proses pembersihan data seperti langkah di atas.

– Berikan keterangan kepada klien jika proses pembersihan data membutuhkan waktu 2 sampai 5 hari kerja. (biar mereka tenang)

– Terima pembayaran jasa sesuai kesepakatan awal. 

G. Jenis-Jenis Klien Pinjol

Di dunia pinjol-meminjol, Anda perlu memahami beberapa kriteria klien diantaranya;

  • Klien yang hanya ingin datanya dibersihkan.
  • Klien yang ingin mendapatkan keringanan beban.
  • Klien yang ingin minta dibantu pengajuan pinjol ilegal auto acc.
  • Klien yang hanya kepo. Cuma tanya-tanya dan berakhir menggantung.

Sebelum menerima jasa, sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui apa yang diinginkan klien supaya tidak terjadi miss komunikasi di masa mendatang.

Baca juga: Lakukan ini saat terjerat pinjol

H. Penyebab Gagal Pengajuan Pinjol

Jika Anda sendiri selalu ditolak saat mengajukan pinjaman di pinjaman online legal maupun ilegal, maka bisa jadi penyebabnya ada di bawah ini;

– Usia Terlalu Muda, atau Sudah Terlalu Tua.

– Pihak pinjol tidak mau mengambil resiko dengan meminjamkan dana kepada usia non produktif.

– Usia emas dari sudut pandang pinjol adalah 24-40 tahun.

Di atas 40 tahun masih bisa, jika masih memiliki pekerjaan tetap atau memiliki usaha yang masih berjalan.

– Pekerjaan Kurang Meyakinkan (biasanya freelance atau pekerja lepas)

– HP masih Baru dan Belum Memiliki History Penggunaan Yang Memadai

– Foto Buram atau Kurang Jelas

– Data Yang Dimasukan Tidak Sesuai Dengan Identitas

I. Solusi Ketika Gagal Pengajuan Pinjol

Solusi Usia : Gunakan Data Pengajuan di Usia Produktif.

Bisa menggunakan data suami/istri atau anak yang sudah dewasa.

Pekerjaan : Pekerjaan yang paling disukai pinjol adalah pekerjaan tetap di perusahaan besar.

Anda dapat mencoba mengisi form pekerjaan dengan pekerja pabrik atau karyawan minimarket. (Alfamart / Indomaret)

HP Masih Baru : Minimal HP yang bisa digunakan adalah yang sudah dipakai selama 2-3 bulan dan saudah diinstal WhatsApp, dan sudah ada lebih dari 50 nomor kontak. Ingat! waktu anda menjalankan aplikasi pinjol muncul notif “ijinkan apk mengakses kontak!”

Jelas tujuannya untuk memudahkan penagihan kalau menunggak melalui daftar kontak dihp anda yang sudah didownload otomatis oleh apk pinjol

Foto Buram : Pastikan mengambil foto kartu identitas di tempat yang memiliki pencahayaan yang memadai. Jangan terlalu ternag. Dan jangan terlalu gelap.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa memakai jasa scan di kios foto copy, kemudian menyimpan datanya di hp/smartphone yang akan digunakan unttuk pengajuan pinjaman.

Data Yang Dimasukan Tidak Sesuai : Pastikan semua data dalah sama persis dengan yang tertulis di kartu identitas.

Tidak boleh ada satu hurufpun yang salah.

J. Perhitungan Tarif Jasa Joki Pinjol

Untuk tarif jasanya sendiri sebenarnya bebas.

Jika masih pemula, Anda bisa mulai dengan bayaran sebesar 100ribu.

Tapi jika Anda sudah terbiasa dan sudah bisa bekerja dengan cepat, naka rata-rata bayaran yang diterima adalah 250rb.

Untuk menghindari calon klien kabur sebelum diproses, jangan langsung sebutkan tarif jasa di awal.

Lebih baik sebutkan dulu langkah-langkah apa yang akan Anda lakukan untuk membantu klien.

Setelah itu baru sebutkan tarif, supaya tidak terjadi kesalah fahaman.

Entah mengapa arah artikelnya kemana-mana, isi artikel hanya sebatas informasi tentang pinjaman online. Selaras Dengan Himbauan Pemerintah Untuk Menciptakan Efek Jera Kepada Penyelenggara Pinjol Ilegal, Maka Sebenarnya Kita Sebagai Masyarakat Juga Dapat Memanfaatkan Kelemahan Pinjol Ilegal Demi Kepentingan Tertentu. 

Sumber artikel dari pemikiran orang lain dan sedikit bumbu dari penulis. Sebisa mungkin hindari hutang! kalau terpaksa cobalah meminjam dari saudara terdekat hingga terjauh lebih dahulu

Salam hormat owner helmykediricom,

Related Post